Syukur atas GEREJA yang dibangun TUHAN bukan oleh manusia

Salam damai dan kasih bro :slight_smile: :angel: :coolsmiley:

Telah dijawab oleh limited:

YESUS tidak pernah memberikan kunci Kerajaan Sorga kepada semua orang. Bandingkan dengan Mat 16:16-19, di mana KRISTUS memberikan kunci Kerajaan Sorga kepada Petrus. Jadi, pemberian kunci Kerajaan Sorga ini bukanlah karangan Gereja Katolik, namun Gereja Katolik hanyalah mentaati apa yang diperintahkan KRISTUS. Dengan kuasa ini, maka Petrus dan penerusnya (para Paus) menjadi pemersatu, baik secara ajaran maupun administrasi dan Yudikatif. Silakan melihat dan menganalisa mengapa terjadi 28,000 denominasi Kristen non-Katolik yang mempunyai pengajaran yang berbeda-beda. Dari sini, kita dapat menggali bahwa salah satu masalahnya adalah karena tidak ada otoritas.“Kunci” yang diberikan di sini maksudnya adalah kuasa untuk memimpin dan mengatur Kerajaan Sorga. Dan karena Kerajaan Sorga yang ada di dunia ini adalah Gereja[/color], maka Rasul Petrus (dan para penggantinya) diberi kuasa untuk memimpin Gereja. Karena Gereja direncanakan oleh YESUS untuk terus eksis sampai akhir jaman (Mat 16:18; 28:19-20), maka kuasa memimpin ini diberikan juga kepada para penerus Rasul Petrus.

Di Perjanjian Lama, tugas “pemegang kunci” ini telah digambarkan oleh Elyakim (Yes 22) yang diberi tanggungjawab untuk memegang kunci Rumah Raja Daud, sebagai pengatur rumah tangga, yang menjadi simbol kekuasaan Kerajaan Yehuda[/color], “Maka pada waktu itu Aku akan memanggil hamba-Ku, Elyakim bin Hilkia: Aku akan mengenakan jubahmu kepadanya dan ikat pinggangmu akan Kuikatkan kepadanya, dan kekuasaanmu akan Kuberikan ke tangannya; maka ia akan menjadi bapa bagi penduduk Yerusalem dan bagi kaum Yehuda. Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.” (Yes 22:20-22)

Dengan diberikannya kuasa ini kepada Elyakim, tentu bukan berarti Elyakim menjadi “lebih tinggi daripada” Raja Daud. Pemberian kunci ini hanya dimaksudkan agar Elyakim menjadi pengurus, pengajar bagi kerajaan raja Daud tanpa ia menjadi lebih tinggi dari Raja Daud. Di PB, oleh YESUS, Sang Raja keturunan Daud, kerajaan Yehuda disempurnakan menjadi Gereja-Nya yang dibangun di atas Rasul Petrus (Mat 16:18-19). Dengan analogi yang sama, kuasa yang diberikan oleh YESUS kepada Rasul Petrus juga tidak membuat Petrus lebih tinggi daripada YESUS. Sebab biar bagaimanapun, YESUS tetaplah Sang Pemilik kunci yang menguasai kunci itu. Pada PL tugas mengatur rumah tangga kerajaan Daud diberikan kepada Elyakim, sedangkan pada PB, tugas mengatur Kerajaan Allah (yaitu Gereja) diberikan kepada Rasul Petrus dan para penerusnya.

Maka istilah ‘kunci’ ini adalah untuk menggambarkan pemberian kuasa yang penuh dan otoritas/ kuasa yang penuh, absolut dan tertinggi yang diberikan kepada Petrus -tentu setelah KRISTUS sendiri. Jadi “kunci” ini bukanlah hanya berarti kunci pintu masuk saja (pembuka pintu bagi orang-orang yang belum mengenal KRISTUS untuk mengimani-Nya), tetapi seluruh kunci bagi semua pintu rumah/ Kerajaan Allah tersebut, yang menyangkut seluruh kepemimpinan umat beriman. Tugas ini kemudian dijalankan oleh Magisterium (Paus dan para uskup dalam persekutuan dengan Paus), yaitu tugas/ wewenang untuk mengikat atau melepaskan dalam hal pengajaran iman dan moral (Mat 16:19; 18:18).

Lanjut dibawah…

Menurut ajaran para Bapa Gereja, kuasa “mengikat dan melepaskan” adalah kuasa mengajar dan kuasa untuk mengampuni dosa (Mat 16:19).Menurut Suarez, seorang Teolog Scholastik yang menggabungkan ajaran St. Gregorius dan St. Maximus, kuasa memegang kunci ini meliputi tiga hal, yaitu kuasa memberikan sakramen- sakramen, kuasa memimpin/ mengatur dan kuasa untuk mendefinisikan ajaran iman dan moral.Jadi di sini “kunci” bukan sesuatu yang dibagi-bagikan sama rata kepada semua pengikut KRISTUS. Interpretasi “kunci” di PB harus dilihat dalam konteksnya seperti di PL, sebab di PL pemberian kunci kerajaan Yehuda hanya diberikan kepada Elyakim, maka di PB, juga hanya kepada Rasul Petrus. Sedangkan karena YESUS menginginkan agar Kerajaan-Nya/ Gereja-Nya terus bertahan sampai akhir jaman (Mat 28:19-20), maka pemberian “kunci”/ wewenang ini berlangsung terus sampai kepada para penerus Petrus. Dan karena secara prinsip: yang diberi wewenang selalu tidak pernah mengatasi Yang Memberi wewenang, maka Petrus (dan penerusnya) yang diberi wewenang tidak akan pernah menjadi lebih tinggi daripada KRISTUS Sang Pemberi wewenang. Sebab apapun yang ditetapkan oleh Petrus adalah yang menjadi ketetapan KRISTUS. Petrus hanya menjalankan tugas, sesuai dengan wewenang yang diberikan kepadanya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian Kunci Kerajaan Sorga kepada Petrus dan diteruskan oleh para Paus, memungkinkan amanat agung TUHAN secara khusus kepada Petrus dalam Mat 16:16-19 dan secara umum kepada keseluruhan rasul dalam Matius 28:19-20 dapat berjalan dengan baik, karena dengan adanya otoritas, maka Gereja Katolik dapat menyampaikan warisan iman berupa ajaran dari satu generasi ke generasi yang lain secara murni dan konsisten sebagaimana yang anda inginkan dan percayai seperti pernyataan anda ini: Meski demikian saya percaya bahwa ajaran2 KRISTUS (bukan kuasaNya) tentunya tetap dan telah diwariskan…

Semoga jawaban ini dapat diterima.

@limited, roderick, clay

Wah, karena saya tidak sempat menjawab satu persatu, sekaligus saya jadikan satu saja ya…

Mengenai Mat.16:18 yg mengacu kepada kefas, oke bro saya mungkin memang masih perlu banyak belajar…

Mengenai tuduhan bahwa saya mengatakan Yesus berbohong apakah tidak terlalu kejam bro…hati2 bro, fitnah lebih kejam drpd tdk memfitnah… :wink:

Kemudian mengenai Mat.18:18

Menurut bro roderick (dan saya juga sependapat), kuasa tersebut diberikan kepada para Rasul (12 rasul atau 11 jika Yudas tdk dihitung)

Mat 18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu (para Rasul) ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

tdk ada hubungannya dg pemberian kunci atau apa… Logikanya jika kuasa tersebut diwariskan, tentunya akan ada setidaknya 11 warisan (11 gereja) yg juga memiliki otoritas, bukan hanya paus sbg pewaris GK.

Saya ingin bertanya ke bro roderick, apakah gereja ortodoks juga mengakui kuasa Paus, dan bahwa paus juga memiliki otoritas juga atas gereja ortodoks? kalau ya, mengapa GO tdk melebur saja dg GK? Jika tdk bukankah berarti GO juga menganggap bahwa kuasa yg diterima GO setara dg kuasa yg dimiliki GK?

Dan ini tentunya akan kontradiksi dg pendapat bro clay yg mengaitkan dg Mat 16:18 soal pemberian kunci yg hanya diberikan kpd Petrus.

Jadi bagaimana apakah Mat 18:18 (dimana Yesus memberikan kuasa kepada para rasul) sama dengan Mat. 16:18 dimana Yesus bicara eksklusif kepada petrus?

Mengenai Mat 18:20, rasanya terlalu jauh jika mengaitkan janji “… Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman,” dg eksistensi gereja katolik.

Ayat ini merupakan amanat agung untuk menginjili dan berlaku bukan hanya eksklusif untuk para rasul, tetapi untuk semua murid/pengikut Kristus sampai akhir zaman, yg juga menegaskan eksistensi Kristus sebagai Tuhan yg melampaui waktu sehingga penyertaanNya akan selalu ada sampai akhir zaman bagi org2 yg setia kepadaNya.

Bagaimanapun bukan akhir zaman belum terjadi, jadi kita blm bisa melihat apakah cuma GK yg bertahan, atau GP yg bertahan, atau semuanya…??

Soal waris mewaris, tentu saja GP (gereja protestan) bukan gereja yg muncul tiba2 jatuh dari langit. Tentu saja kami mengakui bahwa GP muncul dari GK, karena Luther sendiri awalnya adalah katolik. Tetapi karena munculnya berbagai hal (liat sejarah), kemudian GP melihat hubungan dg Allah, gereja dan alkitab dengan sudut pandang yg baru.
Gambaran yg sama bahwa kekristenan sebenarnya lahir dari yudaisme, tetapi kristen muncul dengan sudut pandang yg baru dalam melihat hubungan dg Allah. Meski demikian yudaisme masih eksis kan? dan meskipun berbeda pandangan/keyakinan, tidak mengurangi rasa hormat kita kepada mereka sebagai bgs pilihan Allah.

Salam damai semuanya…

Ayat ayat di atas mana ada hubungannya dengan GRK, ada ada saja… :char11:

Lebih tepat menceritakan pelayanan Filipus dan seorang bernama simon yang hendak membeli kuasa baptisan Roh Kudus lewat penumpangan tangan, tak ada sedikitpun berhubungan dengan GRK…ada ada saja… :char11:

@ Langgeng,

kalo saya baca postingan bro CLAY tidak ada yang menyebut kamu mengatakan “Yesus Berbohong”…
dan persatuan Gereja-Nya seutuhnya akan terjadi sebentar lagi koq.
Protestan Anglikan, beberapa Lutheran etc bahkan sudah banyak yang kembali kepangkuan Bunda Gereja.
sedangkan Yudas ada penggantinya, Imho kuasa Kerasulan tetap melekat pada pengganti Yudas…
:slight_smile:

Salam Damai…

ayat 8:20 nggak dibaca yah :char11:

8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.

Oh ini ayat ada hubungananya dengan GRK yah? yang berarti adalah gereja yang benar :scared0015: :tuzki70: :onion-head41: :fighting0028: :character0093: :onion-head43:

@ Moderator

Mod, apakah klaim-klaim seperti ini diperbolehkan di FK? Apalagi dengan melihat judul trit yang mencatut frasa “…bukan oleh manusia”

Saya rasa judul trit ini sangat mengundang perdebatan

nah kan benar yang keluar berbagai macam karater hehe…

kan sudah dibilang GK ini meneruskan ajaran para rasul dan St Peter…:slight_smile:

udah yah …jangan terlalu banyak OOT ;D

kita meyakini bahwa Gereja/jemaatNya didirikan oleh Yesus sendiri?
dan memang begitulah faktanya!

apakah anda tidak yakin jika Gereja didirikan oleh yesus? why?

dalam kitab suci jelas tertulis bahwa JemaatNya/GerejaNya didirikan olehNya.

Matius 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

yakinlah bahwa Gereja didirikan oleh Yesus… sekarang pertanyaannya kenapa anda tidak berani menyatakanya?
jika GK memberi pernyataan iman yg alkitabiyah, kenapa Gereja anda tidak?
anda jemaat Kristus? atau apakah anda tidak setuju jika GK dan Gereja anda adalah sama2 jemaat kristus?

ada banyak orang protestan bukan ABK… mereka bisa berdiskusi dan pasti punya wawasan.

ABK itu" Asal Bukan Katolik", artinya biar asal2lan yg penting bukan katolik!

jika katolik bilang A maka ABK harus tidak A

jika katolik ngomong 1+1=2 para ABK akan mengatakan bukan 2
biar apa dikata yg penting bukan katolik…

yah seperti anda ini… ;D

protestan non ABK biasanya banyak wawasan.
nah… kalau ABK (seperti anda) biasanya modal doktrin dan suntikan2 dongeng dari pengajar2nya tanpa bisa mempertanggungjawabkannya.

dek, jemaat itu bukan Gereja… adek langsung jawab siaap pak!
mikir sedikit (karena ga bisa mikir banyak) langsung jadi militan ekstrimis… ;D
yg walaupun ternyata ngaco namun tetep naif… ;D

Wah ini menarik coba kita kutip lagi yah mas bro ardo…

8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.
8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi.
8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.
8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: “Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus.”
8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.

Sesuai perkataan Mas Yopi ayat ayat ini menunjukkan gereja yang benar, sepertinya makin aneh saja rekan katolik disini, maksa sekali padahal tidak ada hubungannya ayat ayat ini dengan GRK, lalu pembelaan datang dari mas ardo bahwa ayat GRK meneruskan ajaran para rasul sesuai ayat ayat ini.
Sekarangsaya tanya deh pada ayat 8:13 “…tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi.” apakah ini masih ada pada GRK??? :char11:
Dan ayat ini 8:17 “Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.” masih adakah yang seperti ini pada pemimpin GRK yang di kleim sebagai penerus rasul pemegang kunci surga yang sucidan kudus ??? :char11: monggo mas… :char11:

Ya saya tekankan di sini adalah bahwa siapa pun dari denominasi apa pun bisa mengklaim bahwa Gerejanyalah yang benar, yang sesuai dengan semangat kerasulan (Apostolik) seperti yang saya lihat dari diskusi Genova dengan Nuansa di trit lain.

Saya heran kenapa Anda kemudian melenceng jauh dari maksud saya dan terkesan menantang berdebat. Siapa pun bisa mengklaim bahwa dirinya paling benar, orang non-K pun menganggap dirinya mengikuti nabi Isa sesuai kitab suci mereka.

Jika Anda ingin tahu lebih jauh maksud saya, maka akan saya katakan :

Apakah trit ini dasarnya bersifat diskusi? Atau sekedar klaim sepihak belaka?

Saya pribadi paling malas menanggapi hal-hal yang bersifat seperti ini. Ada argumen Katolik yang bisa saya terima, ada juga argumen Protestan yang saya terima. Mengenai diri saya, biarlah Tuhan sendiri yang tahu dan itu bukan urusan Anda

Yang ngomong jemaat itu bukan gereja siapa toch dul…dul, asal nuduh saja… :char11:
Yang ngaco kowe, maksa jemaat mula mula adala GRK… :char11: :char11: :char11:

Penerus Petrus ya adalah masak gini aja nggak tau ;D…
jangan jadi katak dalam tempurung lah …,baca sejarah kristen baik2…kanon kitab suci tidak terjadi di jaman Yesus dan para rasul tapi terjadi di jaman penerus para rasul…

atau Gereja apostolik…

kamu masih mengucapkan syahadat dari Tradisi GK kan …;D

Gerejanya hari Minggu nggak ;D

Tiap tahun masih merayakan natal nggak ;D ;D

ternyata anda senang mempermalukan diri sendiri ternyata… ;D ;D ;D

sudah dibaca belum ini :

===

ini adalah postingan dari protestan yang berwawasan…