Talk about Chemistry..

Chemistry adalah cabang science yang mempelajari materi yang ada di sekitar kita. Dulu disebut alkemi, sekarang disebut kimia. Ilmu ini mempelajari perubahan materi, sifat-sifat materi, energi yang menyertai perubahan suatu materi, dsb. Tahukah anda , tubuh kita sendiri tersusun atas bahan-bahan kimia organik / yang mengandung unsur Karbon. Termasuk hewan dan tumbuhan. Ilmu kimia ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari misalkan dalam bidang transportasi pengolahan minyak bumi itu berdasarkan ilmu kimia. Jadi minyak bumi itu diolah berdasarkan ilmu kimia, yaitu didihkan, lalu dibuat semacam tingkatan-tingkatan berdasarkan titik didih dengan proses destilasi. Titik didih terendah paling atas menghasilkan gas LPG, lalu dibawahnya dengan titik didih lebih tinggi bensin , dst… Dalam bidang kedokteran obat-obatan, misal yang sederhana obat mag menggunakan senyawa kimia Mg(OH)2 atau Magnesium Hidroksida untuk menetralkan HCl didalam lambung. Bidang makanan misalnya pengawet makanan ataupun pembuat rasa asam di minuman jeruk menggunakan asam sitrat. Juga di industri logam, ilmu kimia sangat penting. Untuk penyepuhan emas, dsb… Kimia ga terlepas dari kehidupan kita sehari-hari bahkan, banyak manfaatnya. Maka dari itu kita perlu tahu tentang ilmu kimia ini. memang ilmu kimia ditemuka baru-baru tapi sejak jaman dahulu tanpa disadari orang-orang menggunakan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari contohnya menyalakan api dengan 2 batu yang digesekan lalu menimbulkan percikan juga dalam hal pengolahan logam.

Koq ga bahasa Linggis ini? :tongue:

Btw, menarik ini bahh…Tell us more please dong bahh…

Eh…tapi tapi tapi, bahan2 kimia ujung2nya merusak kan ya???
Seperti obat2 tanaman perlahan mengurangi kualitas tanaman.
Jeruk sekarang (macam kapas rasanya) beda dengan jeruk dulu (manis bgt).
Malah ke Pertanian aq bahh… :ashamed0004:

ga terlalu ngerti kimia uyy…
mantaaap threadnya buat namah pengetahuan yaa, :slight_smile:
lanjutkan threat2 kaya gini …

Partikel penyusun terkecil dalam suatu materi disebut ATOM. Atom terdiri dari 3 yaitu : Proton, Neutron, Elektron. Proton dan neutron terletak di inti atom sedangkan elektron terletak di kulit-kulit yang melingkari suatu atom. Proton muatannya : +(positif), elektron muatannya : -(negatif), neutron muatannya netral. Kalo digambar :

. Teori tentang model atom terus mengalami perkembangan , pertama menurut John Dalton menyatakan bahwa partikel2 terkecil penyusun materi itu atom. Model atom itu seperti bola pejal, lalu kedua menurut J.J Thomson atom itu seperti :
http://kimia.upi.edu/utama/bahanajar/kuliah_web/2008/VERA%20N%20MUTIARA_0601918/images/Thomson_clip_image002.jpg
kaya roti kismis , kismisnya diumpamakan elektron, ketiga rutherdoff mengemukakan bentuk atom :

yang terakhir model atom niels bohr seperti gambar yang paling pertama sekali…

Mungkin ga seberapa yang saya post tapi semoga bermanfaat… Karena saya masih harus belajar banyak lagi… Mungkin yang lebih mengerti saya harap bisa menambahkan lagi, buat menambah pengetahuan…

aiSukaMacamGini :happy0062:
Landjutkeun 'rumpian’mu adik TS! :wink:

UNSUR.
Setiap Unsur itu terdiri dari atom-atom. Atom merupakan bagian penyusun unsur. Setiap unsur mempunyai massa yang berbeda-beda dan atomnya pun memiliki jumlah elektron yang berbeda-beda dan setiap unsur punya sifat yang mirip dan berbeda. Karena itulah supaya ga bingung disusunlah yang namanya SPU atau sistem periodik unsur. SPU pun ga lepas dari yang namanya perkembangan. Mulai dari sederhana sampe yang sekarang yang disebut SPU modern. Itu juga tergantung dari semakin bertambahnya jumlah unsur yang ditemukan para ilmuwan. SPU disusun berdasarkan kemiripan sifat dan juka tingkat reaktifnya terhadap unsur lain.
Di SPU ada golongan dan periode. Golongan terbagi menjadi A dan B serta aktinida dan lantanida golongan A disebut golongan utama. Golongan B disebut juga transisi/peralihan antara logam dan non logam. Aktinida dan Lantanida punya sifat yang berbeda signifikan dengan golongan A dan B maka dari itu dipisah… Golongan A dan B masih dibagi lagi:
gol A : IA-VIIIA
gol B : IB-VIIIB
Tapi yang aku tahu A saja…
Gol I A disebut Alkali : H , Li , Na , K , Rb, Cs , Fr
Gol II A disebut Alkali tanah : Be, Mg, Ca , Sr , Ba , Ra
Gol III A disebut Boron : B , Al, Ga , In, Tl
Gol IV A disebut Karbon : C , Si , Ge , Sn , Pb
Gol V A disebut Nitrogen : N , P , As , Sb , Bi
Gol VI A disebut Oksigen : O, S , Se , Te , Po
Gol VII A disebut Halogen : F , Cl , Br , I , At
Gol VIII A disebut Gas Mulia : He , Ne , Ar , Kr , Xe , Rn
Golongan B , lantanida, aktinida kurang tahu.
Notasi unsur :
http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_259/Image/11.jpg

Nomor massa menyatakan jumlah proton + neutron

asik pelajaran KIMIA inget dulu…

Kalo mau tambahin juga ga apa2…

rekues… ke termodinamika donk… kan ada kimia2nya itu. :cheesy:

Hihii ∆E = E2 - E1 :cheesy: further bahas entropi ataw entrostop ? ;D ;D bisa bisa. include hukum kekekalan energy & kekekalan hidup ^ en gimana agar supaya efek negatif thermal otak ga smp ke hati :coolsmiley:

coba tanpa gugling. apa itu itu entropi? :tongue:

Ih syafe’i jg yg suka guling, bantal doank ama sleepingbag cukub :tongue:
wahaha zo nii kena efek thermal naga2nya ;D :char11:

apa hubungan kimia dengan peradaban purbakala? kasih contoh dong…

Berdasarkan buku ensiklopedia kimia yang saya baca dikatakan bahwa peradaban kuno SUDAH mengenal prinsip-prinsip kimia dalam kelangsungan hidup mereka. Misalnya : Menggosok-gosok 2 batu untuk menghasilkan percikan api, lalu juga pengolahan logam dibuktikan adanya penemuan kapak logam, dsb… Kimia berdasarkan dari internet juga bisa digunakan untuk meneliti peradaban Purbakala yaitu tes karbon-14 bisa digunakan untuk meneliti usia suatu fosil purbakala. Semoga bermanfaat.

Hmm, liburan terus jadi lupa posting…
Lanjut…
Setiap atom punya kulit, kulit tersebut dilalui elektron-elektron membentuk suatu KONFIGURASI ELEKTRON. Kulit-kulit atom dibagi menjadi kulit : K , L , M , N , O , P , Q. Itu tergantung dari kulit 1 dan seerusnya…
Setiap lintasan punya jumlah elektron maksimum , atau maksimum elektron tertampung di kulit. Jumlahnya dirumuskan= 2n2
dimana n adalah kulit ke…
Kalo kulit 1 berarti 2.12 = 2
Kalo kulit 2 berarti 2.22 = 2.4 = 8
dst…
Untuk menuliskan konfigurasi elektron itu tergantung nomor atom. Misal
Konfigurasi Natrium nomor atom 11 = 2 , 8 , 1
bersambung…