Tanda Pertobatan

Sebuah Topik yang sederhana.

Bolehkah user FK memjabarkan, tanda tanda pertobatan ?

tanda pertobatan yang bisa kita ketahui hanya dari luar / fenomena saja,
yang sebenarnya tidak ada yang tahu pasti kecuali tuhan sendiri

  • menyesali dosanya
  • mau menerima KRISTUS sebagai tuhan dan juruselamat
  • menunjukkan perubahan hidup sesuai FT yang progresif

yang kelihatannya sudah betobat belum tentu sudah bertobat
yang kelihatannya belum betobat belum tentu belum bertobat
kita tidak bisa menghakimi seseorang selamat / tidak selamat dari fenomena luarnya
yang boleh kita hakimi (lebih tepatnya uji) adalah ajaran seseorang

tuhan memberkati

seseorang sudah bertobat atau tidak hanya TUHAN yang tahu…^^

Mengakui Dosanya Kepada Tuhan dan Minta Pengampunan
Sering Berdoa dan Baca Firman Tuhan
Tidak Mengulangi apa yg dilakukan Sebelum dia bertobat
Melakukan Perbuatan yg baik dimata tuhan

Tanda tanda. Pertobatan, menurut saya tidak dapat instan dilihat secara jasmani. Banyak orang berharap akan ada perubahan 180 derajat dalam hitungan “menit” ketika dia menerima Tuhan dan dibabtis, tetapi sebenarnya menurut saya tidak bisa seperti itu, karena perubahan drastis itu rata rata karena usaha manusia untuk menunjukan pertobatannya. Sedangkan pertobatan sejati menurut saya gak selalu akan terlihat nyata dalam waktu singkat, tetapi melewati proses panjang yang pertama tama diawali oleh “penyerahan total atas kehendak Tuhan”. Dan ini ada didalam hati bukan dijasmani. Ketika seseorang sudah sudah mulai melakukan penyerahan total, dan memberi kesempatan kepada kerja Roh Kudus dalam hidupnya, maka saat itu lah pertobatan terjadi, dan kemudian perubahan jasmani akan terjadi oleh karena “pembentukan Roh Kudus”, bukan oleh usaha manusia. Saya menyatakan ini bukan berarti manusia nya boleh hidup semaunya ya, karena ketika saya nyatakan “penyerahan total” tentu kita tahu pasti konsekuensinya apa.

jadi prosesnya memakan waktu cukup lama ya ?

step by step

ada interaksi antara roh kudus dan manusia

@bejo
Menurut saya, iya. Walaupun tidak semua. Ada yang prosesnya cepat. Tetapi rata rata melalui proses yang panjang karena Roh Kudus bekerja satu persatu untuk menyingkirkan roh roh kenajisan dalam diri seseorang. Bukan karena gak mampu langsung semua, tetapi melalui proses itu, manusia akan banyak tahu apa apa yang salah dalam dirinya dan diharapkan dia akan penurut terhadap Roh Kudus sehingga tidak melakukan lagi kesalahan itu.

setuju :afro:

tanpa kuasa ROH KUDUS , seseorang tidak akan mampu melawan kedagingannya…

Pertobatan sangat penting dalam pengajaran Paulus dan Petrus dan para rasul, Tuhan Allah rindu setiap orang diseluruh dunia bertobat (2 Pet. 3:9); Kis. 17:30), oleh sebab itu kalau manusia tidak bertobat, tentu ia akan binasa (luk. 13:3)…

Bilamana seseorang pengabaran Injil memberitakan tentang Yesus Kristus yang disalibkan, dibangkitkan, dan dipermuliakan, maka hal itu membawa orang-orang kepada pertobatan lihat Yoh. 12:32…adakala teguran dari seseorang saudara seiman mendatang pertobatan (2 Tim. 2:24,25).

Adakalanya hajaran dan hukuman Allah mendatang pertobatan (Wahyu 3:19; Ibr.12:6,10,11).

Pertanyaannya Bolehkah user FK menjabarkan, tanda tanda pertobatan ?

Yang namanya pertobatan yang benar ada tiga hal dalam diri seseorang.

  1. Pertobatan menyangkut pikiran seseorang.
  2. Pertobatan menyangkut perasaan hati.
  3. Pertobatan menyangkut kehendak seseorang
    disini menjadi pertanyaan apakah ketiga hal ini hanya perbuatan diri sendiri? tentu tidak.
    Karena pertobatan adalah karunia Allah, Ia menarik hati kita kepada pertobatan. Itulah pekerjaan Roh Kudus didalam manusai. “maksud kemurahan dan pengasihan dari Allah saja yang dapat menuntun kita kepada pertobatan” (Roma 2:4)…Kita diperintahkan Allah untuk bertobata dan Ia akan memberikan dorongan pertobatan kepadasipa yang memperhatikan gerkan Roh Kudus didalam hatinya…

Bagaimanakah seseorang bertobat.
Pertobatan terjadi oleh karena mendengarkan Injil Kristus (oleh karena Roh Kudus menyertai pekabaran Injil). Oleh karena itu Allah memakai pengabaran Injil untuk membawa pertobatan kepada manusia. lihat. Kis.2:37-41, dan Yunus 3:5-10…Jadi oleh karena Injil itu akan membawa pada pertobatan kepada seseorang, maka Injil itu harus dikabarkan dengan kuat kuasa Roh Kudus (1Tes 1:5-10)…

Tanda-tanda pertobatan atau Bukti-bukti pertobatan.
Pertobatan bukan hanya orang-orang yang baru bertobat maupun yang baru percaya kepada Tuhan Yesus. Orang-orang yang sudah percayapun perlu bertobat lihat (Wahyu 2:5; 3:2,3,19) Mengapa karena banyak umat-Nya merasa hidup mereka sudah benar tidak perlu lagi mendengar kebenaran firman TUhan…unutk itu bila mana Roh Kudus menemplak hati seseorang Kristen mengenai suatu dosa, maka ia wajib segera bertobat serta mengakuinya langsung dihadapan Tuhan supaya dosa-dosanya ditutupi oleh darah Yesus Kristus.
Bukti bukti atau tanda tanda orang itu sungguh sungguh bertobat ia sungguh sunguh menyesal oleh dosa dosanya …
Ia merendahkan dirinya dan mengaku bahwa dirinya bersalah (Luk. 10:13; Yoel 2:12,13; Ayub 42:5,6).
Orang itu mengakui dosanya serta berdoa kepada Allah dalam nama TUhan Yesus Kristus Tuhan meminta pengampunan (Hosea 14:1-3; Luk.18:13,14).
Orang itu berpaling dari segala kejahatannya, berhalanya, kekejiannya, dan pikirannya yang jahat (Mat.12:41; Yes.55:7). Inilah bukti bukti yang penting dari suatu pertobatan, dan inilah yang paling di penting dalam Alkitab. Perhatikan bahwa perkataan “berbalik” sering dipakai didalam Alkitab…Lihat (Kis.3:19). orang yang bertobat berbalik kepada Allah serta bersandar kepada-Nya dan melayani Dia (Kis.26:20; 1Sam.7:3; Mat.3:8)…Dalam pertobatan seseorang harus meninggalkan dosanya dan berbalik kepada Allah (1Tes.1:9). Pertobatan itu selain berhenti berbuat jahat, juga harus berbuat baik. Lihat. 3:10-14, Membetulkan kesalahan adalah bukti pertobatan…Bukan hanya dimulut doang…

Pertobatan itu harus dibuktikan oleh perbuatan, yaitu tindakan untuk menyelesaikan di hadapan Allah dan dihadapan manusia. Dengan menyelesaikan dosa dan kesalahan kita tidak dapat memperoleh keselamatan, sebab keselamatan diberikan oleh sebab IMAN kepada Yesus Kristus Tuhan; akan tetapi menyelesaikan dosa-dosa dan keselahan ialah suatu bukti pertobatan. lihat Mat. 5:23-25; 3:8.

Pertobatan terdiri dari dua bagian;

satu dari pihak Tuhan dan satu dari pihak manusai. Jadi pertobatan tidak bisa suatu tindakan dari pihak manusai saja atau dari pihak Tuhan tanpa reaksi manusia…Amin…

Hasil pertobatan.
Bilamana seorang bertobat maka ada sukacita besar pada malaikat malaikat Allah (Luk.15:7-10).
Pertobtan juga membawa suka cita kepada Allah sendiri, tetapi siapkah yang bersuka cita dihadapan malaikat Allah (Luk.15:10, TKB).

Pertobatan dan iman mendatangkan pengampunan dosa (Yes. 55:7; Kis. 3:19).

Diluar pertobatan kepada Yesus Kristus Tuhan tidak ada jalan untuk mendapatkan pengampunan dosa.

Pertobatan itu sendiri tidak mendatangkan pengampunan tetapi Allah Bapa memberikan pengampunan oleh sebab seorang bertobat dari dosanya.

Dan Roh Kudus hanya akan dicurahkan atas orang orang yang sunguh sungguh bertobat.
Kalau orang Kristen keras kepala serta tidak mau bertobat maka orang itu tidak mungkin mendapatkan kepenuhan ROH KUDUS dalam kehidupannya.

Pertobatan, Iman dan pengampunan dosa adalah tiga langkah yang tidak dapat dipisahkan…Amin.
Tuhan memberkati semuanya…
Salam

tobat

tobat berarti manusia menerima dan menanggapi undangan Allah untuk berkarya bersamaNya.

tobat bukan berarti bahwa manusia harus jera, dan tidak melanggar perintah Allah lagi.

akan tetapi berarti manusia menanggapi undangan Allah yang mengandung kegembiraan pesta, usaha / jerih payah untuk memulihkan hubungan dengan Allah dan hubungan dengan manusia.