Tanggapan Atas Tuduhan Kontradiksi Alkitab

Topik ini dibuat dan dikembangkan sebagai respon terhadap pertanyaan yang umum ditanyakan Umat Non Kristen tentang Alkitab.

Karena topik ini hanya berusaha memberi jawaban, maka topik ini akan tetap di lock terhadap pertanyaan maupun sanggahan.

Bagi yang ingin menyanggah atau bertanya,
Kelak saya akan buatkan topik khusus lagi.

Rekan-rekan Advisor / Moderator FK dipersilahkan untuk mengedit dan menambah isi topik ini.

Rekan-rekan Kristen yang mempunyai data tambahan mengenai topik serupa dipersilahkan mengirim PM ke saya atau ke FK Advisor / Moderator lainnya.

Sebagian besar tulisan di topik ini saya sadur dari LadangTuhan.com dan SarapanPagi.org
Terima kasih banyak atas kontribusinya.

Akhir kata,
Semoga topik ini memberkati semua pembacanya dan
Segala kemuliaan, pujian dan hormat hanya kepada Yesus Kristus, Tuhan kita.

Tuhan Yesus memberkati.

Sub topik yang dibahas antara lain (akan di-update) :

  • Anak Daud yang kedua, Daniel atau Kileab?

  • Kuda kereta yg dibunuh Daud, 700 atau 7000 ekor?

  • Jenis pasukan yg dtangkap Daud, 40000 pasukan berkuda atau 40000 pasukan infantry?

  • Siapa yang membujuk Daud, apakah Tuhan atau Iblis?

  • Angkatan perang Daud dari Yehuda, 500000 atau 470000 orang?

  • Kandang kuda Salomo, 4000 atau 40000 kandang?

  • Jumlah keturunan Yakub, 66 atau 70 jiwa?

  • Jumlah keturunan Yakub yang datang ke Mesir, 33 atau 35 jiwa?

  • Yang diharamkan, babi atau babi hutan?

  • YESUS menemukan orang kerasukan, di Gerasa atau di Gadara?

  • Orang kerasukan yang ditemui Yesus, 1 orang atau 2 orang?

  • Selain YESUS, pernah ada atau tidakkah orang yang naik ke sorga?

  • Usia Ahazia saat memerintah di Yerusalem, 42 atau 22 tahun?

  • Usia Yoyakhin saat memerintah di Yerusalem, 8 atau 18 tahun?

  • Dimana ada tertulis Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga?

  • Apakah Tuhan bisa menyesal?

  • Gagalkah nubuat Tuhan terhadap Yoyakim?

  • Apakah ramalan Tuhan terhadap Zedekia meleset?

  • Mana yg benar dari hitungan jemaah yang kembali dari Babel, versi Ezra (29818) atau versi Nehemia (31089)?

  • Mana yg benar dari jumlah penyanyi yang mengiringi jemaah, versi Ezra (200) atau versi Nehemia (245)?

  • Benarkah kelelawar termasuk bangsa burung?

  • Benarkah kelinci memamah biak?

  • Apakah ada serangga berkaki 4?

  • Benarkah ular makan debu?

  • Benarkah unta tidak berkuku belah?

  • Apakah Alkitab mengatakan bahwa bumi itu datar?

  • Apakah bumi statis dan tidak bergerak?

  • Apakah Allah keliru menyebut bunyi air bah sebagai gaduh?

  • Apakah Alkitab mengatakan bahwa bulan mengeluarkan sinar sendiri?

  • Apakah Alkitab mengatakan menggunakan darah sebagai disinfektan?

  • Apakah bumi mempunyai 4 sudut?

  • Di mana YESUS saat berusia 12 - 29 tahun?

  • Pernahkah YESUS berkata bahwa Ia datang untuk mendirikan Aliran/Agama/Jemaat/Gereja Kristen?

  • Apakah YESUS melakukan perbuatan anarkis di Bait Suci dengan mengusir pedagang?

  • Apakah Alkitab mengatakan bahwa Roh Tuhan hanya berada dalam manusia 120 tahun saja?

  • Apakah YESUS hanya diutus pada orang Israel saja?

  • Apakah Tuhan begitu kejam meminta Yehezkiel memakan roti bercampur kotoran manusia?

  • Pernahkah YESUS berkata bahwa Dia adalah Allah dan meminta orang menyembahNya?

  • Apakah nubuat YESUS gagal dipenuhi mengenai janji kedatanganNya sebelum para murid selesai mengunjungi kota-kota Israel?

  • Apakah nubuat YESUS gagal terpenuhi bahwa ada diantara para muridNya yang tidak akan mati sebelum YESUS datang kembali?

  • Apakah YESUS tidak menepati janjiNya bahwa para muridNya akan duduk menghakimi keduabelas Israel.

  • Benarkah YESUS hanyalah utusan saja dan bukan Allah?

  • Siapa yang memberi nama ‘YESUS’, Yusuf atau Maria?

  • Mana yang benar, YESUS setelah lahir langsung dibawa ke Mesir (versi Matius) atau YESUS dibawa dahulu ke Yerusalem untuk disunat (versi Lukas)?

  • Mengapa orang Kristen tidak lagi melakukan Hukum Taurat sedangkan seharusnya masih berlaku dan masih wajib dilaksanakan, bukankah YESUS tidak meniadakan Hukum Taurat?

  • Benarkah YESUS tidak mati disalib melainkan dgantikan orang lain?

  • Apakah Injil Barnabas adalah Injil yg benar?

  • Pernahkah YESUS menubuatkan kedatangan Muhammad?

  • YESUS berkata bahwa Yohanes Pembaptis adalah Elia sdangkan Yohanes Pembaptis menyangkalnya, jadi siapa yg benar?

  • Apakah Daud mengambil gundik di Yerusalem?

  • Anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem, 11 atau 13?

  • Tentara berkuda tawanan Daud, 1700 atau 7000 orang?

  • Kepala Triwira, Isybaal atau Yasobam?

  • Orang yg dibunuh Kepala Triwira, 800 atau 300?

  • Mandor Kerajaan Salomo, 3300 atau 3600 mandor?

  • Bat air di Bait Suci Salomo, 2000 atau 3000 bat?

  • Apakah para rasul boleh membawa tongkat dalam perjalanan?

  • Jam ketika YESUS dsalibkan, jam 9 atau lewat jam 12?

  • Apa yg Yudas lakukan dengan 30 keping perak?

  • Apakah Yudas atau para imamkah yang membeli tanah darah?

  • Dengan cara apakah Yudas mati?

  • Mengapa tanah tukang periuk disebut tanah darah?

  • Apakah kedua penyamun mengolok-olok YESUS atau salah satunya bertobat?

  • Apakah perwira Kapernaum datang langsung pada YESUS ataukah perwira tersebut hanya mengutus orang lain?

  • Apakah silsilah Matius ataukah silsilah Lukas yang benar?

  • Apakah YESUS keturunan Salomo ataukah Natan?

  • Apakah YESUS sama dengan Lucifer (tinjauan kata ‘Bintang Timur’)?

  • Apakah Abyatar ataukah Ahimelekh yang menjadi Imam Besar saat Daud masuk ke Rumah Allah?

  • Kapankah YESUS bangkit, pada hari ketiga atau sesudah tiga hari atau sesudah tiga hari tiga malam?

Siapakah anak Daud yang kedua ? a. Kileab (II Samuel 3: 2-3) b. Daniel (I Tawarikh 3: 1)

2 Sam 3:3
anaknya yang kedua ialah Kileab, dari Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel; yang ketiga ialah Absalom, anak dari Maakha, anak perempuan Talmai raja Gesur;

1 Taw 3:1
Inilah anak-anak Daud yang lahir bagi dia di Hebron; anak sulung ialah Amnon, dari Ahinoam, perempuan Yizreel; anak yang kedua ialah Daniel, dari Abigail, perempuan Karmel;

Sama saja.
Kileab adalah Daniel dan Daniel adalah Kileab.

Hal ini tidak mengherankan karena orang Yahudi biasa mempunyai nama lebih dari 1.
Esau alias Edom,
Yakub alias Israel,
Yosua alias Hosea,
Salomo alias Yedija

Berapa ekor kuda kereta yang dibunuh Daud? a. 700 ekor (II Samuel 10: 18 ) b. 7000 ekor (I Tawarikh 19: 18 )

Pertanyaan ini digabung dengan :

Jenis pasukan apakah yg ditangkap Daud saat perang melawan Aram? a. 40000 pasukan berkuda (2 Sam 10:18) b. 40000 pasukan infantri (1 Taw 19:18)

2 Sam 10:18
tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu tujuh ratus ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang pasukan berkuda. Sobakh, panglima tentara mereka, dilukainya sedemikian, hingga ia mati di sana.

1 Taw 19:18
tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu tujuh ribu ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang pasukan berjalan kaki; juga Sofakh, panglima tentara itu, dibunuhnya.

Bila membaca lebih lanjut, ada keterangan tambahan yg mberikan gambaran lain tentang kisah di 2 Samuel 10 dan 1 Tawarikh 19.

Marilah kita selidiki bersama ringkasannya :

2 Samuel 10:15-19
Pasukan Aram berkumpul kembali setelah kalah,
Pasukan Aram dari seberang sungai Yordan dipimpin Sobakh ikut berkumpul,
Pasukan Aram berkumpul di Helam,
Helam diduga adalah wilayah berbukit dan berbatu shg kurang sesuai utk pasukan kereta kuda,
Daud menyeberangi Yordan kemudian sampai ke Helam,
Di Helam, Daud menghancurkan 700 kereta kuda dan 40000 pasukan berkuda,
Sobakh mati di Helam setelah terluka.

1 Tawarikh 19:16-19
Sobakh dikirim untuk maju berperang,
Daud menyeberangi sungai Yordan,
Lalu Daud sampai di dekat pasukan Sobakh kemudian berperang,
Daud membunuh 7000 kereta berkuda dan 40000 pasukan kaki,
Sobakh dibunuh oleh Daud.
(Tawarikh tidak bercerita apapun tentang Helam maupun berkumpulnya seluruh armada Aram di Helam)

Dari ringkasan tersebut dan mengingat area Helam yg berbatu berbukit shg kurang tepat utk peperangan kereta kuda dlm jumlah besar dan meninggalnya Sobakh di Helam, maka kronologinya adl sebagai berikut :

  1. Armada Aram berkumpul di Helam, termasuk armada di bawah pimpinan Sobakh,
  2. Daud kemudian pergi menyeberangi sungai Yordan,
  3. Sobakh diutus ‘menyambut’ pasukan Daud di dekat sungai Yordan dengan 7000 kereta kuda dan 40000 pasukan kaki,
  4. Daud menghancurkan pasukan Aram tersebut, kemudian melanjutkan ekspedisi ke pusat armada Aram di Helam,
  5. Kemungkinan Sobakh sudah terluka parah dalam perang tersebut, tetapi masih bisa melarikan diri ke Helam,
  6. Sisa armada Aram bersiap di Helam dg 700 kereta kuda dan mengandalkan 40000 pasukan berkuda untuk berperang,
  7. Daud mengalahkan sisa armada Aram dan Sobakh mati di Helam.

Demikianlah ada 2 perang yang berbeda dengan hasil yg berbeda.
Kata kuncinya adalah di Helam sbg wilayah berbatu dan berbukit yang letaknya dekat pegunungan.

Daud memerangi Israel atas hasutan Tuhan atau atas bujukan iblis ? a. Tuhan murka Ialu menghasut Daud (II Samuel 24: 1) b. Setan bangkit Ialu membujuk Daud (I Tawarikh 21:1)

2 Sam 24:1
Bangkitlah pula murka TUHAN terhadap orang Israel; Ia menghasut Daud melawan mereka, firman-Nya: “Pergilah, hitunglah orang Israel dan orang Yehuda.”

1 Taw 21:1
Iblis bangkit melawan orang Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel.

Jika kita membaca kitab Ayub, kita akan temukan jawaban untuk kedua ayat ini.

Ayub 1:12
“Maka firman TUHAN kepada Iblis: 'Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya.” Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN.’"

Ayub 2:6
“Maka firman TUHAN kepada Iblis: ‘Nah, ia dalam kuasamu; hanya sayangkan nyawanya.’”

Iblis harus mendapat ijin Tuhan untuk mencobai manusia.
Jika Tuhan memberi ijin, maka Iblis akan turun tangan.

Tuhan murka pada orang Israel dan Ia memberikan ijin pada Iblis untuk mencobai Daud.

Berapakah angkatan perang Daud dari orang Yehuda ? a. 500.000 orang (11 Samuel 24:9) b. 470.000 orang (I Tawarikh 21:5)

Di seluruh Israel ada 12 suku,
Tapi pada jaman Salomo, Israel terbelah antara 10 suku yang disebut ‘Israel’ dan ada sisa 2 suku yang disebut ‘Yehuda’ (tdiri dari Yehuda dan Benyamin).

Begini terjemahan literalnya dari bahasa asli :

2 Sam 24 : 9
and Joab giveth the account of the inspection of the people unto the king, and Israel is eight hundred thousand men of valour, drawing sword, and the men of Judah five hundred thousand men.

1 Taw 21 : 15
And Joab giveth the account of the numbering of the people unto David, and all Israel is a thousand thousand and a hundred thousand, each drawing sword, and Judah [is] four hundred and seventy thousand, each drawing sword.

Dalam kata ‘thousand’ yang digunakan dalam bahasa asli adalah ‘eleph’.
Eleph bisa berarti ribu bisa juga berarti company (kompi).

Nah, seperti ini kata-katanya :

1 Taw 21 : 15
And Joab giveth the account of the numbering of the people unto David, and all Israel is a thousand company (kompi) and a hundred company (kompi), each drawing sword, and Judah [is] four hundred and seventy company (kompi), each drawing sword.

Jadi bisa dijabarkan :
Di Israel (11 suku) ada 800.000 orang tersebar di 630 kompi.
Di Yehuda (1 suku) ada 500.000 orang tersebar di 470 kompi.

Di Yehuda hanya ada 1 suku karena Yoab tidak menghitung suku Benyamin.

Total ada 1.100 kompi dan 1.300.000 personel.

Berapakah kandang kuda milik Salomo (Sulaiman ? a. 40.000 kandang (I Raja-raja 4:26) b. 4.000 kandang (II Tawarikh 9:25)

1 Raj 4:26
Lagipula Salomo mempunyai kuda empat puluh ribu kandang untuk kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda.

2Taw. 9:25
Salomo mempunyai juga empat ribu kandang untuk kuda-kudanya dan kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda, yang ditempatkan dalam kota-kota kereta dan dekat raja di Yerusalem.

Sekilas tampaknya bertentangan,
Tetapi perhatikan konteksnya.

Perhatikan ayat ini :

1 Raj 4:21,24
Maka Salomo berkuasa atas segala kerajaan mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan sampai ke tapal batas Mesir. Mereka menyampaikan upeti dan tetap takluk kepada Salomo seumur hidupnya.
sebab ia berkuasa atas seluruh tanah di sebelah sini sungai Efrat, mulai dari Tifsah sampai ke Gaza, dan atas semua raja di sebelah sini sungai Efrat; ia dikaruniai damai di seluruh negerinya,

Kesimpulannya?

Salomo mempunyai 40.000 kandang kuda di seluruh daerah kekuasaannya,
Tetapi di kota-kota kereta sekitar istana Raja dan di Yerusalem hanya terdapat 4.000 kandang kuda saja.

Berapakah jumlah keturunan Yakub seluruhnya ? a. 66 jiwa (Kejadian 46:26) b. 70 jiwa (Keluaran 1:5)

Kejadian 46:26,
“Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa.”

Keluaran 1:5,
“Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir.”

Tentu saja ada kelanjutan ayatnya :

Kejadian 46:27,
“Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.”

Keturunan Yakub yg tiba di Mesir adalah 66 jiwa,
Ditambah Yusuf, istri Yusuf, Efraim dan Manasye yang ada di Mesir, jadilah keluarga Yakub berjumlah 70.

Berapakah jumlah keturunan Yakub (bani Israel) yang datang ke Mesir? Dalam Kejadian 46:8-15, daftar nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir berjumlah 35 nama. Tetapi pada ayat 15 disebutkan: "Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah 33 jiwa." Apakah Tuhan tidak pandai berhitung??

Kejadian 46:8-15
Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialah Ruben.
Anak-anak Ruben ialah Henokh, Palu, Hezron dan Karmi.
Anak-anak Simeon ialah Yemuel, Yamin, Ohad, Yakhin dan Zohar serta Saul, anak seorang perempuan Kanaan.
Anak-anak Lewi ialah Gerson, Kehat dan Merari.
Anak-anak Yehuda ialah Er, Onan, Syela, Peres dan Zerah; tetapi Er dan Onan mati di tanah Kanaan; dan anak-anak Peres ialah Hezron dan Hamul.
Anak-anak Isakhar ialah Tola, Pua, Ayub dan Simron.
Anak-anak Zebulon ialah Sered, Elon dan Yahleel.
Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa.

  1. Yakub
  2. Ruben
  3. Henokh
  4. Palu
  5. Hezron
  6. Karmi
  7. Simeon
  8. Yemuel
  9. Yamin
  10. Ohad
  11. Yakhin
  12. Zohar
  13. Saul
  14. Lewi
  15. Gerson
  16. Kehat
  17. Merari
  18. Yehuda
  19. Er - Mati di Kanaan
  20. Onan - Mati di Kanaan
  21. Syela
  22. Peres
  23. Zerah
  24. Hezron
  25. Hamul
  26. Isakhar
  27. Tola
  28. Pua
  29. Ayub
  30. Simron
  31. Zebulon
  32. Sered
  33. Elon
  34. Yahleel
  35. Dina (satu-satunya anak perempuan)

Yakub dan keturunannya dalam ayat diatas sejumlah 35 jiwa.
Kurangi dengan Er dan Onan yang telah meninggal di tanah Kanaan (tidak masuk Mesir).

Jadi yg masuk Mesir adl 35 – 2 = 33 jiwa.

Yang haramkan, babi ataukah babi hutan ? a. Babi hutan (Ulangan 14: 8, Imamat ll: 7) b. Babi (Yesaya 66: 17)

Kedua ayat di atas menulis ‘khazir’, Yang dapat bermakna babi maupun babi hutan.
Kata ‘khazir’ diterjemahkan sebagai babi saja dapat dilihat dalam Amsal 11:22, Yesaya 65:4, Yesaya 66:3

Jika kita bertanya kpd orang Yahudi,
Bagaimana mengatakan babi dalam bahasa Ibrani,
Mereka akan menjawab ‘khazir’.
Lalu bagaimana pula mengatakan babi hutan dalam bahasa Ibrani,
Mereka pun akan menjawab ‘khazir’.

Dimana YESUS menemui orang kerasukan setan? a. Di Gedara (Matius 8:28 ) b. Di Gerasa (Markus 5:1-2)

Gerasa adalah sebuah kota,
Gadara adalah sebuah propinsi.
Gerasa terdapat di Propinsi Gadara.

Berapakah orang kerasukan setan yang menemui YESUS? a. 1 orang (Mrk 5:2; Luk 8:27) b. 2 orang (Mat 8:28)

Untuk ini, sekilas baca orang bisa ‘seolah-olah’ melihat kontradiksi, pdhl tidak.
Markus dan Lukas tidak pernah berkata bhw yang kerasukan ‘hanya 1 orang’ shg tidak mnggugurkan statement Matius.

Penjelasan :

Dari 3 kisah yg sama ttg pengusiran setan di Gerasa, Matius adalah yang paling singkat mjelaskannya.

Kronologi Matius :

  1. YESUS turun dari perahu
  2. Dua orang krasukan setan menemui dia
  3. Setan-setan itu berteriak-teriak
  4. Setan-setan mminta pindah ke babi
  5. YESUS mngijinkan mreka merasuki babi
  6. Babi mati terjun ke jurang
  7. YESUS mninggalkan daerah Gerasa

Smentara itu, kronologi Markus dan Lukas lebih panjang dan mendetil.

Kronologi Markus :

  1. YESUS turun dari perahu
  2. Satu orang krasukan setan menemui dia
    [B]3. YESUS memerintahkan setan-setan untuk keluar dari dia
  3. Setan-setan itu tidak keluar mlainkan berteriak
  4. YESUS menanyakan nama para setan itu
  5. Setan-setan itu mnyebut namanya[/B] dan mminta pindah ke babi
  6. YESUS mngijinkan mreka merasuki babi
  7. Babi mati terjun ke jurang
  8. Satu orang yg kerasukan setan sudah waras
  9. YESUS mninggalkan daerah Gerasa

Kronologi Lukas :

  1. YESUS turun dari perahu
  2. Satu orang krasukan setan menemui dia
    [B]3. YESUS memerintahkan setan-setan untuk keluar dari dia
  3. Setan-setan itu tidak keluar mlainkan berteriak
  4. YESUS menanyakan nama para setan itu
  5. Setan-setan itu mnyebut namanya [/B]dan mminta pindah ke babi
  6. YESUS mngijinkan mreka merasuki babi
  7. Babi mati terjun ke jurang
  8. Satu orang yg kerasukan setan sudah waras
  9. YESUS mninggalkan daerah Gerasa

Demikianlah bisa kita lihat bahwa Markus dan Lukas menjelaskan dg lebih mendetil ketimbang Matius.
Pbedaan detil cerita ini dsebabkan fokus yang berbeda pd ‘subyek’ dari kejadian ini.


Alternatif kronologi kisahnya adalah sbb :

Matius mjelaskan bhw yg datang mnemui YESUS adalah 2 orang (sebut saja A & B) yg kerasukan setan.
Kmudian YESUS meminta para setan utk keluar dari A & B.

Stelah pengusiran itu, maka A sudah terbebas tetapi B masih terbelenggu oleh kuasa gelap.

YESUS kmudian mnanyakan nama dari para setan yg mrasuki B ini, lalu sesudah itu mngijinkan para setan itu utk merasuki babi.

Markus dan Lukas mfokuskan kisahnya pd kjadian yg dialami oleh B (krn cara pelepasannya yg unik).
Itulah sbabnya Markus dan Lukas mnyebut bhw yg mnemui YESUS adl 1 orang (tetapi tidak disebut hanya 1 orang), yaitu si B karena Markus dan Lukas ingin hanya mceritakan dg detil bagaimana B dilepaskan.

Di sisi lain, Matius tidak merasa perlu mngisahkan pelepasan B dg detil, maka ia mjelaskan bhw yg datang adl 2 orang, walau di akhir kisahnya Matius mjelaskan (dengan singkat saja) pelepasan yg dialami B.

Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga ? a. Tidak ada! Hanya Yesus saja yang pemah naik ke sorga (Yohanes 3:13) b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5: 24, II Raja-raja 2:11)

‘Naik ke sorga’ berbeda dengan ‘diangkat ke sorga’ atau ‘dibawa ke sorga’.

Jika ‘diangkat’ dan ‘dibawa’ melibatkan kuasa dari luar,
Maka ‘naik’ adalah tindakan yang melibatkan kuasa dari dalam.

Misal :
Saya naik tangga ke atas akan berbeda dengan saya dibawa naik tangga ke atas atau diangkat melewati tangga ke atas.

Elia dan Henokh tidak ‘menaikkan diri mereka sendiri’ ke sorga.
Mereka ‘diangkat’ dan ‘diantar’ ke sorga.

Kej. 5:24
Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

2 Raj 2:10-11
Berkatalah Elia: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi.”
Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

Mereka tidak mempunyai kuasa untuk naik ke sorga dan tidak tau jalan menuju sorga.
Mereka dibantu oleh kuasa Allah.

Di sisi lain,
Yesus ‘menaikkan diri’ ke sorga.

Kita mungkin mendengar ada orang mengklaim bahwa mereka ‘dibawa naik’ hingga ke langit atau ke mana lagi,
Itu pastilah bukanlah atas kuasa mereka sendiri (apabila klaim itu memang benar adanya tergantung apa ada orang lain yang bisa menjadi saksinya).

Yesus adalah beda.

Ia ‘naik’ ke sorga.
Dengan kuasaNya sendirilah Yesus naik ke sorga, bukan oleh kuasa lain.
Kenaikannya pun disaksikan banyak orang pada masa itu.

Maka itulah yang serupa Dia tidak ada.

Apakah Ahazia berusia 22 tahun (2 Raja-raja 8:26) atau 42 tahun (2 Tawarikh 22:2) ketika ia memerintah atas Yerusalem?

Utk mlihat kasus Ahazia,
Kita harus mlihat ke bahasa asli.

Patut diketahui bhw penulisan dalam bahasa asli tidak mencantumkan titik koma, sehingga tidak ada pemenggalan kalimat.

Untuk memahami ayat ini,
Mari kita pelajari berapa usia ayah Ahazia (Yoram) saat Ahazia naik tahta.

Ayah Ahazia bnama Yoram.
Yoram mjadi raja pd usia 32 tahun.
8 tahun lamanya Yoram mmrintah sbg raja di Yerusalem.
Di akhir pmrintahannya,
Yoram ditulahi Allah dg pnyakit usus.
2 tahun ia mderita kmudian mati.

Jd, Yoram mati di usia 42 tahun.

Tdapat pbedaan pnyusunan kata2 dari Kitab 2 Raja-raja dan 2 Tawarikh mngenai Ahazia.

Jika dlihat dari bahasa asli dan mlihat usia Yoram serta kjadian sputar suksesi,

2 Tawarikh 22:1-2 berbunyi :
Lalu penduduk Yerusalem mengangkat Ahazia, anaknya yang bungsu, menjadi raja menggantikan dia, karena semua anaknya yang lebih tua umurnya telah dibunuh oleh gerombolan yang datang ke tempat perkemahan bersama-sama orang-orang Arab. Dengan demikian Ahazia, anak Yoram raja Yehuda yang berusia empat puluh dua tahun, menjadi raja.
Setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri.

Jadi,
Yg berusia 42 tahun bukan Ahazia, mlainkan Yoram, ayah dari Ahazia.
Maksudnya adl Ahazia mjadi raja saat Yoram brusia 42 tahun (yaitu saat dia mangkat).

Apakah Yoyakhin berumur 18 tahun (2 Raja-raja 24:8) atau 8 tahun (2 Tawarikh 36:9) ketika ia menjadi raja di Yerusalem?

2 Chr 36:5-9
Jehoiakim [was] twentyfive years old when he became king, and he reigned eleven years in Jerusalem. And he did evil in the sight of the LORD his God.
Nebuchadnezzar king of Babylon came up against him, and bound him in bronze [fetters] to carry him off to Babylon.
Nebuchadnezzar also carried off [some] of the articles from the house of the LORD to Babylon, and put them in his temple at Babylon.
Now the rest of the acts of Jehoiakim, the abominations which he did, and what was found against him, indeed they [are] written in the book of the kings of Israel and Judah. Then Jehoiachin his son reigned in his place.
Jehoiachin [was] eight years old when he became king, and he reigned in Jerusalem three months and ten days. And he did evil in the sight of the LORD.

Phatikan kronologinya :

  1. Nebukadnezar mnangkap Yoyakim dan mbawanya ke Babel
  2. Yoyakhin menjadi raja karena Yoyakim dibawa ke Babel
  3. Yoyakhin naik tahta dalam usia 8 tahun.

2 Kings 24:6-8
So Jehoiakim rested with his fathers. Then Jehoiachin his son reigned in his place.
And the king of Egypt did not come out of his land anymore, for the king of Babylon had taken all that belonged to the king of Egypt from the Brook of Egypt to the River Euphrates.
Jehoiachin [was] eighteen years old when he became king, and he reigned in Jerusalem three months. His mother’s name [was] Nehushta the daughter of Elnathan of Jerusalem.

Kronologinya :

  1. Yoyakim mati
  2. Yoyakhin menjadi raja menggantikan Yoyakim
  3. Yoyakhin naik tahta dalam usia 18 tahun

Bedanya dmana?

Poin nomor 1 & 2.

Ada kmungkinan bahwa Yoyakim ketika dibawa ke Babel masih hidup 10 tahun sbelum meninggal.
Karna masih hidup,
Maka Yoyakhin btahta di Yerusalem dr usia 8-18 tahun atas nama Yoyakim.

Stelah 10 tahun,
Yoyakim mninggal di Babel,
Shg Yoyakhin fully mjadi raja Yerusalem pd usia 18 tahun.

Luk 24:46 Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga.

Yang saya inginkan adalah tolong anda tunjukkan TULISAN pada PL sebagaimana yang dikatakan dalam Lukas 24: 46 : ADA TERTULIS.

Luk 24:44-47
Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”
Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Pertanyaan ini muncul karena ayat tsb diartikan scr sempit.

Berita tentang Yesus, Mesias yang harus menderita dan bangkit setelah 3 hari adalah kesimpulan dari berbagai nubuatan di PL, mulai dari kitab Musa hingga kitab para nabi.

Perhatikan bahwa kumpulan dari ayat-ayat ini baru bisa dimengerti oleh para murid setelah Allah sendiri membuka pikiran mereka.

Perhatikan ayat berikutnya :

Luk 24:27
Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.

Nubuatan mengenai Yesus tersebar dalam beragam ayat di PL dan dirangkaikan satu demi satu sehingga orang beroleh pengertian tentang karyaNya.

Jadi,
Jika dihubungkan :
‘Ada tertulis’ di ‘seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi’ mengenai ‘Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem’ yang bisa mereka pahami ketika Allah ‘membuka pikiran mereka sehingga mereka mengerti Kitab Suci’.

1 Sam 15:29 Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal."

Kej 6:6
Maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.

Tuhan bisa MENYESAL dan PILU HATI?

Kej 6:6 (BBE)
And the Lord had sorrow because he had made man on the earth, and grief was in his heart.

(NIV)
The LORD was grieved that he had made man on the earth, and his heart was filled with pain.

Kata yang digunakan untuk ‘menyesal’ adalah ‘nacham’.

Arti dari ‘nacham’ juga bisa dikatakan :
Be moved to pity,
Have compassion,
Suffer grief.

Jadi, ayat itu bisa juga berarti Allah sangat merasa pedih dan berduka sebab kejahatan manusia yang ia ciptakan amatlah besar di bumi bahkan segala kecenderungan hati mereka adalah jahat semata-mata.

Untuk mencegah kejahatan ini semakin buruk, Allah berkeputusan untuk memusnahkan generasi tersebut dan membangun manusia dari generasi baru, yaitu generasi Nuh.

Dalam 1 Sam,
Allah tidak tahu menyesal dalam artian tidak pernah salah mengambil keputusan.

Dalam Kej 6,
Allah sangat sedih dan berduka.

Jika manusia bisa bersedih,
Apakah Pencipta manusia tidak bisa bersedih?

Nubuat Tuhan tidak terjadi (Yeremia 36: 30). Dalam kitab Yeremia 36: 30 Tuhan berfirman bahwa keturunan Yoyakim tidak ada yang naik tahta kerajaan Daud. Ternyata Nubuat ini meleset. Diceritakan dalam kitab II Raja-raja 24:6 bahwa sepeninggal Yoyakim, yang naik tahta menggantikannya adalah Yoyakhin, anaknya.

Ada nubuat lain mengenai Yoyakim :

Yer 22:30
Beginilah firman TUHAN: “Catatlah orang ini sebagai orang yang tak punya anak, sebagai laki-laki yang tidak pernah berhasil dalam hidupnya; sebab seorangpun dari keturunannya tidak akan berhasil duduk di atas takhta Daud dan memerintah kembali di Yehuda.”

Yeremia 22 lebih dahulu diucapkan daripada Yeremia 36.

Yer 36:30
Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang Yoyakim, raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta Daud, dan mayatnya akan tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam.

Kata yg digunakan utk ‘duduk’ adalah ‘Yashab’.
Kata itu bisa berarti ‘tetap duduk’ atau ‘duduk dalam waktu lama’ atau ‘menetap’.

Karena itu,
Yeremia 22 melengkapi Yeremia 36,
Bahwa Yoyakim tidak akan mempunyai keturunan yang akan tetap memegang kekuasaan di atas tahta Daud.

Kita ketahui bahwa anak Yoyakim, yaitu Yoyakhin dibuang ke Babel dan mati di sana.
Sebagai Raja, ia gagal mempertahankan tahtanya dan gagal pulang dari Babel untuk kembali memerintah di Yehuda.

Nubuat Allah tergenapi.

Ramalan Tuhan Meleset (Yeremia 34:4-5) Dalam ayat Tuhan berfirman bahwa Zedekia, raja Yehuda tidak akan mati oleh pedang, melaikan akan mati dengan damai. Nubuat ini meleset jauh, dalam kitab Yeremia 52:10-11 diceritakan bahwa pada akhir hayatnya Zedekia tewas ditangan raja Babel. Sebelum meninggal, mata Zedekia dibutakan, lalu dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian ditaruh dalam rumah hukuman sampai meninggal.

Yer 34:4-5
Namun demikian, dengarlah firman TUHAN, hai Zedekia, raja Yehuda, beginilah firman TUHAN mengenai engkau: engkau tidak akan mati oleh pedang!
Engkau akan mati dengan damai. Dan sebagaimana dinyalakan api untuk menghormati bapa-bapa leluhurmu, raja-raja dahulu, yang hidup sebelum engkau, demikianlah orang akan menyalakan api untuk menghormati engkau, dan akan meratapi engkau dengan berkata: Aduhai, tuan! Sungguh, Akulah yang mengucapkan firman ini, demikianlah firman TUHAN."

Yer 52:9-11
Mereka menangkap raja dan membawa dia ke Ribla di tanah Hamat, kepada raja Babel, yang menjatuhkan hukuman atas dia.
Raja Babel menyuruh menyembelih anak-anak Zedekia di depan matanya; juga semua pemuka Yehuda disembelihnya di Ribla.
Kemudian mata Zedekia dibutakannya, lalu ia dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian raja Babel membawa dia ke Babel dan menaruhnya dalam rumah hukuman sampai kepada hari matinya.

Kalo diambil kesimpulan dari Yer 34,

  1. Zedekia tidak mati karena pedang
  2. Zedekia mati dalam damai

Kalo diambil kesimpulan dari Yer 52,

  1. Zedekia buta dan dibelenggu
  2. Zedekia mati di Babel
  3. Zedekia mati di rumah hukuman

Dari kedua pasal tersebut,
Nubuatan Allah tidak salah karena :

  1. Zedekia tidak mati oleh pedang melainkan di rumah hukuman Babel
  2. Bisa saja Zedekia pada saat mati ia dalam keadaan damai di rumah hukuman Babel

Allah telah menubuatkan di pasal sebelumnya :

Yer 32:4-5
Zedekia, raja Yehuda, tidak akan luput dari tangan orang Kasdim, melainkan pasti akan diserahkan ke dalam tangan raja Babel, sehingga ia berbicara dengan dia mulut sama mulut dan melihat dia mata sama mata;
Zedekia akan dibawanya ke Babel dan di sanalah ia akan tinggal, sampai Aku memperhatikannya, demikianlah firman TUHAN. Apabila kamu berperang melawan orang Kasdim itu, kamu tidak akan beruntung!"

Jadi,
Perkataan di Yer 34 berarti Zedekia memang akan mati dalam damai, tapi di Babel ketika Tuhan telah memperhatikannya.
Ini digenapi berdasarkan Yer 52 bahwa Zedekia tidak mati oleh pedang.

Mati dalam damai disana berarti mati bukan dalam peperangan dan mati dalam penghormatan.
Demikian Zedekia mati di babel di rumah hukuman. Allah memperhatikan dia di masa tuanya dan ia mati dengan mendapat penghormatan.

Baik Ezra 2:64 maupun Nehemia 7:66 setuju bahwa jumlah total jemaah adalah 42,360 , namun waktu dihitung, Ezra hanya mencapai 29,818 dan Nehemia hanya 31,089 ?

Ezr 2:1
Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya.

Ezr 2:64
Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang

Ezr 1:5
Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orang Yehuda dan orang Benyamin, serta para imam dan orang-orang Lewi, yakni setiap orang yang hatinya digerakkan Allah untuk berangkat pulang dan mendirikan rumah TUHAN yang ada di Yerusalem.

Jumlah totalnya mencakup bani Benyamin, ttp Ezra tidak memasukkan daftar keluarga bani Benyamin.
Dmikian juga sama dg Nehemia.
Itulah mngapa beda jumlah hitungan bdsk kaum keluarga dg jumlah total jemaah.

Apakah jumlah penyanyi yang mengiringi para jemaah adalah 200 orang (Ezra 2:65) ataukah 245 orang (Nehemia 7:67)?

Ezra dan Nehemia adalah 2 orang dari masa yg sdikit berbeda.

Ezra tiba terlebih dahulu ke Yerusalem,
Stelah bbrp saat, Nehemia baru tiba dan membangun tembok Yerusalem.

Jadi,
Jumlah total jemaah tercatat sama,
Ttp detil-detil dr silsilah yg dtemukan Nehemia bisa jadi lebih update drpd Ezra.

Karena memang tertulis juga dalam silsilah Ezra bahwa masih ada bbrp kaum keluarga yg masih perlu dselidiki mgenai silsilah keluarga yg lebih akurat yg mana itu bisa dlakukan setelah mreka menetap di Yerusalem dan mngadakan ptemuan raya (pd bulan ke 7).

Itulah sbabnya scr hitungan detil kaum keluarga menunjukkan perbedaan walau totalnya sama.