Tanggapan Atas Tuduhan Kontradiksi Alkitab

Kelelawar termasuk bangsa burung??????? Kelelawar bukanlah bangsa burung. Tetapi menurut Alkitab, kelelawar termasuk burung.

Ayatnya :

Im 11:13,19
Inilah yang harus kamu jijikkan dari burung-burung, janganlah dimakan, karena semuanya itu adalah kejijikan: burung rajawali, ering janggut dan elang laut;
burung ranggung, bangau menurut jenisnya, meragai dan kelelawar.

Jawaban simplenya adl :
Karna Alkitab tdk mnggolongkan hewan berdasakan jenis mamalia.

Printah di Kitab Imamat adl klasifikasi sederhana ttg binatang yg halal/haram utk dimakan,
Bukan klasifikasi lengkap utk studi akademik.

Jd, agar mudah dpahami,
Tuhan ungkapkan dg bahasa yg mudah dmngerti org pd jaman itu.

Kelinci Memamah biak????? Kelinci adalah binatang yang tidak memamah biak tapi binatang pengerat. Tetapi menurut Alkitab yang katanya Firman Tuhan itu, kelinci adalah binatang yang memamah biak.

Ayatnya :

Ul. 14:7
Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari antara yang memamah biak atau dari antara yang berbelah dan bersela kukunya: unta, kelinci hutan dan marmot, karena semuanya itu memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram semuanya itu bagimu.

Definisi memamah biak pd masa itu beda dg masa kini.

Kelinci memakan rumput ttp karna tidak bisa tercerna dg sempurna,
Maka rumput yg blm tercerna sempurna itu dibuang lewat anus kmudian dbiarkan di tanah.
Di tanah, bakteri mnguraikan buangan makanan tsb.
Klinci kmudian akan memakannya kembali dan barulah makanan buangan tsb bisa tercerna spenuhnya.

Proses mencerna makanan 2 kali ini yg ddefinisikan memamah biak pd masa lalu.

Serangga berkaki empat????? Semua serangga mempunyai 6 kaki.

Ayatnya :

Im 11:21
Tetapi inilah yang boleh kamu makan dari segala binatang yang
merayap dan bersayap dan yang berjalan dengan keempat kakinya, yaitu
yang mempunyai paha di sebelah atas kakinya untuk melompat di atas tanah
.

Belalang bjalan dg 4 kaki dan mnggunakan 2 kaki utk mlompat.
Tidak ada kontroversi.

Ular makanannya debu tanah???? Ular tidak makan debu.

Ayatnya :

Kej. 3:14
Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

Silakan pelajari fungsi ‘Jacobson Organ’ dari ular.

Unta tidak berkuku belah????

Ayatnya :

Im. 11:4
Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.

Unta tergolong hewan dg kuku belah tidak sempurna.
Partially split hooves.

Karna kuku belahnya tidak sempurna, maka diharamkan.

Yang merasa makan daging unta itu halal,
Hati-hati…

Dan iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yg sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya ( Matius 4 : 8 )

Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yg tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia ( Lukas 4 : 5 )

Adapun penglihatan yg kudapat di tempat tidurku itu, demikian: di tengah-tengah bumi ada sebatang pohon yg sangat tinggi; pohon itu bertambah besar dan kuat, tingginya sampai ke langit, dan dapat dilihat sampai ke ujung seluruh bumi
( Daniel 4 : 10 – 11 )

Sains modern tidak membenarkan bentuk bumi yg datar, bentuk bumi itu bulat.
Kalau bumi itu berbentuk bulat maka jika kita berdiri di tiang setinggi apapun, kita tidak akan mampu melihat semua permukaan bumi

Apakah Alkitab mengajar bahwa bumi itu datar?

Kedua ayat di atas konteksnya adalah ‘penglihatan rohani’ dan ‘mimpi’.

Mat 4 & Luk 4,

Yesus sedang dicobai Iblis.
Iblis saja sudah bsifat rohani, maka plihatan yg ia brikan jg bsifat rohani.

Bayangkan saja spt jaman skrg mlihat film di bioskop, kmudian ada banyak slide brisi profil singkat kemegahan krajaan2 di Bumi dan smua itu dtunjukkan Iblis kpd Yesus.

Daniel 4

Nebukadnezar mdapat penglihatan lewat mimpi di tempat tidur.

Dan 4:4-5
Aku, Nebukadnezar, diam dalam rumahku dengan tenang dan hidup dengan senang dalam istanaku;
lalu aku mendapat mimpi yang mengejutkan aku, dan khayalanku di tempat tidurku serta penglihatan-penglihatan yang kulihat menggelisahkan aku.

Apapun bisa terjadi saat bermimpi.
Dlm dunia permimpian,
Yang penting maknanya, bukan wujudnya.

Perhatikan ayat ini :

Yesaya 40:22
Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

Sebenarnya bulatnya bumi sudah bisa diperkirakan dari awal Alkitab,
Yaitu di kitab Kejadian.

Kej 1:5
Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Kej 1:14-15
Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.

Kej 8:22
Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam."

Maz 74:16-17
Punya-Mulah siang, punya-Mulah juga malam. Engkaulah yang menaruh benda penerang dan matahari.
Engkaulah yang menetapkan segala batas bumi, musim kemarau dan musim hujan Engkaulah yang membuat-Nya.

Kis. 17:26
Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka

Ptanyaannya adalah :
Mngapa ada siang, malam, petang dan pagi?

Jika bumi tidak bulat,
Bgmanakah mungkin ada pbedaan waktu antara siang, malam, petang dan pagi?

Dari manakah juga munculnya musim-musim?
Jika bumi tidak bulat,
Dari mana ada musim dingin dan panas dg durasi waktu yg teratur?

Ngga mungkinlah bumi itu tidak bulat.

... TUHAN adalah Raja; Ia berpakaian keagungan dan kekuatan. Bumi berdiri teguh tak dapat goyah. (Mazmur 93:1) ... Gemetarlah di hadapan-Nya, hai seluruh dunia! Bumi kukuh tidak tergoyahkan. (1 Tawarikh 16:30) Dengan kukuh bumi Kaupasang pada alasnya, sehingga tak akan goyang untuk selamanya. (Mazmur 104:5)

Bumi statis dan tidak bergerak???

Ayat2 di atas bukanlah ayat2 literal shg tidak bisa dmaknai literal.

Mzm 93:1-2
TUHAN adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan, TUHAN berpakaian, berikat pinggang kekuatan. Sungguh, telah tegak dunia, tidak bergoyang; takhta-Mu tegak sejak dahulu kala, dari kekal Engkau ada.

Tegak dan tidak bgoyangnya dunia bukan brarti bumi sama skali tidak bgerak / statis.
Dunia di situ konteksnya adl tahta Allah di bumi yg ada sjak dahulu kala dan tidak tgoyahkan (yg djelaskan oleh ayat 2).

1 Taw 16:29-33
Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah menghadap Dia! Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan.
Gemetarlah di hadapan-Nya hai segenap bumi; sungguh tegak dunia, tidak bergoyang.
Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah orang berkata di antara bangsa-bangsa: “TUHAN itu Raja!”
Biarlah gemuruh laut serta isinya, biarlah beria-ria padang dan segala yang di atasnya,
maka pohon-pohon di hutan bersorak-sorai di hadapan TUHAN, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi.

Ayat ini artinya,
Walau seluruh isi bumi bergemetar, bsorak-sorak, laut bgemuruh, semua isi padang beria-ria dan setiap pohon bsorak-sorai, bumi tidak akan goyang oleh karenanya.

(Ptanyaan : Emang pohon bisa bsorak-sorai?)
(Jawaban : Namanya jg perumpamaan dg bahasa sastra. Jangan diartikan harafiahlah)

Mzm 104:5-9
yang telah mendasarkan bumi di atas tumpuannya, sehingga takkan goyang untuk seterusnya dan selamanya.
Dengan samudera raya Engkau telah menyelubunginya; air telah naik melampaui gunung-gunung.
Terhadap hardik-Mu air itu melarikan diri, lari kebingungan terhadap suara guntur-Mu,
naik gunung, turun lembah ke tempat yang Kautetapkan bagi mereka.
Batas Kautentukan, takkan mereka lewati, takkan kembali mereka menyelubungi bumi.

Jelas bumi disitu bkata ttg daratan, bukan bumi dlm artian daratan + lautan + atmosfer.

Bahasa aslinya adl ‘erets’ yg bisa brarti ‘daratan’.

Tidak akan goyang thd apa?
Konteksnya adl thd samudera raya.

Harap diingat bhw Kitab PL bahasa asli tdk mpunyai titik koma.

Suku-suku bangsa gaduh seperti gaduhnya air yg besar; tetapi Tuhan menghardiknya sehingga mereka lari jauh-jauh, terburu-buru seperti sekam di tempat penumbukan dihembus angin, dan seperti dedak ditiup putting beliung ( Yesaya 17 : 13 )

Tuhan tidak tahu bahwa suara air bah disebut deru, dan bukannya gaduh.

Tuhan tau.
Buktinya :

Hab. 3:10
melihat Engkau, gunung-gunung gemetar, air bah menderu lalu, samudera raya memperdengarkan suaranya dan mengangkat tangannya.

Why. 14:2
Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.

Kosakata Tuhan lebih lengkap.
Ada yg pas utk bahasa akademik,
Ada yg pas utk bahasa sastra,
Ada yg pas utk bahasa puisi.

Bulan mengeluarkan sinar sendiri Lihat kejadian 1 : 14 – 19

Ayatnya :

Kej 1:14-19
Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian.
Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.
Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,
dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Kok saya tidak temukan kalimat bahwa ‘bulan mengeluarkan sinar sendiri’?

Dsitu dtuliskan bahwa bulan adl ‘benda penerang’.

Artinya,
Itu konteksnya bahwa bulan adl benda penerang utk bumi.
Artinya, dg khadiran bulan, bumi mmiliki penerang utk malam hari.

Tidak ada indikasi bahwa Alkitab katakan bulan mngeluarkan cahayanya sendiri.

Al-Kitab menyatakan: Kemudian, untuk menyucikan rumah itu, haruslah ia mengambil dua ekor burung,kayu aras, kain kirmizi dan hisop.Burung yg seekor haruslah disembelih di atas belanga tanah berisi air mengalir. Lalu ia harus mengambil kayu aras dan hisop, kain kirmizi dan burung yg masih hidup itu, dan mencelupkan semuanya ke dalam burung yg sudah disembelih dan ke dalam air yg mengalir itu, kemudian ia harus memercik kepada rumah itu tujuh kali. Dengan demikian ia harus menyucikan rumah itu dengan darah burung, air mengalir, burung yg hidup, kayu aras, hisop, dan kain kirmizi. Dan burung yg hidup itu harus dilepaskan ke luar kota ke padang. Dengan demikian ia mengadakan pendamaian bg rumah itu, makarumah itu menjadi tahir < Imamat 14 :49-53 >

Sains moderen tidak membenarkan darah digunakan untuk desinfektan, darah malah dianggap sebagai sumber penyakit.

Ayat itu bukan utk disinfektan.

Darah burung dicelup ke belanga berisi air yg mengalir.
Dlm proses itu, pastilah darah yg tsisa tidak banyak.
Kmudian hanya dpercik ke rumah sbanyak 7 kali, bukan menyuruh melumuri semua bagian depan rumah dg darah burung.
Karna itu, jumlah darah yg terciprat ke rumah hanyalah sdikit.

Tujuannya adl sbg simbol bagi pendamaian rumah, bukan disinfektan.

... he will assemble the scattered people of Judah from the four quarters of the earth. (Isaiah 11:12) After this I saw four angels standing at the four corners of the earth, ... (Revelation 7:1) Oh Lord, ... to you the nations will come from the ends of the earth... (Jeremiah 16:19) ... and there before me stood a tree in the middle of the land. Its height was enormous. The tree grew large and strong and its top touched the sky; it was visible to the ends of the earth. (Daniel 4:10-11)

Bumi punya 4 sudut???

Kl bahasa kerennya skarang adl 4 penjuru mata angin.
(Ptanyaan : Emangnya angin ada penjurunya dan ada matanya?)
(Jawaban : Namanya jg istilah yg dbuat utk memudahkan saat mcari tempat = Timur, Utara, Barat, Selatan).

Dimanakah Yesus saat Ia berusia 12 - 29 tahun?

Di Nazaret.
Beraktivitas dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Lukas 2:42-52
Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.
Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka.
Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.
Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.
Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: “Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau.”
Jawab-Nya kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”
Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka.
Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.
Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Yesus di Nazaret dalam asuhan orang tuanya.

Orang Nazaret sendiri sangat mengenal Yesus.

Bahkan,
Orang-orang Nazaret pun memberikan reaksi keheranan ketika Yesus berbicara tentang Kerajaan Allah di Nazaret.

Ini ayatnya :

Mat 13:54-56
Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: “Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?
Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?

Orang-orang itu berkata (bahasa saya sendiri) :
‘Lho kita kan kenal siapa Dia. Dia kan anak tukang kayu. Bapak ama ibuNya kita kenal. Semua saudara-saudaraNya juga ada di tengah-tengah kita. Gimana mungkin Ia bisa menguasai semua itu? Bagaimana mungkin?’

Pertanyaan itu bisa muncul justru karena penduduk Nazaret sangat familiar denganNya karena Yesus sehari-harinya berinteraksi dengan mereka.

Beda kan kalo Yesus selama beberapa waktu ada di luar Nazaret.

Mereka bisa jadi berkata :
‘Mungkin hikmatNya diperoleh dari tempat laen yang Dia kunjungi sembari melanglang buana.’’

Bukan tanpa alasan bila Yesus dikenal luas sebagai Orang Nazaret.
Latar belakangnya jelas.

Dimana ada tertulis bahwa Yesus datang mendirikan Kekristenan?

Mat 16:15-18
Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Yesus datang utk mdirikan Jemaat-Nya.
Jemaat siapa?
Jemaat dari Mesias, Anak Allah yg Hidup.

Apa sih terjemahan Mesias di bhs Yunani?
Kristos.
Alias Kristus.

Jemaat Kristos itu siapa?
Ya orang-orang Kristen toh.

Jadi pkataan Yesus sudah tergenapi.

Yesus membuat kerusuhan di Bait Suci dengan memutar-balikkan barang dagangan orang lain. Apakah perbuatan ANARKIS Yesus ini pantas dilakukan? Apakah perbuatan macam ini tidak berdosa?

Ini ayatnya :

Mat 21:12
Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati

Mar 11:15-16
Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerusalem. Sesudah Yesus masuk ke Bait Allah, mulailah Ia mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dibalikkan-Nya, dan Ia tidak memperbolehkan orang membawa barang-barang melintasi halaman Bait Allah.

Apa fungsi dari ‘pelataran’ Bait Allah?
(Pelataran sama dengan Halaman)

Im. 6:16
Selebihnya haruslah dimakan oleh Harun dan anak-anaknya; haruslah itu dimakan sebagai roti yang tidak beragi di suatu tempat yang kudus, haruslah mereka memakannya di pelataran Kemah Pertemuan.

Im. 6:26
Imam yang mempersembahkan korban penghapus dosa itulah yang harus memakannya; haruslah itu dimakan di suatu tempat yang kudus, di pelataran Kemah Pertemuan.

1Raj. 8:64
Pada hari itu juga raja menguduskan pertengahan pelataran yang di depan rumah TUHAN, sebab di situlah ia mempersembahkan korban bakaran, korban sajian dan segala lemak korban keselamatan, sebab mezbah tembaga yang di hadapan TUHAN itu terlalu kecil untuk memuat korban bakaran dan korban sajian dan segala lemak korban keselamatan itu.

2Taw. 6:13 –
karena Salomo telah membuat sebuah mimbar tembaga yang panjangnya lima hasta, lebarnya lima hasta dan tingginya tiga hasta, yang ditaruhnya di halaman–;ia berdiri di atasnya lalu berlutut di hadapan segenap jemaah Israel dan menadahkan tangannya ke langit.

Ezr. 10:9a
Lalu berhimpunlah semua orang laki-laki Yehuda dan Benyamin di Yerusalem dalam tiga hari itu, yakni dalam bulan kesembilan pada tanggal dua puluh bulan itu. Seluruh rakyat duduk di halaman rumah Allah.

Nah,
Pelataran / Halaman berfungsi sebagai tempat dimana umat Israel berkumpul untuk berdoa dan beribadah.
Allah menyebutnya sebagai tempat kudus dimana para imam memakan persembahan.

Jadi, dari segi peruntukan, pelataran atau halaman bukanlah tempat untuk berdagang.

Tempat itu dikuduskan untuk perkara rohani, bukan untuk perkara duniawi seperti jual-beli.

Jadi, perbuatan Yesus dibenarkan dalam standar Hukum Taurat.
Para pedagang itu sudah melanggar aturan.

Muncul kemudian pertanyaan :
Buat apa orang-orang berdagang di Bait Allah?

Apa sih yang mereka perjual-belikan?

Yoh 2:14-15
Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ.
Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.

Lembu, kambing, domba dan merpati.

Hewan-hewan inilah yang biasanya digunakan untuk persembahan kepada Tuhan.

Mat. 21:13
dan berkata kepada mereka: “Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun.”

Kenapa Yesus menyebut mereka sebagai ‘penyamun’?

Semua ada alasannya.

Im. 3:1
"Jikalau persembahannya merupakan korban keselamatan, maka jikalau yang dipersembahkannya itu dari lembu, seekor jantan atau seekor betina, haruslah ia membawa yang tidak bercela ke hadapan TUHAN.

Im. 4:4
Ia harus membawa lembu itu ke pintu Kemah Pertemuan, ke hadapan TUHAN, lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala lembu itu, dan menyembelih lembu itu di hadapan TUHAN.

Im. 5:11
Tetapi jikalau ia tidak mampu menyediakan dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, maka haruslah ia membawa sebagai persembahannya karena dosanya itu sepersepuluh efa tepung yang terbaik menjadi korban penghapus dosa. Tidak boleh ditaruhnya minyak dan dibubuhnya kemenyan di atasnya, karena itulah korban penghapus dosa.

Im. 5:18
Haruslah ia membawa kepada imam seekor domba jantan yang tidak bercela dari kambing domba, yang sudah dinilai, sebagai korban penebus salah. Imam itu haruslah mengadakan pendamaian bagi orang itu karena perbuatan yang tidak disengajanya dan yang tidak diketahuinya itu, sehingga ia menerima pengampunan.

Im. 17:5
Maksudnya supaya orang Israel membawa korban sembelihan mereka, yang biasa dipersembahkan mereka di padang, kepada TUHAN ke pintu Kemah Pertemuan dengan menyerahkannya kepada imam, untuk dipersembahkan kepada TUHAN sebagai korban keselamatan.

Kejadian ini berlangsung sebelum Paskah Yahudi.

Ul 16:1-2,6
"Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.
Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN untuk membuat nama-Nya diam di sana.
Tetapi di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, engkau harus mempersembahkan korban Paskah itu pada waktu senja, ketika matahari terbenam, bertepatan dengan saat engkau keluar dari Mesir.

Jadi, di sini berlangsung sebuah praktek yang melanggar Hukum Taurat.

Umat Israel tidak membawa persembahan ke pelataran Bait Allah pada para Imam,
Mereka membeli persembahan di pelataran Bait Allah.

Jadi, mereka tidak mempersiapkan terlebih dahulu apa yang akan mereka bawa, tetapi membeli apa adanya yang tersedia di halaman Bait Allah,
Padahal, Allah menuntut korban persembahan yang sempurna, tanpa cacat cela.

Karena itulah Yesus menyebutnya sebagai sarang penyamun, bahwa praktek yang salah telah berlangsung di Bait Allah tanpa dicegah oleh para pemuka agama (apakah para pemuka agama justru mengambil untung dari praktek ini?).

Yesus berusaha mengembalikan fungsi halaman Bait Allah pada tujuannya yang semula.

Sebagai utusan Allah saja, Yesus akan wajib melakukannya,
Apalagi bahwa Ia memang adalah Anak Allah.

Yoh. 2:16
Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: “Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan.”

Kesimpulan :

  1. Halaman memang bukan tempat berjualan karena tempat itu adalah kudus untuk perkara rohani,
  2. Adanya praktek jual-beli mendegradasikan kesakralan ibadah persembahan korban kepada Allah.
Roh Tuhan berada pada manusia hanya 120 tahun saja. Kalo ada orang yang berumur panjang melebihi 120 tahun, roh siapa yang berada pada manusia yang berumur panjang itu?

Ayatnya :

[color=brown]Kej 6:3
NKJV
And the LORD said, “My Spirit shall not strive with man forever, for he [is] indeed flesh; yet his days shall be one hundred and twenty years.”

GWV
Then the LORD said, “My Spirit will not struggle with humans forever, because they are flesh and blood. They will live 120 years.”

AMP
Then the LORD said, “My Spirit will not contend with man forever, for he is mortal; his days will be a hundred and twenty years.”

Kita lihat relasi dari ayat ini di ayat2 berikutnya :

Kej 6:5-7
Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
Berfirmanlah TUHAN: “Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.”

Tafsiran dari Kej 6 : 3 adalah :
Allah mengatakan mengenai kemusnahan manusia pada jaman itu, yaitu 120 tahun setelah diucapkan Firman di Kej 6:3, yakni melalui air bah.

So, menurut tafsiran ini,
120 tahun dari saat firman (Kej 6:3) itu diucapkan, Allah akan memusnahkan semua manusia (menarik life-giving breath) melalui air bah.

Jadi sifat ayat itu sangat kontekstual, yakni pada saat sebelum air bah saja.

Mat 15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

Bukankah Yesus hanya diutus kepada Israel saja?

Setelah kebangkitanNya,
Ia berfirman :

Mat. 24:14
Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Mat. 28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

Dari ayat itu sudah jelas bahwa Injil mengenai keselamatan dalam Yesus Kristus berlaku bagi semua bangsa.

Mengapa bisa demikian?

Perhatikan ayat di bawah :

Mat. 21:43
Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu (Israel) dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

Jadi,
Ada dinamikanya yang dijelaskan dengan baik di ayat-ayat ini :

Rm 11:11-12
Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka (Israel), keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.
Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka.

Makanlah roti itu seperti roti jelai yg bundar dan engkau harus membakarnya di atas kotoran manusia yg sudah kering di hadapan mereka ( Yehezkiel 4 : 12 )

Tuhan menyuruh Yehezkiel memakan roti yg dibakar di atas kotoran manusia yg sudah kering. Secara medis, apakah hal ini tidak berbahaya?

Dibakar di atas kotoran yg sudah kering, jadi rotinya tidak terkena kotoran tsb.

Praktek ini sebenarnya familiar di timur tengah pd waktu itu.

Pd saat tjadi klangkaan kayu,
Maka sbagai bahan bakar memasak, dgunakanlah kotoran yg sudah kering.

Itu adl simbol betapa sulitnya kelak Israel saat dkepung Babel shg mreka tpaksa harus mnggunakan metode tsb utk bisa makan.

Btw,
Saya punya kabar yg mirip :

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/12/16/10351456/biogas.kotoran.manusia

Pernahkah YESUS mengatakan : 'Akulah Allah. Sembahlah Aku?'

Perlu dipahami oleh semua pembaca,

Pada masa Ia berkarya di bumi sbg Manusia,
YESUS hidup di tengah-tengah orang Yahudi.

Karna itu,
Dia berbicara kpd orang Yahudi,
Dg bahasa yg dimengerti orang Yahudi,
Dg konsep yg dipahami orang Yahudi,
Dg budaya yg dihidupi orang Yahudi.

Karna itu,
Kita harus memahami perkataan, perbuatan dan perumpamaan YESUS dari sudut pandang konteks Yahudi.

Marilah kita melihat satu-persatu pernyataan YESUS di Alkitab yang menggegerkan.


Yoh 8:53-59
Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?"
Jawab YESUS: “Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami,
padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya.
Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.”
Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: “Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?”
Kata YESUS kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”
Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi YESUS menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

Inilah pernyataan yang menggegerkan.
YESUS mengatakan bahwa Ia lebih besar dari Abraham dan sudah ada sebelum Abraham ada.

Orang Yahudi sangat paham hal ini dan mereka hendak melempari YESUS karena tau bahwa YESUS telah menyamakan DiriNya dengan Allah.


Yoh 10:24-33
Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.
YESUS menjawab mereka: “Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.
Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
Aku dan Bapa adalah satu.”
Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari YESUS.
Kata YESUS kepada mereka: “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?”
Jawab orang-orang Yahudi itu: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.”

Skali lagi YESUS berbicara dengan konsep yg dipahami orang Yahudi bahwa YESUS sedang menyamakan DiriNya dg Allah.

Orang Yahudi sangat paham hal ini.


Yoh 14:6-9
Kata YESUS kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”
Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”
Kata YESUS kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Ketika Filipus meminta YESUS untuk menunjukkan keberadaan Bapa,
Maka YESUS menjawab :

‘Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa’

Lagi-lagi ini bukti yang sangat gamblang bhw YESUS menyamakan DiriNya dg Bapa (Allah).

Karna itulah YESUS berani berkata :

Akulah jalan dan kebenaran dan hidup


Luk 5:18-25
Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan YESUS.
Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan YESUS.
Ketika YESUS melihat iman mereka, berkatalah Ia: “Hai saudara, dosamu sudah diampuni.”
Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: “Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?”
Akan tetapi YESUS mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu pikirkan dalam hatimu?
Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah?
Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:“Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”
Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah.

Satu lagi.
Siapakah yang bisa mengampuni dosa?
Siapakah yang mengetahui pikiran manusia?
Hanya Allah saja.

Orang Yahudi sangat paham hal ini dan mereka serta-merta tau bahwa YESUS telah menyamakan DiriNya dengan Allah.

Tetapi YESUS membuat pnyembuhan yg mcolok mata.
Jika YESUS tidak berkuasa mengampuni dosa, maka orang lumpuh itu tidak akan sembuh.

Kesembuhan orang lumpuh itu adalah bukti nyata ke-Allah-an YESUS di hadapan orang Yahudi.


Mat 12:2-8
Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada-Nya: “Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat.”
Tetapi jawab YESUS kepada mereka: “Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam?
Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?
Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.
Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.
Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”

Bayangkan :
YESUS katakan bahwa Ia melebihi Bait Allah.

Artinya?
Siapa yang melebihi Bait Allah?
Sudah pasti Allah saja, yang adalah Empunya Bait Allah.

Kemudian YESUS katakan bahwa Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.

Untuk siapakah hari Sabat diadakan?
Untuk Allah saja (sesuai Taurat).

Jadi siapakah Tuhan (Tuan) atas hari Sabat?
Ya pasti Allah.

Tetapi disitu YESUS katakan bahwa Tuhan (Tuan) atas hari Sabat adalah Anak Manusia.

Siapakah Anak Manusia?
YESUS.

Dengan mengatakan bahwa Ia lebih besar daripada Bait Allah dan bahwa Ia adalah Tuan atas Sabat,
Maka YESUS telah menyamakan DiriNya dengan Allah.


Yoh 13:13
Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.


Mat 26:62-65
Lalu Imam Besar itu berdiri dan berkata kepada-Nya: “Tidakkah Engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?”
Tetapi YESUS tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: “Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak.”
Jawab YESUS: “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.”
Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.

Pada puncaknya,
YESUS diminta untuk memberikan klarifikasi :
Apakah Dia Anak Allah atau bukan.

Jika YESUS katakan ‘Ya’,
Maka YESUS akan djatuhi hukuman mati karena telah menghujat Allah.

Di dalam konsep orang Yahudi,
Anak Allah itu sama dengan Allah.

Jika YESUS katakan ‘Tidak’,
Maka loloslah YESUS dari hukuman mati karna Ia tidak terbukti menghujat Allah.

Jika YESUS bukan Allah,
Ia tinggal katakan ‘Tidak’.

Misal :
‘Oooo…bukan. Kalian jangan salah. Saya manusia biasa saja, bukan Allah bukan juga Anak Allah. Kalian smua telah salah paham. Maka skarang, silakan lepaskan saya.’

Tapi YESUS tidak katakan itu.
YESUS diam saja.
Tidak menyangkal dan tidak menolak.

Pada akhirnya Ia mengeluarkan pernyataan yg menggegerkan :
Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.

Duduk di sebelah kanan menyatakan tentang persamaan derajat.
Orang Yahudi paham itu dan tau bahwa YESUS telah menyamakan DiriNya dengan Allah.
Maka YESUS dijatuhi hukuman mati.

Dalam selama proses penghukuman,
Tidak pernah sekalipun YESUS berusaha mencabut pernyataanNya tersebut.


Simak apa yg dkatakan YESUS KRISTUS kepada Yohanes.

Why 1 :12-18
Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas.
Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.
Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah.
Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik.
Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Why 21:6-8
Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.
Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.”

Why 22:12-13
Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.
Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

Siapakah ‘Yang Awal dan Yang Akhir’ itu?
Ia adalah Anak Manusia,
Ia sudah mati tetapi hidup kembali untuk selama-lamanya.
Ia akan datang segera.
Ia adalah Allah.

Ayat paralelnya ada di Perjanjian Lama :

Yes 41:4
Siapakah yang melakukan dan mengerjakan semuanya itu? Dia yang dari dahulu memanggil bangkit keturunan-keturunan, Aku, TUHAN, yang terdahulu, dan bagi mereka yang terkemudian Aku tetap Dia juga.

Yes 44:6
Beginilah Firman Tuhan, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

Yes 48:12
Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!


  1. Ia berkata bahwa Ia lebih besar dari Abraham dan sudah ada sebelum Abraham ada
  2. Ia memberikan hidup yang kekal serta berkata bahwa Ia dan Bapa adalah satu
  3. Ia berkata bahwa barangsiapa melihat Dia berarti telah melihat Bapa dan berkata bahwa Dia adalah jalan, kebenaran dan hidup.
  4. Ia mengampuni dosa
  5. Ia berkata bahwa DiriNya melebihi Bait Allah dan adalah Tuhan atas hari Sabat
  6. Ia berkata bahwa Ia adalah Guru dan Tuhan
  7. Ia berkata bahwa Ia adalah Mesias dan Anak Allah
  8. Ia berkata bahwa Ia adalah Yang Awal dan Yang Akhir

Ini baru perkataan YESUS saja,
Belum termasuk perkataan para rasul maupun nubuat para nabi jaman dahulu.

Telah terbukti dengan sah dan meyakinkan bahwa YESUS adalah Allah dan mengatakan bahwa DiriNya adalah Allah.

Nubuat Yesus tidak tergenapi. Ia menjanjikan sudah akan datang sebelum murid-muridNya selesai mengunjungi kota-kota Israel (Mat 10:23).

Ayat di atas telah disalahpahami oleh pembaca karena ketidakmengertian thd konteksnya.

Mat 10:23
Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Mat 11:1
Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.

Ayat di atas paralel dengan :

Luk 9:1-6
Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit.
Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang,
kata-Nya kepada mereka: “Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.
Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ.
Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka.”
Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Luk 9:10
Sekembalinya rasul-rasul itu menceriterakan kepada Yesus apa yang telah mereka kerjakan. Lalu Yesus membawa mereka dan menyingkir ke sebuah kota yang bernama Betsaida, sehingga hanya mereka saja bersama Dia.

Srangkaian ayat di atas menerangkan kejadian yg sama.

Sperti bisa dilihat,
Ayat di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedatangan Yesus yg kedua (kiamat).

Karna setelah para rasul diutus ke kota-kota, para rasul dan Yesus kmudian berkumpul kembali dan para rasul menceritakan apa saja yang telah mereka kerjakan.

Jd maksudnya adl :
Yesus dan para rasul (dlm kelompok kecil) masing-masing mengambil jalan yang berbeda utk melayani berbagai kota.
Sebelum para rasul selesai mengunjungi kota-kota Israel yg mreka tuju, Yesus sudah datang.
Kemana?
Ke tempat dimana Yesus mengucapkan firman tersebut (firman pengutusan).
Dsanalah mreka akan kumpul kembali.

Nubuat Yesus tidak terjadi. Yesus mengatakan bahwa ada muridNya yang tidak akan mati sebelum kedatanganNya kedua (Mat 16:28, Mrk 9:1).

Ayat ini juga telah disalah-mengerti karena kurang memahami konteksnya.

Mat 16:28
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

Mrk 9:1
Kata-Nya lagi kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat bahwa Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa."

Kapan Anak Manusia datang sbg Raja dalam KerajaanNya?
Kapan Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa?

Apakah pada saat kelak kiamat?
Bukan.

Dlm Kekristenan,
Yesus datang sbg Raja dlm KerajaanNya setelah Ia dibangkitkan.
Kerajaan Allah datang dengan kuasa pada saat Pentakosta.

Klop.

11 murid masih hidup saat kebangkitan Yesus dan Pentakosta.