TANGGAPAN TENTANG MEMINTA BERKAT KEPADA ARWAH NENEK MOYANG YANG SUDAH MENINGGAL

Ada sebagian Suku Tapanuli suka meminta berkat ( Pasu-Pasu ) kepada Arwah Nenek Moyang yang sudah lama meninggal dengan cara ziarah ke makamnya di Kampung ( TUGU ) ,dengan suatu prosesi adat sebagian ada yang membakar sebatang rokok dan meletakkannya diatas kuburan / dengan asumsi agar arwah dari nenek moyang kita yang sedang kita ziarahi itu akan merokok dari rokok yang kita bakar tadi . Membakar rokok adalah awal prosesi untuk meminta Pasu-pasu / Berkat .
Pernah saya tanyai soal diatas tersebut dan mereka yang melakukannya mengatakan bahwa perbuatan diatas hanyalah sebuah penghormatan kepada Nenek Moyang yang telah lama meninggal. Bukan menyembah mereka ( nenek moyang ). Dan mereka mengatakan bahwa itu merupakan adat istiadat yang telah lama mereka lakukan dan masih mereka lakukan.
Nah apakah perbuatan diatas menyalahi agama kristen ???

Ada nasihat Firman Tuhan demikian:

1Tim 4

6 Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini.
7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.
9 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya.
10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.
11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu.

Tradisi >< dengan Firman Tuhan … harus ditinggalkan :coolsmiley:

melanggar donk…
itu namanya dia lebih hormat adat istiadat nenek moyangnyo dibanding samo tuhannyo…

TANGGAPAN TENTANG MEMINTA BERKAT KEPADA ARWAH NENEK MOYANG YANG SUDAH MENINGGAL…

Meminta berkat itu yang benar hanya kepada YESUS… krn Dia satu2 perantara yang benar bukan kepada yang lain.

Joh 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

Pintu berkat untu sampai kepada Bapa… mll Aku (read: YESUS) saja…tidak kepada orang /manusia yang telah mati

Joh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Firman Tuhan cukup jelas… dan tegas … harus mll Yesus :afro:

Terus terang saya juga agak sungkan melarang mereka berbuat begitu karena mereka juga keluargaku yang tinggal di kampungku. Kadang-kadang bila ada keluarga kami yang datang dari perantauan keluarga kami yang di kampunglah menjadi pandu kami untuk membawa kami ke kuburan nenek moyang kami Nah pada saat itulah mereka lakukan itu. Pertama kali saya melihat hati saya geli campur heran…mengapa masih ada keluarga saya yang berbuat begitu seakan-akan mereka menduakan Tuhan Yesus. Namun hati saya sabar dan pelan-pelan saya mulai nanya sini nanya situ dan terus sampailah soal rokok yang dibakar mereka…Mereka katakan ini sudah tradisi kampung sini katanya lagi bukan dikampung saya saja begitu…dikampung tetangga juga berbuat begitu.
Dan mereka katakan sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaan itu. Dan ada pernyataan mereka yang membuat saya diam ketika saya memohon supaya mereka tidak berbuat demikian karena itu namanya sirik , mereka menanyakan mana dulu adat atau agama ??? ya saya katakan Adat duluan. Nah mereka katakan lagi ya sudah apa yang mereka lakukan tidak ada hubungannya dengan agama karena jauh sebelum agamapun datang ke daerah itu ( kampungku itu ) baik islam atau kristen mereka telah lakukan hal-hal seperti diatas. Sehingga saya tidak bisa ngomong lagi.
Saya percaya segala sesuatu itu ada waktunya…mungkin suatu waktu mereka tidak akan melakukannya lagi…
GBU

Tergantung tujuan di balik itu.
Kalau untuk menghormati orang tua yang sudah meninggal sih menurut saya fine2 aj, karena nilai yg dididik disini adalah walau orang tua kita sudah meninggal, kita tetap mengingat jasa2 mereka dalam membesarkan kita semasa mereka hidup, sehingga kita tidak lupa betapa besar kasih orang tua, adat hanyalah salah satu cara untuk kita mengingatnya.
Tapi kalau tujuannya meminta berkat, bagi saya itu sudah melenceng, karena berkat sumbernya adalah dari Tuhan.

segala sesuatu kebudayaan yang bertentangan dengan alkitab atau berhubungan dengan kuasa kegelapan… tegas untuk mengatakan TIDAK , untuk mengikuti / mempercayainya…

karena saya percaya , kebudayaan gag semuanya berhubungan dengan kuasa gelap/ melanggar dari yang alkitab ajarkan .

GBU

@noviana susan; Emang ada yang meminta berkat sama orang mati? Dimana ada orang mati yang bisa memberikan berkat? Apa itu bukan cuma mitos2 yang sering kamu dengar di komunitasmu?? Sejarah manusia ini penuh dengan banyaknya tradisi. Tradisi adalah bagus untuk mengetahui asal usul keluarga kita. bayangkan bagaimana kalau tradisi sudah ditiadakan…kamu akan merasa seperti seseorang yang tidak ada asal usulnya.Tidak ada link dengan lelulur. Kau akan merasa kesepian.Pertalian darah dengan keluarga lebih kental dari darah manapun juga.Harus bangga dengan leluhurmu dan jangan pungkiri leluhurmu walau kamu sekarang beragama kristen.Penghormatan sesuai tradisi sah2 saja. Lihat saja dengan mata sendiri dan dipikirkan yang benar KARENA Tidak ada penyembahan disini.Note:ibu Yesus,Maria,adalah bukan pengikut Yesus.Apakah Yesus juga memungkiri ibunya? Apa mau jadi anak yang durhaka?

yah kan si susan bilang klo ada yang minta berkat sama orang mati = goblok… bukan karena kita yang spt tu… mungkin dukun2 yang make ayat2 al quran… mungkin meminta berkat kepada jin jin bos ?

whuahuahuahuahuha !!!

doa aja bro, bukannya janji Tuhan 1 orang percaya seisi rumah diselamatkan?? masak Tuhan ingkar janji?? hayo

kalo soal urusan orang mati, ngapain diurusi, urusin orang hidup, hormati orang tuamu waktu mereka masih hidup jangan waktu mati didoa2in, setiap beberapa hari dioain lagi, dibakarin rumah kertas supaya disana dpt rumah, dibikin kuburan paling mahal, dll…itu sia2 dan bodoh

Salah ! Arwah nenek moyang ?Mereka meminta berkat kepada setan dengan cara itu !
Orang mati tidak bisa dimintai berkat atau ditanya. Setan akan menyamar menjadi roh orang mati dan merasuki orang yang meminta berkat itu !
Ini adalah dosa
Kalau anda dekat dgn mereka,ada kemungkinan roh jahat akan merasuki kamu juga

Re: TANGGAPAN TENTANG MEMINTA BERKAT KEPADA ARWAH NENEK MOYANG YANG SUDAH MENINGGAL

sia sia.

carilah PEMBERI BERKAT : TUHAN YESUS KRISTUS, DIA sanggup memenuhi … . . . . . . .

Itu adalah perbuatan yang tidak bermanfaat.

Kegiatan meminta sesuatu kepada arwah orang yang sudah meninggal (baik itu arwah leluhur, arwah kakek, arwah nenek, arwah orang tua, arwah orang suci/sakti) adalah perbuatan yang tidak benar dihadapan Tuhan.

Apalagi membuat suatu perjanjian dengan arwah-arwah tersebut. Jangan sampai anda lakukan hal itu.

Imamat 19:31
Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu.

Dikalangan keluarga besar saya ada juga yang masih meminta kekayaan kepada arwah. Dan salah satu ritualnya yaitu dengan berdoa dikuburan orang tua.

Dan tentu saja saya berharap mereka dapat bertobat.

Jangan takut untuk menyampaikan kebenaran. Tentu saja dalam menyampaikannya harus dengan lemah lembut.

Demikian. GBU.

Re: TANGGAPAN TENTANG MEMINTA BERKAT KEPADA ARWAH NENEK MOYANG YANG SUDAH MENINGGAL

klo meminta kepada iblis ??

Kenapa? Pingin jadi jagoan atau tukang ramal?
He he he he

:mad0261:

bukan tukang ramal, tapi lucu bin lucu,
masa sich, meminta berkat kepada yang sudah mati…

Re: TANGGAPAN TENTANG MEMINTA BERKAT KEPADA ARWAH NENEK MOYANG YANG SUDAH MENINGGAL

:cheesy:

klo kamu mau berkat, carilah PEMBERI BERKAT/SUMBER BERKAT, bukan kepada orang yang sudah mati,

SIAPA ITU SUMBER BERKAT ? SIAPA ITU PEMBERI BERKAT ?? tahukah anda siapa DIA ??

Memang menghakimi itu paling mudah namun Lebih baik kita tidak usah menghakimi dengan mengatakan mereka menyembah arwah orang mati. Saya percaya mereka yang melakukan hal tersebut juga orang Kristen yang mengenal Kristus. Apalagi mereka sendiri sadar bahwa yg mereka lakukan bukan penyembahan tetapi sebagai bentuk pengormatan. Tentunya mereka sendiri bisa membedakan antara menyembah TUHAN dan mendoakan arwah leluhurnya sebagai bentuk atau ungkapan cinta dan penghormatan.

Mungkin bagi kita yang di dunia ini, mereka telah mati, tetapi sesungguhnya yang mati hanyalah tubuh mereka dan jiwa mereka hidup. Dan Allah yang kita sembah bukan hanya Allah bagi kita yang hidup saja, tetapi juga Allah bagi mereka yang sudah “mati”. Bagi kita yang hidup mungkin tidak bisa memahami kalimat bahwa mereka meskipun mati namun tetap hidup dihadapan Allah. Yang bagi kita telah mati namun bagi Allah mereka hidup karena Allah mengatasi segala dimensi, baik dimensi orang hidup maupun dimensi orang mati. Oleh karena itu Yesus sendiri berfirman : Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup."( Luk 20:38)

Untuk memahami hal ini silahkan masuk dalam diskusi : PERSEKUTUAN PARA KUDUS
Link nya: PERSEKUTUAN PARA KUDUS - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Salam kasih

Iya itu salah,
menghoramti org itu ketika dia masih hidup,setelah mati kita tdk bisa lagi menghubungi dia
sedangkan ketika mereka sdh meninggal, upaya2 tsb spt menghubungi arwah yg merupakan kekejian bagi Tuhan

berdoa dan memohon berkat kepada SUMBER BERKAT… TUHAN YESUS KRISTUS,

sia sia pake perantara apalagi yang sudah mati.