{Tanya} Ibadah praise and worship

@ fk’ers
Saya mau tanya kenapa kalo ibadah praise and worship di gereja-gereja kharismatik itu kok pujian dan penyembahan tanpa ada penyampaian firman Tuhan/khotbah?

Saya bukan Pdt/lulusan sekolah theologi, saya juga bukan orang yang rohani banget. Masih banyak kekurangan pemahaman saya. Sehingga mohon penjelasan dari para member fk terutama yang denominasi kharismatik.

kalo praise and prayer juga ga ada khotbahnya.
tergantung temanya. :slight_smile:

tapi kayaknya ga pernah ada kotbah…

temanya ‘praise and worship’ terus2an? :huh:

ah masa sih ga ada kotbah?

kalo di persekutuan saya sih gitu, qaqa… :cheesy:
tapi ga terus2an praise and worship juga. dalam satu semester paling cuma 1-2x.

mungkin eventx semacam konser musik kali ya…

ga, stiap satu bulan 1 kali doang, tapi bikin saya males ke gereja. tapi di gereja lain malah 2 kali dalam 1 bulan

bukan konser musik, menyembah Tuhan cara kharismatik, mata merem sambil ngomong haleluya terus diiringi musik yang keras…

baru tahu saya kalo ada kecanduan musik

setuju, ada yang pernah bilang kaya gitu tapi bukan dari gereja saya. Katanya khotbah itu ga penting: “emang di surga nanti ada khotbah, yang penting pujian dan penyembahan khotbah ga penting”. Pake ayat Firman Tuhan yang out of context, ga nyambung sama perikopnya…

Syukurlah di gereja saya masih menganggap Firman Tuhan sangat penting sama pujian penyembahan, tidak bisa dilepaskan.

iya, aneh banget masa ga ada firman Tuhannya…

;
boleh tau di gereja mana ??
soalnya saya lagi cari gereja yang cuma praise and worship doang (kolekte boleh boleh aja)
cuma saya lagi “alergi” sama kotbah yang UUD perpuluhan dan sesuatu yang tidak berlaku lagi

tuhan Yesus memberkati
Han

Biasanya sih “praise and worship” itu pada event lain diluar jam kebaktian rutin, dan bisa saja memang tanpa khotbah, tapi ada juga yg diselingi khotbah pendek.
Pengaturan waktu “praise and worship” memang sangat tergantung pada kebijakan gereja masing2, tdk ada standard yg baku, jadi ada juga gereja yg tanpa acara “praise and worship” .
GBU

ga, ini ibadah rutin…
ya boleh juga, tapi kebanyakan di daerah saya gereja kharismatik, yang protestan gitu agak jauh

ada yg sering Praise and worship tapi di Kebaktian remaja. Praise and worship 2 minggu sekali. Jadi 1 minggu khotbah 1 minggu praise and worship. Nuansa juga sangat kekharismatikan banget pujian sampe loncat2, jingkrak2, doa sambil tepuk tangan, tumbang “dalam roh”…

Maksudnya, walaupun organisasi gerejanya sama, tapi kebijakan tergantung pd gembala setempat gak ada standard yg baku harus ada atau tdk “praise and worship itu”, kalau memang sangat tdk nyaman dgn kondisi itu, boleh2 saja hindari kebaktian pd minggu dgn praise and worship itu, sambil cari tahu apakah ada gereja yg lain tanpa P&W, krn bisa saja seseorg merasa gak nyaman dgn situasi spt itu.
GBU

klo di gereja ane sih(biarpun kharismatik juga) praise & worship selalu dibikin satu paket sama khotbah/Firman Tuhan & ga pernah dipisah-pisah.jadi utk praise & worship itu sendiri juga dibatasi waktunya dlm sekali kebaktian(ga boleh terlalu lama).klo soal loncat2/jingkrak2 & tumbang gitu sebetulnya ada yg sifatnya kedagingan juga(cuma krn euforia belaka,bukan krn dilawat Tuhan).

ga juga, itu tergantung ajaran gereja ga ada faktor uang…

Ibadah Praise and worship memang hanya berisi pujian dan penyembahan, tapi biasanya ini bukanlah ibadah rutin, kalo ada yg melakukannya sebagai ibadah rutin/tiap minggu bolehlah kita bertanya, Kenapa?

tetapi inilah realita yg kita hadapi jaman sekarang, ada Gereja tapi ada juga “bisnis” gereja.

Postingan di atas ada yg bilang “mengikuti selera pasar” ada benarnya, mungkin gereja itu takut jemaatnya habis krn lari ke gereja lain, makanya begitu tahu jemaatnya tdk suka mendengar kotbah, dibuatlah “ibadah” Praise & worship.

Denom saya Kharismatik, tapi gak ada tuh Tiap minggu atau sekali sebulan diadakan ibadah Praise & Worship, kalo ibadah rutin ya pasti ada Praise & worship dan ada penyampaian Firman (kotbah)

ada enga buat para orang tua tua, maklum kalau ikut yang remaja dah engga cocok sebab lagunya lagu “Perang” semua, dankaki sudah pada sakit :slight_smile:
Tuhan Yesus Memberkati
Han

kalo itu ga tahu…

tapi sya rasa, bukan motif uang… itu ga ngaruh sama pendapatan gereja…

kalo belajar teologi Ibadah, maka yang disebut ibadah Kristen yang benar adalah ibadah di sekitar pemberitaan Firman Tuhan, yaitu pembahasan sebagain ayat-ayat Alkitab.

jadi jika ada yang berkata Ibadah P&W nggak ada firman Tuhan, maka kata Ibadah di depan harus dicopot. Karena ibadah adalah MENDENGAR SABDA ALLAH.

demikian sekedar sharing

salam