Tanya Lukas 4:2

Teman2 seiman mau nanya dikit :slight_smile: :slight_smile:

Luk 4:2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar

Yesus adalah adalah yang inkarnasi jadi manusia jadi Yesus adalah 100% Allah dan 100% manusia. Bagaimanakah Tuhan Yesus bisa tahan tanpa makan apa2 selama 40 hari, di padang gurun lagi ?
Apakah pada waktu itu sisi " keilahian Nya " yg memampukan Nya ?
Atau ada pengertian lain tentang defenisi puasa menurut orang yahudi ?
Mohon pendapat teman2 :slight_smile: :slight_smile:

di situ cuman ditulis “Ia tidak makan apa-apa”
tapi tidak ditulis “Ia tidak makan dan minum apa-apa”.

so…kesimpulannya Dia minum.
itu yang membuatnya bis bertahan 40 hari.

Hmn… apakah ada kemungkinan minum saja bisa menahan rasa lapar selama 40 hari ?

Mengenai kemungkinan bisa ajah. Entar deh qta googling apa orang bisa idup dengan minum doang ampe 40 hari ato lebih…

Kalau aku mikirnya kekuatan Yesus ber-puasa 40 hari karena sisi Illahi nya, lagian tidak dijelaskan cara puasa TUHAN saat itu gimana kan ??

Kalau ikutin aturan puasa Yahudi :
- Yom Kippur (Imamat 23:26-32) puasa 25 jam tanpa makan saja
- Tisha B’Av adalah untuk peringati Holocaust Babel puasa 9 hari tanpa daging
Jadi susah juga nyimpul’in nya dengan logika…only by faith
Kalau manusia sendiri bisa bertahan hidup antara 3-5 minggu dengan hanya minum.

OOT: ini Thread dari AP yah bro :cheesy:

wah gak tau neh… :undecided:

aku pernah dengar ada yg bilang minum air, dll :undecided:

tp klo puasanya aku yakin benar-benar 40 hari :wink:

kita aja yg blm tau jawaban pastinya :happy0062:

Orang Jawa bisa puasa 40 hari, hanya dengan 3 x 24 jam saja,
karena di Jawa, hari (dan pasaran) ada hitungannya, jadi hitungan 40 hari bukan jumlah hari, tetapi jumlah NILAI hari-hari yang dihitung dengan menjumlah nilai hari dan pasaran.

he he he…,
saya pernah berdiskusi panjang tentang hari-hari dalam Alkitab, khususnya dalam menanggapi tulisan terjemahan saya, Yesus tidak disalib di hari jumat dan tidak bangkit di hari minggu.

Banyak orang kristen ber-standar ganda.
Puasa yesus 40 hari DIPERCAYA/DIYAKINI benar2 40 hari (40X24 jam)
tetapi 3 hari kematian Yesus TIDAK DIPERCAYA 3 x 24 jam.
coba hitung Jumat sore - Minggu pagi mana mungkin 3 X 24 jam.

pernah hal itu saya tulis di halaman pertama di www.gkmin.net , tapi sekarang sudah tidak lagi, dan saya beri catatan keterangan di sana.

emg disebutnya 3 hari ya??

gw ga tau loh… :char15:

gw taunya klo Tuhan Yesus bangkit pada hari ketiga… ga disebutin pagi atau mlm’a

kalo puasa yang 40 hari… menurut gw itu mah mungkin2 aja… Nothing Impossible for Him

cari sendiri di alkitab, ada yang menyebut, “seperti yunus di perut ikan… anak manusia di rahim bumi selama tiga hari tiga malam” (kira-kira begitu, tepat dan tempatnya saya lupa, di komputer ini nggak ada alkitab elektroniknya … malas carinya…)

sy pernah membahas hal ini panjang lebar… di tulisan “Yesus tidak disalib pada hari Jumat, tidak bangkit pada hari Minggu”, kalau mau, kirim email ke [email protected], nanti saya kirimi file .pdf-nya)

Ane setuju dengan gkmin… :afro:

Ada 2 masalah yg aku belom nangkap :

  1. 40 hari di sini maksudnya benar2 hitungan 40 hari secara numerik kalender kah ??
  2. Bagaimana cara puasanya…apa seperti tradisi Yahudi seperti yg aku tulis di atas, apa seperti puasa Kristen atau seperti puasa teman2 muslim ??

Dunno :undecided:

emang iblis berani ama tuhan ya

kagak masuk akal banget nih ayat :ashamed0002: :ashamed0002: :ashamed0002:

Tapi yang berani bukan cuma iblis bro, manusia juga banyak yang berani ama Tuhan, kaga masuk akal yah… :azn:
ayak-ayak wae… ;D

Kembali ke pertanyaan TS, ada yg bisa memberi pencerahan puasa Yahudi?

Luk 4:2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar
yups... di ayat iitu gak pernyataan Yesus sebagai Tuhan, yang bisa di Cobai ( Diuji/digoda/doganggu) jelas adalah manusia dan di ayat itu jelas sekali menceritakan bahwa yg di Cobai ( diuju/digoda/diganggu ) yaa manusia.

kalau Tuhan dicobai oleh Iblis, lah emang wujud Iblis itu seperti apa…? jadi cara berfikir begitu gak akan mungkin… dalam konteks ayat tersebut sudah menunjukan bahwa Iblis tengan menguji seorang manusia. gak ada cerirta tuhan.

GBU
Deep

menurut aku saat Tuhan Yesus Kristus berada di padang gurun, itu adalah 100% kemanusiaan-Nya.
tugas-Nya untuk memberitakan Kabar Keselamatan diawali dengan pembaptisan diri-Nya (pasal sebelumnya - Lukas 3) dan dari hal itulah ALLAH sendiri menyatakan bahwa DIA (Yesus Kristus) adalah Tuhan… setelah itu DIA berpuasa dan setelah 40 hari DIA mulai bekerja memberitakan “keselamatan” bahkan mujizat dimiliki-Nya… haleluya!!!

tapi yang paling keren adalah dimana Iblis diSkakMat yah guys…
Yesus menjawabnya, kata-Nya: “Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!” (Lukas 4:12)

How Great is Our God!!!

pertanyaan ini ada di AP juga toh :cheesy:

Yesus dalam wujud kemanusiannya tentu saja dapat dicobai oleh iblis. Yesus kan 100% Allah dan 100% manusia. Dan lewat ini Yesus ingin mengajarkan bahwa manusia pun dapat menang melawan godaan iblis asal berpegang pada firman Allah. kan setiap kali di tanya oleh iblis dia selalu menjawab ada tertulis

Ada nggak sih ayat di Bible yang menyatakan bahwa Yesus 100% Allah dan 100% manusia???

sekian pertanyaan dari saya

Mat. 21:31 Siapakah di antara kedua orang itu yang melakukan kehendak ayahnya?"* Jawab mereka: “Yang terakhir.” Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Ooo…penghuninya perempuan sundal toh… ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

PEMBUKTIAN KEILAHIAN YESUS KRISTUS

 Keilahian Yesus Kristus dibuktikan dalam: 

Penggenapan nubuatan/ramalan mengenai mesias di Perjanjian Lama
Ketidakberdosaan Yesus
Mujizat-mujizat Yesus
Kebangkitan Yesus dari kematian
Penggenapan nubuatan mengenai mesias di Perjanjian Lama

 Banyak sekali nubuat tentang mesias/Kristus dalam Perjanjian Lama. Berikut nubuat-nubuat yang secara jelas berbicara tentang kedatangan mesias:

Mesias akan lahir dari seorang perempuan
Nubuat: Kejadian 3:15. Penggenapan : Galatia 4:4.
Mesias akan dilahirkan dari seorang perawan
Nubuat: Yesaya 7:14. Penggenapan: Matius 1:18-25.
Mesias merupakan keturunan Abraham
Nubuat: Kejadian 12:1-3;Kejadian 22:18. Penggenapan: Matius 1:1; Galatia 3:16.
Mesias dari suku Yehuda
Nubuat: Kejadian 49:10. Penggenapan: Lukas 3:23,33; Ibrani 7:14.
Mesias merupakan keturunan Daud
Nubuat: 2 Samuel 7:12. Penggenapan: Matius 1:1,6
Mesias akan lahir di Betlehem
Nubuat: Mikha 5:1-2. Penggenapan: Matius 2:1; Lukas 2:4-7.
Mesias akan diurapi oleh Roh Kudus
Nubuat: Yesaya 11:1-2. Penggenapan: Matius 3:16,17.
Ada yang mempersiapkan jalan bagi mesias
Nubuat: Yesaya 40:3; Maleakhi 3:1. Penggenapan: Matius 3:1-3.
Mesias akan mengadakan mujizat-mujizat
Nubuat: Yesaya 35:5,6. Penggenapan: Matius 9:35
Mesias akan ditolak oleh orang Yahudi
Nubuat: Mazmur 118:22. Penggenapan: I Petrus 2:7
Mesias akan ditolak oleh kerabat-Nya sendiri
Nubuat: Yesaya 53:3. Penggenapan: Yohanes 1:10,11; Yohanes 7:5,48
Mesias akan dielu-elukan waktu menunggang keledai memasuki Yerusalem
Nubuat: Zakharia 9:9. Penggenapan: Matius 21:1-7

Mesias akan mati dengan kematian yang mengenaskan
Nubuat: Mazmur 22; Yesaya 53. Penggenapan: Matius 27.

Diam dihadapan penuduh-Nya
Nubuat: Yesaya 53:7. Penggenapan: Matius 27:12-14
Dihina
Nubuat: Mazmur 22:7,8. Penggenapan: Matius 27:31.
Dipaku tangan dan kaki-Nya.
Nubuat: Mazmur 22:17. Penggenapan: Lukas 23:33.
Disalib di antara penjahat-penjahat
Nubuat: Yesaya 53:12. Penggenapan: Matius 27:38
Lambung-Nya ditikam
Nubuat: Zakaria 12:10. Penggenapan: Yohanes 19:34
Tak ada tulang yang dipatahkan
Nubuat: Keluaran 12:46.Penggenapan: Yohanes 19:36

Jubah-Nya akan diundi
Nubuat: Mazmur 22:18. Penggenapan: Yohanes 19:23,24
Mesias menderita karena dosa kita.
Nubuat: Yesaya 53:5-6. Penggenapan: 1 Petrus 2:24

Mesias akan bangkit dari kematian
Nubuat: Mazmur 16:10.
Penggenapan: Kisah Para Rasul 2:31; Markus 16:6.
Mesias akan naik ke surga
Nubuat: Mazmur 68:19. Penggenapan: Kisah Para Rasul 1:9.
Mesias akan duduk di sebelah kanan Allah Bapa
Nubuat: Mazmur 110:1. Penggenapan: Ibrani 1:3.
Nubuat-nubuat ini ditulis ratusan tahun sebelum Yesus lahir ke dalam dunia. Tidak ada alasan bahwa nubuat-nubuat itu adalah ‘tebakan yang sangat cerdas’, atau ‘merupakan trend kecenderungan sejarah’, atau ‘pikiran kreatif pembaca Alkitab’. Bahkan para kritikus sendiri mengakui bahwa nubuat-nubuat tersebut selesai ditulis lengkap 400 tahun sebelum Yesus lahir. Nubuat-nubuat tersebut secara sempurna digenapkan oleh Yesus.

 Tuhan tidak pernah membuat kesalahan. Tuhan mengendalikan sejarah dan jika Tuhan membuat nubuat/ramalan lebih dari 400 tahun sebelumnya mengenai rencana keselamatan bagi manusia maka tidak ada penggenapan yang terjadi secara kebetulan, semua penggenapan yang dilakukan terjadi karena kedaulatan-Nya atas sejarah umat manusia. Jika Yesus, yang menyatakan bahwa Dia menggenapkan apa yang tertulis ratusan tahun sebelum kelahiran-Nya,  dan benar-benar Yesus menggenapinya, maka diambil kesimpulan bahwa Yesus adalah mesias, Yesus adalah Tuhan. 

Ketidakberdosaan Yesus

 Semua orang berdosa, Tuhan dan kita mengetahui hal ini. Jika seseorang hidupnya sangat baik, sempurna,  berusaha tidak berdosa sebisa mungkin, tidak membuktikan ia Tuhan. Tetapi kalau seseorang melakukan 2 hal tersebut yakni mengakui dirinya Tuhan kemudian menawarkan hidupnya yang tanpa dosa sebagai bukti, kita harus serius memperhatikannya. 

 Saat Pilatus mengadili Yesus, Pilatus menyimpulkan, 'Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada orang ini' (Lukas 23:4).  Kepala pasukan yang melihat penyaliban Yesus mengatakan,'Sungguh, Orang ini adalah orang benar!' (Lukas 23:47). Penjahat yang disalib bersama Yesus mengatakan, 'Orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah' (Lukas 23:41). 

 Kesaksian yang paling penting terhadap karakter seseorang adalah dari orang terdekat. Petrus,  murid yang paling dekat dengan Yesus mengatakan bahwa Kristus tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya (1 Petrus 2:22). Yohanes berkata 'Kristus adalah benar' (1 Yohanes 3:7). Rasul Paulus mengatakan ' Dia tidak mengenal dosa' (2 Korintus 5:21). Penulis kitab Ibrani berkata 'Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa' (Ibrani 4:15). 

Yesus sendiri memberikan tantangan kepada lawan-lawan-Nya, ‘Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa?’ (Yohanes 8:46).

 Yesus menyatakan diri-Nya Tuhan dan membuktikannya dengan kehidupannya yang tanpa dosa, memberikan kesimpulan bahwa Yesus benar-benar Tuhan. 

Mujizat-mujizat Yesus

 Hidup Yesus penuh mujizat sejak awal dia berada di bumi.  Dia lahir dari seorang perawan (Matius 1:18,20-21), Yesus mengubah air menjadi anggur (Yohanes 2:1-11), berjalan di atas air (Matius 14:25), melipat gandakan roti (Yohanes 6:11), memelekkan mata orang buta (Yohanes 9:7), membuat orang lumpuh bisa berjalan (Markus 2:1-12), mengusir setan (Markus 5:1-20), menyembuhkan berbagai penyakit (Matius 9:35), dan beberapa kali membangkitkan orang dari kematian (Matius 9:23-26;Lukas 7:11-17;Yohanes 11:38-44). 

 Ketika murid-murid Yohanes Pembaptis menanyakan kepada-Nya apakah Dia mesias, Yesus menjawab mujizatnya sebagai bukti bahwa Dia mesias:

‘Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik .’ (Matius 11:4,5).
Mujizat-mujizat seperti ini merupakan tanda adanya persetujuan Tuhan kepada orang yang melakukan mujizat.
Mujizat-mujizat ini merupakan penggenapan dari apa yang ditulis Yesaya 700 tahun sebelum Yesus lahir ke bumi:
‘Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka.
Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai .’(Yesaya 35:5,6).

 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya. (Yohanes 3:1-2). 

 Pada waktu Yesus dibaptis, muncul suatu suara dari sorga 'Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.' (Matius 3:17). Ini merupakan tanda dukungan Allah Bapa terhadap pekerjaan dan keilahian Yesus. 

 Mujizat adalah suatu bentuk konfirmasi/persetujuan ilahi atas suatu kebenaran/pekerjaan yang dikerjakan seseorang yang diutus Tuhan.  Mujizat yang dihubungkan dengan pernyataan Yesus tentang keilahian diri-Nya, mengkonfirmasi bahwa Dia benar-benar Tuhan. 

Kebangkitan Yesus dari kematian

 Hanya Tuhan yang hanya memberi kehidupan (Ulangan 32:39; 1 Samuel 2:6). Di sini kebangkitan Yesus dari kematian merupakan bukti adanya persetujuan dari Tuhan terhadap siapa yang diutus-Nya. Perjanjian Lama dan Yesus sendiri menubuatkan kebangkitan-Nya. Mazmur 16:10 berbicara tentang kebangkitan mesias. 

 Perjanjian Lama menubuatkan bahwa
  1. Mesias akan datang dan mati (Yesaya 53; Mazmur 22)

  2. Mesias akan memerintah selamanya( Yesaya 9:6; Daniel 2:44;).
    Satu-satunya jalan supaya mesias bisa memenuhi keduanya adalah mati kemudian bangkit.

    Yesus sejak awal pelayanan-Nya telah menubuatkan kebangkitan-Nya sendiri. (Yohanes 2:19,21).
    Setelah pengakuan Petrus bahwa Yesus adalah Mesias, Yesus berkata
    ‘Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari .’ (Markus 8:31).
    Yesus mengulangi perkataan ini saat dalam perjalanan melewati Galilea (Markus 9:30-31), dan dalam perjalanan ke Yerusalem (Markus 10:32-34).
    Yesus juga mengatakan ’ Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali.’ (Yohanes 10:18).

    Kematian dan kebangkitan Yesus:

Kehilangan besar darah menyebabkan Yesus mati (Lihat artikel Apakah Yesus benar-benar mati?). Dia mempunyai 5 luka dan berada di atas kayu salib mulai jam 9 pagi (Markus 15:25) hingga jam 3 sore (Markus 15:42).
Yesus menyerahkan nyawa-Nya (Yohanes 19:30).
Ketika lambungnya ditusuk tombak keluar darah dan air (Yohanes 19:34). Secara medis membuktikan bahwa Yesus sudah mati.
Tentara Roma yang berpengalaman dalam menangani kematian menyatakan Yesus mati (Yohanes 19:33)
Pilatus memastikan bahwa Yesus mati sebelum diserahkan mayat-Nya ke Yusuf dari Arimatea.(Markus 15:42-47)
Mayat Yesus dikapani dengan kain lenan dan dibubuhi dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.(Yohanes 19:40)
Hari Minggu kubur Yesus kosong, Yesus telah bangkit (Matius 28; Markus 16;Lukas 24;Yohanes 20,21)
Penampakan Yesus setelah kebangkitan:
Kepada Maria Magdalena (Markus 16:9; Yohanes 20:11-14)
Kepada perempuan sekembalinya dari kubur (Matius 28:9,10)
Kepada Petrus (Lukas 24:34; 1 Korintus 15:5)
Kepada murid-murid di Emaus (Lukas 24:13-32)
Kepada rasul-rasul kecuali Tomas (Lukas 24:36-43;Yohanes 20:19-24)
Kepada rasul-rasul, Tomas hadir (Yohanes 20:26-29)
Kepada 7 orang di danau Tiberias (Yohanes 21:1-23)
Kepada lebih dari 500 orang percaya di bukit Galilea (1 Korintus 15:6)
Kepada Yakobus (1 Korintus 15:7)
Kepada murid-murid (Matius 28:16-20;Lukas 24:33-52;Kisah Para Rasul 1:3-12)
Saat kenaikan Yesus ke surga (Kisah Para rasul 1:3-12)
Kepada Stefanus (Kisah Para Rasul 7:55)
Kepada Paulus (Kisah Para Rasul 9:3-6; 1 Korintus 15:8)
Kepada Paulus saat di Bait Allah (Kisah Para Rasul 22:17-21;23:11)
Kepada Yohanes di pulau Patmos (Wahyu 1:9-20)

 Kebangkitan Yesus secara tubuh fisik dibuktikan bahwa setelah kebangkitannya : 
  • Yesus dilihat lebih dari 500 orang (1 Korintus 15:6)

  • Yesus menyatakan mempunyai daging dan tulang (Lukas 24:39) ,

  • Yesus makan ikan (Lukas 24:42,43)
    Bagi yang meragukan kebangkitan-Nya secara fisik, Yesus menantang:
    ‘Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.’ (Yohanes 20:27).

    Yesus menyatakan diri-Nya Tuhan. Yesus bangkit dari kematian, ini menggenapi apa yang Dia dan Perjanjian Lama katakan. Yesus benar-benar Tuhan.

KESIMPULAN

 Berdasarkan kehandalan naskah Perjanjian Baru kita memiliki catatan tentang pengajaran Yesus mengenai keilahian-Nya.

[quote author=jackdekil link=topic=3098.msg40513#msg40513 date=1225641952]
Ada nggak sih ayat di Bible yang menyatakan bahwa Yesus 100% Allah dan 100% manusia???[quote]
kalau ayat kemanusiaannya pasti km uda tau dong kan sering di pakai untuk menyerang keilahian Kristus oleh kaum muslim

Mat. 21:31 Siapakah di antara kedua orang itu yang melakukan kehendak ayahnya?"* Jawab mereka: "Yang terakhir." Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pemungut-pemungut cukai dan perempuan-perempuan sundal akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah.
ayat ini menjelaskan bahwa bahkan orang2 berdosa pun mempunyai kesempatan masuk ke dalam kerajaan sorga asal bertobat dan percaya

btw jangan samakan kerjaan surga kristen dgn surga ala islam yg ada 72 bidadari untuk menemani kaum lelakinya ehm…

@jackdekil
jangan samakan kerajaan surga Kristen dgn islam yang ada 72 bidadari untuk menemani kaum lelakinya ehmm…
silakan baca ulang deh ayat matius itu jangan separuh separuh