Tanya: Seorang di antaramu adalah iblis.

Yohanes 6:70 Jawab Yesus kepada mereka: “Bukankah Aku sendiri yang telah memilih kamu yang dua belas ini? Namun seorang di antaramu adalah Iblis.”

kenapa Yesus memilih iblis? apa makna dari semua ini?
Terimakasih :slight_smile:

Tuhan Yesus tdk memilih Iblis,
kata Iblis pernah dikatakan Tuhan Yesus kpd Petrus & Yudas,
namun kata2 itu bermakna bahwa mereka ada kecenderungan dikuasai oleh keinginan Iblis
GBU

masih kurang dapat saya terima, thanks :slight_smile:

[email protected]

Yang Yesus pilih sesuai misi dan visinya adalah memilih wujud sosok manusia yang nantinya dapat menjala manusia.
Jika ada manusia yang dipilihnya sampai bisa di tunggangi oleh iblis dipikiran dan perasaannya manusia tsb…maka
disitulah pelajarannya bagi kita bahwa …siapapun yang dekat dengan Tuhan …belum tentu iblis berhenti bekerja dan iblis senantiasa menunggu umpan yang dibuat ioleh simanusianya sendiri karena sifat manusia yang serakah, iri hati, cemburu, egois , sombong dll nya sifat negatif.

Salam GBU…

Dari Yoh6:70 itu mengajar kepada kita: waktu itu Yesus memberi tahukan kpd murid2Nya bhw suatu saat nanti bila diantara mrk itu ada yg berkhianat (iblis) janganlah mrk heran/bingung dg memunculkan pertanyaan" mengapa dari muridNya ada yg bisa berkhianat ?, apakah muridNya yg itu dibuat tumbal? ", ttp spy mereka mengerti sejak dini bhw satu diantara mrk adalah milik iblis/bkn milik Allah, jadi pastilah dia akan berkhianat.

Sebenarnya setelah manusia pertama jatuh dalam dosa pemberontakan , mk semua manusia tanpa kecuali adalah mati secara rohani (Kej2:17), rohani yg mati ini tdk akan bisa hidup kalau tdk dianugerahi hidup.
Mzm51:7 Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.
Maka Allah oleh belas kasihNya merencanakan sejumlah tertentu dari yg mati itu unt suatu hari nanti akan dilawatiNya, kmdn mrk itu dituliskanNya namanya dlm kitab kehidupan sebelum dunia dijadikan, mrk ini kemudian dikenal sbg umat pilihan/milikNya(di PL digambarkan sbg bgs Israel), sedang lainnya yg tdk tertulis disebut bukan milikNya (milik kebinasaan/milik iblis kalau di PL digambarkan sbg Bgs Mesir, dan dalam kasus diatas di perankan oleh Yudas ).

Jadi pada hakekatnya setiap orang yg lahir dibumi ini akan masuk dlm salah satu kelompok tsb diatas ( milikNYa, atau milik iblis ), tdk ada satu manusiapun yg ada di grey area ( tdk ada grey area ).

Jadi tahulah kita , andai kata Yudas tdk mengkhianatipun, tetap saja keberadaannya di kekekalan ada di neraka.
Dan tahulah kita pula bhw Yudas adalah tdk mungkin bisa bertobat (krn bkn milikNya/milik iblis ).

kenapa Yesus memilih iblis? apa makna dari semua ini?
Menjalani suatu alur nubuatan dr sejak dulu. Yoh13:18 Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku.Gby

Yudas masuk neraka? jika tahu pasti masuk neraka mengapa masih dipilih? Thanks :slight_smile:

Penyelamatan milikNya dg anugerah ( Allah sendiri yg menyelamatkan dg menjadi domba sekaligus imamnya ), harus mengikuti suatu alur bhw Tuhan harus dikhianati oleh milik iblis spt telah dinubuatkan di Yoh 13:18, yang mana sebelumnyapun telah dinubuatkan di Mzm 41:10.

Hal ini tdk aneh , krn di PL pun Allah jg memakai milik iblis ( Firaun ), unt dikeraskan hatinya, disini Firaun dikeraskan atau tdk dikeraskan tetap saja berakhir di kebinasaan.Gby

…Jika ada manusia yang dipilihnya sampai bisa di tunggangi oleh iblis…

aku masih kurang setuju dan menerima ini.
berarti iblis bisa merebut milik Tuhan?

mungkin ada pencerahan dari yang lainnya, bisa share disini. Thanks. :slight_smile:

maaf, jika begitu berarti tanpa menggunakan milik iblis, Tuhan tidak dapat menunjukan kuasa dan kasih-Nya?

saya masih belum dapat menerima ini.
ada pencerahan lain? Thanks :slight_smile:

ada ayat Alkitab berkata: Allah menciptakan manusia serupa dan segambar dengan Allah…

perkataan Yesus: " untuk itu berjaga-jagalah… roh memang penurut tetapi daging tidak…

iblis lebih suka dengan permainan daging ini…

sbab daging ini terlalu rakus, sehingga tak mengindahkan kaidah kaidah yang lain, bahkan hal yang kudus sekalipun… selain nafsu dan kepuasannya sendiri…

hal inilah yang selalu dimanfaatkan iblis…

Yang dimaksud milik iblis adl destinasi akhirnya bersama-sama iblis, ini tdk berarti Allah tdk memiliki hak atas mereka , seperti ketika Allah gunakan burung gagak unt kirim daging ke Elia, Allah tetap berhak, dan siburung tetap sbg burung, demikian juga ketika menggunakan Firaun maupun Yudas, setelah Allah memakai mrk, mrk tetap sbg Firaun dan Yudas.

Yang perlu dipertanyakan adl bila yg Allah gunakan adl org Selamat, kmdn setelah digunakan menjadi tdk selamat , nah ini perlu diprotes.Gby

coba saya rubah dari sudut pandang lain, kenapa Tuhan tidak milih 12 murid yang pasti selamat tanpa ada 1 pun yang dapat dimanfaatkan iblis atau binasa. Thanks :slight_smile:

Saya masih tidak dapat menerima. Sudah tahu itu milik iblis, kok masih digunakan?
Ok lah kalau memang masih tetap mau memaksakan menggunakan milik iblis, seharusnya setelah menggunakan orang itu, maka selamatkanlah orang itu, agar tidak menjadi milik iblis lagi mati lalu binasa.
bahasa kasarnya, kita sudah menggunakan jasa preman tapi tidak tahu terimakasih, tetap aja kita biarkan dia jadi preman, bukannya membimbing preman itu agar bertobat dan selamat.
Thanks :slight_smile:

[quote="pa_ul post:2, topic:181105"] [b]Tuhan Yesus tdk memilih Iblis,[/b] kata Iblis pernah dikatakan Tuhan Yesus kpd Petrus & Yudas, namun kata2 itu bermakna bahwa mereka ada kecenderungan dikuasai oleh keinginan Iblis GBU [/quote] [quote="Kura kura post:3, topic:181105"] masih kurang dapat saya terima, thanks :) [/quote]
[b]manusia sering kali dikuasai oleh keinginan daging,[/b] itulah yg seringkali dikonotasikan sbg Iblis

Melenceng sedikit.

Matius 27
(3) Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua,

Yudas sudah menyesal, masa masih masuk neraka?

benar, tapi mengapa Yesus memilih 1 orang yang harus binasa? bukankah Yesus datang untuk mencari orang berdosa agar bertobat dan selamat?
kita semua tahu Yesus adalah Mahatahu, masa masih milih orang yang pasti binasa? ya sia-sia dong. mending pilih murid lain aja yang sudah pasti selamat.
Thanks :slight_smile:

Ketika manusia itu jatuh dlm pemberontakan, maka matilah semua manusia itu secara rohani , ini bisa kita ibaratkan seperti tanah (tdk ada kehidupan ), dari tanah itu ada yg diambilNya unt pada saatnya akan dilawatinya mrk itu di tulis di kitab kehidupan sebelum dunia dijadikan, mrk ini disebut milikNya, hanya dr milikNya inilah yg akan di proses dalam kasih karunia unt kmdn sampai selamat sedang dari tanah lainnya tdk mungkin bisa selamat.

Yoh1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Kalau sdr perhatikan dr Yoh1:13 diatas, adakah beda antara yg dilahirkan secara jasmani oleh kehendak seorang laki2 dengan yg dilahirkan dari Allah?
Yang pertama adl spesies tanah, dan yg kedua adl milikNya.

Why13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya (iblis), yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.
Di Why13:8 itu menjelaskan bhw: nama2 di kitab kehidupan itu telah ditulis sejak dunia dijadikan, ini artinya tdk ada penambahan selama dunia berlangsung, ttp kalau berkurang bisa krn ada yg dihapus ( yg kalah Why3:5).
mk oleh batasan inilah Yudas tdk mungkin selamat.Gby

itu sama saja Tuhan menciptakan robot… dan robot tidak mempunyai kehendak bebas…

Tuhan menciptakan manusia serupa dan segambar dengan Tuhan, bisa dikatakan mempunyai kehendak bebas dalam kekudusanNya…

yang membuat manusia hidup dan hidup, adalah karena mereka mempunyai kehendak bebas dan bisa memilih…

sama seperti Tuhan memilih…

hendaknya juga manusia memilih Tuhan,

bukan memilih hawa nafsunya sendiri…

pernah nonton film I ROBOT bukan?? film yang mengandung sisi filsafat, pabila mesin (robot) memiliki kehendak bebas… dan mempunyai sistem di dalam dirinya, untuk bisa memilih… bukannya itu malah sesuatu yang berbeda??
disamping juga menakutkan…

umpamakan motor dan mobil anda, memiliki kemampuan untuk memilih, pilihan apa yang akan mobil itu lakukan??

jika memang benda tersebut memiliki hasrat, atau desire akan kekuasaan…

kira2 apakah yang akan terjadi??

mungkin bisa membantu anda dalam berpikir…

salam…

Tuhan memilih… ke 12 rasul… satu diantaranya iblis…

Tuhan tidak pernah semau mauNya mempermainkan manusia, 12 dipilih… dan 12 belaslah yang hendak mendapat upah rasul…

firman Yesus: “bukan kamu yang memilih Aku, tetapi aku yang memilih kamu, untuk pergi dan berbuah”

buah buah yang dihasilkan adalah berpatokan dalam iman, kasih dan pengharapan…

jadi semua ke 12 belas rasul dipilih untuk berbuah dalam Kristus…

namun satu disayangkan… 1 ditunggangi iblis… dalam kedagingannya, dan keinginannya untuk mendapatkan uang yang banyak… dengan menjual Tuhan…

menyesal saja tdk cukup…
apalagi bunuh diri.
andai yudas bertobat , pasti selamat