Tanya Soal Pacaran

temen2 gw pengen tanya sesuatu.belum bbrp lama ini gw baru aja lahir baru menerima pertobatan dengan babtis selam.umur gw 25.dan akhir2 ini gw ngerasa gw pengen bgt dapet seorg pendamping.yah belum lgs nikah.tp itu tujuan yg ingin gw cari de.inti nya gw mau klo sampe kenal dgn seorg cewe yg gw ngerasa cocok untuk gw.gw mau punya hub yg baik dan berkenan di mata Yesus serta sampe jadi pasangan hidup gw.
sedikit sharing untuk akhir2 ini mata gw dibukain bgt ama Tuhan mengenai pacaran.tanpa sengaja gw kebaktian pun menerima ajaran soal perzinahan dan kasih.1 tema yg gw rasa harus resapi dalam2 dan harus bisa gw terima serta lakukan dalam kehidupan gw.gw ngerasa itu teguran Tuhan buat gw klo misalkan gw mau menemukan jodoh yg baik maka gw harus memiliki hati yg baik lebih dulu.
Namun,tiba2 gw punya pertanyaan yg membingungkan diri gw ndiri. khusus nya dalam hal yg nama nya perzinahan.
Sebenarnya sejauh apa sih kita umat Kristus bole berpacaran??
apakah bole berpegangan tangan (gandengan gtu pas jln2)?pelukan?kissing?
krn selama ini dlm pikiran gw yg nama nya perzinahan udah ke hal2 yg berbau sexual ato imajinasi2 mengenai sex.
dalam pikiran gw gandengan tangan itu seperti suatu bentuk ikatan yg nyata.saat gw nge gandeng cewe itu arti nya gw dan cewe itu mengakui ada hub yg lebih dr sekadar tmn.
sedangkan pelukan itu seperti janji dr gw untuk cewe itu klo gw akan menjaga dan melindungi dia serta ga akan menyakiti dia.
about kissing?gw menganggap itu suatu ungkapan rasa sayang yg nyata.
jadi nya gw berpikiran klo org pacaran itu gandengan pelukan n kissing itu wajar.krn gw belajar untuk bersikap positif jadi gw ga mau menjadikan itu ke dlm hal2 yg berbau sexual dan gw selalu berusaha menjauhkan pikiran2 mengenai sex.krn dr dlm pikiran pun manusia bisa jatuh ke dlm dosa (dlm hal ini tentu nya dosa perzinahan).
apa pendapat kawan2 mengenai hal ini?tolong diberikan pendapat.dan klo bisa sertakan ayat2 yg terkandung dlm alkitab sbg referensi.gw ngerasa bener2 bingung, ga tau apa2 dan hanya berusaha membenarkan pendapat gw secara manusiawi.Thx…

Buat saya inti dari sebuah hubungan adalah komitmen dan kesetiaan, itulah yg harus kita persembahakan bagi ALLAH. Mungkin anda tidak pernah berciuman atau melakukan hal2 yg menurut orang salah, tapi kesetiaan adalah hal terpenting. Selama anda mencintai pasti ada komitmen dan kesetiaan. Itulah yg paling penting mas.

Ketika kita berpacaran dengan seseorang, hal yg paling penting adalah menjaga orang tersebut dengan kasih, kasih itu dapat di tunjukkan dengan kesetiaan. Pertanyaan nya apakah pasangan anda akan menjadi pilihan anda sebagai pendamping hidup anda?? apabila ia, maka hal2 yg lain adalah bukan masalah. Tapi kalo tidak ada kepastian bahwa pasangan anda belum tentu menjadi pendamping anda, maka hal2 yg bersifat berlebihan seperti ciuman penuh nafsu adalah salah.

Dan dari semua itu yg terpenting adalah cinta dan kesetiaan.

Tuhan memberkati saudara.

Ts nya udah gak tau kemana bro… udah gak pernah log in lagi :onion-head54:

iya… saya masih bingung batasan ‘pacaran’ seperti apa?
apakah hanya ‘cinta’ saja cukup? tidak perlu memikirkan hal yang lain?
misalnya sex di luar nikah itu dosa… ( ada di ayat berapa? )
batasannya sex itu seperti apa? apakah kissing itu sudah dosa? padahal belum tntu pacar kta adalah pasangan hidup kita?
jika tidak melakukan itu semua, jadi apakah bedanya sama sahabat?

sex itu dosa sebelum menikah ada di hukum taurat…

namanya juga hukum taurat… kalo kamu melanggarnya maka kamu berdosa…

ada juga ayat yang menunjukan bahwa kita harus menikah,agar tidak terjadi percabulan

1 korintus

7:2 tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.

 7:3 Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.

 7:4 Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.

 7:5 Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak

apa bedanya pacar ama sahabat?

ada cinta yg bermain kalo sama pacar, sama sahabat cuma biasa aja, u gk mungkin punya niat mau ciuman ama sahabat u khan?

inget, itu semua cuma niat, bukan mau dilakukan. kalo mau melakukan, tergantung u, u tanya ke sini yg ada jawaban bakal bervariasi.

kalo gua bilang, sebaiknya jangan, gak baik buat kesehatan, kecuali kalo u ciuman cuma asal nempel bibir aja. kalo ampe ‘tukeran ludah’, wew… gk baik buat kesehatan.

u cewe khan? kalo gk salah ce butuhnya perhatian d, cukup pelukan dan elus2 aja d, setau gua lho… :slight_smile:

Kenapa semua selalu mencari batasan2 yang boleh di lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan… Sebenarnya segala sesuatunya sudah jelas hanya kita berusaha ber-kompromi dengan hal2 itu… Bolehlah kalau ini; Bolehlah kalau itu… Semuanya berpaling kepada dirimu sendiri koq… Apa yang kamu tabur, itulah yang kamu tuai… Peace

Intinya adalah, seberapa kuat hubungan u dan komitmen u berdua. Jangan menurunkan standar. Kita orang kristen yang megang standar atau kepala. Klau yang kristen turunin standar, gimana saudara sepupu? bisa lebih parah. Kalau kepala turun, gimana ekor? lebih turun lagi.

coba u jaga jarak, jagnan eksklusif…memang agak riskan, kan klo sering bersama, rasa suka n sayang makin kuat tuh? kalau jg jarak, jd bisa gak kuat dong rasa syg nya?

yah itu kembali lagi dari komitmen kalian berdua…
gua nih masih 19 tahun lho, blm prnh pacaran ha3

sama donk akuw juga 19 tahun…
nanti tanggal 9 juni baru 20 tahun…
*sksd mode ON

9 juni ya…gw sih tgl 29 september

masih panjang sebelum saatnya pcrn :love0078: :love0078: :love0078:


http://dl.glitter-graphics.net/pub/522/522011gsbymb4p4l.gif

pacaran itu harus punya tujuan supaya gak asal membina hubungan

OOT on

iihh ada bebek luthu,pengen kitik2!!!

carilah dulu kerajaan surga maka kamu akan menemukan kebenarannya

Batasan apa aja yang boleh 'n ga boleh dilakuin pas pacaran?

Gampang aja, selama perbuatan-perbuatan yang kita lakuin itu terasa nyaman seandainya dilakuin di depan ortu si gadis, then itulah pacaran yang bener.

Karna sebelum merit, otoritas yang melindungi si gadis adalah orang tuanya. Bukan si pacar.

Atau tips praktis yang laen, kalo kamu cowok, kamu rela 'n nyaman ga kalo misalnya adik cewekmu diperlakukan (oleh pacarnya) sama seperti kamu memperlakukan pacarmu?
(Padahal belum tentu juga dia adalah orang yang akan kamu nikahi -karna walopun pacaran tujuannya ke pernikahan, tapi sepanjang perjalanan itu ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan hubungan gak berlanjut ke pernikahan)

Kalo udah ngerasa ga nyaman / ga rela, ya itu berarti udah ngelanggar batas…

PS: Kenapa intinya si gadis? Karn kalo pacaran kelewat batas yang rugi selalu pihak cewek

:afro:
w stju m u,
tpi ciuman bbr gk tmsuk tuh, cz blh d lkuin klo ud merid

slm knl
w irvan 16thn

heheheeeeee :smiley: