Tanya tentang cara murah kirim uang.

Apakah ada teman2 yang berpengalaman tentang kirim uang termurah dari Amerika ke Indonesia, Cara murah menjadikan dollar ke rupiah?

Ada yang bilang harus buka account dollar di BCA. Apakah ada teman2 yang tahu? Misal di Media Indonesia saya baca tentang US dollar jual 9487, beli 10487 selisihnya sampai seribu, kalau buka account dollar di BCA brapa selisihnya?

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Gw kurang tau tentang rekening $$ di bank BCA tapi kalo mo kiring uang dr US ke Indo bisa pake Moneygram atau Western Union. Gw belum pernah pake MG tapi cukup sering pake WU.

Setau gw MG cara ngirimnya hampir sama dengan WU yaitu kita ke tempat2 yg menyediakan service MG dan/atau WU terus isi form berapa yg mo dikirim, tulis nama penerima dan negara-kota yg dituju.
Informasi jumlah uang yg dikirim dlm $$ dan Rp (rate dan jumlah dlm Rp tercantum di tanda terima kamu) beserta pin# harus dikasih tau ke si penerima supaya mereka bisa bawa informasi tsb utk ambil uangnya.
Kadang penerima harus memberi data diri si pengirim spt yg tercantum di form MG/WU i.e. nama, alamat, no telp, utk mencegah hal2 yg tidak diinginkan.

Uang yg dikirim sampe dalam +/- 1 jam dan si penerima cukup membawa identitas diri dan informasi di atas ke agent (tempat2 yg melayani penerimaan uang via MG atau WU) di Indo.

Cara menemukan agent utk MG, bisa coba cek di link ini: www.moneygram.com
Untuk WU coba cek link ini: 404 error

Bedanya:

  • tergantung state/kota tempat kamu, di beberapa kota tertentu tempat2 yg menyediakan service MG lebih banyak daripada WU. Biasanya MG bisa ditemukan di Walmart, WU di grocery store lokal lainnya.

  • biaya kirim uang untuk MG dimulai dari $10, WU dimulai dari $20an (makin banyak kirim uangnya, makin mahal biayanya).

  • penerima uang via MG di Indo bisa ambil uangnya di kantor2 pos tertentu atau Bank Lippo (tp harus punya tabungan di Lippo utk itu), penerima uang via WU bisa ambil uangnya di kebanyakan kantor pos terdekat.

Sebelum kirim uang sebaiknya si penerima cek dengan kantor pos atau bank Lippo terdekat apakah mereka melayani service penerimaan uang via MG atau WU.
Untuk WU sendiri bisa dicek di link yg gw kasih di atas utk menemukan agent2 WU di Indo.

Mengenai rate mana yg lebih baik, gw kurang tau karena belum pernah pake MG atau Bank BCA tapi yg gw suka dr WU adalah si penerima gak perlu buka account segala untuk nerima uangnya, mereka bisa ke kantor pos terdekat dengan membawa identitas diri dan uangnya langsung diconvert ke Rp di kantor pos.

Smoga bermanpaat.

Terimakasih buat infonya. Tuhan memberkati

Maaf nih ingin memberi masukan untuk pertanyaan yang sebenarnya sdh kuno (2009) tetapi saya ingin share dgn rekan2 seiman ttg pengalaman saya mengirim uang untuk org tua di Indo. Saya di kenal kan oleh teman baik saya untuk mengirim melalui SENDfast melalui http://www.sendfast.net coba deh visit, register dulu dan setelah itu everything is so convenient!! Caranya mudah banget, harganya murah banget dan nyampenya cepet!!!
Saya udah ngirim melalui sendfast sejak 2 tahun yang lalu. Coba deh, kalau nyoba jangan lupa beritahu Mega yang refer ya? krn setiap saya refer org saya bakal dpt diskon $2 kalau saya ngirim lagi…ayo dong?