TAPI bukan FIRMAN

saya minta tanggapan ma teman2 mana tau saya terpeleset waktu baca perjanjian baru…
satu hal yg gak pernah saya dapat dari firman atau perkataan Tuhan Yesus, yaitu TAPI, maksud dari tp ini yaitu sifat kemanusiaan, karna firman bukan manusia yg mengadakan melainkan Tuhan.
misalkan : masalah menikah,Tuhan Yesus secara tegas mengatakan tidak boleh menikah lg/ bercerai atau poligami, yg sangat berbeda dg oleh krn keangkuhan kita musa memberikan surat cerai…

itulah salah satu kenapa Yesus adalah Tuhan menurut saya, karna firman bukan dari manusia yg otoritas Tuhan sangat jelas disitu, dan Allah yg pecemburu sangat tampak disitu…

so, ada gak ayat yg menyatakan kata2 Yesus yg merupakan firman atau aturan nya yg mengatakan TAPI yg didasarkan sifat kemanusiaan??? :coolsmiley:

Yang ditanyakan tdk jelas
bisa lebih jelas lagi?
GBU

Matius 5 :
21 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.
22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

27 Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. 28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. 29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. 30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

31 Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. 32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

33 Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. 34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, 35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; 36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun. 37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. 41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. 44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. 45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. 46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? 47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? 48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."
Nah apa yg si Bro minta sudah disuguhkan lho, tinggal direnungkan ya Bro … kalau ada yg Tidak Dimengerti tentang TETAPI2 disitu, tanya aja …PASTI banyak yg mau membantu si Bro utk menjelaskannya !

memangnya ada pernyataan manusia yang manusiawi?
siapa tau saya ke pleset…
coba sebutkan? :onion-head53:

Maksudnya adalah TIDAK SEMUA NAS/AYAT ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH, karena ada juga perkataan Tokoh alkitab yang tertulis juga di alkitab padahal walaupun tokoh itu seorang nabi
tapi beliau itu tetap saja manusia yang tidak luput dari kesalahan.

Jadi perkataan Nabi janganlah di setarakan dengan Firman Allah, sebab perkataan nabi sekalipun bisa saja sslah sebab NABI JUGA MANUSIA

GBU

TAPI yg saya maksudkan sebagaimana contohnya…
(9) Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah."
(10) Murid-murid itu berkata kepada-Nya: “Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin.”
(11) Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.
diparalelkan dg ayat ini ya merupakan oleh karna sifat kemanusiaannya,membolehkan kawin dari pada tidak dapat menahan nafsu.
(8) Tetapi kepada orang-orang yang tidak kawin dan kepada janda-janda aku anjurkan, supaya baiklah mereka tinggal dalam keadaan seperti aku. (8) Kepada orang-orang yang belum kawin dan kepada wanita-wanita yang sudah janda, inilah nasihat saya: Lebih baik Saudara tetap hidup sendiri seperti saya. (8) But to the unmarried people and to the widows, I declare that it is well (good, advantageous, expedient, and wholesome) for them to remain [single] even as I do.
(9) Tetapi kalau mereka tidak dapat menguasai diri, baiklah mereka kawin. Sebab lebih baik kawin dari pada hangus karena hawa nafsu.

ini lah maksud saya TAPI, bukan TAPI penegasan, TAPI yang saya maksud adalah TAPI yg berlawanan…
contoh mudahnya:

  1. budi dilarang nonton TV oleh ibunya TAPI jika jikalau budi menonton TV baik lah ia dihukum…
  2. budi dilarang nonton TV oleh ibunya, TAPI kalau nonton film anak2 tidak apa2…

maksud dari 2 TAPI diatas berbeda…
yg saya tanyakan apakah ada kata2 dari Tuhan Yesus yg memakai tapi yg no.2 ?? :coolsmiley:

klo masalah dilarang menikah lagi itu ada pengecualian kan jika pasangannya meninggal??mohon koreksi klo ane salah(soalnya ane ingetnya jg samar2).asal jangan kayak Daud aja yg pake acara ngerancang kematian suami orang supaya bisa menikahi istrinya almarhum(makanya Daud dihukum oleh Tuhan).

7:39 Isteri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya.
7:40 Tetapi menurut pendapatku, ia lebih berbahagia, kalau ia tetap tinggal dalam keadaannya. Dan aku berpendapat, bahwa aku juga mempunyai Roh Allah.

ini ayat nya bro,itu bukan perkataan Tuhan Yesus… tp hampir2 sama dg belas kasih musa mengeluarkan surat cerai…

ok deh thanks.berarti pengecualian ttg menikah lagi itu hanya berlaku utk istri dan tidak berlaku utk suami??jadi klo kasusnya si suami yg ditinggalkan(istrinya meninggal) maka si suami ga boleh menikah lagi dgn perempuan lain??

  1. Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah."
    (10) Murid-murid itu berkata kepada-Nya: “Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin.”
    (11) Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.