Tatakelola Gereja

Mohon penyegaran, apakah di dalam gereja diperlukan tatakelola gereja yang baik. Mohon disertakan penjelasan dasar Alkitab terkait hal tersebut.

Tata kelola gereja perlu dilakukan agar kegiatan pelayanan dan penginjilan dapat berjalan dengan baik. Pengaturan jadwal, personil, dan sumber daya lain harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar bermanfaat bagi jemaat maupun non-jemaat.

Dalam Kisah Para Rasul banyak diceritakan mengenai pelayanan para Rasul yang saling melengkapi satu sama lain dengan membagi-bagi tugas pelayanan dan saling menolong dalam segala kebutuhan pelayanan baik antara jemaat maupun dengan para Rasul.

Paulus pun memberi saran mengenai syarat2 bagi seorang yang menjabat sebagai penatua, penilik jemaat dan diaken (Titus 1:5-16; 1 Tim 3:13).

Menurut saya, tata kelola Gereja yang baik itu perlu banget. Karena segala sesuatu perlu diatur untuk mencapai hasil yang maksimal.

Segala sumber daya seperti pelayan, uang persembahan, penggunaan sarana dana prasarana, semuanya perlu diatur untuk kepentingan jemaat.

Tuhan sendiri memberikan karunia Rohani/Spiritual Gifts bagi beberapa orang untuk mengatur Gereja, seperti karunia administrasi: ada yang hebat dalam mengatur event, ada yang hebat dalam mengatur keuangan, ada yang hebat mengatur jadwal dsb.

Dasarnya banyak, sebab segala sesuatu harus berlangsung pantas dan teratur kata 1 Korintus 14:40. Kehidupan yang tidak tertib bertentangan dengan kehendak TUHAN (2 Timotius 1:7). Untuk membuat segalanya berlangsung secara tertib, sopan dan teratur maka haruslah dibuat tatakelola yang benar atau sepatutnya.

Penetapan sebagai Diaken, Panatua, dan sebagainya adalah bagian dari tatakelola gereja.

Kisah Rasul 6:2-3
Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja. Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,

Kejadian diatas terjadi karena pada saat itu gereja mula-mula masih belum sempurna dalam tatakelola sehingga beberapa hal terjadi ketimpangan dan untuk menjembatani masalah itu ditetapkanlah orang-orang yang bertugas untuk mengelola bagian-bagian yang berbeda dengan tugas yang berbeda-beda.

Paulus dalam ilham Roh Kudus menuliskan tentang tubuh yang memiliki banyak anggota tubuh yang masing-masing anggota tubuh bertugas berbeda-beda tetapi semuanya berjalan dengan saling membantu dan menyokong. Demikian tatakelola gereja dibutuhkan agar masing-masing pribadi didalam gereja dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan segala sesuatu dikola untuk kepentingan bersama dan bertujuan untuk kesempurnaan Tubuh Kristus.

Demikian singkatnya