Teka teki Allah mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau ?

Gw tanya lu sepaham sama om SP soal pernyataan beliau? Dijawab dulu…YA atau TIDAK. Dibaca dulu deh postingan om SP.

:onion-head48:

Lu yang tanya ya lu dong yang menilai, jawaban om SP udah sesuai apa kagak.
Kan yang nanya bukan gw ? :smiley:

Lu ini ada-ada saja dech

GBU

Mana berani Rita berani menentang dengan matian2 jika mereka ada salah ?

Itu bukan demi kebenaran, melainkan demi kompromi sama2 bisikan iblis sama2 gak percaya Ibr6:4-6 dan Roma11:22 dll dll dll… !

Cuma hanya satu member @Aleptav paling berani dan paling gigih melawan agrumen dengan @Petra9, tapi sekarang dia rupaya telah kehabisan bahan ayat2nya menghadapi @Petra, habis bahannya juga dari teolog TULIP !

Tuh anehnya @Rita dan @Petra9 sudah gak berani nongol di forum ini ? semoga mereka sadar akan FT.

Salam.

Gw kan tanya lu, kenapa lu suruh gw menilai tulisan om SP, gw ga ada penolakan sama tulisan om SP, sekarang gw tanya, lu sepaham ga sama tulisan om SP?

Kenapa lu kalau ditanya muter-muter terus? Takut? Tenang aja vid, lu udah terkenal ini, semua juga tau siapa lu di forum ini.

Salam… ;D

@Dya, ya sangat terkenal memutar balikan FT, ditanya A dijawab B, ditanya B dijawab C ! lihat aja tulisanya !

Saya kira Om SP gak mau menjawabnya lagi karena nyenyelnya ( sablengnya ) @Dya menjawab dengan cara jitu ( cara liciknya ), buang2 waktu bagi beliau ladeninya, kecuali @Dya menyesal tindakannya dan serius menjelaskan dan meluruskan tulisan2 @SarapanPagi jika ada komentarnya tidak sesuai Alkitab ! saya kira @Bro Sarapan Pagi gak bakal elak jika ia salah atau didesak pengakuannya spt dulu saya pernah mendesak beliau enai posisinya sebagai penganut apa dengan saya dan asal juga saya mau dengan sungguh2 dan serius mengeluarkan ayat2 FT yg achirnya juga ia aminkan ! [b]Itu baru anak Tuhan sejati ! kalau sebaliknya penganut2 TULIP dan OSAS selalu gak gubres dan tidak serius menanggapi ayat2 FT yg disodorkan melainkan cari2 ayat2 lainnya utk pintyernya menghindar pertanyaan pada mereka ! dasar mereka senang dibisiki oleh iblis supaya jangan percaya ayat2 itu termasuk

di : Teka teki : List apa aja bisa membuat keselamatan bisa hilang ? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Salam.

Salam.

saya tidak pernah mengatakan di dalam Allah ada kegelapan. sekali-kali tidak.
bukankah Allah yang memisahkan Terang dari Gelap ???

saya tertarik dengan “sebab-akibat” :slight_smile:

ada seorang member di FK yang membahas tentang hal ini juga,

saya kutipkan sedikit :

saya percaya, tidak ada hal yang “muncul” dengan sendirinya. itu sebabnya ada buah pengetahuan baik dan jahat.
TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing, bahkan orang fasik dibuat-Nya untuk hari malapetaka.

Salam

Bagaimana dengan pernyataan Alkitab:

* 1 Yohanes 3:5
“Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.”

Allah itu sepenuhnya baik, suci adalah hakikat-Nya.
Dosa dan kejahatan bukan berasal dari-Nya

Dosa itu bukan materi sehingga harus ada penciptanya, dan harus diada-adakan “pencipta”-nya
Dosa dan kejahatan bukan berasal dari Allah (1 Yohanes 3:5), tetapi merupakan suatu “sebab-akibat.”

Thomas Aquinas pernah menulis, dan jika dirangkum adalah demikian (kutip):

  1. Allah sepenuhnya sempurna.
  2. Allah hanya menciptakan makhluk yang baik.
  3. Salah satu kebaikan yang Allah ciptakan itu adalah kuasa untuk memilih.
  4. Beberapa dari makhluk ciptaan memilih kejahatan.
  5. Karena itu, makhluk baik pun bisa melakukan kejahatan.

bersambung…

Kalau dalam agama Islam sih memang diyakini bahwa Iblis itu diciptakan Allah dari Api, tetapi tidak dalam keimanan Kristiani.

Allah tidak menciptakan “Iblis”
Allah menciptakan makhluk roh “malaikat”
Malaikat yang adalah “makhluk roh” ini mempunyai “free-will”, ketika sebagian malaikat memberontak kepada Allah, maka golongan mereka ini menjadi golongan roh-roh jahat/ setan/ Iblis.
Eksistensi Iblis/ setan-setan ada sebagai suatu akibat. Namun hakikat mereka adalah makhluk-makhluk roh (malaikat).

Allah itu baik dan Dia menciptakan mahkluk dengan kuasa yang disebut ‘free will’ (kehendak bebas). Sayangnya, mereka menggunakan kuasa yang baik ini untuk kejahatan dengan memberontak terhadap pencipta mereka. Jadi kejahatan sebenarnya muncul dari kebaikan, tapi secara tidak langsung dengan menyalah gunakan kuasa yang baik yang disebut kebebasan. Kebebasan itu sendiri bukanlah kejahatan. Adalah baik untuk menjadi bebas. Tapi dengan adanya kebebasan itu memungkinkan juga adanya kejahatan. Jadi Allah memang bertanggung jawab karena memberikan kebebasan kepada ciptaan-Nya tapi ciptaan-Nya lah yang bertanggung jawab karena menyalah gunakan kebebasan itu. Allah bertanggung jawab karena membuat kejahatan itu menjadi mungkin, tapi ciptaan lahyang bertanggung jawab karena menjadikannya itu aktual.

Ibaratnya sbb:
Pemerintah bukanlah yang menciptakan kecelakaan karena pemerintah membuat SIM.

Mari kita bedakan membedakan antara penyebab primer (Allah) dan penyebab sekunder (manusia). Allah memberikan kuasa untuk memilih. Tapi bagaimana pun juga Allah tidak bertanggung jawab dengan adanya penyalah-gunaan kebebasan untuk memilih tersebut. Ketika Pemerintah mengeluarkan SIM, pemerintah sudah memberi tahu sebelumnya bagaimana cara menyetir yang baik. Begitupun Allah, Allah sudah memberi tahu sebelumnya bagaimana cara menggunakan kehendak bebas itu dengan baik.

Allah tidak melakukan kejahatan tersebut dalam diri manusia. Kebebasan manusia bukanlah sekedar alat instrumental yang melaluinya Allah bekerja. Tapi jika bukan Allah yang menciptakan kejahatan tersebut, lalu apakah penyebab kejahatan itu? Tidak ada sesuatu yang tidak disebabkan karena ini menyingkirkan prinsip bahwa segala sesuatu punya penyebab. Untuk merespon terhadap pertanyaan ini kita harus membongkar natur dari “kehendak bebas (fee-will)”. Ada tiga pandangan dasar:

  1. Determinisme. Tindakan kita sudah ditentukan (disebabkan) oleh Tuhan.
  2. Indeterminisme. Tidak disebabkan sama sekali, terjadi begitu saja.
  3. Self deteminisme. disebabkan oleh diri kita sendiri.

Determinisme akan menyingkirkan tanggung jawab manusia tersebut. Sedangkan indeterminisme irrasional karena aturan fundamental dari logika adalah segala tindakan punya penyebab. Yang tinggal adalah setiap tindakan bebas disebabkan oleh diri kita sendiri (Self deteminisme).

Seperti sebelumnya saya menanyakan: Darimana asalnya “malu”?
Apakah “malu” itu ciptaan Allah?

Bukankah “malu” itu ada ketika “Self deteminisme” dari manusia yang melanggar makan buah pengetahuan, sehingga dia akhirnya “tahu” bahwa dia telanjang?

Di trit ini gw gak tanya koq. Malah gw ditanya-tanya terus…

Untung ada om SP yang jawab pertanyaan mas Ren ama gw, jadi gw gak usah repot2 :smiley:

GBU

Bagaimana pun misteri adanya kejahatan sukar dijelaskan. :slight_smile:

Apakah sebelum menciptakan Allah tidak tahu pasti, apa yang akan terjadi ?

Misalnya gini:
Om SP menciptakan pesawat tanpa awak.
Sudah dihitung dengan akurat , bahwa jika diterbangkan pesawat itu akan menghantam Plaza Senayan dan menimbulkan banyak korban jiwa pada tepat dua jam kemudian lewat lima menit.
Namun om SP tetap membuat pesawat tersebut dan menerbangkan, lalu kemudian musibah terjadi, tepat seperti yang sudah dihitung.

Menurut saya: sesuatu yang sudah pasti terjadi di masa depan, adalah suatu ketentuan/ketetapan. :slight_smile:
Dan jika kita eksekusi, maka kita menentukan/menetapkan hal dimaksud untuk terjadi.

GBU

Allah tentu punya Pra-pengetahuan, Dia itu Maha Tahu.
Tetapi bukan berarti Dia juga menentukan orang2 yg “ditentukan jahat”, “orang2 yg khusus diciptakan untuk binasa” (reprobasi)

Tentang hal ini saya telah menjelaskannya di:

Tanggapan om SP sudah terlalu jauh tidak menyentuh permasalahan yang dibahas :slight_smile:
Soal reprobasi, itu memang ekstrim dan bukan juga ajaran Calvinism.

GBU

Berarti belum sepakat nih sm om sp? Ga bisa jawab malah posting begini…

Pertanyaannya lu setuju ga Tuhan menentukan manusia untuk jadi jahat? Kenapa ksih ilustrasi ngambang? Lu mau jawab ya jawab, ngapain implisit?

Salam… :smiley:

wooowwoooww ciri khas ajaran reformed berkalvinis…

ckckck …

kalpinis mengajarkan : allah adalah pencipta dan perancang dosa

wooow… ini baru tulisan jujur kaum kalpinis

Loh gw memang bukan menjawab pertanyaan lu (yang cuman plagiat dari mas Manwelljs).
Tapi gw komentarin postingan om SP :slight_smile:

GBU

Tuh @Dya^_^ juga pengikut setia kaum kalpinis selain @manweljs, tapi heran mula2 mereka kenaapa ya gak mau ngakunya !

Lah gw tanya lu sepaham ga soal Allah menentukan manusia untuk jahat? Jawab aje ya atau ga, nanti galau lagi.

Ya david mah ga jelas ikut ajaran mana, ajarannya campur-campur… :smiley:

Ajaran murni OSAS di-meber rupaya hanya satu2nya yakni @Alephtav, yg lainnya pengikut J.Calvin.

[b]Sedangkan @Alephtav satu2nya paling sengit dan paling lama berdebat dengan penganut Calvinist @Petra9 ! salut padanya juga !

Yg lain seperti @Dya dan @manweljs mangguk2 aja pada penganut TULIP ! Mana berani berdebat ? [/b]

Ya iya emang lu tanya-tanya tapi gw kan gak sedang menjawab pertanyaan lu :slight_smile:
Liat donk, bahwa waktu itu gw quote postingan om SP.

Mislnya kalau kita lagi jalan trus ada orang teriak-teriak gak tahu mau curhat apaan, kan gak selalu harus ditanggapi :smiley:

GBU

Dari pada ngaku bukan Calvinist tapi perbuatannya menunjukan Calpinis, malu ah !