Teks Kuno

Teks Kuno Kristen Kembali Ditemukan Di Gua Yordania

Sarjana Alkitab percaya bahwa kumpulan teks kuno yang ditemukan di sebuah gua Yordania dapat memberikan penerangan baru akan Kekristenan.

Jika penemuan ini terbukti otentik, maka teks ini akan menjadi tulisan paling awal dari kekristenan yang dikenal.

Teks ini ditulis dalam bentuk kode di atas timbal seukuran kartu kredit dan diikat dengan cincin timah.

Fragmen dari teks yang telah diterjemahkan sejauh ini dan gambar serta simbol yang terdapat pada ‘buku’ menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang Kristen.

Banyak dari 700 buku yang ditemukan masih disegel, dan hal ini mengarah pada spekulasi bahwa teks tersebut berisi tulisan rahasia.

Teks tersebut ditemukan lima tahun lalu setelah dua ceruk di sebuah gua yang terletak di utara Yordania yang terpencil dilanda banjir bandang.

Para ahli percaya bahwa buku tersebut bisa menjadi bukti tertulis dari dekade awal setelah penyaliban dan kebangkitan Yesus.

Departemen Kepurbakalaan Yordania, Ziad al-Saad, sebagaimana dikutip dari BBC, mengatakan bahwa penemuan ini mungkin lebih signifikan dibandingkan gulungan Laut Mati.

Beliau mengatakan, “Mungkin penemuan ini akan mengarah pada penafsiran yang lebih lanjut akan pemeriksaan keaslian materi, namun informasi awal sangatlah menggembirakan, dan tampaknya kita melihat pada sebuah penemuan yang sangat penting dan signifikan, mungkin merupakan penemuan yang paling penting dalam sejarah arkeologi.”

Source : christiantoday

wow…

Giliran informasi berharga seperti ini, malah sepi :slight_smile:
Salam

Juga belum tentu dari sekte Gnostik kan? Ingat naskah Laut Mati. Awalnya disangka membantah iman Kristen, tapi setelah diselidiki ternyata membuktikan kebenaran Alkitab.
Salam

Tidak seluruhnya bro, setahu saya. CMIIW
Banyak yang tulisannya kaum esseni tentang kedatangan “Putera Cahaya”, yang kurang jelas siapa yang dimaksud.
Jika dibandingkan dengan Naskah Alkitab, yang paling mendekati DSS justru teks Septuaginta, bukan teks Masoret Ibraninya.

Ya tidak semuanya, makanya saya bilang belum tentu. Berarti bisa iya bisa tidak.
Salam

Tuhan bisa membuktikan keberadaan-Nya lewat banyak cara^^
yang katanya palsu lah, apalah, toh ilmu pengetahuan dan arkeologi tunduk dihadapan-Nya^^

Kayaknya kita perlu menunggu kbr selanjutnya dr para penemu itu dulu mengenai isi dr teks kuno nya, br bs didiskusikan lbh lanjut nih… :coolsmiley:

Menarik karena teks2 ini juga mengandungi lukisan2 antaranya salib. Itu sudah cukup untuk dijadikan bukti bahwa YESUS disalib, satu tamparan hebat ke orang2 muslim, skeptik, liberal dan agnostik.

Anda terlalu cepat memberi asumsi. Just wait anda see. Try to be positive, oke?

Anyway bagi saya semua dokumen kuno sangat bermanfaat bagi penelitian ilmiah. Harap jangan memandang sepi dokumen2 ini.

saudara cosmic benar hal itu yang perlu kita semua tangkap

Saya tunggu klarifikasi dari Vatican aja :smiley:

wkwkwkwkwkwkwkwkww
tapi boleh juga di tunggu ^^
tapi tetap tamparan hebat b uat saudara muslim ^^

Benar, sebab ada memuat mengenai penyaliban dan kebangkitan-NYA :wink:

The greatest discovery after the Manuscripts of the Dead Sea is considered to be the seventy metal books, which were found in a Jordanian cave. Their pages, made of lead and tied with wire, may unlock some secrets of the first years of Christianity. In these books, the size of which is not bigger than that of credit cards, there are pictures, symbols and texts which seem to refer to Messiah, to the Crucifixion, and even to the Resurrection. What seems more mysterious is the fact that many of the books are sealed. Some analysts believe that those books consist of the lost collection of codes which refers the Book of Revelation of the Bible. The seventy books were discovered five years ago in a cave in the area of Jordan where, according to the Holy Writings, Christian refugees resorted after the fall of Jerusalem. The first metal analysis showed that some of the books may date back to the first century BC. This estimation is based on the kind of the erosion they have submitted, which is not possible to be artificial, but a result of time.

http://world.greekreporter.com/files/jordan1_494x320.jpg

Ini gambarnya…(yeehhh…berhasil juga taruh gambar…thanks to bro Moe)

Tambahan info:

A piece of leather found with the metal books was shown by carbon dating tests to be just under 2,000 years old, potentially placing its provenance within Christ’s ministry, while a metallurgical examination on one of the codices found that it was also very old.

keren, aku sampe sekarang ndak bisa tampilin gambar hiks hiks

Seperti yg Bro Moe ajarin…
[img%]link[/img%]
Note. tanda % dihilangkan…

Copy linknya didapat dari klik mouse kanan…view image info (coba klik gambar diatas pake mouse kanan)
Met mencoba, smoga sukses :slight_smile:

Tex kuno ini …kono banget ya…!! Tapi kok isi lembaran metalnya adalah gambar gambar ya…?? seperti buku buku komiks…??.
Tapi lagi…?? yang mnemukannya bukan dari kalanagan Kristen…?? apa ga jadi timbul hal hal yang gimana gitu…?? ( maaf sedikit negativ thingking saja lho…tapi ga papa kan kalo kita juga waspada unt hasil penelitian tsb nanti seperti apa…?? )

Apa khusus kita kiri [email protected] ke Yordan sana…??? demi mencari informasi yang lebih valid dalam hasil penelitian para ahli2x disana? …hahahaha

mau2^^
pingin banget ke timur tengah ^^

Infor yg saya terima lembaran itu masih ditangan si penemu yg adalah orang seberang, apa benar? Karena sehingga sekarang belum ada penelitian dibuat disebabkan para arkelog/sarjana masih belum memiliki lembaran2 itu. Yg ada cuma foto2nya. Siapa yg punya informasi tambahan sila kirim di FK ya.