Teman Saya Broken Home [mohon saran]

Shalom… Langsung to the point aja ya…

Natal kemarin saya sempat dekat sama cewek di gereja saya, saya sebenarnya sudah tahu dia sejak 2 tahun yang lalu tetapi belum mengenalnya lebih jauh. Dia org tionghoa, punya adik cwo 1 umur 8 tahun dan kakak cwo umur 17 tahun. Seiring berjalannya waktu, kami semakin dekat secara emosional sampai dia sangat terbuka kepada saya. Dia menceritakan kalau dia iri kepada saya karena saya mempunyai keluarga yg utuh, sedangkan dia yg masih duduk di bangku SMP sudah mengalami pahitnya keretakan rumah tangga. Semua itu di awali oleh kebiasaan ortu dia yg suka judi, sehingga pada akhirnya perekonomian mereka terjatuh, mungkin karena kekecewaan ibunya jatuh juga dalam perselingkuhan, itulah yg menyebabkan ortu dia bisa bercerai.

Saya kasihan sama dia… Sampai saat ini dia masih mengalami tekanan, dia sering dicibir orang2, sering di kucilin teman2nya di sekolah. Untungnya dia sudah percaya Tuhan walaupun kedua ortunya tidak, sehingga dia tidak terlalu larut dalam kekecewaan. Dia semalam cerita sama saya via telpon sambil nangis2, kalau dia capek kalau harus hidup begini terus, sakit bila harus menghadapi ujian yg begitu berat ini. Dia tidak masalah kalau pada akhirnya ibunya menikah lagi dengan selingkuhannya, tapi masalahnya selingkuhan ibunya juga adalah seorang penjudi, tidak punya kerjaan, bahkan biasa menggunakan uang ibunya untuk berjudi.

Saya tidak bisa berkata apa2, selain hanya berkata dibalik ini semua Tuhan punya rencana yg indah buat dia sekeluarga, saya hanya bisa mendukung dia dalam doa setiap hari. Ya, itu karena memang saya awam dengan masalah seperti itu, saya tidak punya pengalaman…

Oleh karena itu, saya minta saran2 dari teman2 terkasih… Bagaimana supaya saya bisa misa mendukung dia supaya tetap kuat. Apalagi dia punya cita2 mau jadi hamba Tuhan, tetapi kemungkinan besar keluargannya tidak akan setuju. Hmm… saya bingung… :huh:

Mohon saran dan masukannya ya… Kalau ada kata2 motivasi atau ayat Alkitab yg bisa menguatkan juga silahkan… Terimakasih, Tuhan Yesus memberkati…

Iman yg benar itu bukan sekedar percaya, tapi mempercayakan hidup kepada Tuhan Yesus
Terkadang kita harus menghadapi, melewati lembah kekelaman, tapi yakinlah bahwa Tuhan Yesus tdk Pernah meninggalkan, Yesus ada disana.
Mazmur 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
Bersama Yesus bukanberarti bebas dri badai kehidupan, akan tetapi Yesus akan berkata :Diam tenanglah kepada badai yg ada disekitar org2 percaya.
Markus 4:39 Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.
Jadi apapun yg teman anda alami, itu semua karena Tuhan Yesus injinkan terjadi, tapiDia tdk pernah salah.
Ketika mau berserah & mempercayakan diri kepada-Nya (angkat tangan, menyerah) maka Yesus akan turun tangan.
Mulailah perbanayk ucapan2 syukur , jangn pernah mengeluh dgn segala yg harus dihadapi, karena Yesus sdg memperhatikan, Dia selalu hadir dan siap turun tangan, tergantung apakah anda/teman anda mau angkat tangan atau tdk.
GBU

Makasih bro… Gbu too :afro:

Saran saya doa puasa bro, Bro berdoa puasa juga teman bro dianjuri doa puasa. Tuhan mampu mengubah keadaan karena kekuasaannya tidak terbatas.

Iya, terimakasih sarannya… Gbu…