"TEMBOK YERIKHO DAN BULDOZER"

Kisah runtuhnya tembok Yerikho seringkali menjadi bahan joke.
Konon, salah seorang jemaat yang kurang mengikuti isi khotbah (agak ngantuk2 :)) ketika ditanya teman sebelahnya yang datang terlambat mengatakan bahwa mungkin tembok Yerikho runtuh karena di buldozer . Masih ada banyak versi mengenai joke tembok Yerikho ini, silakan buat sendiri . . . . :smiley:

Yerikho merupakan salah satu kota tertua, yang terletak di sebelah Selatan Sungai Yordan. Temboknya yang legendaris membuat kisahnya begitu fenomenal. Mengapa harus menyerang Yerikho sebelum menguasai Kanaan?

Saat itu Yerikho merupakan benteng pertahanan yang paling penting bagi tanah Kanaan. Yerikho harus dihancurkan terlebih dulu agar dapat memberikan efek psychologis kepada kota-kota lainnya, dan tanah perjanjian dapat dimiliki dengan lebih mudah.

Apakah tembok Yerikho dapat diruntuhkan dengan buldozer seperti joke-joke selama ini? Ternyata tembok Yerikho itu memiliki ketebalan kira-kira empat meter, dan memiliki ketinggian kira-kira delapan meter. Tiang-tiang yang menghubungkan tembok-temboknya memiliki diameter delapan meter, di atas pilar-pilar ini berdiri menara pengawas, konstruksi ini membuatnya begitu kokoh dan menakutkan bagi orang yang berusaha menyerangnya (Perbandingan tinggi tembok dengan tingginya orang dapat dilihat di gambar). Rasanya tembok Yerikho tidak dapat diruntuhkan hanya oleh buldozer . . . .

Hanya oleh karena ketidak berdayaan umat Israel pada waktu itu yang membuat mereka taat kepada perintah Tuhan melalui Yoshua. Kita bersyukur bahwa Allah yang memakai Yoshua adalah juga Allah kita yang dahsyat.

Allah tahu bahwa tembok Yerikho tidak dapat diruntuhkan oleh persenjataan dan kekuatan yang dimiliki umat Israel. Pada saat tiada jalan, dan ketika umat-Nya mengangkat tangan, maka Allah turun tangan dengan dahsyatnya, Allah bertakhta di atas pujian umat-Nya, dan tembok Yerikho runtuh.

Barangkali waktu itu orang-orang dalam kota Yerihko merasa sangat aman, mereka begitu percaya bahwa tembok kotanya yang kokoh akan dapat mematahkan setiap serangan lawan, kuasa Allah yang dapat bekerja melalui umat-Nya sama sekali diluar perhitungan mereka.

Seringkali kita juga seperti orang-orang Yerikho, kita begitu yakin akan kemampuan kita, merasa begitu hebat di atas yang lain. Tanpa disadari kesombongan sudah menguasai hidup kita, rasanya tidak mungkin ada yang dapat menandingi kita.
Keadaan ini seperti tembok Yerikho yang menjulang tinggi, kokoh, yang menghalangi kuasa Tuhan bekerja dalam hidup kita, tembok yang tidak dapat dirobohkan dengan sebuah buldozer sekalipun.

Jangan sampai terlambat, angkat tangan dan akui keadaan ini, Tuhan akan bekerja dalam hidup kita, Dia sanggup merobohkan segala tembok kesombongan kita dan memakai kita dengan dahsyatnya.
GBU all.


Teman2 anda boleh saja memberikan komen, kesan2 atau tambahan,
Terimakasih, GBU

kesan saya adalah…

muantaaap bro…
saya senang sekali membaca Kitab Yosua,…
jadi membaca renungan saudara dibarengi kisah sejarah, membuat saya terrenyuh…

thx berat

Dulu, saat masih duduk di bangku SMP, saya pernah membaca buku karangan Erick Von Daniken, buku yang menarik, walau isinya jelas diluar, bahkan mungkin bertentangan dengan Alkitab.

Dalam salah satu bagian, dikisahkan saat umat Israel berkeliling dan berlari mengelilingi tembok Jericho dengan membunyikan sangkakala, timbul semacam getaran yang terkonsentrasi, detailnya sudah lupa. Sehingga ibaratnya tembok itu runtuh karena setiap bagiannya bergetar. Saya bandingkan sekarang dengan oven microwave, dimana panas yang dihasilkan akibat molekul air di dalam makanan yang di dalam oven itu digetarkan, sehingga timbul panas.

Benarkah? Saya tidak terlalu menganggap teori itu, tetapi yang jelas, seandainya memang teori getaran itu yang menghancurkan, tetap saja pengetahuan tentara Israel jaman iu sangat jauh dari itu, sehingga wahyu Tuhan juga yang bekerja.

Walau, menurut buku yang saya baca, ada kemungkinan bantuan dari ‘mahluk luar angkasa’, semacam ET begitu, he he he.

Syalom

Tks Bro hakadosh utk komen2 nya,
masih ada banyak hal2 yg menarik dan membuat kita terbelalak kalau kita mau sungguh2 belajar FT,
Tuhan akan bukakan rahasia2 yg luar biasa.
GBU Bro hakadosh.

Tks Bro bruce utk komen nya,
memang manusia berusaha utk mencari jawaban tt hal2 luar biasa yg Allah lakukan, mereka tdk puas dgn fakta2 yg ada dlm Alkitab.
Kita tdk tahu persis bagaimana dan apa penyebabnya sampai tembok Yerikho itu runtuh, kita gak perlu mengerti bagaimana Allah dpt melakukan semua itu, tapi kita dpt melihat dan belajar bahwa hanya dengan iman yg dibarengi dgn ketaatan kpd Allah maka segala perkara yg mustahilpun dpt terjadi. GBU Bro bruce.

renungan yang indah dan membangun bro pa_ul,
thx for posting,

God Bless,

Tks komen nya Bro CalvinFabian, GBU 2

Teori tersebut disebut “accoustic levitation”. Bunyi yang sangat kuat menghasilkan getaran yang menyebabkan batu naik melawan gravitasi. Teori itu dijelaskan di situs web yang berikut (dalam bahasa Inggris):

http://www.bibliotecapleyades.net/ciencia/antigravityworldgrid/ciencia_antigravityworldgrid08.htm

Ada juga video obyek yang naik dan melayang oleh suara:

Acoustic Levitation Chamber

Apakah teori itu bisa diterapkan untuk meruntuhkan Tembok Jericho, bro?

Syalom

betull
kagak salah. . .
mahluk luar angkasa. . .kale :cheesy: :char11:

@Cutz

Jangan lari Cutz

Menurut anda JESUS itu Allah atau bukan Cutz?
Siapa yang mengandung dan melahirkan JESUS Cutz?

Dua pertanyaan itu belum anda jawab Cutz !

inilah statement dari orang yang kagak percaya KUASA ALLAH. :cheesy:

padahal adalah tokoh dari suatu agama. . . :cheesy:

@Cutz

Jangan lari Cutz

Menurut anda JESUS itu Allah atau bukan Cutz?
Siapa yang mengandung dan melahirkan JESUS Cutz?

Dua pertanyaan itu belum anda jawab Cutz !

kamu jawab saja menurut pandangan kamu
sesuka suka kamu. penilaian kamu. . . . .
pertanyaan kamu sukaar untuk di jawab,. . . .
dan saya akan beri nilai seratus - sempurna -
puas ??

mungkin ada yang lain bisa bantu ?

silahkan. . . . .

itu aja kok repot. . . .

Teman2 tolong kembali ke thread yg dibahas, spy pembahasan tdk menjadi kabur,
dan bisa menjadi berkat bagi semua
Tks, GBU all

tembok yerikho runtuh karena . . . .

kuasa ALLAH . . . .

tak terbatas kuasa Mu Tuhan
semuanya dapat di lakukan

apa yang tak mungkin bagi manusia
tetapi tidak mustahil BAGI ALLAH.

Tidak ada masalah yg terlalu besar bagi Tuhan,
kita lebih sering mengatakan kepada Tuhan bahwa masalahku terlalu besar,
seharusnya kita katakan kepada masalah kita bahwa betapa besar & dahsyatnya Tuhan-ku
GBU all

Saya tau ini mujizat, tapi saya pernah baca kalau saat musa membelah lautan, TUHAN mengirimkan angin untuk mmbelah lautan menjadi dua, dan itu bisa dibuktikan secara science, saya lupa tapi baca dimana. Jadi setelah saya renungkan, Tuhan bisa bekerja dengan ilmu pengetahuan yang dianggap mujizat pada jaman itu.

Tapi jelas dia bisa buat mujizat di luar science, saya hanya menambahkan perenungan saja klaau Tuhan kita adalah master of science… :slight_smile:

Tuhan dapat memakai cara apapun utk menolong kita,
yang penting jangan batasi dan tentukan bagaimananya,
pemakan daging sekalipun (burung gagak) dapat dipakai Tuhan utk mengirimkan daging kpd Elia,
bukankah suatu hal yg luar biasa dan tdk dpt dipikirkan dgn science sekalipun?
Thx, GBU