Tentang Hagar dan Ismael

Saya muslim agan-agan, panggilan Tiyok
Join di sini karena baca thread yg menyatakan “Kitab Perjanjian Lama sudah usang, engga’ ada waktu bermain di perjanjian lama”.

Saya sebagai muslim yg harus beriman kepada kitab Injil dan YESUS alaihissalam(=Semoga salam sejahtera senantiasa dilimpahkan kepadanya) merasa…mmmm… tidak terima (<---- kasarannya sih)… akan pernyataan “kitab perjanjian lama sudah usang”, coz saya sendiri masih belajar sejarah yg ada di perjanjian lama.

Yang masih saya pelajari adalah:
kitab kejadian 17:20,“Tentang Ismail, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu yang sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas pangeran, dan Aku akan membuatnya menjadi satu bangsa yang besar.”

Kitab Kejadian 21:18,“Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi satu bangsa yang besar.”

Mungkin dari agan-agan di sini tahu, siapa “bangsa besar” yang dijanjikan itu ??

Saya muslim agan-agan, panggilan Tiyok
Join di sini karena baca thread yg menyatakan “Kitab Perjanjian Lama sudah usang, engga’ ada waktu bermain di perjanjian lama”.

Saya sebagai muslim yg harus beriman kepada kitab Injil dan YESUS alaihissalam(=Semoga salam sejahtera senantiasa dilimpahkan kepadanya) merasa…mmmm… tidak terima (<---- kasarannya sih)… akan pernyataan “kitab perjanjian lama sudah usang”, coz saya sendiri masih belajar sejarah yg ada di perjanjian lama.

Yang masih saya pelajari adalah:
kitab kejadian 17:20,“Tentang Ismail, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu yang sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas pangeran, dan Aku akan membuatnya menjadi satu bangsa yang besar.”

Kitab Kejadian 21:18,“Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi satu bangsa yang besar.”

Mungkin dari agan-agan di sini tahu, siapa “bangsa besar” yang dijanjikan itu ??

Catatan: Judul saya ganti supaya lebih sesuai dengan topik yang dibicarakan
Kahlil_Gibson

Bangsa yang besar keturunan Ismael.
Kalau pertaannya berfokus pada Ismael, lebih baik judulnya diganti saja supaya member lain tidak bingung :slight_smile:

Salam

menurut sejarah sih bangsa arab.

Yup itulah yang dipercayai sebagai keturunan Ismail.

GBU. :angel:

kasihan sekali bangsa arab ini…

Abraham dijanjikan bahwa keturunannya akan menjadi banyak… meskipun Ismail bukanlah “keturunan yang dijanjikan” tetapi ia juga tetap merupakan keturunan Abraham. Maka ia pun mendapatkan “cipratan” berkat dan juga dijanjiakan sebagai "bangsa yang besar. Dan bangsa ini ditelusuri sebagai bangsa Arab, dan keturunan Ishak menjadi Israel.

:happy0062:

Tiyoknya mana nich… tuh Yok udah dijawab Bangsa ARAB bukan cuma ARAB SAUDI, ok ?!

ass.wr.wb sdr. Tiyok

Sebagai seorang Kristen saya TIDAK PERNAH menganggap Kitab Perjanjian Lama itu sudah usang, bahkan kalau saya menyimak khotbah2 hamba2 Tuhan, maka banyak sekali khotbah yang diambil dari Firman Tuhan dalam Kitab Perjanjian Lama, bahkan seringkali suatu perenungan Firman Tuhan dalam Kitab Perjanjian Baru direferensikan oleh Kitab Perjanjian Lama.

Memang benar bahwa catatan tentang Ismael hanya terdapat di dalam Kitab Kejadian
Kejadian: 16:15-16
15. Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael. 16 Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.

Kejadian: 17:18-21
18 Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!” 19 Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. 20 Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar. 21 Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.”

Dalam Kitab Kejadian: 22:2-13 dikatakan
2 Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” 3. Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. 4 Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh. 5 Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: “Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu.” 6 Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama. 7 Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: “Bapa.” Sahut Abraham: “Ya, anakku.” Bertanyalah ia: “Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?” 8 Sahut Abraham: “Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku.” Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama. 9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api. 10 Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
11. Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: “Abraham, Abraham.” Sahutnya: “Ya, Tuhan.”
12 Lalu Ia berfirman: “Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.” 13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.

Kejadian: 17:24-26 24 Abraham berumur sembilan puluh sembilan tahun ketika dikerat kulit khatannya.
25 Dan Ismael, anaknya, berumur tiga belas tahun ketika dikerat kulit khatannya. 26 Pada hari itu juga Abraham dan Ismael, anaknya, disunat.

Kejadian: 25:12-18
12 Inilah keturunan Ismael, anak Abraham, yang telah dilahirkan baginya oleh Hagar, perempuan Mesir, hamba Sara itu. 13 Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya: Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam, 14 Misyma, Duma, Masa, 15 Hadad, Tema, Yetur, Nafish dan Kedma.
16 Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, dua belas orang raja, masing-masing dengan sukunya. 17 Umur Ismael ialah seratus tiga puluh tujuh tahun. Sesudah itu ia meninggal. Ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.
18 Mereka itu mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Mereka menetap berhadapan dengan semua saudara mereka.

Saya bersyukur bahwa anda MENCARI KEBENARAN dan mulai membaca Injil, TERUSKANLAH maka KEBENARAN itu akan menyelamatkan anda sehingga tidak termasuk ke dalam orang2 yang mati di dalam dosa anda dan menghadap KEADILAN Allah.

Tuhan Yesus memberkati anda.

Harry Hanafy : Wah… kok banyak sekali ya, blm sempat baca detail, tp ada 2 yg menarik perhatian.

  1. tentang penyembelihan yg dilakukan Ibrahim = Islam memperingatinya sebagai hari Idul Adha / hari raya sembelih. Tp sekarang ini banyak org2 yg menyembelih tidak memperhatikan cara-cara penyembelihan yang diperintahkan oleh Allah.

  2. Tentang Kedar. Ternyata itu anaknya Ismail, saya juga sempat tahu bahwa banyak nama Kedar disebut di Injil (tp gk tahu ayatnya). Apakah itu Kedar yg sama ??

note : Di Al-Qur’an tertulis perintah dari Allah, untuk beriman pada kitab Zabur, Taurat dan Injil

Tambahan ---- Kedar yg tertulis di sini maksudnya
(Ezekiel 27:21)
(Psalm 120:5)
(Song of Solomon 1:5)
(Isaiah 42:11)
(Isaiah 60:7)
(Jeremiah 2:10)
(Jeremiah 49:28)

bangsa Arab itu setau saya… memang sudah ada sebelum Isamel… mereka keturunan dari negri Aram (kl ga salah) tempat kelahiran Abraham

sementara keturunan Ismael bisa anda baca sendiri siap saja anak2nya…

perserikatan bangsa Arab sekarang sepertinya sudah tercampur jg dengan keturunan Abraham lainnya yang berasal dr gundiknya, Ketura

sama…
Kejadian 25:16
Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, dua belas orang raja, masing-masing dengan sukunya.

Hajar dan Ismail disuruh pergi oleh Sarah.
entah bagaimana perjalanannya, akhirnya sampai di suatu daerah tak dikenal.
Hajar kehabisan air akhirnya dikasih sebuah air dari dalam tanah oleh Allah. Dan akhirnya mereka berdua hidup di situ, yg didalam injil disebut daerah Paran (Genesis 21:19-20).

Paran ??? hmmmm…

memang knp dgn paran ?

koreksi … yang benar hagar^^

oh iya, Hagar

Letak Paran itu di mana?
hehehe… mungkin di bible ada, tp gk tau ayat apa…

ah, nemu juga.

di NIV Deutoronomy 33:2,
“The LORD came from Sinai
and dawned over them from Seir;
he shone forth from Mount Paran.
He came with myriads of holy ones
from the south, from his mountain slopes.
(http://www.biblegateway.com/passage/?search=Deuteronomy%2033&version=NIV)

setelah baca berulang kali, sy dpt pemahaman sbb;

“he shone forth from Mount Paran.
He came with myriads of holy ones
from the south, from his mountain slopes.” <----- ini satu kesatuan

“Dia bersinar, datang dari selatan bersama myriads of holy one, dari pegunungan…yaitu Paran”

dari Selatan ?? trus patokannya mana ?? apakah selatan-nya gunung sinai ??

mohon dikoreksi ^^

maaf, saya cek deutoronomy 33 di king james,

“And he said, The LORD came from Sinai, and rose up from Seir unto them; he shined forth from mount Paran, and he came with ten thousands of saints: from his right hand [went] a fiery law for them.”

yg di NIV ditemukan suatu arah yaitu “selatan”

yg di king james tidak ada arah. Tapi ada, “hukum di tangan kanan seseorang, dan seseorang itu dari Paran”.

“Seseorang” siapa yg pegang hukum itu?

Ia= TUHAN

P. Lama: Ulangan: 33
33:2 Berkatalah ia: "TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala.

Apakah Anda mengetahui referensi ayat tersebut dari Benjamin Keldani? :slight_smile:

Saran saya, bacalah Alkitab dan pahami maknanya, bukan memasukkan doktrin keyakinan lain ke Alkitab. :slight_smile:
Berikut ada referensi yang mudah-mudahan berguna
http://studycycle.org/2009/11/muhammad-dalam-ulangan-332/

Salam

maaf sebelumnya, saya tidak berniat memasukkan doktrin, saya hanya bertanya apa yg tertulis di Alkitab, maka dari itu saya minta dikoreksi.

“TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir;
Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala.”

(sebelumnya minta maaf lagi, yg dipake injil yg mana? krn ada perbedaan antara NIV, King James, dan Ayat Injil yg anda tulis dgn bahasa Indonesia tsb)

Iya, saya juga mencoba memahami, makanya pelan-pelan.

“Tuhan datang dari Sinai” = pasti berhubungan dengan Moses dan pengikutnya <------- mohon dikoreksi !