tentang hal menghakimi,apa artinya?

apa artinya menghakimi berikan contohnya?tolong diberi kejelasan yg benar agar bisa menggambari.
menghakimi = menghukum?apa bedanya?

menghakimi tidak selalu menghukum.

contohnya: teman anda datang terlambat untuk janjian ketemu dengan anda. pas dia sampai, anda langsung mengangggap dia bangun kesiangan atau lupa kalau ada janji dengan anda. itu namanya menghakimi, padahal mungkin ada alasan yg lebih ‘mulia’.

btw, bukannya udah ada thread tentang menghakimi?

Menghakimi itu memutus suatu perkara

GBU

semua manusia akan menghadapi pengahakiman, baik yang hidup maupun yang sudah mati.

2 Timotius 4:1 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

Menghakimi dalam perspektif Alkitab adalah sikap menilai apa yang dilihat dan menyalahkan apa yang dianggap salah.

Contohnya: Saat teman kamu yang biasanya menasihati kamu hal rohani tahu-tahu kamu dapati ia keluar dari tempat pelacuran di kota kamu. Lalu kamu menyatakan dirinya munafik dan ternyata cabul.

Faktanya belum tentu demikian. Karena itu pesan Alkitab dalam Yohanes 7:24, “Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil.” Harus ada proses yang dilalui termasuk klarifikasi dan saksi. Karena rumitnya pekerjaan ini, dan lebih mudah orang menghakimi sekilas pandang dan menurut perasaan hati sesaat, maka sebaiknya jangan saling menghakimi. Nanti baru beli mobil baru dibilang sombong, tebar senyum disana-sini dibilang penjilat. Itulah menghakimi yang sebaiknya tidak kita lakukan jika kita tidak benar-benar paham bagaimana menilai dan menyalahkan orang secara adil dan benar.

Menghukum, adalah memberi sanksi atas pelanggaran. Setelah dihakimi biasanya diberi sanksi, inilah maksud dihukum. Ada bermacam-macam sanksi yang diterapkan dalam gereja atau komunitas Kristen, tiap sinode memiliki tradisinya masing-masing. Salah satu contoh adalah dengan menghentikan tugas pelayanannya, jika ia seorang Pelayan Tuhan. Bisa juga ada yang dilakukan tegur didepan umum (setelah melewati tahap-tahapan sebelumnya), atau juga bisa lewat dikucilkan seperti yang dianjurkan Paulus dalam surat-suratnya dan banyak cara lainnya yang semuanya bersifat sosial dan administrasi.

Apakah setiap orang berhak menghakimi?

sesuai alkitab, satu kali kelak, semua manusia, baik yang hidup ataupun yang mati akan menghadapi penghakiman.
penghakiman orang hidup tidak sama dengan penghakiman orang mati

penghakiman orang mati :
bagi orang benar tidak sama dengan orang dosa.

tidak ada satupun yang bisa lolos dari PENGHAKIMAN ALLAH. DIALAH HAKIM YANG ADIL