tentang jawaban doa

saat ini saya sedang sakit yang tidak bisa disembuhkan tapi tidak fatal hanya mengganggu kegiatan sehari-hari, sudah saya doakan dan didoakan beberapa orang selama beberapa tahun terakhir tapi tidak sembuh. akhir2 ini orang2 yang kristen yang tau tentang kondisi saya selalu menyuruh saya berdoa minta kesembuhan, ketika saya bilang sudah doa, kemudian saya dibilang kurang beriman, yang lain berkata saya ada kepahitan yang harus dilepaskan. saya merasa doa saya ya seperti ini waktu mengalami mujizat2 pada hidup saya dan saya tidak merasa ada kepahitan dalam hidup saya, tapi tetap tidak sembuh. kemudian orang2 kristen ini bersikeras kalau doanya bener itu pasti terjadi kesembuhan, tidak mungkin tidak, jadi pasti saya yang kurang iman atau ada kepahitan jadi tidak terjadi kesembuhan.
saya jadi bingung, ada yang bilang jawaban Tuhan itu bisa ya, tidak atau nanti. tapi ada yang berkata kalau “ya, tidak atau nanti” itu tidak beriman, jawaban Tuhan itu ya. kemudian ada lagi yang berkata jawaban doa itu tergantung penilaian Tuhan, apakah kamu layak menurut Tuhan, bukan layak menurut yang berdoa. yang lain lagi berkata kalau kamu doa minta terus pasti akan dikabulkan.
saya jadi bingung apakah doa itu selalu dikabulkan Tuhan kalau sudah benar doanya, beriman dan tidak kepahitan? ataukah mungkin saya tidak disembuhkan karena Tuhan punya rencana “memanfaatkan” kondisi saya saat ini, mungkin untuk melatih saya agar menjadi lebih baik atau dalam sakit saya ini saya bisa melakukan hal2 yang luar biasa yang jadi inspirasi yang lain.
semoga gak salah sub forum, bingung nulis dimana, antara diskusi umum, curhat atau ruang doa.

Sekarang banyak obat2 alternatif, mungkin bro bisa google, siapa tahu ketemu. Kalau boleh tahu apa penyakit bro, siapa tahu saya bisa bantu googling.

Bisa lihat Trit ini:

Shalom gan, saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan agan, dan pada akhirnya juga saya tidak disembuhkan… Yang bisa saya katakan adalah, rencana Tuhan itu indah, kalaupun pada akhirnya agan tidak disembuhkan, nikmatin aja segala yang Tuhan berikan ke agan, tapi tetap setia dalam doa agan, hehehe

Seharusnya doa dijawab, seperti apa jawaban doa tsb bervariasi. Kalo belum di jawab berarti ada yang menghalangi doa tsb sehingga tdk tulus sampe ke sorga atau memang belum waktunya kuasa Tuhan tsb dinyatakan jadi bersabarlah. Waktunya tidak terbatas bro, suka-suka Tuhan tapi dibalik itu semua ada rencana Tuhan yang indah yang akan dinyatakan.

Sepanjang ke Kristenan saya dari kanak-kanak hingga dewasa yang saya tahu Tuhan pasti jawab setiap doa anak-anakNYA. Pasti namun hasil doa tsb bervariasi sesuai Kehendak BAPA dan iman masing-masing kita. Jika iman yang terlatih biasanya sudah tahu kemana jalur iman tsb dan harus ngapain saja agar terjadi terobosan “Roh Kudus kasih hikmat dan suka kasih tahu” kenapa dan mengapa suatu jawaban doa tsb terjadi sedemikian.

Kalo saya ngerti kenapa doa saya masih di jawab pending oleh Tuhan dan kenapa doa saya bisa dijawab flash. Ntar Tuhan yang kasih hikmat pada saya, begini dan begitu dan saya harus ngapain. Kadang kudu nge-deal dulu sama Tuhan seperti ketika abraham nge-deal tentang permohonan doanya tentang sodom dan gomora apakah harus ditunggangbalikkan or tidak. Dan setelah melewati serangkain tawar menawar akhirnya, sodom dan gomora di tunggangbalikkan. Walaupun Tuhan itu adalah Tuhan tapi lantas tidak otoriter, Tuhan masih mau mendengarkan keluh kesah dari apa yang bapak Abraham ingin perjuangan.

Dan iman yang terlatih selalu ngikutin Kehendak Tuhan, Tuhan bilang A ya A, Tuhan bilang B ya B. Trus harus pinter juga ngambil hati BAPA agar hati BAPA luluh akan doa-doa kita. Jadi harus dengar-dengaran sama suara Tuhan yang bisa saja berbicara melalui Firman. Makanya Alkitab harus kita pahamin isinya, harus ngerti bahwa di dalam tulisan2 tsb ada terkandung isi hati Tuhan, nah dari sana kita akan punya batasan-batasan hidup, mana yang berkenan di hati BAPA dan mana yang tidak, kita juga harus pro-aktif cari wajah Tuhan, karna setiap anak Tuhan diberi kuasa untuk mengubahkan.

Satu hal yang kudu diketahui, sifat Tuhan itu melindungin dan sayang sama anak-anakNYA, percayalah kasih Tuhan itu sempurna, berbahagialah orang-orang yang tidak melihat secara kasat mata keberadaanNYA namun meyakini oleh karena Iman. Disetiap musim hidupku, kutahu BAPA selalu ada menyertai dan memberi kekuatan. Haleluya.

Gbu

Baru saja saya dengar kesaksian seorang wanita dari China yang dilahirkan di desa kecil. Orang ini dari keluarga miskin dan waktu bayi kalau diberi makanan bayi selalu muntah dan ibunya tidak menghasilkan susu ibu. Lalu ada orang yang kebetulan anaknya mati dan ingin menyusui bayi lain, Orang ini dari desa lain dan kebetulan datang kedesanya, lalu diambilah dia selama tujuh bulan untuk dipelihara.

Setelah tujuh bulan mama aslinya menemukan bayi dijalan dan dibawa pulang, dan dibawa ke nina yang memelihara wanita ini sedang wanita ini dibawa kembali ke ibunya.

Karena kulit dari wanita ini agak gelap dan tidak putih seperti saudara2nya, padahal didesa itu kalau kulitnya tidak putih kurang dihargai, maka wanita ini merasa tidak dihargai keluarga dan sering di lecehkan. Dia penuh dengan kesedihan. Ketika menikah dan punya anak, suaminya pergi meninggalkannya pada waktu dia masih dirumah sakit.

Jadi hidupnya penuh penderitaan tanpa ada yang mengasihinya.

Suatu hari ketika dia dipantai berenang2 tiba2 ada ombak yang membawanya ketengah laut tidak ada yang bisa menolongnya. Walaupun dia atheis, dia waktu itu minta tolong sama Tuhan juga. Lalu dia lihat ada burung bersinar berputar2 dan berubah jadi manusia yang tangannya berlubang. Waktu itu dia tidak tahu adalah Tuhan Yesus. Dia merasakan kasih yang luar biasa, Kasih itu rasanya keluar dari orang itu, dan rasanya disemua tempat sekelilingnya, di atas dibawah di samping dimana2 seolah2 menyatakan kasihnya pada wanita ini. Dulunya disegala tempat terasa mengeluarkan suatu kebencian kepadanya sekarang sebaliknya dengan kehadiran Yesus rasanya kasih itu datang dari segala tempat.

Setelah saya renungkan, sebenarnya yang kita butuhkan adalah kasih. Pada waktu sekeliling kita membenci kita, padahal dulunya seperti cerita bro TS waktu orng tuanya kaya, semua seperti mengasihi keluarganya, maka hanya ada satu harapan yang akan merubah keadaan ini, yaitu dekat dengan Yesus.

Pada waktu kebencian terasa datang dari segala arah, saudara2 tidak lagi mengasihi, maka Dia sanggup mengubah kebencian menjadi kasih.

Allah yg maha Kasih, maha tahu, dan maha kuasa, pastilah memberikan yg terbaik yaitu spy milikNya hidup mulia bersamaNya di kekekalan ( berkat rohani ).
Tetapi manusia dg keterbatasannya hanya mampu menilai bhw: baik = yang nyaman unt dagingnya ( sehat, kaya ,terkenal dll), tetapi semua yg diinginkan daging ini tuannya berbeda dg Allah, dan kalau semua keinginan daging ini dituruti pasti muaranya adl memusuhi Allah, oleh sebab itulah dan karena kasihNya semua ini memang niscaya dibatasiNya spy manusia itu akhirnya bisa bersamasama dg Allah di kekekalan, contohnya adl : bgs Israel ketika diproses dipadang gurun ( gambaran hidup kita di dalam proses anugerah ) sengaja diberikan makanan manna ( tdk pernah ada di mesir ) maksud Allah spy bgs Isrl lupa dg makanan mrk yg dulu ketika di mesir ( bawang, semangka, ikan dll ) ,oleh pembatasan inilah proses anugerah itu berjalan, kalau mrk dibiarkan dg kesenangannya ( gambaran kedagingan ) pastilah mereka tdk akan sampai kanaan karena yg diingat adl mesir.
Contoh lain : si miskin lazarus , dia adl milikNya yg sangat dikasihiNya , dia sampai mati fisiknya tetap saja borokan/bisulan, tapi dia toh menang !.

kemudian orang2 Kristen ini bersikeras kalau doanya bener itu pasti terjadi kesembuhan, tidak mungkin tidak, jadi pasti saya yang kurang iman atau ada kepahitan jadi tidak terjadi kesembuhan.
Ini tidak usah dipedulikan, ketika mereka telah mengerti tentang kebenaran, mrk pasti tdk mengatakannya lagi. Berkat rohani tidak ada korelasinya dg kemakmuran jasmani.Gby

Dalam hal ini saya setuju dengan pendapat Poppypurity dan Doa_ku (yang di quote dari pendapat Pa_ul
memang kalo kita tilik kenapa doa kita belum dijawab sama Tuhan ya banyak sekali faktornya, seperti yang dituliskan dalam surat Yakobus…bisa dibaca dan ditelaah dengan baik. Demikian… :happy0025:

Untuk membuktikan apakah yg No. 2 itu …maukah anda mengirimkan Alamat, Nama , No HP anda pada Personal Message = PM saya yg ada disamping Kiri dan dibawah Nama saya tinggal KLIK pada kotak dalam bentuk Tanda Seru disamping kanan gambar orang ? :coolsmiley: :happy0062:
Nah sambil nunggu “sambungan terhubung” maka silahkan buat dibandingkan tentang apa yg anda alami dengan yg Bu Jaqliene alami juga :

KESAKSIAN JACQLIEN CELOSSE

Last but not LEAST sebelum nafas kehidupan agan ditarik lho !
…maukah anda mengirimkan Alamat, Nama , No HP agan pada Personal Message = PM saya yg ada disamping Kiri dan dibawah Nama saya tinggal KLIK pada kotak dalam bentuk Tanda Seru disamping kanan gambar orang ? :coolsmiley: :happy0062:
Nah sambil nunggu “sambungan terhubung” maka silahkan buat dibandingkan tentang apa yg anda alami dengan yg Bu Jaqliene alami juga :

KESAKSIAN JACQLIEN CELOSSE KESAKSIAN JACQLIEN CELOSSE

Saya sependapat. Tuhan pasti beri yang terbaik untuk anak-anakNya. Tetaplah setia mencari Dia. Jangan pernah merasa bosan. GBU.

setiap doa yg dimohonkan dgn sungguh2 pasti dijawab. Hanya saja yg bersangkutan seringkali tdk peka dgn jawaban yg telah Tuhan berikan. Hal itu disebabkan karena hati dan pikirannya seringkali terkunci dan terkurung dgn apa2 yg dimohonkannya. Dan yg seringkali dilupakan atau bahkan diabaikan adalah bahwa rancangan2 Allah adalah rancangan yg baik2 juga sempurna. Dan karena keterbatasan pemikiran manusia, terkadang seringkali rancangan2 yg terbatas yg dimohonkan tersebut bertentangan dgn apa yg menjadi kehendak Allah pada diri pribadi yg bersangkutan.
.
Sehingga seringkali ketika Allah menutup pintu bagi sebuah permohonan ata mengabaikannya, selalu diartikan dgn hal2 negative, padahal apa2 yg telah Allah ijinkan terjadi (sekalipun terasa pahit dan tdk enak) itu semua demi kebahagian yg bersangkutan.
.
Dan sekalipun Allah harus menerima dan menanggung kekecewaan serta amarah dari yg bersangkutan karena ketidak mengertiannya, Allah tetap sabar dan tdk murka karena Dia adalah KASIH adanya.
.

Sakit-penyakit menurut Kekristenan dapat disebabkan oleh karena 4 hal, yaitu:

  1. Akibat dari kesalahan diri sendiri
  2. Adanya kuasa2 kegelapan
  3. Kutuk
  4. Diijinkan Tuhan untuk kemuliaan namaNya

PENJELASAN

  1. Akibat dari kesalahan diri sendiri
    Contohnya:
  • Merokok, akibatnya kena sakit paru2 atau jantung
  • Makan sembarangan. Sudah tahu badannya terlalu gemuk atau punya tekanan darah tinggi, tetapi masih saja makan makanan yang berlemak dam berkolesterol tinggi secara berlebihan seperti daging babi, jeroan2, gorengan dsb.
  • Pola hidup yang tidak benar; sering bergadang misalnya
    dan masih banyak lagi
  1. Adanya kuasa2 kegelapan
    Adanya kehadiran roh jahat yang merasuki tubuh manusia
    Contohnya :
    Luk 13:11 Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak

  2. Kutuk
    Kutuk dapat terjadi karena beberapa hal :
    a. Karena melanggar firman dan ketetapan Tuhan
    Mal 2:2 Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.
    b. Karena dosa nenek moyang kita (ayah, ibu, nenek, kakek, kakek buyut dst)
    Kel 20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
    c. Karena ucapan orang2 tertentu, mungkin orang yang membenci anda, kemudian mengutuki (menulahi) anda
    seperti yang dilakukan Bileam terhadap orang Israel

  3. Diijinkan Tuhan untuk kemuliaan namaNya
    Contoh : Peristiwa yang dialami Ayub

  • Apabila sakit anda timbul karena point pertama (akibat dari kesalahan diri sendiri), anda harus memohon pengampunan kepada Tuhan dengan sungguh2 karena ketidaktahuan atau keteledoran anda telah merusak tubuh atau bait Allah. (tubuh kita ini bait Allah, dan kita adalah imamnya yang harus menjaganya).
  • Apabila sakit itu ditimbulkan oleh kutuk yang ditimbulkan karena melanggar firman Tuhan (point 3a), selain anda juga harus memohon pengampunan kepada Tuhan, kemudian anda juga HARUS BERUSAHA untuk hidup kudus dihadapan Tuhan. Jangan sampai melanggar firman lagi.
  • Apabila sakit itu timbul karena kehadiran roh2 jahat atau kutuk orang lain (point 2, 3b dan 3c), anda mungkin membutuhkan BANTUAN seorang hamba Tuhan yang memiliki karunia2 roh untuk mengusir roh2 jahat dari dalam tubuh seseorang (seperti yang dilakukan oleh Tuhan Yesus) atau mematahkan kutuk yang disebabkan karena dosa nenek moyang atau karena ucapan seseorang.
  • Point keempat dapat diabaikan, karena SANGAT JARANG terjadi. Orang BENAR yang dibiarkan dicobai oleh iblis atas seijin Tuhan seperti Ayub sangat LANGKA. Orang biasanya mengalami sakit penyakit atau musibah sebagian besar HAMPIR SELALU karena kesalahan diri sendiri atau dosa, sebagian kecil karena kehadiran roh2 jahat atau kutuk nenek moyang.

Apapun penyebab sakit anda, yang perlu diketahui adalah bahwa :
1.Tuhan TIDAK PERNAH MENDATANGKAN sakit penyakit. Sakit penyakit SELALU berasal dari iblis atau setan.
2.Sakit anda belum disembuhkan BUKAN KARENA ANDA KURANG BERIMAN atau DOA ANDA KURANG BERSUNGGUH-SUNGGUH. Tuhan kita BUKAN Tuhan yang TULI.Kita tidak perlu berdoa berkali2 dan panjang2 untuk supaya Tuhan mau dengar doa kita. Tuhan kita adalah Tuhan yang PENUH KASIH, yang selalu siap mendengar doa anak2nya
3.Akar kepahitan (kebencian, dendam, kemarahan dsb) memang dapat menimbulkan penyakit; karena benci, dendam adalah dosa, dan dosa selalu menimbulkan kutuk. NAMUN TIDAK SELALU orang yang sakit karena ada akar kepahitan !
4.Doa yang BENAR adalah doa yang berasal dari ORANG BENAR. Artinya bila seseorang hidupnya berkenan dihadapan Tuhan (hidup kudus), doanya pun kudus. Doa seperti ini biasanya langsung dikabulkan.

Semoga bermanfaat. GBU