Tentang kremasi

Kalo ada orang Kristen yang sudah meninggal, apakah boleh dikremasi atau tidak?

Boleh saja kenapa tidak ?

Didalam tanah, tubuh kita akan membusuk, tak banyak berbeda dengan dibakar.
Coba kalau kamu tinggal di Tokyo yang harga tanahnya bisa jutaan per cm2, mana mampu lagi orang Kristen membeli tanah kuburan, terpaksa ya dikremasi.

Kalau di Indonesia yang tanahnya masih luas, bolehlah dikubur, jadi bisa dikenang oleh orang2 yang mengasihinya.

Tapi pada dasarnya, sama saja.

Salam,
GBU.

ya beda dong bro…
dikremasi itu dibakar kalo dikubur ya dikubur dalem tanah
kok bisa bisanya bilang pada dasarnya sama… :ashamed0004:

Mungkin boleh saja…
Didalam Alkitab, ada kejadian pembakaran mayat kok
1 Samuel 31:11 Ketika penduduk Yabesh-Gilead mendengar tentang apa yang telah dilakukan orang Filistin kepada Saul,
1 Samuel 31:12 maka bersiaplah segenap orang gagah perkasa, mereka berjalan terus semalam-malaman, lalu mengambil mayat Saul dan mayat anak-anaknya dari tembok kota Bet-Sean. Kemudian pulanglah mereka ke Yabesh dan membakar mayat-mayat itu di sana.
1 Samuel 31:13 Mereka mengambil tulang-tulangnya lalu menguburkannya di bawah pohon tamariska di Yabesh. Sesudah itu berpuasalah mereka tujuh hari lamanya.

Raja Saul dan keluarganya adalah orang yang dihormati oleh orang Yahudi. Dan mayat mereka dibakar/dikremasi.

Ada juga loh hamba Tuhan yang meninggal dalam suatu kecelakaan pesawat dan jasadnya tidak ditemukan.
Masuk kategori dikubur atau dikremasi tuh ?

Dulu jaman penganiayaan jemaat mula2, banyak sekali orang Kristen yang dibakar hidup2 oleh tentara romawi.

Dan mereka menjadi martir Kristen.

Salam,
GBU.

Kalo begitu, boleh dikremasi donk? Soalnya sebelumnya saya pikir gak boleh.


Menurut saya sih boleh, tapi coba dengar dulu mungkin ada pendapat dari teman2 yang lain…

kalo dikramasin kayaknya boleh tuh…
habis itu dikasih condisioner ;D

hhahaha…biar jadi adem ya Val?? :smiley:

sebelum meninggal ybs mintanya dikremasi atau dikubur?
kalau dikremasi ya sudah berarti ngga masalah kalau dikremasi.
tapi kalau mintanya dikubur tapi terus dikremasi lha itu ngga baik.

kalo dibuang ke laut boleh nggak ??
kan lebih nggak ribet,
nggak perlu administrasi tetek bengek, dan gak perlu bayar lahan buat rumah masa depan.
itung2 sedekah buat makanan ikan

tul nggak ??

eh saya mau nanya kepada kalian,
kenapa sih orang mati cara kristen mesti dirapi2in hingga memerlukan biaya yg amat besar ??
kan mubazir tuh duit buat ditanem gitu aja ?
mending disedekahkan kepada orang miskin buat si mati !

apalagi orang2 yg dengan gengsinya memakamkan keluarganya ke makam elit semacam san diego hills yg bisa sampai milyaran rupiah buat ngurusi “sampah” manusia, yg sebenarnya si mayyit juga ndak akan protes apa2 jika dikubur di kuburan biasa saja !

gimana pendapat kalian tentang hal itu ???

padahal, dulunya orang Kristen non yahudi menolak disunat karena takut ada bagian tubuhnya yg hilang,
mereka nggak mau bangkit dengan anggota yg tidak utuh

karena kepercayaan ini, akhirnya hukum taurat tentang sunat dikalahi.

lha sekarang malah mau bakar mayat ??
emang boleh ??

Ne … orang Kristenna … sy … mah akan bilang ama yang mau… menyemayamkan sy : “Jangan dibakar!!”
biarlah… dr tanah … baiklah kembali menjd tanah :smiley:
geto :happy0025:

Lengkapnya kan gini :
dari tanah kembali ke tanah, dari abu kembali ke abu…

Yehezkiel 28:18
Dan Kubiarkan engkau menjadi abu di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu.

to nying,

Kita mengasihi orang kan lengkap jiwa raganya, jadi meski sudah meninggal tetap kita perlakukan dengan hormat dan kasih.
Tapi anda ada betulnya, janganlah memperlakukan jenasah dengan berlebihan dan terlalu mewah.

Salam.

Kalo di gereja (Kristen) di mana saya ibadah mengajarkan :
manusia yang telah mati untuk dikuburkan bukan dikremasikan. :azn:

Kalo mau dikremasi silahkan …ttp Bapak Gembala beserta penatua tidak mengantarkan jenazah sampai ke tempat kremasi.

Tapi Tuhan marah tidak jika dikremasi?

Taunya besok… kalo Dia datang kedua kalinya…
nah lo :smiley:

Tapi kalo waktu masih hidup, hidup orang tsb taat kepada Tuhan dan melaksanakan setiap kehendak-Nya, trus dia mati dan dikremasi, apa Tuhan marah tidak jika dia dikremasi?

he…he… la ya itu yang saya takutkan… :onion-head2:
selama hidup sudah… berjuang mempertahankan iman…
e… ahkir hayatnya… malah menggadaikan imannya pada sebuah kremasi :char11:
apa ngga ironis??

Jadi gak boleh donk sis?

ngga boleh (for me )… terserah buat yang lain :smiley:
krn baik dikuburkan atawa dikremasikan itu pilihan hati.