Tentang kremasi

Jangan hanya karena Yesus dikubur lalu kita harus ikut dikubur, Yesus dibaptis selam lalu kita harus dibaptis selam.

Yesus hidup miskin, mengembara, tidak menikah dan mati di usia 33, kalian mau juga ?

Yang penting bukan gayanya, tapi isinya.

soal dikremasi – itu urusan yg mengkremasi atau yg dikremasi ya?

gini, misal sso itu tahu bahwa tdk boleh dikremasi – nah pas mati - ternyata sanak familynya malah mengkremasi – jadi siapa nanti yg diminta pertanggung jawaban? yg dikremasi apa yg mengkremasi?

haiya hihihi – ini memang kendala besar buat orang kristen yg tinggal – katkanlah di Jepang dan di Bali [denpasar] – karena sptnya tanah kuburan buat orang Kristen sdh habis disana

:smiley:

Betoel… banget ikuti ke_TAAT_an NYA :afro:

maksudnya menggadaikan iman, sist?

begini:

Sbg seorang Percaya Tuhan Yesus… saya percaya adanya kebangkitan badan diantara orang mati… saat nafiri itu berbunyi .

Ujud iman tersebut adl: penolakan sy thd: jasad sy untuk dikremasikan.

inilah iman… disertai perbuatan…bukankan ada tertulis…iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati??

Ketika sy beriman… pada kebangkitan tubuh (dr kubur tentunya) dlm Alkitab dikatakan … orang2 mati akan bangkit dr kubur (baca MAT 27:51-53)…maka iman itu harus sejalan dengan pelaksanaannya… ketika sy … meng"iya"kan kremasi untuk jasad sy nantinya itu artinya sy sedang menggadaikan/menyerahkan iman sy … pada “kremasi”

Krn kalo dilihat sejarahnya…
Kremasi itu berasal dr tradisi /adat orang orang yang tidak percaya Tuhan Yesus…
Apakah latar belakang kreamasi itu sendiri krn tidak mengakui kebangkitan tubuh diantara orang mati, sy juga tidak tau??

Ttp dr pada sy menyerahkan (read: menjaminkan/menggadaikan) kepada kreamasi… lebih bak (cari amannya) tetap spt yang tertulis dlm Alkitab, krn bagaimanapun juga Alkitab itu buku petunjuk/kompas buat sy :wink:

Ttp sekali lagi itu pilihan hati :mad0261:

Jadi kalo nanti waktu Tuhan Yesus datang lagi yang kedua kalinya, tubuh atau raga seseorang yang percaya dan sudah dikuburkan akan bangkit lagi? Kalo sudah lama terkubur kan tubuhnya sudah habis donk?

Masalah kebangkitan bisa anda baca di 1Kor 15:35-49. Sangat diterangkan bahwa bukan tubuh jasmani kita yang dibangkitkan, tapi TUBUH ROHANI. seperti apa bentuknya,saya juga tidak tahu. Jadi mau tubuh kita dikubur, dikremasi, hancur karena bom, dimakan hiu, ga ada hubunganny dengan kebangkitan tubuh rohani. Gbu.

Orang percaya akan mengalami (hal yang kurang lebihnya ) = Yesus Alami
mati, bangkit dan diangkat ke sorga…

Ttp ada juga yang mengalami spt Henokh dan Elia

Jangan meragukan kemampuan Tuhan dalam merekonstruksi tubuh manusia, biarpun sudah jadi abu atau dimakan kucing, masa Tuhan gak mampu membangkitkan kita ?
Masa gara2 gak ada kuburannya lalu Tuhan melewatkan kita begitu saja…

Itu Abraham mungkin jasadnya sudah tidak ada sama sekali, seluruh atom dan molekulnya sudah terurai, larut dengan air, menuju ke laut, naik ke awan menjadi hujan, diminum orang, masuk ke sel tubuh orang tersebut dst…

Ayo dong, pikir lebih jauh lagi, selama ini Alice jawabannya selalu bagus koq.

:slight_smile:

Tuhan ga marah, karna ketika meninggal kita sudah tidak punya jiwa …maka ketika jasad kita sudah mati, itu tidak akan berpengaruh pada nilai2 yang sudah kita buat ketika masih hidup

iya juga sih , hehehe :smiley:

tapi sebenernya , ada ga sih contohnya baik di PL maupun di PB , orang mati tidak dikubur melainkan dibakar?

Iya se :wink:
kaga ragu akan kemampuan Tuhan untuk bentuk apapun

Masa gara2 gak ada kuburannya lalu Tuhan melewatkan kita begitu saja...

Lawong sy percaya koq semuanya pasti dibangkitkan … baik orang berdosa atawa yang dibenarkan dlm Kristus… semua akan dibangkitkan :smiley:

Hanya… sy kaga mau…untuk ahkir hayat sy… kaga setia dengan apa Tuhan ajarkan mll FirmanNYA aja.
Krn kalo sy baca dlm Alkitab…ada banyak tertulis… kuburkanlah…!
itu sekaligus mengajar kepada sy … ( 2Ti 3:16 ) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

1Ki 13:31 Setelah ia menguburkannya, ia berkata kepada anak-anaknya: "Kalau aku mati, kuburkanlah aku dalam kubur ini bersama dengan abdi Allah itu, dan taruhlah tulang-tulangku di sisi tulang-tulangnya.

Jelas… itu bukan hanya tulisan basi yang bisa di nego (just for me) bukan untuk yang dirinya ,diri mereka termasuk dirimu :smiley:

Ada memang … mayat yang dibakar dlm Firman Tuhan… ttp disana sy baca … mayat yang dibakar itu untuk orang yang mati rohani (terhilang) :wink:

Dulu sy sebelum mengenal kebenaran dlm Kristus… justru sy ingin mati dengan dibakar …krn lebih simple… justru stlh kenal kebenaran … mati dibakar … nehi nehi :onion-head83:

Itu Abraham mungkin jasadnya sudah tidak ada sama sekali, seluruh atom dan molekulnya sudah terurai, larut dengan air, menuju ke laut, naik ke awan menjadi hujan, diminum orang, masuk ke sel tubuh orang tersebut dst...

Yup!!

ttp Abraham tidak dikreamasi ta :smiley:

Kalau untuk pilihan pribadi Alice, ya gak papa.
Tapi hal ini bukan prinsip kekristenan, jangan sampai pandangan anda menjadi batu sandungan bagi pembaca forum ini yang imannya masih belum kuat.
Dalam Alkitab memang banyak kejadian penguburan, karena hal itu adalah tradisi, bukan perintah Allah.

Ingat lebih dari 1 juta orang Kristen jemaat mula2 mati dalam penganiayaan.
Ada yang dibakar, ada yang dimakan singa.
Mereka adalah para Martir, kematian mereka menguatkan kita bahwa apa yang kita percaya adalah benar.

Apakah mereka bisa dikatakan tidak setia hingga akhir hayat mereka, hanya karena dibakar menjadi abu dan tidak dikubur secara layak ?

Dikubur atau dikremasi, tidak menjadi masalah bagi anak Tuhan.
Memang orang Yahudi memiliki tradisi menguburkan orang mati, Yesus berkata biarlah orang mati menguburkan orang mati, urusan fisik semacam itu bukan hal penting bagi Yesus.

Saya jadi ingat tradisi orang China yang mengatakan bahwa kalau seseorang tidak dikubur secara layak maka arwahnya tidak akan tenang.
Orang Viking menaruh koin diatas mata jenazah agar arwahnya bisa melihat perahu yang menjemput mereka, kalau tidak ada koin tersebut arwah tersebut akan gentayangan mencari2 jalan hingga selama2nya…

Jangan sampai kita yang sudah dibebaskan oleh Kristus masih terbelenggu urusan semacam itu.

Yup!!
Ada sebagian yang mengatakan demikian, ttp ada juga yang mengatakan itu adl… pengajaran

Spt dlm gereja sy mengajar demikian, saat ada jemaat yang meninggal…tetap disarankan untuk dikuburkan,
seandainya memilih kremasi… dr pihak gereja memang tidak akan melepas jasad tsb sampai ke tempat kremasi,ttp kalo dikuburkan Bapak Gembala saya akan melepas kepergian jasad tsb smp ke liang lahat …denga mengatakan : Beristirahatlah dalam Damai Tuhan :afro:

Sy bukan mau mendoktrinkan demikian… biarlah semua kembali ke pilihan hati,… ttp memang untuk sy pribadi… prinsipnya tetap mati dengan dikubur sy spt dlm Firman Tuhan tuliskan.

Krn baik… dikreamasi/ dikuburkan itu hanya tradisi…
ttp jika tradisi >< apa yang Firman Tuhan tuliskan …

sy lebih memilih rule: Firman Tuhan :wink:
Krn bgmpun juga sy tetap akan menempatkan Firman itu diatas tradisi manusia :smiley:

Begitu :slight_smile:

Sebenarnya bagi orang yang percaya dan taat kepada-Nya, apakah setelah mati rohnya langsung ke Sorga ya? Atau masih menunggu di suatu tempat?

Karena saya kadang agak bingung juga maksud dari dibangkitkan pada akhir jaman itu apa?

Orang percaya kepada Tuhan YESUS… akan hidup kekal…oleh krn iman bukan krn apa yang diperbuat.

Semua manusia… percaya Tuhan Yesus atawa tidak
tetap akan dibangkitkan pada ahkir zaman :coolsmiley:

masih ada kelanjutannya setelah yg di-bold biru, yaitu yg saya bold hitam.

saya rasa ini adalah proses yang sama dengan kuburan, karena setelah dibakar, masih terisa tulangnya. beda dengan kremasi zaman sekarang yang hanya terisa abu.

jadi, contoh ayat ini tidak bisa untuk patokan kremasi boleh atau tidak, karena masih menyisakan tulang dan tulangnya pun masih dikubur. setahu saya, jika mayat dikubur, yang tersisa juga tulang saja, dagingnya sudah hilang.

Di Alkitab pun dituliskan koq ada mayat dimakan anjing …
apakah itu bisa juga diartikan… jasad juga bisa koq dimakankan anjing… krn di Alkitab ada?? :smiley:

2Ki 9:10 Izebel akan dimakan anjing di kebun di luar Yizreel dengan tidak ada orang yang menguburkannya." Kemudian nabi itu membuka pintu, lalu lari.

rekans2

kalo boleh berpendapat

sebenarnya dibakar hidup2 dengan dikremasi berbeda

jika jasadnya utuh kemudian dibakar menjadi abu

apakah manfaat dan kegunaannya bagi orang percaya?

apa abu itu disimpan dirumah? atau ditebarkan abunya ke laut?

kan kalau jasadnya utuh dikuburkan saja lebih elok dan tepat rasanya

kalo untuk kasus di Jepang atau dimana negara yang tanahnya sulit dan mahal sekali (2 juta yen - 7 juta yen, kalau dirupiahkan sekitar Rp 210.000.000 - 735.000.000, belum lagi biaya2 tambahan lainnya)

super mahal untuk dikubur di negri Jepang

mungkin hal ini yang menarik di diskusikan dan dibahas

sementara untuk kita yang tinggal di Indonesia

adalah benar dan baik jika jasad orang yang sudah meninggal di kuburkan,

secara implisit Tuhan YESUS berpesan seperti itu

Luk 9:60 Tetapi YESUS berkata kepadanya: “Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana.”

karena jasad yang dikremasi adlah identik dengan tradisi “pemakaman” kepercayaan lain

GBU

Saya juga lebih setuju dikuburkan saja daripada kremasi.

Karena tanah di Indonesia masih luas dan sesuai dengan ajaran Kristen.