Tentang makanan dan minuman yang ditaruh di meja sembahyang

Makanan dan minuman yang ditaruh di meja sembahyang orang Budha, Kong Hu Cu, Tao, dll apakah boleh dikonsumsi orang Kristen?

Boleh, asalkan hygienis dan masih fresh.

1 Corinthians 10:19-22, 27-33 NIV

Do I mean then that food sacrificed to an idol is anything, or that an idol is anything? No, but the sacrifices of pagans are offered to demons, not to God, and I do not want you to be participants with demons. You cannot drink the cup of the Lord and the cup of demons too; you cannot have a part in both the Lord’s table and the table of demons. Are we trying to arouse the Lord’s jealousy? Are we stronger than he? If an unbeliever invites you to a meal and you want to go, eat whatever is put before you without raising questions of conscience. But if someone says to you, “This has been offered in sacrifice,” then do not eat it, both for the sake of the one who told you and for the sake of conscience. I am referring to the other person’s conscience, not yours. For why is my freedom being judged by another’s conscience? If I take part in the meal with thankfulness, why am I denounced because of something I thank God for? So whether you eat or drink or whatever you do, do it all for the glory of God. Do not cause anyone to stumble, whether Jews, Greeks or the church of God— even as I try to please everyone in every way. For I am not seeking my own good but the good of many, so that they may be saved.

nah, itu ayat ttg makan makanan penyembahan

Demon apa? Dewa apa? Tidak ada kuasa apapun melebihi kuasa Tuhan.
‘dewa-dewa dan segala macam roh’ kalaupun eksis, mereka tidak makan makanan manusia, jadi diberi ‘persembahan’ sekalipun percuma dan sia sia saja. Maka, makanan itu tetap saja bentuknya, unsur unsur di dalamnya tidak berubah sedikitpun, tidak ada yang berkurang.
Jadi, makan saja tanpa raa khawatir…

:azn:

I Kor. 10:19-22
10:19 Apakah yang kumaksudkan dengan perkataan itu? Bahwa persembahan berhala adalah sesuatu? Atau bahwa berhala adalah sesuatu?
10:20 Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat.
10:21 Kamu tidak dapat minum dari cawan Tuhan dan juga dari cawan roh-roh jahat. Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam perjamuan Tuhan dan juga dalam perjamuan roh-roh jahat.
10:22 Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia

ya ayat2 yg tepat sekali, Thx :afro:

ZUPER SEKALII !! :afro: :afro: :afro: :afro:

Kalo ada yang gak mau makan makanan bekas sembayang, bawa sini, asal bersih, enak, dan ane doyan, sikaaaat…

Sama berhala koq takut seeeh…

Buahnya kasih ane bro, biasanya banyak buahnya tuh, bagus2 lagi

Nah, betul itu, he he he.

Ada satu kisah unik.
Ada saudara jauh yang waktu itu masih belum memeluk Kristen, si oma ini masih menyembayangi almarhum suaminya, sebulan dua kali. Dengan bertambahnya usia, si oma yang tinggal sendiri, lama-lama lelah juga harus masak dan menyiapkan hidangan. Jadi, si oma cukup creative dengan membeli berbagai macam makanan dalam kaleng, dan menyediakannya di atas menja sembayang.
Setelah itu, tentu saja seperti biasa, buah buahan dan makanan (dalam kaleng) itu dibagikan kepada sanak saudara yang mau. Jadi, ketika saya ditawari, ya diterima, rugi toch kalau nolak.

Iseng iseng saya tanya si oma, waktu nyuguhin di atas meja, apakah disertai alat pembuka kaleng? Kalau tidak bagaimana si opa membuka kalengnya? Si oma hanya tersenyum saja.

He he he

1 Korintus 8
8:8 “Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah. Kita tidak rugi apa-apa, kalau tidak kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan.”
8:9 Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.
8:10 Karena apabila orang melihat engkau yang mempunyai “pengetahuan”, sedang duduk makan di dalam kuil berhala, bukankah orang yang lemah hati nuraninya itu dikuatkan untuk makan daging persembahan berhala?
8:11 Dengan jalan demikian orang yang lemah, yaitu saudaramu, yang untuknya Kristus telah mati, menjadi binasa karena "pengetahuan"mu.
8:12 Jika engkau secara demikian berdosa terhadap saudara-saudaramu dan melukai hati nurani mereka yang lemah, engkau pada hakekatnya berdosa terhadap Kristus.
8:13 Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.

Karenanya, janganlah punya iman yang lemah, atau…, kalau lemah iman janganlah dekat dekat dengan orang yang sedang makan.

Begitu kira kira…

;D ;D ;D

halo cik…

:slight_smile:

kalo secara agama… ga boleh… itu kan habis di pake buat ritual keagamaan gitu loh… kalo kita makan, kesan nya kayak tidak menghormati dan tidak ada toleransi terhadap kayakinan orang lain…

kalo secara logika… ga boleh juga… itu kan makanan nya udah sedikit tercemar sama asap dari hio nya…

kalo saya sih ga berani… ngeri sama thi kong, hehe…

:happy0062: :happy0062: :happy0062: