tentang orang jahat disamping Yesus,dia tidak sempat berbuat baik,tidak dibaptis

orang jahat disamping Yesus itu beriman,terus Yesus katakan selamat,tapi orang jahat itu tidak dibaptis,tidak sempat berbuat banyak hal hal yang baik/berkenan padaNya,lalu menurut sodara apakah yang dipandang Yesus hingga orang itu menjadi selamat?

Bukan ada sesuatu dr org ybs yg menjadi sebab shg dia diselamatkan ttp krn Anugerah itu unt nya , dan tdk pada satu lagi disebelahNya, kita bisa menyederhanakan seumpama mrk itu yg satu Yakub, yg lain Esau.Gby

memang penjahat itu tdk sempat dibaptis & tdk sempat berbuat baik,
krn memang bukan baptisan & perbuatan baik yg menyelamatkan, tapi pertobatan
Simak bahwa penjahat itu sempat menegur temannya & bertobat :


Lukas 23:39 Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!" 23:40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama? 23:41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." 23:42 Lalu ia berkata: [b]"Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.[/b]
ketika penjahat ini bertobat maka saat itu juga dia dilahir-barukan menjadi anak2 Allah (Yoh. 1:12-13) kelahirannya bukan secara jasmani, tapi dari Roh Allah (Roh Kudus), inilah yg disebut sbg Baptisan Roh Kudus, yg mengubahkan status seseorang menjadi anak2 Allah. Oleh sebab itu Tuhan Yesus berkata kpd penjahat itu: Lukas 23:43 Kata Yesus kepadanya: [b]"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."[/b] GBU

saya kurang setuju dengan dia tidak sempat berbuat banyak hal yang baik dan segala macamnya…
sbab Yesus MENGETAHUI HATI MANUSIA…

hal itu juga menunjukkan Ia Allah… bahwa Otoritas ada ditanganNya sendiri…

memang tidak disebutkan dalam Alkitab… tentang siapa sebenar orang itu dan apa yang telah dilakukan nya semasa hidupnya…

dan apa apa saja yang telah diperbuatnya semasa belum disalib…

Yoh 2:25
dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

perihal babtisan yang terjadi sekarang dalam nama : BAPA, ANAK DAN ROH KUDUS…

orang tersebut tentu tidak akan mendapat baptisan itu, sebab Yesus belum bangkit…

paling yang harus dia dapat baptisan Yohannes…

tapi siapa yang tau ia telah dibaptis atau tidak??

hanya Tuhan yang tahu siapa dan apa dia yang disebelah Nya, yang diberkenankan untuk bersama2 dalam Yesus di Firdaus…

salam…

yakin itu orang yang jahat yang menerima yesus tidak di babtis ? yakin ? yakin ? yakin ?
coba buka lagi Firman Tuhan dan liat apa kata Yesus sendiri tentang babtisan yang akan dia terima.
markus 10:38b :Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan “dibaptis” dengan “baptisan” yang harus Kuterima?
coba renungkan apa yang di alami Yesus dan orang jahat yang menerima Yesus di kayu salib :smiley:

pertanyaannya adalah…adakah di forum yang mampu menerima baptisan yang di terima Yesus ?
jujur kalau gw sendiri ga mampu dan ga akan mampu

tentu tidak @truly… tak satupun yang bisa menerima Baptisan yang diterima Yesus… PARA RASUL pun tidak…

[email protected]

Saya ingin menambahkan saja …bahwa orang yang disalib disamping kanan Tuhan YESUS kristus ITU ADALAH SEORANG BANGSA ZEBULON ( termasuk sLh satu rumpun bangsa Israel ), dan dia adalah pahlawan bangsanya karena semasa hidupnya sebelum ditangkap oleh Kekaisaran Romawi,dia adalah pemberontak yang memberontak terhadap Kekaisaran Romawi. Maka dia adalah termasuk tahanan politik. Sekarang cuba kembangkan logika anda saja…apakah seorang pahlawan itu bodoh …??? dan apakah selam hidupnya saat di memberontak itu tidak pernah sama sekali mendengar berita / sepak terjang Penginjilan dan pelayanan Tuhan Yesus di tanah PALESTINA saat sezaman dng nya…??? MENURUT SAYA dia sudah sangat sering mendengarnya dan semuanya itu pasti tertanam dalam pengetahuan kerohanian dia…dalam pikiran mupupun perasaanya…

Nah…pada moment dimana dia sama sama disalibkan disamping kanan Tuhan YESUS…maka dia mendengar hinaan tahannan yang disalib disebelah kiri Tuhan Yesus Bukan…kepada Tuhan Yesus bukan…?? dimana semua perkataannya itu semuanya memang bukan dari orang yang sudah mengenal Ajaran Yesus sebelumnya…karena di dasarnya adalah penjahat…
Tapi lain dng orang zebulon tsb…dia adalah seorang tahanan politik…maka secara perilaku dan pola pikirnya juga pasti intelek… maka Ajaran yang sudah di dengar sebelumnya mengenai Injil Kristus…dia gunakan untuk mengatakan suatu pertobatan…sehingga dia ingin beserta Tuhan Yesus DI FIRDAUS. Dan AMIN MNURUT YESUS…
Jadi istilahnya ada sebab …!! baru ada akibat…itulah namanya KEBENARAN ILLAHI…bukan kebenaran…versi dongeng
dongeng…HANYA MELIHAT , NAMUN TIDAK MEMETIK PEMBELAJARANNYA YANG PALING HAKIKI DALAM SUATAU KISAH CERITA / KEJADIAN DI ALAKITAB.

Salam GBU.

itulah KASIH. . . .

Yesus mengasihi orang berdosa.

saya tertarik dengan postingan anda bro shipiroz… menambah wawasan juga…

kalo boleh tau?? dari ayat Alkitab ya??

salam…

Saya setuju dengan saudara Pa_ul,
dimana bukan baptisan & perbuatan baik yg menyelamatkan, tapi pertobatan dan mengakui dengan kerendahan hati segala dosa kita.
23:40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: “Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
23:41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah.”
23:42 Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.
Jelas di ayat ke 40 dan 41 adalah suatu pengakuan dan dengan rendah hati mengatakan bahwa mereka memang layak mendapat hukuman tetapi Yesus diakuinya tidak bersalah sama sekali.
Sikap hati yg begini yang Yesus lihat sebagai suatu kebenaran dalam diri penjahat tersebut.

jadi klo gitu kagak perlu di baptis ?

Ya perlulah dibabtis cuma dalam konteks pertanyaan si TS ini ya memang si penjahat tsb tidak disebutkan apakah sebelumnya sudah dibabtis atau belum… ;D

[email protected]

Informasinya dari cuplikan sejarah saja… Kalau di Alkitab dikatakan dng sebutan kedua orang tsb adalah penjahat.

Tapi jika dimaknai sebagai Pendalaman Alkitab, maka ada suatu pembelajaran dari kejadian penyaliban tsb, dimana bukan hanya pada Tokoh Utamanya Yesus KRISTUS…Tapi ada lagi peristiwa lain yang mengiringinya…Apakah setiap orang memperhatikan kejadian tsb sbg suatu isyarat keimannan atau hanya sebagai peristiwa biasa saja…???

Jika suatu hal dalam Alkitab ingin diketahui …sedalam-dalamnya apa arti dan hakiki makna suatau kejadian/ peristiiwa…??, maka pastilah ada hikmat Allah yang akan mengajarinya bagi umat percaya…sehingga apa nanti faedah dan gunanya ,ya itulah namanya Pertumbuhan Iman dalam membaca Alkitab.

So…?? jika kita korelasikan masalah babTisan tsb adalah suatu keharusan bagi kita …ATAU TIDAK…??? Ya Alktab mengajarkan segala PRINSIP-PRINSIP NYA bukan…?? begitupun jika kita memahami apa yang dikatakan Oleh Yesus KRISTUS KEPADA PENJAHAt YANG DISALIB DISEBELAH KANANNYA…

Prinsip batisan adalah suatu bentuk pengesahan / pemateraian seseorang didepan umum ( supaya dapat dilihat umum sbg saksinya ) ,bahwa dia sebagai manusia sudah bertobat…( atau meninggalkan dunia yang lama )dan dng keiklasan dan kesadaran penuh tanpa paksaan dari siapapun memasuki dinia yang baru dng mengakui dan percaya
kepada Yesus Kristus sbg Tuhannya dan Juruselamat pribadinya. Dan Pembabtisan dilakukan oleh seseorang yang berotoritas sebagai wakil Tuhan Allah di dunia ini ( seorang Pendeta,Pastor…dll ), dan didoakan dalam nama Allah Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.

Jika seseorang tidak melakukan prinsip tsb…?? ya belum menjadi Orang KRITEN lah namanya.
Tapi jika yang dilakukan oleh Tuhan Yesus saat di kayu salib apakah itu berkaitan dng babtisan…??? [email protected]…hehehe…

Salam GBU.

Anda hendak mendirikan peraturan baru yah?? yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan?? DENGAN MENGATAKAN BUKAN KARENA BABTISAN??

Rasul Paulus setelah mendapat penglihatan dari Tuhan, dan lumpuh tidak bisa melihat… diharuskan UNTUK DIBABTIS…
agar dosa2Nya disucikan…

Kis 22:12 Di situ ada seorang bernama Ananias, seorang saleh yang menurut hukum Taurat dan terkenal baik di antara semua orang Yahudi yang ada di situ.

22:13 Ia datang berdiri di dekatku dan berkata: Saulus, saudaraku, bukalah matamu dan melihatlah! Dan seketika itu juga aku melihat kembali dan menatap dia.

22:14 Lalu katanya: Allah nenek moyang kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendak-Nya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulut-Nya.

22:15 Sebab engkau harus menjadi saksi-Nya terhadap semua orang tentang apa yang kaulihat dan yang kaudengar.

22:16 Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!

lagi…

Kis 8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus KristuS, dan mereka memberi diri mereka dibaptis,

Yesus belum bangkit… masih bersama2 dengan Ia di kayu salib…

namun Yohannes pembabtis berseru: "BERTOBATLAH DAN BERILAH DIRI MU DIBABTIS AGAR ALLAH MENGAMPUNI DOSA2MU …

Luk 3:3
Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,

SIKAP HATI YANG MEMBELA YESUS?? karena yang saya lihat di ayat 40 , 41 seperti pembelaan…

apakah benar Yesus perlu dibela??

iya… trimakasih bro shipiroz… untuk penjelasannya…

salam…

hhmmm menarik nih
tapi menurut saya justru di sorga itu memang kumpulannya orang" jahat yang bertobat.
orang yang merasa dirinya baik tidak akan masuk surga…ingat Yesus datang untuk orang yang berdosa bukan untuk orang benar.dia datang untuk menyelamatkan yang hilang.
contohnya gini…
kita sehat gada penyakit apapun dalam tubuh kita. kita kuat. mau gag kita iseng" cek up ke dokter?
gag kan?
karena kita merasa kuat, sehat dan sempurna. gag perlu dokter dan obat"nya.
kalau orang sakit perlu kan ke dokter dan obat"nya?
bgtu juga dengan Yesus dia datang untuk orang" yang membutuhkannya seperti orang sakit butuh dokter dan obat.
karena itu di surga memang tempatnya orang" “sakit” yang sudah sembuh…
bukan orang" sehat yang merasa dirinya “Sehat”

[quote author=¤dude¤ link=topic=46144.msg780749#msg780749 date=1351580887]

Anda hendak mendirikan peraturan baru yah?? yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan?? DENGAN MENGATAKAN BUKAN KARENA BABTISAN??

anda bertanya ya harusnya bertanya saja…jika saya hendak mendirikan peraturan baru apakah saya harus ngomong dulu ke anda?tentu tidak bukan? dalam konteks penyelamatan adakah babtisan menyelamatkan?jika menurut anda secara alkitabiah mana ayat nya??
babtisan jelas secara alkitabiah ada 2 arti dan makna yaitu :
1. Baptisan Air
Baptisan dengan air yang dilaksanakan oleh Yohanes Pembaptis di sungai Yordan dan seturut katanya sendiri dalam Matius 3:11a, baptisan tersebut adalah tanda pertobatan dari yang bersangkutan dalam artian yang bersangkutan telah menyesal atas semua dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuatnya. Dan sejak ia dibaptiskan, ia berikrar dan bertekad tidak mengulanginya lagi dan memulai hidup baru dengan melaksanakan semua kehendak ALLAH (Matius 7:21). Baptisan air secara umum dilakukan dan disaksikan oleh banyak orang pada waktu pelaksanaannya.
2. Baptisan Roh
Baptisan Roh yang disinggung oleh Yohanes Pembaptis dalam Matius 3:11b dengan kata-kata “Baptisan ROH KUDUS dan api” baru diberikan kepada yang bersangkutan oleh Yesus bilamana dia setelah pertobatannya itu benar-benar melaksanakan Kehendak ALLAH yaitu:
a) Dengan segenap hati dan jiwanya mengaku percaya bahwa Yesus adalah Tuhan (Yohanes 13:13), Mesias, Anak ALLAH yang hidup (Matius 16:16), karena yang mampu menyelamatkan umat manusia adalah Yesus seorang (Kisah Para Rasul 4:12, Yohanes 14:6)
b) Dengan segenap hati, jiwa, kekuatan dan akal budinya mengasihi ALLAH (Markus 12:30)
c) Mengasihi sesama manusia seperti dirinya sendiri (matius 22:39)
Baptisan Roh ini, bisa dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Baptisan air itu sendiri dan dapat juga sesudahnya. Tegasnya kapan baptisan Roh itu terjadi tidak dapat dilihat/disaksikan oleh siapa pun karena pelaksanaanya bukan dilakukan oleh Pendeta melainkan oleh Allah sendiri yang roh itu.
Jadi baptisan saja tidak menjamin keselamatan Sorgawi, melainkan harus dengan rumus: didalam nama Bapa Putra dan ROH KUDUS = Keselamatan

SIKAP HATI YANG MEMBELA YESUS?? karena yang saya lihat di ayat 40 , 41 seperti pembelaan..

apakah benar Yesus perlu dibela??


anda sendiri yang mengatakan sikap hati yang membela Yesus, saya ga mengatakan hal tsb, coba anda baca lagi komentar saya…!!ya soal sikap hati yg anda maksud itu pada ayat 40 dan 41 adalah pembelaan thdp Yesus ya itu hak anda, tetapi yang jelas menurut saya bahwa dia mengimani Yesus memang tidak bersalah, dan mereka jelas orang2 yang bersalah (setidaknya menurut si penjahat itu)

suatu analogi yang . . . . . . .

bukan kita semua sudah berdosa dan upah dosa adalah maut ?

tetapi oleh kasih karunia, kita bisa beroleh keselamatan kekal melalui TUHAN YESUS KRISTUS

mikirnya pada ribet banget sih, hidup dalam iman dan lakukan kehendak Allah

emang klo percaya doank bisa diselamatkan tp hidupnya ga bener?

hidup bener kali ga percaya apa diselamatkan

maaf berkomentar…menarik kalimat sis yg saya bold…
Yakobus pasal 2:19 berkata - “Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.”
hmmm…ternyata setanpun percaya bahwa hanya ada 1 Allah saja, tp bedanya mereka malah gemetar, ;D