tentang pengampunan dari Tuhan

saya baca tentang daud yang berzinah dengan betsyeba, dan uria “dibunuh” daud. di cerita itu disebutkan kalau daud sudah diampuni Tuhan, tapi hukuman masih tetap diberikan. jadi saya ingin tau apakah kalau diampuni Tuhan itu hukuman di dunia masih tetap kita terima atau tidak selalu?
terima kasih. Gbu
kalau ini sudah pernah ditanyakan, saya mohon maaf, ditutup saja

Ada tulisan yang baik di : Masalah itu memang harus ada... - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

Bagi saya, dosa seberat apapun pasti Tuhan ampuni jika kita bertobat dan minta ampun pada Tuhan setulus hati, namun karena kita masih hidup di dunia maka konsekuensi dari perbuatan jahat kita itu harus dipertanggungjawabkan di depan hakim (dunia) kalau itu menyangkut publik. Kalau orang-per-orang jika kita bersalah pada orang lain, maka kita juga harus minta maaf pada orang tsb.

Salam

Kisah Daud ada dalam perjanjian lama (kitab para nabi ) didalam kitab PL ini , tuhan diceritakan sering menghukum (menghakimi ) manusia , pada saat manusia itu masih hidup.
Tetapi masa berlakunya kitab para nabi sampai zaman yohanes, dengan kata lain untuk zaman sekarang tidak berlaku lagi.,karena sudah tua dan usang (tidak relevan lagi dengan zaman sekarang )
penghakiman akan terjadi nanti saat Yesus datang ke dua kalinya

P. Baru: Lukas: 16
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

Ibrani 8
8:13 Oleh karena Ia berkata-kata tentang PERJANJIAN yang BARU, Ia menyatakan yang pertama sebagai PERJANJIAN yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan USANG, telah dekat kepada KEMUSNAHANNYA

Tuhan Yesus Memberkati
Han

@gugus
Sejauh yang saya tahu, ketika Tuhan mengampuni dosa kita apakah akan mengangkat hukumannya juga?? Tidak selalu paralel seperti itu. Memang kasus daud menyatakan bahwa hukuman tetap dijalani, tetapi dilain kasus juga banyak yang menunjukan bahwa pertobatan langsung mengangkat hukuman. Sementara kalau kita bicara tentang PB, PB lebih banyak berbicara tentang sesudah mati, hal hal penghukuman jasmani kurang kita lihat disana. Tetapi semua ini sebenarnya tergantung dua hal, pertama pertobatan manusianya dan kehendak Elohim sendiri. Kalau tulus bertobat dan minta supaya dihindarkan dari penghukuman, maka Tuhan akan pasti kabulkan itu asalkan hal itu tidak menentang kehendak rencana Tuhan atas diri kita. Misal, Tuhan mau kita jalani hukuman untuk belajar lebih dekat dengan Dia, untuk menjadi alat Tuhan, untuk menunjukan keadilanNya, dst… Jadi hukuman itu sebenarnya hal mudah bagi Tuhan. Kalau memang kita merasa hukuman itu ada, kita bisa melunakan hati Tuhan kok…