tentang rasul2 palsu yang menyerupai rasul2 Kristus?ini penting soal penyesatan

Pertanyaan:
1.shalom,lalu apa artinya rasul2 palsu pada akhir zaman?rasul ini menyamar seperti rasul2 Kristus?penjelasan rasul palsu ini,2 korintus 11:5-6,13-15.2 Timotius 2:16-18 berhubungan dengan 1 tesalonika 4:13-18,1 timotius 4:1-10 ini ada hubungan dgn 1 timotius 1:3-5?;1 korintus 7;Kolose 2:8-18 tlg dijabarkan arti2 firman diatas ini smua?tlg didiskusikan
INI PENTING & INI HARUS HATI-HATI.
2.apakah semua ini ada hubungan dgn calvinisme vs armenisme ?/mungkin lutheranisme?coba jelaskan?
sekali percaya tetap selamat(calvin) vs armenisme (iman tanpa perbuatan hakekatnya mati)?klo lutheranisme apa?manakah yang benar/palsu?
3.di Alkitab diblg nabi-nabi palsu itu bisa mengadakan mujizat,tanda tanda ajaib?maksudnya mujizat/tanda2 ajaib apa yang bisa dilakukan?berikan contohnya?

2 korintus 11:4-6 Sebab kamu sabar saja jika ada seorang memberitakan Yesus yang laindari pada yang telah kami beritakan,atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kami beritakan,atau Injil yang lain daripada yang telah kamu terima.[5]Tetapi menurut pendapatku sedikitpun aku tidak kurang dari pada rasul rasul yang tak ada taranya itu.[6] Jikalau aku kurang paham dalam hal berkata-kata ,tidaklah demikian dalam hal pengetahuan sebab kami telah menyatakannya kepada kamu pada segala waktu dan di dalam segala hal.

11:5 menyatakan rasul rasul yang tak ada taranya: Mereka ini memberikatakn pengajaran yang berbeda dari yang diajarkan Paulus(11:4).para rasul ini tampakanya berhasil meyakinkan orang banyak.Rupanya mereka meminta uang untuk mendukung pemberitaan dan pengajran mereka(11:20).
Para Rasul yang “hebat” ini mungkin juga sama dengan “orang orang yang bermegah” dalam 1 Korintus 4:19 yang menganggap diri memiliki hikmat istimewa melebihi Paulus dan rasul rasul lainnya.Paham seperti itu muncul dalam gnostisisme yaitu aliran yang menunjuk pada berbagai gerakan keagamaan dan filsafat dalam dunia yunani.orang orang gnostik percaya bahwa tubuh jasmaniah dan dunia ini jahat,sementara pengetahuan rohaniah itu baik.Mereka percaya bahwa manusia harus dapat mencapai Allah dengan menaati seperangkat kebenaran rohaniah tertentu.mereka merendahkan salib Kristus,karena mereka percaya bahwa Allah tidak akan menggunakan alat jasmaniah seperti itu untuk membawa manusia pada keselamatan.

11:14 iblis pun … malaikat terang:2 Korintus 4:4 dalam salah satu tulisan yahudi sezaman yang tidak termasuk dalam Alkitab,mereka yang bekerja bagi iblis disebut “malaikat malaikat terang”
1 Korintus 4:19 Tetapi ada beberapa orang yang menjadi sombong,karena mereka menyangka,bahwa aku tidak akan datang lagi kepadamu.
orang orang yang sombong kemungkinan besar yang dimaksud disini adalah mereka yang dikenal sebagai “para rasul yang luar biasa” dalam 2 koriuntus 12:11 para rasul ini mengklaim memiliki hikmat istimewa yang membuat mereka lebih unggul daripada Paulus dan para rasul lainnya.

2 Korintus 11:15 jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan pelayannya menyamar sebagai pelayan pelayan kebenaran.kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

11:15 pelayan pelayannya: yang dimaksudkan disini adalah para rasul palsu yang terdapat dalam 2 Korintus 11:13 sebab orang itu adalah rasul rasul palsu,pekerja pekerja curang,yang menyamar sebagai rasul rasul Kristus.

11:20 orang memperhambakan kamu: maksud Paulus,tidak berarti bahwa orang orang Korintus sungguh sungguh telah menjadi budak,melainkan bahwa mereka telah mengabdikan diri kepada para rasul palsu dan pengajarannya. jika jemaat Korintus memberikan uang kepada para rasul palsu itu,mereka telah benar benar ditipu dan dirampok.

11:22 Ibrani … keturunan Abraham : seperti Paulus,para rasul palsu itu juga orang orang Yahudi. Paulus yakin bahwa keturunan umat israel juga termasuk dalam umat Allah yang baru,yang hidup dalam hubungan yang khusus dengan Allah. pada jaman Paulus,berbagai kelompok berusaha mendefinisikan siapakah umat Allah yang sebenarnya. Paulus yakin bahwa mereka yang mengikuti Yesus Kristus adalah umat Allah yang sebenarnya.

11:24-25 empat puluh kurang satu pukulan … mengalami karam kapal:tidak seperti para rasul palsu yang memukul sejumlah orang Kristen Korintus(11:20),Paulus justru telah dihukum dan dipukul (Kisah para rasul 14:19,16:22).berdasarkan hukum Taurat,empat puluh cambukan adalah jumlah yang paling banyak yang dapat diterima seseorang(ulangan 25:3). Kisah para rasul 27 bercerita tentang salah satu pengalaman karamnya kapal yang di tumpangi Paulus.

2 korintus 12:11 Sungguh aku telah menjadi bodoh;tetapi kamu yang memaksa aku.sebenarnya aku harus kamu puji.karena meski aku tidak berarti sedikitpun,namun didalam segala hal aku tidak kalah terhadap rasul rasul yang luar biasa itu.

2:11 aku telah menjadi bodoh:Paulus merasa malu karena ia harus menceritakan segala hal mengenai pengalaman yang hebat yang telah Allah berikan kepadanya,dan karena mereka mungkin akan menganggapnya bermegah.

Na apa bedanya iPod asli ama iPod palsu?

sama-sama mp3 player, sama-sama elektronik…trus?

iya ya… bener… penting banget nih… ehehe…

Beda lho mas Tan, asli dan palsu… bedanya:
Kalo asli: bisa di-BANGGA-BANGGA-kan oleh yang menyebut-nya atau menggunakan nama-nya…
jadi bisa memenuhi Hasrat Duniawi dan Egoisme Pribadi yang disebut Ke-Bangga-an dan Ke-Puas-an…

ehehe…

salam,

2 Timotius 2 :16-18 Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suci yang hanaya menambah kefasikan.17.Perkataan mereka menjalar seperti npenyakit kanker.Di antara mereka termasuk Himeneus dan Filetus,18 yang telah menyimpang dari kebenaran dengan mengajarkan bahwa kebangkitan kita telah berlangsung dan dengan demikian merusak iman sebagian orang.

2:16-18 omongan yang kosong dan yang tak suci … kebangkitan kita telah berlangsung :contoh omongan kosong ini dadlah ajaran Himenesu dan Filetus bahwa " kebangkitan kita telah berlangsung ".mereka mungkin mengajarkan bahwa hidup baru dalam Kristus bukanlah jasmani melainkan rohani.itu tidak sejalan dengan ajaran Paulus tentang kebangkitan (1 Tesalonika 4:13-18) atau ajarannya bahwa dengan kebangkitan seseorang memiliki tubuh surgawi.

1 Tesalonika 4:16 bangkit:mereka yang meninggal dan mengimani Yesus akan diberikan kehidupan baru dengan tubuh rohani yang baru.(1 Korintus 15:35-44,51-52)

1 Timotius 4:1-10

4:1 waktu waktu kemudian … roh roh penyesat dan ajaran setan-setan : “waktu-waktu kemudian” mengacu pada saat menjelang akhir zaman atau saat Allah menghakimi dunia.menurut sejumlah perikop perjanjian baru,pada saat itu ajaran ajaran sesat akan banyak bermunculan(2 Tesalonika 2:1-12;2 Timotius 3:1-9;2 petrus 3:3)roh roh penyesat dan ajaran setan setan berhubungan dengan kuasa kejahatan (Efesus 6:11-12;2 Tesalonika 2:9-12 dan 2 tesalonika 1:20.

4:2-3 tipu daya pendusta -pendusta … melarang orang kawin,melarang orang makan:kelompok-kelompok tertentu mengajarkan cara hidup yang keras,yang disebut “asketisme”.ketaatan pada Allah mereka tunjukan dengan berpantang hubungan seksual,berpantang makanan tertentu dan berpuasa pada saat saat tertentu. lihat di 1 Korintus 7 ; kolose 2:8-18.

1 timotius 1:3-5
[3]Ketika aku hendak meneruskan perjalananku ke wilayah Makedonia,aku telah mendesak engkau supaya engkau tinggal di Efesus dan menasihatkan orang orang tertentu,agar mereka jangan mengajarkan ajaran lain [4] ataupun sibuk dengan dongeng dan silsilah yang tiada putus putusnya, yang hanya menghasilkan persoalan belaka, dan bukan tertib hidup keselamatan yang diberikan Allah dalam iman.[5] Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci,dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas.

1:3-4 dongeng dan silsilah yang tiada putus-putusnya:Ajaran lain yang dimaksud disini mungkin mitos mitos tentang dewa dewi Yunani dan Romawi. “Silsilah yang tiada putus-putusnya” mungkin mengacu pada silsilah nenek moyang bangsa israel dalam kitab KEJADIAN. banyak orang yang percaya begitu saja pada berbagai kisah tentang tokoh tokoh dalam silsilah tersebut yang diceritakan secara berlebih-lebihan.ada juga kelompok yang mengajar bahwa hanya orang orang yang menerima “pengetahuan khusus” yang dapat mengatasi keterbatasan tubuh dan dunia material ini,1 timotius 1:7 Mereka itu hendak menjadi pengajar hukum Taurat tanpa mengerti perkataan mereka sendiri dan pokok pokok yang secara mutlak mereka kemukakan.

dilanjut di 1 korintus 7 (dibaca habis,tentang perkawinan)

lanjut lagi ke Kolose 2:8-18

2:8 roh roh dunia : Roh - roh dan kuasa kuasa yang tidak kelihatan dianggap mengendalikan hidup manusia.Paulus ,istilah “dunia” sering kali menunjuk pada mereka yang melawan Allah dan rencanaNya(Romah 12:2)

Tentang Sunat
2:11
Yeremia 9:26 bersunat … hatinya :sunat biasa dialkukan oleh bangsa-bangsa timur dekat kuno .Allah memerintahkan setiap keturunan Abraham yang laku laku disunat sebagai tandah bahwa mreka merupakan bangsa pilihan Allah.Orang Yehuda meneruskan kebiasaan sunat ini kepada anak laki laki mereka sebagai tanda kesetiaan kepada Allah,tetapi secara rohani mereka tidak setia kepada Allah.
Yeremia 31:31-34
Yer 31:31 Perjanjian baru.inilah puncak berita Yeremia.Allah akan mengikat perjanjian baru dengan umat Israel dan Yehuda.namun perjanjian itu ,tidak akan menggantikan dengan perjanjian musa sebelumnya(Yeremia 11:1-5),yang telah mereka langgar .dalam perjanjian baru ini Allah akan menuliskan hukum taurat langsung kedalam hati dan batin mereka.mereka akan menaati Tuhan sebab mereka akan menyadari bahwa semua ini terjadi demi kebaikan mereka sendiri Yeremia 32:39-41).mereka akan memahami bahwa upacara upacara keagamaan yang mereka jalankan sebenarnya tidak cukup (Yer 9:26,11:1-5).dalam perjanjian baru ini Allah juga akan mengampuni dan melupakan dosa dosa umat.
Galatia 3:1-3
Gal 3:3mulai dengan Roh: kamu sekarang mengakhirinya didalam daging?beberapa orang kristen di Galatia tampaknya menjalani sunat sebagai cara untuk “melengkapi” apa yang dimulai oleh Roh Kudus.
baca Galatia 5:16

2:12 Dikuburkan dalam baptisan:dengan dibaptis,seserang bagaikan mati terhadap dosa dan dibangkitkan kepada kehidupan,sama seperti Yesus yang telah mati kemudian dibangkitkan oleh Allah(Roma 6:3-6).
Roma 6:3 dibaptis :Yesus menciptakan umat manusia yang sama sekali baru dengan memberi merkea karunia ROH KUDUS.Paulus mau menjelaskan bahwa dibaptis berarti mati bagi dosa dan dibangkitkan kepada hidup,Sebagaimana Yesus telah mati dan kemudian dibangkitkan kepada hidup oleh Allah.
Roma 6:6-11 manusia lama kita telah turut disalibkan … hendaknya kamu memandanganya:bahwa kamu telah mati bagi dosa: Paulus sering kali berbicara mengenai hidup yang lama dalam dosa dan hidup yang baru dalam Kristus.Disini ia mengatakan bahwa bagi mereka yang telah dibaptis dan percaya kepada Yesus di kayu salib(Lukas 23:44-49;Yoh 19:28-30)Mereka yang mati bersama Kristus juga akan dibangkitkan kepada hidup serta hidup bersamaNya,artinya mereka akan beroleh hidup kekal.

2:13 kamu juga … dahulu mati …Dia … mengampuni segala pelanggaran kita : penulis mau menyatakan bahwa dosa menyebabkan manusia terpisah dari Allah, dan ini lebih parah dari kematian.
Yesus mengalahkan kuasa iblis dan kematian ketika Ia mati di kayu salib dan dibangkitkan oleh Allah.Ia menjanjikan pengampunan kepada mereka yang beriman kepadaNya.

2:14 Hukum … kayu salib:menunjuk pada hukum taurat,menunjuk pada kumpulan hukum yang Allah berikan kepada Musa dan umat Israel di Gunung Sinai.Ketika Yesus mati di kayu salib,Ia menyingkirkan dakwaan dan hukuman akibat tidak menaati hukum taurat.

Quote from: BJ Tan on Today at 09:59:15 AM

Na apa bedanya iPod asli ama iPod palsu?

sama-sama mp3 player, sama-sama elektronik...trus?

ya sama sama bentuk yang sama,nah ajarannya yang berbeda,tapi mereka mengerti Firman Tuhan,bahkan dikatakan seperti rasul rasul Kristus.ini gak main main…di Alkitab dikatakan banyak orang pilihan yang bingung dan tersesat.

Nah, sama seperti itu, bro. Kalau anda pernah menjual iPod, anda akan menemui bahwa tidak semua orang yang memilih terlebih lagi membeli iPod palsu dikarenakan mereka tidak mengerti atau, kasarnya, bodoh. Orang-orang yang tergolong “pintar” tapi memilih iPod palsu karena mereka “lebih percaya teman” yang menyatakan sama saja antara iPod asli dan palsu (toh sama-sama buat mutar mp3), atau karena iPod palsu “lebih murah.”

Orang-orang pilihan bisa bingung dan tersesat kalau mereka:

  1. Tidak setulus hati mengikuti Yesus.
    Contohnya: Yudas Iskariot. Sebagai salah satu dari dua belas orang yang dipanggil menjadi murid-murid pertama Yesus, bisakah anda mengatakan dia bukan “orang pilihan”? Tapi anda lihat dia toh akhirnya terjatuh juga.

  2. Tidak mempelajari dan merenungkan FirmanNya tapi lebih mempercayai penjelasan orang lain.
    Coba anda renungkan, kenapa bangsa Israel bisa tidak mengetahui bahwa Yesuslah Mesias yang dijanjikan, sementara jauh sebelumnya para nabi sudah menubuatkan hal itu? Bukankah bahkan sampai jaman Yesus orang-orang Israel masih datang ke sinagoga setiap hari Sabat untuk mendengar pembacaan FirmanNya (yang sekarang kita sebut Perjanjian Lama)? Kalau pertanyaan ini anda gabungkan dengan pertanyaan “Siapa orang Farisi dan ahli Taurat yang begitu memusuhi Yesus,” apakah pendapat saya di bawah ini salah:

“Bahwa orang Israel tidak mengetahui Yesuslah Mesias yang dijanjikan karena mereka menyerahkan penyelidikan Kitab Suci pada orang Farisi dan Ahli Taurat, dan menelan mentah-mentah ajaran mereka sebagai kebenaran.”

Dan silahkan anda renungkan, bukankah itu yang terjadi – lagi – sekarang? Menganggap penyelidikan Alkitab hanya boleh dilakukan Gereja atau pendeta atau orang bertitel lainnya?

anda sendiri termasuk calvinisme atau armenisme?mana yang lebih benar/palsu?manusia diciptakan oleh Tuhan begitu kreatif,tapi klo ke kreatifannya itu dipakai untuk menyesatkan orang itu sama saja dengan (orang yang menyesatkan diperhadapkan)Matius 18:7 Celakalah dunia dengan segala penyesatannya;memang penyesatan harus ada,tetapi celakalah orang yang mengadakannya.

sekarnag orang sudah banyak pakai logika,pengertian sendiri,kadang satu kata maksudnya gini bisa dipelintir dengan maksud2 lain?yang terpenting cari ciri2 nabi palsu itu gimana gitu…biar ketahuan buahnya?!

rasul yang membiarkan para pengikut Kristus hanya sebagai audience saja, bukan sebagai pengikut Kristus.

lalu menurut pendapat kamu gimana,ttg hal ini?

jadi maksudnya gimana tuh?

Tidak termasuk mana-mana, bro. Saya cuma percaya kebenaran FirmanNya, bukan penafsiran manusia.