Terjaganya para nabi dari dosa

Sorry kalo repost,

Aku baru join di forum ini, mudah2an bisa menambah wawasan dan mampu berfikir secara lebih objektif,

Aku mau tanya, apakah dalam narasi kristen, trutama denomimasi katolik, terdapat sebuah konsep infallibility of prophet /terjaganya nabi dari dosa dan kesalahan/…?

Sebelumnya thanks banget yaa,

mksd nya ???

nabi bisa terlepas dari dosa/kesalahan karena bisa mengetahui kedepan/diberi kemampuan untuk tahu??

klo seperti ini mksd anda…waduh kita berbeda jauh berarti pemahaman dan keyakinan

karena di Kristen = bahkan seorang nabi saja mampu/bisa lalai dan melakukan kesalahan/dosa

contohnya Musa yang paling nyata.P

silahkan dibalas…pendapat anda bagaimana.oke

Hasil Google “Infallibility of prophet” saya lampirkan dalam gambar. Tidak satupun yang merujuk pada referensi Katolik.
Satu pertanyaan penting untuk Anda jawab:
“Benarkah Anda Katolik?”

Salam


Nabi juga bisa salah.
Satu-satunya manusia yang tidak pelnah beldosa adalah Yesus cuu…

tp kayaknya ada manusia lain yg saya dengel gak pelnah beldosa kong…

siapakah jang dimaksoed… bisa diseboetkan…(?)

wadoeh akoe loepa ;D

nabi masih bisa berdosa

Bunda Maria.

Ada yang keberatan?

Kalau ada, cari saja postingan saya mengenai hal itu.

Kalau masih penasaran juga… kumpulin aja semua ABK dan ABM-ers supaya saya jawab sekaligus. Daripada berulang-ulang terus terus dan terus.

anda terlalu sensi om…

kan bisa saja mksd nya H E N O K H :stuck_out_tongue: <klo merujuk Al-kitab (ga) ada tuh ditulis kesalahan/dosa dilakukan

sepengetahuan saya (mana) tahu ada kitab atau sumber lain mengatakan beda hi7

Kalau ngerujuk ke Alkitab mah, saya, Anda, dan semua manusia yang terlahir setelah Alkitab selesai ditulis adalah tidak pernah melakukan dosa/kesalahan. :char11:

“Benarkah Anda Katolik?”
Aku lebih cenderung indpenden ketimbang berpihak pada suatu denominasi, coz buatku persepsi yang muncul hanyalah pembelaan terhadap denominasi yang mana aku berpihak padanya, sehingga sulit untuk bersikap lebih objektif.

Dalam bible sendiri memang secara tersurat menunjukan bahwa nabi-nabi tuhan sama sekali tidak infallible. Namun hal ini akan membuat sebuah persepsi bahwa nabi yang seharusnya mampu memberikan kesejahteraan pada manusia ternyata tidak mampu menjaga dirinya dari dosa.

Temanku diskusiku, dia orang islam, menjelaskan bahwa infallbility merupakan sebuah keharusan yang ada dalam diri seorag nabi. (Walaupun dalam kitab suci mereka secara tersurat menunjukan bahwa nabi juga pernah berdosa… ) Tapi, aku lebih simpati dengan konsep infallibility mereka itu.

Oleh karena itu, aku mencoba untuk mencari pembenaran dari rekan-rekan semua atas bantahan orang islam tersebut. Karena jujur, buatku sendiri hal ini masih menggantung dan menjadi sebuah tanda tanya…

thanks before…

apanya yang menggantung om?? saya belum mengerti nih ???

maksudnya menggantung tu, aku masih belum paham betul tentang konsep infallibility dlm kristen. Katolik mempercayai konsep papal infallibility, namun tidak tidak untuk nabi. dengan kata lain, bukannya sama saja kita lebih meninggikan derajat para paus ketimbang para nabi yang lain. Mungkin inilah yang menyebabkan denominasi yang lain tidak sejalan dengan katolik roma…

inginku, para nabi harus terjaga dari dosa, tapi bible secara tersurat mengatakan hal yang berbeda,…

Saya koq jadi penasaran… sejauh mana konsep papal infallibility-nya Katolik yang Anda ketahui.

Koq bisa-bisanya jadi membandingkan derajad Paus Vs Nabi? :mad0261:

Pengetahuan adi kodrati dalam hal bernubuat yang dimiliki oleh para Nabi bukanlah sesuatu yang berasal dari diri mereka sendiri, melainkan dari Allah (inspirasi atau pewahyuan). Jadi sudah barang tentu Infallible. ==> lihat 2 Petr 1:21

Para Nabi dalam kenabiannya (prophecy) tentu saja Infallible; di luar itu… ya fallible.

Paus dalam kepausannya (ex-cathedra) tentu saja infallible; di luar itu… ya fallible.

Paus (juga Konsili Ekumenis) adalah organ Gereja;

Nabi (juga Rasul) adalah organ Allah.

Salam,

Kalau cenderung independen, tulis saja independen. Bukan masalah apa-apa, tapi Katolik sudah terlalu sering menjadi korban dengan adanya oknum-oknum non-Katolik yang mengaku sebagai Katolik.

Coba Anda sebutkan nama nabi-nabi tersebut yang tidak infallible. Ini bisa berguna untuk kelanjutan diskusi.

Mengenai ajaran Islam, bisa Anda diskusikan di forum Islam.

Salam

halah itu toh ujungnya yah…hi7 :stuck_out_tongue:

klo mengenai katolik - saya tidak bisa memberi jawaban

cuman klo diberikan perumpamaan anak2 begini loh om

saya saat menjadi menjalankan tugas seorang nabi yaitu menyampaikan segala apa yang

difirmankan TUHAN maka (insyaAllah) maka saya tdk mgkn melakukan dosa PADA SAAT ITU namun tugas

ke nabi-an tidak selamanya dilakukan loh hi7 ada kalanya saya menjadi manusia biasa makanya disaat ini

iblis bisa kok menyerang dan membujuk saya berbuat dosa ha7.:slight_smile:

jd saat menjadi nabi yah dimampukan untuk tdk berbuat dosa

saat menjadi manusia yg tdk melakukan tugas ke-nabi-an yah sama saja tapi

untuk itulah ada firman tertulis : “…berjaga jagalah…”

dan itupun berlaku sama dengan Paus bro…

saat Paus melakukan tugas nya/mendapat ilham Ilahi dalam memutuskan suatu perkara iman maka

posisi Paus adalah benar dan tdk mgkn salah (koreksi saya jika salah) tetapi

saat Paus tidak melakukan kewajiban nya><apalg lagi bolos berdoa (yah)dimgknkan loh Iblis untuk

mencobai dan menjerumuskan Paus untuk berbuat dosa/kesalahan ??? anda mau bukti nyata

ITU DAH ADA BUKTINYA Paus yg sekarang kan pernah melakukan blunder loh dalam hal perkataan

klo tidak percaya silahkan di search di google he7 :slight_smile:


tapi dengan begini anda merasa terpuaskan atas kesalahan orang lain klo

saya tidak sedikitpun justru saat ini saya membayangkan bahagia diatas

penderitaan orang sungguh menyesakkan hati dan tidak cocok dengan

iman saya.amin

Salam Damai Sejahtera dari KRISTUS…dari awal sampai kesudahannya.:slight_smile:

mungkin yang dimaksud infabillity of pope/ketidakbersalahan paus? Itu konsep islam(yang ketidakbersalahan nabi)

Betul dugaan saya, memang ini doktrin Islam.

bagaimana Abraham dan daud sekarang bisa ada di Surga kalao mereka juga pernah berdosa?