termasuk apakah ini?

akhir2 ini saya sering berpikir “kalau saya kaya, jangan2 saya akan jadi sombong”, “kalau saya kaya, jangan2 saya akan mulai berubah jadi orang yang tidak berkenan bagi Tuhan”, “kalau saya kaya, jangan2 saya tidak mau lagi berteman dengan teman2 saya yang tidak kaya”, “kalau saya kaya, nanti saya takut miskin dan agar tetap kaya saya menghalalkan segala cara” dan beberapa pikiran sejenis. menurut bro dan sis, apakah ini? apakah ini pemikiran dari Tuhan atau iblis? ini termasuk pesimis atau bukan?
terima kasih. Gbu

Pemikiran “what ifs” (bagaimana kalau) itu salah satu symptom OCD atau bisa juga ansietas. Pemikirannya tentang itu terus gak? Suatu subjek yg sama?

Kalau pemikiran ulang ulang di wilayah subjek yg sama = OCD
Pemikiran ulang ulang di segala subjek = ansietas

Lebih pastinya ke psikiater aja…

Ini jelas-jelas kekhawatiran bro…
Banyak orang termasuk saya sendiri sering khawatir:

  1. Hal/masalah yang belum terjadi (mungkin tidak akan terjadi)
  2. Hal/masalah yang sudah lewat
  3. Hal/masalah yang sedang dihadapi sekarang ini

Dan keadaan ini sudah ada sejak manusia jatuh kedalam dosa.
Tuhan Yesus menasihatkan:

Matius 6:
27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

Jadi khawatir jelas-jelas tidak ada manfaatnya bro…

sejak usaha saya gagal terus, sering memikirkan itu

sejak usaha saya gagal terus dan lihat teman2 saya yang berhasil mulai meninggalkan saya, jadi sombong sering omong “beli apa2 itu yang mahal, jangan kayak orang susah deh”, jadi jarang ke gereja dan pelayanan karena sibuk, jadi takut miskin sehingga mulai menghalalkan segala cara agar tetap kaya, ada yang mulai jadi “hakim” dengan bilang orang2 yang gak berhasil itu karena dosa dan malas (padahal saya sudah berkali-kali mencoba). berdasarkan pengamatan saya itu, saya jadi sering berpikir apakah saya akan menjadi seperti teman2 saya itu kalau saya kaya

Bro, dengan berpikir begitu hanya akan memperburuk keadaanmu, tidak ada manfaatnya sama sekali karena hal itu belum terjadi dan mungkin tidak akan terjadi.

Bro, izinkan saya berikan ayat FT ya:
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur (Fil 4:6).

  1. Tidak khawatir akan apapun.
  2. Nyatakan segala hal dalam doa.
  3. Selalu bersyukur.

Maka:
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus (Fil 4:7)

Memang kita tidak tau apa yang akan terjadi esok hari. Tapi kita mempunyai Tuhan yang Mahatahu dan Mahakuasa. Percayalah pada saat kita dalam keadaan terburuk pun, asalkan tetap dekat dengan Dia, semuanya akan menjadi baik.

Salam :slight_smile:

Bro gusgus,
anda harus bersyukur mempunyai pikiran spt itu, mungkin saja itu dipengaruhi oleh teman2 sekelilingmu yg berubah menjadi sombong atau sombong karena mereka kaya.

Pikiran spt itu bkn pemikiran iblis, tapi dari Tuhan , karena Dia selalu akan membuat kita selalu berhati2, dan anda bukan org yg pesimis. Orang yg pesimis justru akan berpikir bahwa dirinya tdk mungkin akan berhasil

Bukti bahwa pemikiran itu dari Tuhan, Salomo juga berpikiran spt anda, lihat apa yg dikatakannya dalam:
Amsal 30 :7-9
7 Dua hal aku mohon kepada-Mu, jangan itu Kautolak sebelum aku mati, yakni:
8 Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.
9 Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku.

Bersyukurlah, Pujilah Tuhan, karena di dalam diri anda ada suatu KUASA yg akan selalu mengingatkan anda.
GBU Bro gusgus