ternyata baptisan itu tidak perlu dilakukan karena ada kasih karunia???

bagaimana menurut anda???

daud, musa,samuel, org yg disalib bersama Yesus pun masuk surga semua tetapi mereka tidak dibabtis??? bagaimana menurut anda???

tidak setuju ??? alasannya apa?? adakah anda menemukan ayatnya???

Mreka tidak dbaptis tp mreka disunat.

Ya, manusia selamat karena AnugerahNya bukan krn melakukan upacara apapun.
Kalau itu dikenalkan dahulu adalah spy manusia mengerti bhw manusia lama yang niscaya mati dg persekutuannya dg dosa bisa selamat krn Allah sendiri yang berkenan membasuhnya ( Anugerah ).

apakah kalian dibaptis?? kalau iya kenapa??? bukankah itu tidak menyelamatkan jiwa kalian sama sekali???

Kalau saya dahulu dibaptis krn mengikuti ajaran suatu institusi gereja, ttp dg berjalannya pembelajaran dariNya skrg saya tahu bhw baptis (upacara ) tdk berguna sama sekali, seandainya saya belum dibaptis dan skrg saya ditanya apakah mau dibaptis saya jawab tidak.
Di zaman PL semua ritual Sunat, korban, Ziarah ke Yerusalem , pakai jubah ungu dll , di PB baptis , perjamuan kudus, doa pelepasan mengundang Yesus dll semua itu tdk mengerjakan keselamatan. bahkan agamapun tidak menyelamatkan orang dr keniscayaan binasa rohani, hanya Anugerah saja.

Zaman dulu tanda materai dilakukan dengan Sunat (perjanjian Allah dengan Abraham) dimana Sunat menjadi lambang pengakuan bahwa mereka milik Allah.
Zaman sekarang tanda materai dilakukan dengan baptis (perintah Kristus kepada para murid) dimana Baptis menjadi lambang pengakuan bahwa mereka milik Kristus.

Istilah Babptis sendiri setahu gw berasal dari kata Baptizo yg artinya ditenggelamkan.
Ada kata Baptisan Musa yaitu saat Bangsa Israel keluar dari tanah Mesir dan mereka ‘ditenggelamkan/dibabptis’ oleh tiang api dan tiang awan yang menuntun mereka keluar dari tanah itu.

Gw dibaptis percik saat masih kecil (sesuai ajaran gereja gw) dan dibaptis selam sesudah besar (dengan keinginan gw sendiri) :happy0062:

Baptisan apa dulu? Roh/Air? (kynya udh prnh dibahas)

kl dr gw bro, setuju ga setuju

  1. mengikuti Teladan Yesus
  2. baptisan hanya sbg tanda
  3. etc

1 Yohanes 5:8
Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

untuk ayat tsb saya terjemahkan mjd:

  1. Roh → RK
  2. Air → Baptisan
  3. Darah → YK
    dan ketiganya adalah satu

BAPTISAN JELAS SANGAT MUTLAK DIPERLUKAN … coba baca di alkitab percakapan Yesus dengan Nikodemus .
di sana Yesus mengatakan jika seseorang tidak dilahirkan kembali oleh air & roh , maka ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Surga . jadi , sudah sangat jelas , kalo anda TIDAK dibaptis , anda tidak akan bisa masuk ke dalam Kerajaan Surga … kalo tidak masuk kerajaan surga lalu masuk ke mana ? kerajaan neraka :’(

tidak tahu firman , tidak melakukan , mungkin masih bisa dimaafkan …

tahu firman, tapi malah ngotot tidak mau melakukan ? tiada maaf bagimu :slight_smile:

Kalau begitu yang jadi pertanyaan, apakah Anugerah itu akan diberikan kalau anda tidak mematuhi perintah/ajaranNya?
Bukankah Baptisan itu termasuk ajaran Yesus…?
Trima kasih…

waw…ternyata banyak juga y? orang yg menganggap baptisan tidak penting…

lalu fungsinya baptisan itu apa???

Kalau baptis sbg upacara ( ritual ) sudah tdk diperlukan lagi krn kita ada di zaman Anugerah ini, sudah tdk lagi digunakan perantara spt Nabi , Imam spt Di PL.
Dari FirmanNya kita bisa belajar bhw di akhir zaman ini: tidak satu batupun dibiarkan terletak di atas batu yang lain semua diruntuhkan Mt 24:2, juga di Yes 24:2 " Maka seperti nasib rakyat demikianlah nasib imam…".
Di zaman akhir ini semua kita diperintahkan sbg peniup terompet ( menyampaikan Injil ) kpd siapapun yg Tuhan mau, dan membaptis yg dimaksud Tuhan adalah baptis rohani yaitu dg menyampaikan FirmanNya dan terus menerus dg demikian Allah sendiri akan menyelamatkan dombaNya yg sesat tadi.GBY

lalu apa baptisan tidak perlu lagi bro adhi???
alasannya pa???

Hush, baptisan itu penting. Makanya Yesus bilang: “Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.”

Fungsi baptisan: Sebagai Materai kepemilikan Kristus. :afro:
Tidak ada orang Kristen yg tidak dibaptis. Caranya mungkin beda2 berdasarkan tata cara gereja masing2.

Orang tidak dpt mematuhi perintahNya kalau belum diAnugerahi Keselamatan, yang perlu kita mengerti adalah arti baptisan yang Tuhan perintahkan itu, sebab bukanlah manusia yang dapat melakukan pembaptisan shg manusia selamat, semua ini hrs Allah sendiri yang lakukan, Kalau orang dapat melakukan baptis ( misl dilakukan pendeta ) kmdn orang yang dibaptis selamat mk org yang selamat tsb memperolehnya bukan lagi dr Anugerah, dan orang yg membaptis boleh donk memuliakan dirinya? padahal Injil mengatakan bhw kemuliaan itu hanya untuk Tuhan.GBY

Kalau sbg ritual/ upacara jawabnya ya, di posting tsb sdh terjawab alasannya. GBY

kenapa penting y? penjelasannya seperti apa??? orang yg disalib disebelah Yesus tidak dibaptis berarti dia bukan milik Kristus donk???

Bukan sebaliknya bro…?

Bukan begitu maksudnya saudaraku, bukan berarti anda dibaptis lantas anda langsung selamat. Tapi itu merupakan bagian dari anda mematuhi ajaranNya.
Dan yang kedua, Pendeta sebagai orang yang membaptis merupakan wakil Tuhan untuk memberikan berkatNya melalui baptisan. Bukan berarti Pendetanya yang memberikan Berkat (Anugerah) kepada yang di baptis.
Kalau pun kita menghormati (memuliakan) seorang Pendeta itu wajar, karena dia juga adalah pimpinan kita sebagai jemaat Tuhan.

Bro flux, dia yang disalib di sebelah Yesus bukan karena imannya terhadap Yesus, tapi karena dia seorang penjahat. Dengan kata lain dia belum mengenal Yesus serta ajaran-ajaranNya.
Sekarang kita hidup sudah mengenal Yesus sebagai Juruselamat kita, dan kita juga (pasti) sedikit banyak sudah tahu dan mengerti apa yang diajarkan Yesus. Masalahnya, kita sudah tahu dan mengerti, kenapa kita tidak menjalankannya?

Menurut saya,kita dibaptis atau tidak yang jelas kita semua adalah milik Tuhan. Balik lagi pada diri kita apakah kita mau menyerahkan diri kita…?

Sama seperti kata Bro Binize.
Orang itu penjahat, dia belum sempat mndengar tentang Kristus tp dia tetap milik Kristus kenapa? Karena Kristus memilihnya “Saat ini juga engkau bersama2 dgn Aku di Firdaus.”
Gak mungkin dunx dia minta diturunin dulu trus dibaptis. Itulah Kasih Karunia Tuhan, makanya klo gak tahu ya bisa dimaafkan, klo tahu tp sngaja ngindar ya kelewatan…
Jangan lupa orang yg disalib itu juga Yahudi kan, pastinya dia disunat.

Klo masalah kenapa penting ya itu tadi sbagai Materai.
Kenapa materai penting? Karena merupakan perjanjian kedua-belah pihak yg mndapat kekuatan hukum.
Knapa baptis dianggap sbagai materai? Karena merupakan perjanjian si manusia dengan Tuhan.
Jd klo ada apa2 dgn yg sudah dimateraikan Tuhan, Tuhan punya ‘hak dan kewajiban’ untuk turut campur tangan dalam hidupnya.
Demikian juga kalo si manusia berbuat dosa dia juga punya kewajiban untuk minta ampun dan menyelesaikannya dgn Tuhan.
Inilah kekuatan perjanjian, dimana milik manusia menjadi milik Tuhan (sgala susah, sedih, masalah, dsb) dan milik Tuhan menjadi milik manusia (sukacita, damai sejahtera, perlindungan, berkat, dsb)
:happy0025:

Astagfirullahhh
Anugrah dan kasih karunia kebablasan


Baptisan itu bagian dari iman.
Jd jangan melihat baptisan sbg ‘perbuatan’ belaka.
Baptisan itu bagian dari iman.

Jika sso bisa dibaptis tp tidak dibaptis, imannya itu tidak genap.

Siapa percaya maka dia dibaptis KECUALI jika dia tidak bisa dibaptis karena kondisi tidak memungkinkan.