ternyata Konsep "SYARIAH" adalah ajaran hukum taurat

Imamat 25:36
Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya,
melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu.

sumber lain tentang “syariah”

Bagi sebagian investor yang ingin menjalankan prinsip hidup sesuai dengan Syariah,
investasi di reksa dana tidak diperbolehkan
karena investasi reksa dana mengandung riba yang dianggap haram.

Oleh karena itu, kemudian dalam beberapa tahun belakangan berkembang pula jenis
reksa dana syariah.

yahhhh… bukannya sama aje tuhhhh… orang harga mobilnya dinaikin dulu baru dikredit-kan ke nasabah…

kalo ngga ada lebihnya, buat gaji pegawai nye gimana bro???

istilahnya samasaja seperti, dia tidak bodoh tetapi tidak pandai…he he :slight_smile:

atau mungkin ada rumus baru, bikin bank ngga pake bunga(ngga ada lebihnya) tapi untung???

Hukum Yahudi tak pernah secara mutlak mengharamkan bunga/riba. Memungut bunga/riba, menurut mereka, boleh-boleh saja. Asal tidak dikenakan pada “saudara sendiri” (sesama yahudi). Tapi kalau memungut bunga/riba dari “orang-orang non-yahudi”, dari para “goyim” – ini oke-oke saja.

Ulangan 23:19-20. “Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan atau apapun yang dapat dibungakan. Dari orang asing boleh engkau memungut bunga, tetapi dari saudaramu janganlah engkau memungut bunga …”

Tq penjelasannya, jadi

khusus terhadap saudara sendiri haruslah menerapkan hukum SYARIAH (ga boleh pake bunga)

bagaimana kira2 pandangan orang kristen pemuja hukum taurat (cutz,Jericho,dkk) mengenai konsep SYARIAH ?

Judulnya salah tuh Bro,
harusnya kan : ternyata Konsep “SYARIAH” sesuai dengan hukum taurat
kalau pake kata : didukung berarti Hk Tauratnya yg berada setelah syariah, tul gak ?
jadi judulnya di koreksi aja tuh
GBU

konsep syariah sendiri negara mana yg betul2 bisa menerapkannya dg murni??

anda tahu bank syariah?? yg suka gembar gembor bebas riba dll…pada prakteknya menerapkan sistem yg -katanya- “bagi Hasil”…tapi sebenarnya itu bentuk lain dari riba/bunga

dan seringkali malah merugikan si pemilik modal

sudah bro

bisa dijelaskan lebih dalam bro ?

wah sepertinya perlu ada board khusus bahas tentang Ekonomi, Keuangan, dkk-nya ya ?

saya dukung sis

masih menunggu utk dijawab…

lah…kan kitab suci nya tetangga sebelah copas dari taurat, trus di-aku2 turun dari langit…

ya jelas ajarannya banyak yg sama… --a

OK

lalu bagaimana dengan orang Kristen .
ketika berbisinis dengan orang lain, Apakah harus tunduk terhadap konsep SYARIAH ?

Alkitab menuliskan

Imamat 25:36
Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya,
melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu.