Test & salam kenal

newbie mohon pengarahan :ashamed0002:

Selamat datang.
Salam kenal.
Lazimnya, pada peta dua dimensi, ke atas menunjuk arah ke utara, ke kanan menunjuk arah ke timur, ke bawah menunjuk arah ke selatan, dan ke kiri menunjuk arah ke barat.
Begitu arahan dari saya.
Salam hangat.
:coolsmiley: :smiley: ;D :afro:

Kalau bicara tentang arah, kita mungkin harus pakai kacamata kuda agar mata tetap mengarah ke depan (Yesus),

Btw nama anda artinya apa itu Bro ?

Terima kasih bro buat sambutan & pengarahannya

Berikutnya mohon diarahkan rohaninya supaya nga menyimpang kekanan kiri :slight_smile:

Setuju bro, udah sering nubie ini serong, “kacamata kuda” nya lewat penderitaan dan kelemahan :’(

Namanya nyontek dari doa St. Thomas Aquinas bro, kurang lebih artinya “Tiada yang lain selain Engkau”.

Sama-sama.

Kupikir, tentang pengarahan rohani, bukan tergantung kepada orang lain. Arah rohani itu semata-mata tergantung pada pribadi seseorang. Orang itu hendak patuh, taat, melaksanakan perintah pengajarnya, tergantung pada sikap orang itu sendiri, bukan tergantung pada orang lain.
Contoh yang sangat bagus dicatat di Injil.
bahwa kepada 12 rasul, Yesus Kristus mengajarkan hal yang sama. Walaupun Petrus diberi keutamaan daripada rasul lain, pada dasarnya, ajaran yang umum diberikan sama kepada ke-12 rasul. Faktanya, Yudas Iskariot membelot.
Dari kisah itu dapat dipetik pelajaran, Yesus Kristus mengajarkan hal yang sama kepada mereka, namun, ada yang mengambil sikap sendiri. Menurut logika manusia, aneh, mwskipun Yesus Kristus mengetahui bahwa Dia akan dijual oleh Yudas Iskariot, Yesus Kristus tidak menghalangi. Yudas Iskariot secara merdeka memilih sikap.

Nah, kembali ke pengarahan rohani yang Anda maksud.
Kupikir, sudah cukup jelas, para pengikut Kristus yang sudah mendapat pembaptisan dengan format benar, diajar oleh rasul atau penerus rasul yang mendapat kompetensi dari Tuhan Yesus Kristus. Diikuti saja ajaran mereka yang sudah dimaterai oleh Yesus Kristus disertai senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Tentang sikap seseorang, kupikir semua orang bebas menentukan arah sikapnya. Maka, tentang arah rohani yang Anda maksud, menurut pendapatku, Anda merdeka menentukan arah rohani Anda. Walau Tuhan mengharapkan agar Anda mematuhiNya, Dia tidak memaksa. Ganjaran yang akan Anda peroleh dari sikap Anda, sudah diberitahu. Merdeka. Kita orang merdeka.

Salam damai.

Mungkin tidak secara mentah untuk bergantung tapi lebih condong sebagai mentor dan teman belajar dan berkaca.

Saya tertarik dengan merdeka diatas, mohon lebih detail.

Merdeka maksudnya, tidak dihalangi, tidak dicegat, tidak dipasung. Sikap apa yang diambil, atau arah apa yang ditempuh, atau tindakan apa yang hendak dilakukan, silahkan pilih secara bebas.
Ganjaran gari sikap, arah, tindakan yang dipilih sudah diberitahu.
Taat, sesuai arah, patuh, akan diimbali dengan kebahagiaan kekal.
Ingkar, seenak sendiri, membelot, akan memperoleh kebinasaan (terpisah dari Tuhan) selamanya.

Salam damai.

Good