tidak bisa fokus dan konsen

hallo teman2, di forum ini saya baru join jadi salam kenal yah semua:)
jadi gini, sudah ada beberapa bulan yang lalu saya tidak bisa berdoa dengan fokus, ketika saya berdoa/berbicara dengan Tuhan pasti ada hal2 yg terlintas di fikiran saya, sehingga doa saya tidak fokus, padahal sebelumnya saya bisa berdoa dengan serius, kadang saya bisa sampai nangis.
tapi belakangan ini bener2 parah banget, sampe saya baca Alkitab pun tidak bisa fokus…
mungkin ada cara mengatasinya?
thank you
morning all…
Jesus bless us :slight_smile:

apakah yang menyebabkan tidak bisa fokus tersebut…??? ^^

dilatih aja …itu proses koq, apa perlu gw kasi mantra atau jampi2 wkwkwkwk ;D (canda doang sis/bro)
gw dulu baca alkitab 1 pasal aja udah ngantuk, apalagi berdoa… ampe ketiduran gitu :mad0261:

tp itulah yg namanya ketekunan…gak sia2 sis/bro

Bingung gimana ngelatihnya? Aku juga punya mengalami hal yg sama…

Jadikan itu suatu keharusan siss… setiap hari baca alkitab… walaupun harus ngantuk2… baca saja terus jangan ditutup… lama2 akan terlatih kok… ^^

Tidak bisa fokus, itu penyakit ADD (dari bahasa Inggris: Attention Deficit Disorder). Saya juga mengalami penderitaan itu, bisa diobati dengan obat seperti Methylphenidate (Ritalin), Adderal, dll, atau dengan obat yang lebih alam dari herba.

bener kata lbmagi, baca terus…kita harus punya komitmen pd diri sendiri, mungkin 1 pasal dulu…besok2 5pasal…10pasal…dst
ibarat anak kecil yg blm bisa berjalan klo gak dilatih terus gak bakalan bisa berjalan…

mungkin lebih tepatnya jadikan sebuah kerinduan ya bro… :slight_smile: klo kita melakukan segala sesuatu sbg sebuah keharusan/kewajiban bukan sebuah kerinduan… suatu saat pasti akan jenuh n kembali ke kebiasaan awal (ga fokus dsb) tapi klo kita udah melakukan segala sesuatu sbg sebuah kerinduan… maka setiap saat kita akan merasa haus dan lapar akan firman Tuhan serta rindu utk duduk diam di hadirat Nya…

banyak sih, pokoknya pas lagi doa pasti ada yg mampir di pikiran. hwhwhw…

mending, baca Alkitab tuh ada setannya (HP n Laptop)
kalo baca Alkitab di pikiran pasti “udah lah main hp aja, lebih seru”
tp untungnya hal ini bisa di tepis. hehehe…

kalo ini bearti menyembuhkan secara fisik yah?
boleh jua sih, bagus infonya…

wah, betul banget kak…
harus di jadikan suatu kerinduan, kalo sebagai formalitas itu malah jenuh…
yaa, anggap aja doa itu keq kita cerita sama Tuhan, keq curhat dengan orang tua :slight_smile:
ibarat juga, kalo sama pacar bisa rindu…
tp sama Tuhan juga harus ada…

Shalom sahabat~

setuju… :slight_smile: aku ada video bagus bgt… km bisa liat di profil aku… entah apa km udah pernah lihat dan tau video tsb sebelumnya… tp video tsb membuat aku pribadi tersadar akan cinta dan kasih Bapa ke anak" Nya…

Jesus Bless you~

sebelum melihat, tebak2 dulu ah…
pasti video penjaga kereta…

yah ><
salah tebak

hmmm… yah memang kadang pikiran suka ga bisa konsen… banyak yang berseliweran heheheh… dulu saya juga pernah mengalami hal seperti itu… setelah saya pikir2… mengapa bisa begitu…?? yang saya rasakan sih dulu berdoa karena rutinitas saja(artinya belum ada suatu kerinduan untuk bercerita sama TUHAN)… itulah mengapa ga bisa konsen… namun setelah meyakinkan diri untuk berdoa pelepasan maka doa pelepasan tuh adalah suatu keharusan dimana saya benar2 meminta pada TUHAN untuk melepaskan kuasa kegelapan itu… setelah semuanya beres… sekarang berdoa karena kita ikhlas melakukannya dan rindu ingin berbicara sama TUHAN…

@Ugly_women
Terimakasih sudah menambahkan…^^
Sebenarnya saya menuliskan keharusan karena kebiasaan kita tidak bisa diubah secara instan menjadi sesuatu yang berbeda… namun bila keharusan itu sudah terbiasa dilakukan… maka bila hati kita sudah benar2 menginginkan TUHAN berada didalamnya… berdoa itu akan menjadi suatu kerinduan… ^^
Begitulah sis tujuannya… heheheh…

Semoga bisa menjadi masukan yaaaa… ^^
TUHAN YESUS memberkati

@ imbagi
oh spt itu ya maksudnya… :slight_smile:

salaah ya?? wah anda kurang beruntung ya… hehehe
smoga videonya bisa jadi motivasi km ya…

Jesus Bless you~

kalau ada yg mau menghalangi seseorang utk berdoa dan membaca firman Tuhan. itu pasti iblis…
ingat doa adalah komunikasi kita dgn Tuhan yg seharusnya dua arah. kalo emang ga niat, yah ga usah dipaksakan. Tuhan juga ga maksa koq… Dia pengen kita emang mau ngomong sama Dia. utk masalah baca alkitab, saya hanya menambahkan… mungkin bisa membantu kalau anda mulai dengan kitab2 yg anda rasa “asyik”. seperti saya yg dulu cuman suka baca cerita tentang daud… superhero banget menurut saya. hehehehe…

ya seperti yg saya bilang itu ya kak, doa seperti punya kerinduan sama pacar. hehehe…
tp nice input nih:)

videonya bagus kak!!!
(y)

wahh… ini sih udah bisa di bilang penyakit juga. memang bener ch rasanya seperti ada yang menghalangi kita untuk melakukannya, padahal kita menginginkannya, yah… minimal satu hari baca satu ayat dulu aja, kalau terlalu banyak baca, seperti membaca biasa saja pasti berpikir melantur dan tidur dech ,met bobo yach… ;D, kecuali yang sudah terbiasa dengan hal tersebut, percuma baca banyak tapi tidak memahami dan mengerti isi dari hal tersebut, baca satu ayat dulu aja berulang kali sampai kita paham, pasti itu ayat bisa kita hafal. soalnya ini pengalaman saya juga… :smiley:

ayo semangat, dan berhati-hatilah dalam membaca alkitab, takutnya ketiduran… hehehehe… :happy0025: