Tips aman dalam bertransaksi di ATM.

Langkah pertama, adalah sebaiknya melihat sekeliling terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Langkah kedua, lihat sekeliling anda apakah ada CCTV atau tidak. Jika ada, pastikan itu adalah CCTV resmi dari pihak bank terkait. Terkadang ada CCTV yang dipasang oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Langkah selanjutnya, lihat juga tempat ketika anda akan memasukkan kartu ATM anda. Coba senggol sedikit, apakah ada gerakan yang mencurigkan atau terjadi sedikit pergeseran?

Langkah keempat, pada saat melakukan transaksi hendaknya ketika menekan nomor PIN salah satu tangan menutup tangan yang akan menekan tombol tersebut. Langkah lainnya, Setelah melakukan transaksi di ATM jangan langsung meninggalkan tempat untuk beberapa menit (5 menit). Karena akan ada beberapa orang yang menggunakannya yang akan merubah PIN yang semula dimasukkan oleh ATM kita.

Dan langkah terakhir adalah, jika sudah merasa nyaman dan aman serta tidak mencurigakan, silakan tinggalkan tempat trasnsaksi ATM tersebut.

Dimana yah simpan harta …
yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat?? :mad0261:

Harta dunia tidaklah berguna Alice … Harta dunia hanya akan menimbulkan kekhawatiran … Miliki lah harta yang tidak dapat dicuri dan dirusak ngengat ;D