Tips menggunakan LPG yang benar (untuk ibu2)

Tips Menggunakan LPG yang Aman dan Benar

SENIN, 17 MEI 2010 00:00 WIB
JAKARTA. seiring dengan terjadi beberapa insiden yang dikaitkan dengan penggunaan material LPG 3 kg (Tabung LPG 3 Kg, Kompor, Regulator, Selang). Penanganan insiden yang telah dilakukan Pertamina dalam kurun waktu 2008 - 2010 meliputi pergantian biaya pengobatan korban, asuransi bagi korban hingga asuransi aset yang mengalami kerusakan. Terdiri dari 27 insiden tahun 2008, 9 insiden 2009 dan 6 insiden tahun 2010.

Beberapa insiden tersebut disebabkan oleh bermacam-macam hal yang diduga seperti : gas LPG bocor yang terakumulasi, pemasangan regulator tidak tepat, penggunaan tabung yang tidak sesuai dengan prosedur hingga lokasi penempatan tabung dan kompor yang tidak sesuai standar keamanan (tidak ada ventilasi, merokok dalam ruangan tersebut hingga menggunakan kompor minyak tanah dan LPG secara bersamaan).

Untuk menghindari terjadinya insiden, berikut di bawah ini tips menggunakan LPG yang aman dan benar :
1
Gunakan peralatan ELPIJI (tabung, kompor, regulator dan selang) sesuai standard (SNI)
2 Kompor dan tabung ELPIJI ditempatkan di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
3 Idealnya ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman mengingat berat jenis ELPIJI lebih berat dari udara maka apabila terjadi kebocoran ELPIJI akan berada di bagian bawah lantai dan pintu dapur harus terbuka
4 Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor
5 Tabung ELPIJI diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber api lainnya dan harus diupayakan tidak terpapar panas
6 Pasang regulator pada katup tabung ELPIJI (posisi knob regulator mengarah ke bawah). Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung ELPIJI
7 Pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk
8 Periksa kemungkinan kebocoran gas dari tabung, kompor, selang maupun regulatornya dengan cara membasuh dengan air sabun pada bagian-bagian rawan kebocoran (sambungan regulator dengan valve tabung, sambungan selang ke regulator dan kompor). Apabila terjadi kebocoran akan terjadi gelembung-gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas ELPIJI
9 Rangkaian Kompor ELPIJI siap dan aman untuk digunakan
Cara menggunakan kompor yang baik :

1
Tekan dan putar knob kompor berlawanan arah jarum jam
2 Putar knob sampai posisi off (ditandai dengan bunyi klik) bila selesai
Tips khusus :

Ruang dapur yang menjadi satu dengan ruang makan atau ruang tidur dan tidak mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik maka harus diperhatikan perihal sebagai berikut :

  1. Pada dini hari setelah bangun tidur dan akan menyalakan listrik dan atau menghidupkan kompor harus diyakinkan tidak ada akumulasi gas dalam ruangan dengan cara membuka pintu dan jendela terlebih dahulu. Bau khas ELPIJI mungkin menjadi tidak akan tercium apabila kita sedang pilek dan penciuman kita akan mengalami imun terhadap bau apabila kita :

    • sudah terpapar bau tersebut selama waktu yang cukup lama.
    • Pada saat ruangan tertutup ditinggal dalam waktu lama, pada saat membuka pintu harus diyakinkan bahwa dalam ruang tersebut tidak terjadi akumulasi ELPIJI akibat kebocoran sebelum menyalakan listrik dan sumber api lain.
  2. Jangan mencolok-colok valve tabung apabila ELPIJI tidak keluar dari tabung, tukarkan dengan penjual atau agen terdekat.

  3. Jangan menggunakan kompor gas dan kompor minyak tanah secara bersamaan dalam satu ruangan.

  4. Jangan menyalakan listrik dan atau menghidupkan kompor jika tercium bau ELPIJI yang bocor.

Wah lengkap sekali, bro tq tipnya, penting sekali buat kita.

BTW avatarnya di ganti yang keren dong, menggangu mau baca hehe.

Sering kali kita mendengar bahaya kebakaran LPG, masalah tersebut kebanyakan dari hal2 sepele, seperti kompor yang kurang perawatan, tabung LPG yang sudah exp, dan ibu2 yang tidak mengerti cara merawat kompor LPG…

maka saya tuliskan di sini, supaya dapat memberikan informasi yang jelas tentang perawatan2 kompor.

:slight_smile: (jika ada pertanyaan silahkan posting) hehehe

hehehe nanti aq ganti avatarnya

sis Rita sudah melakukan pemeriksaan kompor belum?

Sudah , bos Tq sekali, sangat berguna.

Kompor2 gas yang bermasalah adalah kompor gas yang:

  1. Jika dimatikan, terdapat bunyi “blup”
  2. Jika dinyalakan, tidak langsung menyala… (sampai 2,3 kali baru nyala)
  3. Jika menyala, api merah… (LPG itu api biru, bukan api merah :D)

api merah, jangan2 dicampur dengan sesuatu… hehe… ada oknum yang mencari keuntungan dengan merugikan orang lain…

benar2 :slight_smile:
kalau ada orang servis datang ke rumah… lebih baik tolak saja :smiley:

dan kalau menyerviskan di orang lain jangan mau di tinggal (kompornya)
sebab takut di ganti sperpartnya (ori menjadi imitasi)

Begitu dong, manis bangat avatarnya.
Saya sudah kena , benarin oven, tidak mengerti , dibawa tanpa sepengetahuan saya, spare partnya di tukar, sebel bangat, jadi tidak dapat di pakai , karena tidak cocok, harus pesan spare part yang mahal lagi.

Memang harus ekstra hati2, total depravity, memang benar. :cheesy:

kalau sis Rita membutuhkan tukang servis sebaiknya pada langganan anda yang bisa dipercaya :smiley:

karena kompor Gas dahulu lebih baik (kualitasnya) daripada yang sekarang
sekarang seng aluminium cenderung tipis dan tidak kuat…
Kalau kompor dahulu, tebal dan kuat.

Setuju, sejak itu saya selalu memanggil merk yang saya pakai, untuk memanggil tukang servirnya, mereka tidak berani macam2 karena perusahaan besar, jadi lebih aman.

Iya , kompor sekarang menakutkan tipisnya, yang lama malah lebih tebal.

Hal Pilih Tabung sebaliknya melihat tanggal Exp (cat putih) disisi tabung

Hal tersebut: dimaksudkan supaya Tabung tersebut tidak korosi…
(pengikisan dalam tabung oleh akibat dari sering di isi ulang)

kalau bisa pakainya LPG yang tabung biru saja
jangan tabung hijau

soalnya nanti “meletus balon tabung hijau…DOOORRR”
kata tukang pleset lagu :cheesy:

Yup benar… :smiley: meski OOT dikit ;D

memang Tabung LPG *Biru * lebih aman dibandingkan dengan tabung hijau 3 Kg

mengapa?
karena sebenarnya LPG 3 Kg disebut irit, tetapi orang indonesia tidak mengukur kekuatan tabung tersebut…
Tekanan tabung LPG 3kg, lebih besar dari pada tekanan tabung biru (tanggung)

:smiley:

hijau ???

:smiley: thq :slight_smile:

Selangnya sekalian diberi penjelasan dong Liberty… biar lengkap.
Gimana cara pilih selang yang benar, macam selang yang bagaimana, baik buruknya, perawatannya dll.

Ditunggu ya, ga pake lama…
:slight_smile:
Thanks!

note: aku bukan ibu2 loh tapinya, tp boleh ikutan ya? :tongue:

mak tjhoa bikin repot aja

Selang pada kompor gas itu bukan selang biasa. Tetapi selang khusus yang dirancang untuk Gas.

Menurut saran saya, selang yang digunakan sekarang ini lebih baik jika menggunakan selang SNI dengan 500 PSI.

mengapa menggunakan selang 500 PSI?
sebab tekanan pada tabung gas biru untuk sekarang ini, adalah 380 PSI

cara merawat selang

  1. cucilah dengan air hanyat…2 mgg sekali.
  2. perhatikan selang anda pecah2 atau tidak
  3. jika terjadi pecah2 pada luar selang, lebih baik di ganti (untuk keamanan)
    Selang, tidak boleh kena minyak tanah… karena akan rusak…

Yang tidaksaya sarankan adalah menggunakan spiral

Spiral memang berguna untuk melindungi selang dari tumpahan minyak goreng, atau air panas. Tetapi jika terjadi kebocoran selang, akan sulit mengeceknya.

sekian :char17:

1 lagi…tambahan:
jangan lupa harus bertuliskan SNI :smiley:

Bukannya tulisan SNI gampang bikinnya?
Helm SNI banyak toh?
Banyak yang palsu… :o

btw, tante pipik memang bukan ibu2, tapi tante2…
Wkwkwk
:happy0025: