Tips Merawat laptop / notebook

Melalui tulisan sederhana kali ini akan disajikan berbagai tips sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop Anda dari kerusakan dini. Ini akan berguna dalam menambah umur laptop Anda.

  1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.

Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

  1. Jangan letakkan laptop di lantai.

Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

  1. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda.

Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.

  1. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.

Seringkali penulis jumpai seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?

  1. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.

Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.

  1. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas.

Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.

  1. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop.

Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

  1. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.

Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.
Semoga bermanfaat,

8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.

Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.
Semoga bermanfaat,

wah kebalikan sekali dengan sayah yg doyan ngoprek kompie…
notebook malah sengaja sayah bongkar, repair / upgrade sendiri :slight_smile:
sudah 7 merk notebook jadi korban bongkaran :))

  1. jangan asal saat taruh laptop (kadang2 lempar seenaknya)…

  2. jangan sentuh layar laptop pake tangan, kadang2 sulit dibersihin, apalagi kalo abis makan gorengan… :mad0261:

  3. habis pake laptop apalagi kalo ga pake batre, beresin kabel2nya yang rapi, biasanya kalo ga rapi bisa jadi bahan gigitan tikus… :smiley:

mo nambahin (dari hasil baca buku petunjuk laptop):
12. jangan tutup laptop selagi masih panas, usahakan dibiarkan dingin dulu kira-kira 10 menit, mencegah agar layar/screen tidak kusam

Usahakan 1 hari dalam 1 minggu kosongkan batre sampai habis (gunakan sampai lowbat) agar umur batre lebih panjang !! okey

yg lain blh tambah!!

pake cool pad lok laptop sering di pacu terlalu lama, paling harganya gak sampe 50 ribu.

aku pake netbook nih… cepet banget panasnya, padahal udah pake cooler dibawahnya! aku pernah liat ada kristal meth yg bisa nyerap panas gitu… ada yg tau ga??

FYI… untuk nambah info aja ^^ ni ada artikel dari majalah MacWorld punya Megindo, ada yg udah baca??

"Kini Mac Pro siap untuk memasuki era OpenCL

Komputer desktop paling bertenaga milik Apple, yaitu Mac Pro, baru-baru ini mendapat update yang signifikan dari segi kecepatan dan teknologi, sebagaimana diulas dalam edisi yang lalu (The New Apple Stuff, Macworld volume 12/2009). Di samping itu, masa-masa datangnya era komputasi baru sudah semakin dekat. Ya, sebentar lagi, Snow Leopard akan hadir, dan komputasi global akan mengalami kemajuan yang signifikan berkat OpenCL, teknologi komputasi menggunakan Graphics Processing Unit (GPU) yang digunakan untuk keperluan komputasi umum (General Purpose Computing) yang disematkan ke dalam inti sistem operasi terbaru besutan Apple tersebut. Kami juga pernah membahas OpenCL secara ekstensif pada Macworld yang sudah lalu (“OpenCL”, Macworld volume 06/2008).

Dari segi inti pemrosesan, atau prosesor, Mac Pro baru sudah menggunakan teknologi terdepan yang ada, yaitu Nehalem EP/ Xeon dengan empat, dan delapan inti. Dari segi memori, Mac Pro sudah menggunakan memori terbaru yaitu DDR3, dari segi tampilan, ia sudah mendukung teknologi tercanggih yaitu DisplayPort, dan dari segi penyimpanan, Mac Pro kini diperkuat dengan RAID system, SAS dan sistem kompartemen yang lebih memudahkan upgrade kapasitas dan modul. Satu-satunya sisi Mac Pro yang sebenarnya agak tertinggal dari semua itu adalah GPU, atau bisa kita sebut juga dengan kartu grafis.

Mac Pro datang dengan kartu grafis standar Nvidia GT 120 dengan 512MB on-board memory. Walau tampaknya kartu grafis ini lebih ‘baru’ dari Mac Pro terdahulu (ATI Radeon HD 2600 dengan 256MB RAM), tapi kartu grafis itu lebih lambat dari ATI Radeon HD 4850 512MB yang dipakai oleh sebuah iMac high-end. Untuk meningkatkan daya pemrosesan grafis Mac Pro secara signifikan, maka ATI merilis sebuah kartu grafis yaitu ATI Radeon HD 4870 1GB untuk Mac Pro seharga kurang lebih $300."