Tips Usir Nyamuk Dengan Tanaman

Mengusir Nyamuk Dengan Tanaman

Meskipun bentuknya kecil, nyamuk adalah serangga yang juga mematikan. Penyebaran virus dan penyakit mudah sekali dibawa oleh nyamuk. Hanya dengan hinggap di bagian kulit kita ataupun menggigitnya, kita bisa terkena kuman yang dibawa nyamuk.

Demam berdarah contohnya. Penyakit ini penyebarannya dibawa oleh nyamuk yang bernama Aedes Aegypti. Beberapa jenis obat pengusir nyamuk telah dikeluarkan untuk mengurangi tumbuh dan berkembang biaknya serangga itu.

Kalau anda tak tahan dengan aroma obat nyamuk, ada cara lain untuk mengatasinya.
Yaitu dengan meletakkan tanaman yang tidak disukai nyamuk di salah satu sudut rumah anda atau di pekarangan.

Beberapa jenis tanaman berikut berkhasiat untuk mengusir nyamuk.
Keistimewaan itu berasal dari bau menyengat yang keluar dari tanaman ini.

Tanaman hidup pengusir nyamuk adalah jenis tanaman yang dalam kondisi hidup mampu menghalau nyamuk. Artinya tanaman ini tidak perlu diolah terlebih dahulu.
Kemampuan jenis tanaman ini sebagai pengusir nyamuk bisa dianggap istimewa. Penyebabnya adalah bau menyengat yang keluar dari tanaman ini.

Bau menyengat inilah yang diduga tidak disukai serangga. Penggunaan tanaman ini cukup mudah, yaitu cukup diletakkan di dalam ruangan atau ditanam di pekarangan rumah. Tanaman apa sajakah itu?

  • Lavender

Tumbuhan lavender kerap kali digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Bunga lavender memiliki aroma yang sangat harum. Tak perlu diproses menjadi pelembab kulit, cukup gosokkan bunga ini ke tubuh, dijamin nyamuk tak ada yang mau nempel dengan kulit.

Tanaman yang merupakan keluarga Lamiaceae ini berbentuk seperti semak atau pohon kecil. Daunnya bertulang sejajar, memiliki bunga kecil berwarna ungu kebiruan yang tumbuh di ujung cabang. Aroma bunga itu sangat harum mirip kamper, yang tidak disukai serangga. Lavender tumbuh baik di ketinggian 500-1.300 m dpl. Semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyaknya.

  • Akar Wangi

Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau nyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Sri Murwarni (2002) berupa pemanfaatan ekstrak akar wangi untuk mengendalikan nyamuk Aedes aegypti dan Anopheles aconitus, yaitu meliputi uji hayati daya racun ekstrak akar wangi untuk LC50 maupun LT50 terhadap jentik nyamuk Aedes aegypti. Berdasarkan percobaan tersebut, maka dari uji toksitas yang dilakukan menunjukkan, ekstrak akar wangi dengan konsentrasi 0,20 persen dan 0,25 persen mampu membunuh larva nyamuk aedes aegypti kurang lebih dalam waktu dua jam.

  • Suren

Jika Anda memiliki lahan pekarangan luas dan dipenuhi dengan pepohonan, ada baiknya Anda menanam tumbuhan suren. Tanaman ini terbukti sangat ampuh mengusir nyamuk. Tumbuhan yang pohonnya berukuran 20 m ini memiliki daun dan kulit kayu yang beraroma tajam. Para petani kerap menanam suren di ladang-ladang persawahan mereka, karena suren dipercaya juga dapat mengusir hama serangga tanaman.

Berdasarkan penelitian, suren memiliki kandungan bahan surenon, surenin dan surenolakton yang berperan sebagai penghambat pertumbuhan, insektisida dan antifeedant (menghambat daya makan) terhadap larva serangga uji ulat sutera. Bahan-bahan tersebut juga terbukti merupakan repellant (pengusir atau penolak) serangga, termasuk nyamuk.

Cara penempatan tanaman ini bisa diletakkan di sudut-sudut ruangan dalam rumah, sebagai media mengusir nyamuk. Jumlah tanaman dalam ruangan tergantung luas ruangan. Sementara untuk penempatan di luar rumah/pekarangan, sebaiknya diletakkan dekat pintu, jendela atau lubang udara lainnya, sehingga aroma tanaman terbawa angin masuk ke dalam ruangan.

  • Zodia

Tanaman zodia adalah tumbuhan yang paling favorit sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang tak disukai serangga. Zat tersebut menghasilkan aroma yang tajam. Jika tertiup angin, aroma itu mudah sekali tersebar ke seluruh ruangan. Ada baiknya Anda menanam zodia dalam pot dan meletakkannya di salah satu sudut ruangan Anda, maka ruangan Anda terbebas dari nyamuk.

Di daerah asalnya Papua, masyarakat di sana sudah lama menggunakan tanaman ini sebagai penghalau serangga, khususnya nyamuk. Zodia memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine, sehingga menghasilkan aroma yang cukup tajam yang tidak disukai serangga. Selain itu, daun zodia yang terasa pahit, bisa digunakan sebagai obat tradisional, antara lain untuk menambah stamina tubuh, sementara rebusan kulit batangnya bermanfaat sebagai pereda demam malaria.

  • Geranium

Tanaman jenis perdu ini memiliki aroma yang cukup harum, namun tidak disukai serangga. Pasalnya, tanaman yang memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol ini bersifat antiseptik. Selain berkhasiat mengusir nyamuk, tanaman ini bisa menjadi penghijau ruangan Anda. Bentuknya yang indah bisa menjadikan tanaman ini sebagai media relaksasi mata.

  • Kemangi

Daun kemangi berkhasiat menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri payudara, dan batu ginjal. Selain itu, kemangi juga dapat mengatasi influenza, gangguan menstruasi, sakit telinga dan sakit kepala/migrain, infeksi usus, dan gangguan saraf. Tidak hanya itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

Zat flavonoid dalam kemangi mampu melindungi struktur sel tubuh dan berperan sebagai antibiotik alami. Kemangi juga kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Berbagai sumber: forum, blog, website

Wah postingan yang sangat bagus,tp manusia sepertiny lebih seru kalau membunuh nyamukny.

smoga berbahagia.

wah gimana ya, lavender

yang jelas di rumah pernah punya tanaman lavender, eh malah buat tempat berkumpulnya nyamuk-nyamuk

mahal kah?
dimana bisa dibeli?

jadi infonya ngga valid dong?

mungkin masalahnya bukan divalid atau tidak
tapi mungkin, nyamuk-nyamuk di tempatku sudah kebal sama lavender
untuk jelasnya tanya sama nyamuk yang bersangkutan kali ya? :stuck_out_tongue:

Kalau lavender ga mempan,masih ada 5 tanaman lagi yg bisa di uji.

smoga smua mahluk berbahagia

pake baygon kayanya lebih cepet yach :onion-head48:

kalo itu mah bukan ngusir nyamuk, tapi matiin :smiley:

Yoi… klo ngusir takutnya balik lageh

gunakan kipas angin…dan arahkan ke seluruh tubuh anda…dijamin nyamuknya ga bakalan bisa sentuh kulit kita;)

Yang ada, paru-paru basah datang ke tubuh Anda

haha bener nih ;D
mending pake lotion anti nyamuk deh :happy0062:

Pake obat nyamuk yang elektrik juga bisa…

kasih dikit donk darahmu… kan kasian mreka butuh tuk hidup… tar klo mreka punah gmn??

wkwkwkwk
klo gitu freezt sumbang darahnya aja dah…
:tongue:

tiap malam dah sumbang bang… digigit nyamuk terus

Saya juga pernah tanam lavender,dan puspa katanya sih bisa buat ngusir nyamuk, tetapi nyamuk tambah banyak karena kebun jadi rimbun lavender, ada tanaman lainnya juga yang konon bisa ngusir nyamuk yaitu tanaman rosemary, entah kebetulan atau bukan memang dikebun jadi tidak ada nyamuk setelah tanaman ini disebar tumbuh banyak.dan lumayan juga buat bumbu masak

Thanks for this info

:slight_smile:

Thanks for this info

:slight_smile: