tombol "Page up" & "Page Down" dipatenkan Microsoft

Jakarta - Microsoft memperoleh hak paten terhadap penggunaan tombol ‘Page Up’ dan ‘Page Down’. Padahal tombol itu sudah ada sejak eranya komputer IBM kurang lebih seperempat abad lalu.

Microsoft disebutkan mengajukan hak paten terhadap ‘Page Up’ dan ‘Page Down’ pada 2005. Pada Agustus 2008, hak paten itu diberikan oleh United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Seperti dikutip detikINET dari ZDNet, Senin (1/9/2008), paten bernomor 7,415,666 itu mendeskripsikan “metode dan sistem dalam penampil dokumen untuk melakukan scrolling pada ukuran yang tepat dalam sebuah dokumen, misalnya satu halaman, tanpa mempedulikan apakah zoom dilakukan sehingga hanya sebagian, semua atau satu halaman saja yang terlihat”.

ZDNet menyebutkan, paten itu menuliskan nama Timothy Sellers, Heather Grantham dan Joshua Dersch sebagai penemunya. Meskipun, tombol keyboard ‘Page Up’ dan ‘Page Down’ sudah ada sejak sekitar seperempat abad lalu. Misalnya pada keyboard untuk IBM PC di tahun 1981.

Dalam rangkuman paten itu, disebutkan bahwa menekan tombol ‘Page Up’ atau ‘Page Down’ akan membawa pengguna ke lokasi vertikal yang sama pada halaman berikutnya atau sebelumnya. Misalnya, ‘Page Up’ dari tengah halaman akan membawa pengguna ke tengah halaman sebelumnya.

Microsoft konon kerap mendapatkan dan mengajukan paten untuk teknologi atau temuan yang kontroversial. Pasalnya, banyak pihak mengaku temuan itu sudah pernah dilakukan oleh orang lain, berdasarkan pada temuan lain atau berdasarkan pada gagasan yang umum.

Beberapa paten Microsoft yang diperdebatkan termasuk untuk ‘scroll wheel’ dan ‘double-click’ alias klik ganda pada mouse. Microsoft saat ini telah memiliki hampir 10.000 paten yang dikabulkan oleh USPTO.

sumber
www.detikinet.com

Segala hal mau dipatenkan !!
Padahal jelas2 IBM yang lebih duluan. Memang Microsoft yang lebih mempopulerkan; Tapi tetap saja IBM lebih awal. Semua juga tahu; Tapi koq bisa lewat yach…
Jadi kepikiran batik yang ingin dipatenkan malaysia… susah dech!!

itu dy yang jadi masalah. kurang cepet! tapi IBM ga ada masalah tuh. orang cuma tombol aja kali pikirnya. :rolleye0014:

image IBM jg ga akan turun kalo ternyata tombol milik mereka di patenkan microsoft. ;D

“in-a-world-without-walls-and-fences-who-needs-windows-and-gates”