...

Perjanjian Lama
Kejadian
Keluaran
Imamat
Bilangan
Ulangan
Yosua
Hakim Hakim
Rut
1 Samuel
2 Samuel
1 Raja Raja
2 Raja Raja
1 Tawarikh
2 Tawarikh
Ezra
Nehemia
Ester
Ayub
Mazmur
Amsal
Pengkhotbah
Kidung Agung
Yesaya
Yeremia
Ratapan
Yehezkiel
Daniel
Hosea
Yoel
Amos
Obaja
Yunus
Mikha
Nahum
Habakuk
Zafanya
Hagai
Zakharia
Maleakhi

Deuterokanonika
Tobit
Yudit
1 Makabe
2 Makabe
Kebijaksanaan Salomo
Sirakh
Barukh
Vulgata Daniel
Vulgata Ester

Perjanjian Baru
Matius
Markus
Lukas
Yohanes
Kisah Para Rasul
Roma
1 Korintus
2 Korintus
Galatia
Efesus
Filipi
Kolose
1 Tesalonika
2 Tesalonika
1 Timotius
2 Timotius
Titus
Filemon
Ibrani
Yakobus
1 Petrus
2 Petrus
1 Yohanes
2 Yohanes
3 Yohanes
Yudas
Wahyu

4 Injil Perjanjian Baru ditulis oleh murid dari Para Rasul, sedangkan Alkitab disusun oleh murid dari murid Para Rasul pada abad ke 5.

Berbagai ahli theologi rata2 menyatakan sebagai berikut:
Markus: Tahun 73 (40 tahun setelah TUHAN YESUS naik kesurga)
Matius: 100 (70 tahun setelah TUHAN YESUS naik kesurga)
Lukas: 100 (70 tahun setelah TUHAN YESUS naik kesurga)
Johanes: 110 (80 tahun setelah TUHAN YESUS naik kesurga)

Jadi ke 4 Injil tersebut ditulis dengan rentang waktu 40-80 tahun setelah Kenaikan TUHAN YESUS.

Bandingkan dengan Paulus yaitu wafat pada tahun 64, berarti rata2 Injil ditulis 30 tahun setelah Paulus wafat

Yakobus Wafat tahun 44, berarti wafat 60 tahun sebelum Injil ditulis

Yohanes wafat tahun 100, sedangkan Injil Yohanes ditulis tahun 110

Andreas wafat tahun 60, sedangkan rata2 Injil ditulis tahun 100, berarti wafat 40 sebelum Injil ditulis

Barnabas wafat tahun 61

Matias wafat tahun 80

Petrus wafat tahun 64

Filipus wafat tahun 80

Thomas wafat tahun 72

Nah, jelaslah bahwa Injil ditulis oleh murid Para Rasul tersebut, salah satu contohnya adalah Titus Flavius Sabinus II yang bergelar Teofilus atau Sahabat Allah yang menulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul

Sedangkan Para Penyusun Alkitab adalah:

St Clement I dari Roma adalah murid dari Rasul Petrus

St Polycarpus adalah murid dari Rasul Yohanes Penginjil

Santo Ignatius dari Antiokia adalah murid dari Rasul Yohanes Penginjil

St Irenaeus adalah murid dari St Polycarpus

dan masih banyak lagi yang ikut menyusun menjadi seperti yang sekarang.

Pada tahun 382 Penentuan Kanon Kitab Suci, yaitu daftar resmi kitab-kitab yang dinyatakan sebagai Wahyu Allah dalam Alkitab, dalam Dekrit Paus St Damasus dan dipublikasikan oleh Konsili regional di Kartago pada tahun 397. Kanon tersebut didefinisikan secara resmi oleh Konsili Trente pada abad ke-16. Kanon tersebut disahkan oleh Otoritas Gereja pada abad ke 5, Gereja Barat di bawah Paus St Inosensius I, mengakui sebuah kanon Alkitab yang meliputi keempat Injil yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, yang sebelumnya telah ditetapkan pada sejumlah Sinode regional, yaitu Konsili Roma (382), Sinode Hippo (393), dan dua Sinode Karthago (397 dan 419). Kanon ini, yang sesuai dengan kanon Katolik modern, digunakan dalam Vulgata, sebuah terjemahan Alkitab dari awal abad ke-5 yang dikerjakan oleh St Hieronimus atas permintaan Paus Damasus I pada 382.

Alkitab pertama kali ditetapkan oleh Paus ke 37 yaitu Paus St Damasus:

St Petrus (33-64 atau 33-67)
St Linus dari Tuscany (67-76)
St Anacletus (atau Cletus) dari Roma (76-88)
St Clement I dari Roma (88-97)
St Evaristus dari Yunani (97-105)
St Alexander I dari Roma (105-115)
St Sixtus I dari Roma (115-125)
St Telesphorus dari Yunani (125-136)
St Hyginius dari Athena, Yunani (136-140)
St Pius I dari Aquileia (140-155)
St Anicetus dari Emesa, Syria (155-166)
St Soter dari Campagna, Italia (166-175)
St Eleutherius dari Nicopolis di Epirus, Yunani (175-189)
St Victor I dari Afrika (189-199)
St Zephyrinus dari Roma (199-217)
St Urban I dari Roma (222-230)
St Pontian dari Roma (230-235)
St Anterus dari Yunani (235-236)
St Fabian dari Roma (236-250)
St Cornelius dari Roma (251-253)
St Lucius I dari Roma (253-254)
St Stephen I dari Roma (254-257)
St Sixtus II dari Athena, Yunani (257-258)
St Dionysius, asal tidak diketahui (259-268)
St Felix I dari Roma (269-274)
St Eutychian dari Luni (275-283)
St Caius dari Dalmatia (283-296)
St Marcellinus dari Roma (296-304)
St Marcellus I dari Roma (308-309)
St Eusebius dari Calabria, Yunani (309-310)
St Melchiades atau Miltiades dari Afrika (311-314)
St Sylvester I dari Roma (314-335)
St Markus dari Roma (336)
St Julius I dari Roma (337-352)
St Liberius dari Roma (352-366)
St Damasus I dari Spanyol (366-384)

Kemudian disahkan oleh Paus St Inosensius I, Paus ke 40 St Innocentius I dari Albano (401-417)

Jumlah Kitab Perjanjian Lama (PL):

Yahudi 24 Kitab

Protestan 39 Kitab

Katolik 48 Kitab

Jumlah Kitab Perjanjian Baru (PB):

Katolik dan Protestan sama yaitu 27 Kitab termasuk Surat Para Rasul.

Pada dasarnya baik PL maupun PB antara Katolik dan Protestan tidak bertentangan untuk masalah substansi Kekristenan, kecuali dalam beberapa hal yang tidak terlalu berpengaruh pada ajaran pada PB seperti Purgatory dll.

Tanakh, Tanach atau Tanak adalah kata dalam bahasa Ibrani (תנך) yang merupakan singkatan huruf TNK dan artinya adalah:
Torah atau Taurat (Ajaran atau Hukum)
Nebi’im atau para Nabi
Ketubim atau Kitab yang isinya mengenai hagiografi atau kisah orang suci, puisi, atau nasihat-nasihat.
Tanakh dalam Kristen disebut Perjanjian Lama.

Yahudi 24 Kitab

Protestan 39 Kitab

Katolik 48 Kitab

Tanakh manuskrip yang asli telah musnah oleh musuh-musuh bangsa Israel, sedangkan manuskrip tertua berasal dari antara 150 SM dan 70 M, dimana waktunya cukup dekat dengan jaman para Rasul. Tanakh ditulis oleh para penyalin disebut “Kaum Masoret” secara turun temurun. Sementara itu proses kanonisasi terjadi antara 200 SM dan 200 Masehi.

Naskah tertua tersebut adalah Naskah Laut Mati yang merupakan kumpulan dari 972 teks Tanakh yang ditemukan di barat laut pantai Laut Mati, yang salah satunya berisi Kitab Henokh.

Naskah tersebut berhasil difoto digital sehingga walaupun naskah asli sudah rusak, namun foto digitalnya dapat menjadi bahan penelitian. Dari Gereja Katolik penelitian Naskah Laut Mati dipimpin oleh Ordo Dominikan.

Sementara itu Tanakh tulisan tangan kuno yang utuh sekarang ini adalah Kodeks B19 yang saat ini berada di Perpustakaan di St. Petersburg. Teks ini dikenal dengan nama Kodeks Leningradensis, yang juga dikenal dengan nama Kodeks Petropolitanus, ditulis pada tahun 1008 di Kairo dan merupakan teks tulisan tangan terbaik, sehingga para ilmuan Alkitab banyak mengacu kepada teks ini.

Sedangkan Kitab Kejadian sampai hari ini tidak diketahui siapa penulisnya. Kitab Kejadian pertama kali menurut sebagian ahli ditulis pada masa pembuangan babel, sebagian lagi tidak berani memberikan pendapatnya.

Kitab-kitab Tanakh versi Naskah Laut Mati:

Gua 1
1QIsa (sebuah salinan dari buku " Yesaya ")
1QIsa b (salinan kedua dari buku " Yesaya “)
1QS (” ha Serekh-Yahad “” atau Aturan Komunitas “) cf. 4QS aj = 4Q255-64, 5Q11
1QpHab (” Pesher on Habakuk “)
1QM (” Milhamah “atau” Perang Gulir “) cf. 4Q491, 4Q493; 11Q14?
1QH a (” Hodayot “atau” Nyanyian Rohani Thanksgiving “)
1QapGen ar (” Genesis Apocryphon “dalam bahasa Aram )
CTLevi ar (” Kairo Geniza Perjanjian Lewi “dalam bahasa Aram )
1QGen (” Kejadian “) = 1Q1
1QExod (” Exodus “) = 1Q2
1QpaleoLev (” Imamat “yang ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 1Q3
1QDeut a (” Ulangan “) = 1Q4
1QDeut b (” Ulangan “) = 1Q5
1QJudg (” Hakim “) = 1Q6
1QSam (” Samuel “) = 1Q7
1QIsa b (fragmen dari b 1QIsa gulir) = 1Q8
1QEzek (” Yehezkiel “) = 1Q9
1QPs a (” Mazmur “) = 1Q10
1QPs b (” Mazmur “) = 1Q11
1QPs c (” Mazmur ") = 1Q12
1QPhyl (58 fragmen dari sebuah " kemunafikan “) = 1Q13
1QpMic (” Pesher pada Mikha “) = 1Q14
1QpZeph (” Pesher pada Zefanya “) = 1Q15
1QpPs (” Pesher di Mazmur “) = 1Q16
1QJub a (” Yobel “) = 1Q17
1QJub b (” Yobel “) = 1Q18
1QNoah (” Kitab Nuh “) = 1Q19
1QapGen ar (fragmen dari " Kejadian Apocryphon “dalam bahasa Aram ) = 1Q20
1QTLevi ar (” Perjanjian Lewi “dalam bahasa Aram ) = 1Q21
1QDM (“Moshe Dibrê” atau “Kata-kata Musa”) = 1Q22
1QEnGiants ar a (” Book of Giants “dari” Henokh “teks dalam bahasa Aram ) = 1Q23
1QEnGiants b ar (” Book of Giants “dari” Henokh “teks dalam bahasa Aram ) = 1Q24
1Q25 (“Nubuatan kebenarannya diragukan”)
1Q26 (“Instruksi”)
1QMyst (“Misteri”) = 1Q27
1Q28 (fragmen dari judul " 1QS atau “” Aturan Komunitas “)
1QS a (” Peraturan Kongregasi “) = 1Q28a
1QS b (” Peraturan dari Berkat “atau” Aturan dari Benedictions “) = 1Q28b
1Q29 (“Liturgi Tiga Lidah Api”)
1Q30 (“Teks Liturgi”)
1Q31 (“Teks Liturgi”)
1QNJ ar (” Yerusalem Baru “teks dalam bahasa Aram ) = 1Q32 cf. 11Q18 ar
1Q33 (fragmen 1QM atau " Perang Gulir “)
1QLitPr (“Doa Liturgis” atau “Doa Festival”) = 1Q34
1QH b (” Hodayot “atau” Nyanyian Rohani Thanksgiving “) = 1Q35
1Q36-40 (“Komposisi Hymnic”)
1Q41-70 (Fragmen Tidak Rahasia)
1QDan a (” Daniel “) = 1Q71
1QDan b (” Daniel “) = 1Q72
Gua 2
2QGen (” Kejadian “) = 2Q1
2QExod a (” Exodus “) = 2Q2
2QExod b (” Exodus “) = 2Q3
2QExod c (” Exodus “) = 2Q4
2QpaleoLev (bagian dari " Imamat “11:22-29 ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 2Q5
2QNum a (” Bilangan “) = 2Q6
2QNum b (” Bilangan “) = 2Q7
2QNum c (” Bilangan “) = 2Q8
2QNum d (” Bilangan “) = 2Q9
2QDeut a (” Ulangan “) = 2Q10
2QDeut b (” Ulangan “) = 2Q11
2QDeut c (” Ulangan “10:8-12) = 2Q12
2QJer (” Yeremia “) = 2Q13
2QPs (” Mazmur “) = 2Q14
2QJob (” Ayub “33:28-30) = 2Q15
2QRuth a (” Ruth “) = 2Q16
2QRuth b (” Ruth “) = 2Q17
2QSir (” Sirakh “atau” Kebijaksanaan YESUS ben Sira “atau” Sirakh “) = 2Q18
2QJub a (” Yobel “) = 2Q19
2QJub b (” Yobel “) = 2Q20
2QapMoses (“Apocryphon Musa”) = 2Q21
2QapDavid? (“Apocryphon Daud?”) = 2Q22
2QapProph (“Nubuatan kebenarannya diragukan”) = 2Q23
2QNJ ar (” Yerusalem Baru “teks dalam bahasa Aram ) = 2Q24 cf. 1Q32 ar, ar 11Q18
2Q25 (“Teks Yuridis”)
2QEnGiants ar (” Book of Giants “dari” Henokh “dalam bahasa Aram ) = 2Q26 cf. 6Q8
2Q27-33 (teks yang tidak teridentifikasi)
Gua 3
3QEzek (” Yehezkiel “16:31-33) = 3Q1
3QPs (” Mazmur “2:6-7) = 3Q2
3QLam (” Ratapan “) = 3Q3
3QpIsa (” Pesher pada Yesaya “) = 3Q4
3QJub (” Yobel “) = 3Q5
3QHymn (sebuah lagu tak dikenal) = 3Q6
3QTJudah? (” Perjanjian Yehuda “?) = 3Q7 cf. 4Q484, 4Q538
3Q8 (fragmen dari sebuah teks tak dikenal)
3Q9 (teks sektarian mungkin tak dikenal)
3Q10-11 (fragmen unclassified)
3Q12-13 (unclassified bahasa Aram fragmen)
3Q14 (fragmen unclassified)
3QCopper Geser (“The Copper Scroll “) = 3Q15
Gua 4
Kel 4QGen-a (” Kejadian dan Keluaran “) = 4Q1
4QGen b (” Kejadian “) = 4Q2
4QGen c (” Kejadian “) = 4Q3
4QGen d (” Kejadian “1:18-27) = 4Q4
4QGen e (” Kejadian “) = 4Q5
4QGen f (” Kejadian “48:1-11) = 4Q6
4QGen g (” Kejadian “) = 4Q7
4QGen h1 (” Kejadian “1:8-10) = 4Q8
4QGen h2 (” Kejadian “2:17-18) = 4Q8a
4QGen h-ayat (bentuk lain dari " Kejadian “12:4-5) = 4Q8b
4QGen h-title (judul sebuah " Kejadian naskah “) = 4Q8c
4QGen j (” Kejadian “) = 4Q9
4QGen k (” Kejadian “) = 4Q10
4QpaleoGen-Kel l (” Kejadian dan Keluaran “ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 4Q11
4QpaleoGen m (” Kejadian “ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 4Q12
4QExod b (” Exodus “) = 4Q13
4QExod c (” Exodus “) = 4Q14
4QExod d (” Exodus “) = 4Q15
4QExod e (” Exodus “13:3-5) = 4Q16
4QExod-Lev f (” Keluaran dan Imamat “) = 4Q17
4QExod g (” Exodus “14:21-27) = 4Q18
4QExod h (” Exodus “6:3-6) = 4Q19
4QExod j (” Exodus “) = 4Q20
4QExod k (” Exodus “36:9-10) = 4Q21
4QpaleoExod m (” Exodus “ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 4Q22
Num 4QLev-a (” Imamat dan Bilangan “) = 4Q23
4QLev b (” Imamat ) = 4Q24
4QLev c (” Imamat ) = 4Q25
4QLev d (” Imamat ) = 4Q26
4QLev e (” Imamat ) = 4Q26a
4QLev g (” Imamat ) = 4Q26b
4QNum b (” Bilangan “) = 4Q27
4QCant b (” Pesher pada kidung atau " Pesher di Kidung Agung ) = 4Q107
4QCant c (” Pesher pada kidung atau " Pesher di Kidung Agung ) = 4Q108
4Q112 (” Daniel “)
4Q123 (“Yosua Ditulis ulang”)
4Q127 (“Keluaran Ditulis ulang”)
4Q128-148 (berbagai tefillin )
4Q156 (” Targum dari Imamat “)
4Q157 (” Targum Ayub “) = 4QtgJob
4QRP a (“Pentateukh Ditulis ulang”) = 4Q158
4Q161-164 (” Pesher pada Yesaya “)
4Q166-167 (” Pesher pada Hosea “)
4Q169 (” Pesher pada Nahum “)
4Q174 (“florilegium” atau “Midrash pada Hari Terakhir”)
4Q175 (“Anthology Mesianik” atau “Testimonia”)
4Q179 (“Ratapan”) cf. 4Q501
4Q196-200 (” Tobit “)
4Q213-214 (” bahasa Aram Levi “)
4Q215 (” Perjanjian Naftali “)
4QCant a (” Pesher pada kidung atau " Pesher pada Kidung Agung “) = 4Q240
4Q246 (” bahasa Aram Wahyu ) atau " Anak Allah teks "
4Q252 (” Pesher pada Kejadian “)
4Q258 (” Serekh ha-Yahad “atau” Aturan Komunitas “) cf. 1QS d
4Q265-273 (” CD atau " Dokumen Damaskus “) cf 4Q266/272. 4QD / a g =, 4QD e / = 4Q266/270, 5Q12, 6Q15, 4Q265-73
4Q285 (“Peraturan Perang”) cf. 11Q14
4QRP b (“Pentateukh Ditulis ulang”) = 4Q364
4QRP c (“Pentateukh Ditulis ulang”) = 4Q365
4QRP c (“Pentateukh Ditulis ulang”) = 4Q365a (4QTemple =?)
4QRP d (“Pentateukh Ditulis ulang”) = 4Q366
4QRP e (“Pentateukh Ditulis ulang”) = 4Q367
4Q415-418 (“Musar leMevin”) = 4QInstruction , “budiman Kerja A”
4Q434 (“Barkhi Napshi - Mazmur kebenarannya diragukan”) (15 fragmen himne kemungkinan syukur, memuji Tuhan untuk kuasa-Nya dan terima kasih mengekspresikan)
4QMMT (” Ha Miqsat Ma’ase-Taurat “atau” MMT “atau” Beberapa Sila Hukum “atau” Surat Halakhic “) cf. 4Q394-399
4Q400-407 (” Lagu-lagu Kurban hari Sabat “atau” Liturgi Angelic “) cf. 11Q5-6
4Q448 (” Hymne Jonathan King “)
4Q511 (“Songs of Sage”)
4Q521 (“Apocalypse Mesianik”)
4Q539 (” Perjanjian Yusuf “)
4Q554-5 (“Yerusalem Baru”) cf. 1Q32, 2Q24, 5Q15, 11Q18
Gua 5
5QDeut (” Ulangan “) = 5Q1
5QKgs (” 1 Raja-Raja “) = 5Q2Joshua”) = 5Q9
5Q10 Apocryphon Maleakhi
Aturan 5Q11 Masyarakat
5Q12 Damaskus Dokumen
5Q13 Peraturan
5Q14 Kutukan
5Q15 Yerusalem Baru
5Q16-25 unclassified
5QX1 Kulit fragmen
Gua 6
6QpaleoGen (bagian dari " Kejadian "6:13-21 ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 6Q1
6QpaleoLev (bagian dari " Imamat “8:12-13 ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 6Q2
Ulangan 6Q3
6Q4 Kings
6QCant (” kidung “atau” Kidung Agung “) = 6Q6
6Q7 Daniel
6QpapEnGiants (” Book of Giants “dari” Henokh “) = 6Q8
6Qpap apSam-Kgs (“Apocryphon Samuel-Raja”) = 6Q9
6QpapProph (sebuah fragmen kenabian tak dikenal) = 6Q10
6Q11 (“Alegori pokok anggur”)
6QapocProph (sebuah nubuatan apokrif) = 6Q12
6QPriestProph (“Imam Prophecy”) = 6Q13
6QD (” Dokumen Damaskus ") = 6Q15
6QpapBened (“Do’a”) = 6Q16
6Q17 kalender Dokumen
6Q18 Himne
6Q19 Kejadian
Ulangan 6Q20
6Q21 Nabi teks?
6Q22-6QX2 Unclassified
6Q23 (“Kata-kata dari Michael”; Malaikat Agung) cf. 4Q529
Gua 7
7QLXXExod (bagian dari " Keluaran “dari Septuaginta ) = 7Q1
7QLXXEpJer (” Surat Yeremia “= Barukh 6) = 7Q2
7Q3 Alkitabiah Teks?
7QpapEn gr (” Henokh “) = 7Q4, 8, 11-14
7Q5 Alkitab Teks
7Q6, 7, 9, 10 unclassified
7Q15-18 unclassified
7Q19 jejak
Gua 8
8QGen (” Kejadian “) = 8Q1
8QPs (” Mazmur ") = 8Q2
8QPhyl (fragmen dari sebuah " kemunafikan ") = 8Q3
8QMez (bagian dari " Ulangan “10:12-11:21 dari Mezuzah ) = 8Q4
8QHymn (sebuah himne sebelumnya tak dikenal) = 8Q5
8QX1 Tabs
8QX2-3 Thongs
Gua 9
9Qpap (fragmen tak dikenal)
Gua 10
10Q1 ostracon
Gua 11
11QpaleoLev a (” Imamat “yang ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 11Q1
11QpaleoLev b (” Imamat “yang ditulis dalam bahasa Ibrani Palaeo- script) = 11Q2
11QDeut (” Ulangan “) = 11Q3
11QEz (” Yehezkiel “) = 11Q4
11QPs a (” Mazmur “) = 11Q5
11QPs b (” Mazmur “) = 11Q6
11QPs c (” Mazmur “) = 11Q7
11QPs d (” Mazmur “) = 11Q8
11QPs e (” Mazmur “) = 11Q9
11QtgJob (” Targum of Job ") = 11Q10
11QapocrPs ("kebenarannya diragukan Mazmur “) = 11Q11
11QJub (” Yobel “) = 11Q12
11QMelch (” Surgawi Melkisedek Pangeran ") = 11Q13
11QSM (“Sefer Ha-Milhamah” atau " Book Of War “) = 11Q14. cf. 1QM?
11QHymns a = 11Q15
11QHymns b = 11Q16
11QShirShabb (” Songs of Kurban hari Sabat “) = 11Q17
11QNJ ar (” Yerusalem Baru “teks dalam bahasa Aram ) = 11Q18 cf. 1Q32, 2Q24
11QT a (” Temple Geser “) = 11Q19
11QT b (” Temple Geser ") = 11Q20
11Q21 teks Ibrani
11Q22-28 unclassified
11Q29 Serekh ha-Yahad terkait
11Q30 unclassified
11Q31 unclassified
XQ1-4 Phylacteries
XQ5 fragmen
XQ6 offering

Deuterokanonika

Kata ‘kanon’ semula berarti ‘buluh’ dan merupakan kata pinjaman dari bahasa Semit yang juga meminjamnya dari bahasa Sumer. Karena buluh dipakai untuk mengukur maka akhirnya kata ini dipakai sebagak istilah yang berhubungan dengan pengukuran.

Dalam hal kitab suci, kanon adalah sebuah istilah teknis yang berarti buku-buku yang dianggap bermuatan ‘keilahian’ dan dengan demikian dianggap layak masuk dalam Kitab Suci. Dalam hal Perjanjian Lama, ada dua kanon yang paling dikenal, yaitu kanon Ibrani dan kanon Yunani. Yang pertama menerima 39 kitab yang dalam ilmu Perjanjian Lama dikenal sebagai Torah, Nabi-nabi, dan Kitab-kitab. Kanon yang satu lagi, yaitu Kanon Yunani, selain 39 kitab ini memasukkan juga tambahan kitab-kitab lain. Tambahan kitab ini dalam Gereja Katolik dikenal sebagai kitab-kitab Deuterokanonika (Kanon Kedua) , sedangkan 39 kitab yang lain dikenal sebagai Protokanonika (Kanon Pertama).

Konsili Trent (1546) dan Vatikan I (1870) memutuskan bahwa baik kitab Protokanonika maupun Deuterokanonika sama-sama memiliki kewibawaan sebagai kitab suci. Adapun dalam Gereja Protestan, kitab Deuterokanonika tidak diterima sebagai bagian dari kanon, dan disebut dengan nama Apokrifa (artinya: tersembunyi) dan. Sementara, dalam Gereja Katolik, Apokrifa sendiri adalah juga sebutan untuk kitab-kitab yang oleh gereja-gereja Protestan dikenal sebagai Pseudoepigrafa.

Sejarah Gereja (Protestan) mencatat beberapa pandangan yang berbeda mengenai status Apokrifa atau Deuterokanonika. Luther misalnya, memandang Apokrifa sebagai kitab-kitab yang tidak kanonik, tapi berharga dan layak untuk dibaca. Itu sebabnya, dalam Alkitab terjemahannya yang berbahasa Jerman (1534), Luther menyertakan juga Apokrifa. Lain Luther, lain lagi Calvin, menurut reformatoris ini dan pengikutnya, kitab-kitab Apokrifa cenderung bersifat kontroversial dalam gereja, tidak memiliki wewenang keilahian, dan menjadi sumber pengajaran yang keliru.

Dalam Alkitab terjemahan Luther (1534), kitab-kitab Deuterokanonika ditempatkan di antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, tidak lagi sebagai bagian dari Perjanjian Lama sebagaimana terdapat dalam Septuaginta. Praktik ini lalu diikuti oleh beberapa terbitan lain seperti The Coverdale Version dalam bahasa Inggris (1535), The Olivetan Bible dalam bahasa Perancis (1535), dan The Reins Valera Bible dalam bahasa Spanyol (1602).

Sementara itu, yang mengikuti alur pikiran Calvin dan kawan-kawan tercermin dalam misalnya Confessio Belgica (1561) dan Westminster Confession (1647). Dua perbedaan pandangan ini mewarnai sejarah gereja-gereja Protestan pada awal berdirinya. Lembaga Alkitab Inggris (British and Foreign Bible Society (BFBS,) berdiri pada tahun 1804, dan diikuti dengan lembaga-lembaga Alkitab lain yang kemudian bergabung dalam Persekutuan Lembaga Alkitab Sedunia (United Bible Societies). Pada awal berdirinya lembaga Alkitab, dualisme pandangan di atas juga tercermin di dalamnya.

Hal ini misalnya tampak dalam anjuran BFBS yang menasihatkan cabang-cabangnya untuk tidak menyertakan Deuterokanonika dalam terjemahan maupun dalam terbitan mereka. Tetapi, dalam kenyataannya, beberapa cabang di Benua Eropa lebih memilih untuk melayani umat yang menginginkan adanya Alkitab dengan kitab-kitab Deuterokanonika di dalamnya. Bisa dikatakan, pada dekade-dekade selanjutnya lembaga-lembaga Alkitab di negara-negara Anglo-Saxon termasuk American Bible Society lebih menampakkan pengaruh reformasi.

Sementara di negara-negara dengan Lutheran sebagai gereja negara, Deuterokanonika diterjemahkan, diterbitkan, dan didistribusikan dengan tanpa keraguan sedikitpun. Pada dekade tahun 1960, sikap lembaga Alkitab makin pasti terhadap terbitan Deuterokanonika. Bersamaan dengan itu, melalui Konsili Vatikan II Gereja Katolik pun memutuskan untuk melayankan misa dalam bahasa nasional suatu negara. Hal ini berarti mesti tersedia Alkitab dalam banyak bahasa yang penuturnya adalah umat Katolik.

  • Dikutip dari Lembaga Alkitab Indonesia

Gereja Katolik melandaskan Perjanjian Lama pada Kanon Alexandria - lebih dari satu abad sebelum kelahiran YESUS KRISTUS - yang menetapkan 43 kitab yang disebut Septuagint sebagai kitab-kitab Perjanjian Lama. Kaum Protestan melandaskan Perjanjian Lama pada Kanon Palestina yang diadakan oleh imam-imam Yahudi untuk memerangi umat Kristen, sekitar tahun 100 Masehi. Perlu ditegaskan disini bahwa baik YESUS maupun para murid-muridNya menggunakan Septuagint yaitu berdasarkan Kanon Alexandria. Pertanyaannya sekarang adalah: Tidakkah anda sebagai umat Kristen, mestinya memakai Kitab Perjanjian Lama yang dipergunakan oleh YESUS dan para murid-muridNya, dan bukan malahan menggunakan versi Perjanjian Lama yang ditetapkan oleh para imam Yahudi yang justru menindas umat Kristen?

Kata Deuterokanonika berasal dari Bahasa Yunani yang artinya ‘termasuk kanon kedua’.

Mengenai istilah deuterokanonika secara internal Katolik tidak dikenal, karena dianggap sama, namun disebut ketika secara external, karena secara waktu penulisan naskah dan pemakaian, lebih dahulu protokanonika Yahudi yang dikenal dengan nama Tanakh, naskah tertua yang diketahui ditulis tahun 600 BC adalah Num 6:24–27, sedangkan naskah tertua deuterokanonika adalah 2 Maccabees pada tahun 124 BC, demikian juga dengan pengakuan pemakaian adalah protokanonika Yahudi yang dijaga turun temurun oleh “Kaum Masoret” dan “Kursi Musa”, sedangkan kitab-kitab deuterokanonika dikenal 200 tahun BC.

Sementara itu proses kanonisasi protokanonika Yahudi terjadi antara 200 SM dan 200 Masehi (Council of Jamnia 100 Masehi), sedangkan proses kanonisasi deuterokanonika terjadi antara 300 Masehi dan 400 Masehi.

Itulah sebabnya disebut deuterokanonika:

Deutero:
deutero- or deuter-
pref.
Second; secondary: deuterocanonical.
[Greek deuteros, second, secondary; see deu-1 in Indo-European roots.]
The American Heritage® Dictionary of the English Language, Fourth Edition copyright ©2000 by Houghton Mifflin Company. Updated in 2009. Published by Houghton Mifflin Company. All rights reserved.

deutero-, deuto- before a vowel, deuter-, deut-
combining form

  1. second or secondary deuterogamy deuterium
  2. (Chemistry) indicating the presence of deuterium
    [from Greek deuteros second]
    Collins English Dictionary – Complete and Unabridged © HarperCollins Publishers 1991, 1994, 1998, 2000, 2003

Kanon Pertama Katolik abad ke 3, Kanon Kedua (Deuterokanonika) Katolik terjadi pada abad ke 4, sedangkan Kanon Lutheran (Protestan) yaitu 66 kitab pada abad ke 16.

DEUTEROCANONICAL BOOKS
IN THE NEW TESTAMENT

Scripture

Matt. 2:16 - Herod’s decree of slaying innocent children was prophesied in Wis. 11:7 - slaying the holy innocents.

Matt. 6:19-20 - JESUS’ statement about laying up for yourselves treasure in heaven follows Sirach 29:11 - lay up your treasure.

Matt… 7:12 - JESUS’ golden rule “do unto others” is the converse of Tobit 4:15 - what you hate, do not do to others.

Matt. 7:16,20 - JESUS’ statement “you will know them by their fruits” follows Sirach 27:6 - the fruit discloses the cultivation.

Matt. 9:36 - the people were “like sheep without a shepherd” is same as Judith 11:19 - sheep without a shepherd.

Matt. 11:25 - JESUS’ description “Lord of heaven and earth” is the same as Tobit 7:18 - Lord of heaven and earth.

Matt. 12:42 - JESUS refers to the wisdom of Solomon which was recorded and made part of the deuterocanonical books.

Matt. 16:18 - JESUS’ reference to the “power of death” and “gates of Hades” references Wisdom 16:13.

Matt. 22:25; Mark 12:20; Luke 20:29 - Gospel writers refer to the canonicity of Tobit 3:8 and 7:11 regarding the seven brothers.

Matt. 24:15 - the “desolating sacrilege” JESUS refers to is also taken from 1 Macc. 1:54 and 2 Macc. 8:17.

Matt. 24:16 - let those “flee to the mountains” is taken from 1 Macc. 2:28.

Matt. 27:43 - if He is God’s Son, let God deliver him from His adversaries follows Wisdom 2:18.

Mark 4:5,16-17 - JESUS’ description of seeds falling on rocky ground and having no root follows Sirach 40:15.

Mark 9:48 - description of hell where their worm does not die and the fire is not quenched references Judith 16:17.

Luke 1:42 - Elizabeth’s declaration of Mary’s blessedness above all women follows Uzziah’s declaration in Judith 13:18.

Luke 1:52 - Mary’s magnificat addressing the mighty falling from their thrones and replaced by lowly follows Sirach 10:14.

Luke 2:29 - Simeon’s declaration that he is ready to die after seeing the Child JESUS follows Tobit 11:9.

Luke 13:29 - the Lord’s description of men coming from east and west to rejoice in God follows Baruch 4:37.

Luke 21:24 - JESUS’ usage of “fall by the edge of the sword” follows Sirach 28:18.

Luke 24:4 and Acts 1:10 - Luke’s description of the two men in dazzling apparel reminds us of 2 Macc. 3:26.

John 1:3 - all things were made through Him, the Word, follows Wisdom 9:1.

John 3:13 - who has ascended into heaven but He who descended from heaven references Baruch 3:29.

John 4:48; Acts 5:12; 15:12; 2 Cor. 12:12 - JESUS’, Luke’s and Paul’s usage of “signs and wonders” follows Wisdom 8:8.

John 5:18 - JESUS claiming that God is His Father follows Wisdom 2:16.

John 6:35-59 - JESUS’ Eucharistic discourse is foreshadowed in Sirach 24:21.

John 10:22 - the identification of the feast of the dedication is taken from 1 Macc. 4:59.

John 10:36 – JESUS accepts the inspiration of Maccabees as He analogizes the Hanukkah consecration to His own consecration to the Father in 1 Macc. 4:36.

John 15:6 - branches that don’t bear fruit and are cut down follows Wis. 4:5 where branches are broken off.

Acts 1:15 - Luke’s reference to the 120 may be a reference to 1 Macc. 3:55 - leaders of tens / restoration of the twelve.

Acts 10:34; Rom. 2:11; Gal. 2:6 - Peter’s and Paul’s statement that God shows no partiality references Sirach 35:12.

Acts 17:29 - description of false gods as like gold and silver made by men follows Wisdom 13:10.

Rom 1:18-25 - Paul’s teaching on the knowledge of the Creator and the ignorance and sin of idolatry follows Wis. 13:1-10.

Rom. 1:20 - specifically, God’s existence being evident in nature follows Wis. 13:1.

Rom. 1:23 - the sin of worshipping mortal man, birds, animals and reptiles follows Wis. 11:15; 12:24-27; 13:10; 14:8.

Rom. 1:24-27 - this idolatry results in all kinds of sexual perversion which follows Wis. 14:12,24-27.

Rom. 4:17 - Abraham is a father of many nations follows Sirach 44:19.

Rom. 5:12 - description of death and sin entering into the world is similar to Wisdom 2:24.

Rom. 9:21 - usage of the potter and the clay, making two kinds of vessels follows Wisdom 15:7.

1 Cor. 2:16 - Paul’s question, “who has known the mind of the Lord?” references Wisdom 9:13.

1 Cor. 6:12-13; 10:23-26 - warning that, while all things are good, beware of gluttony, follows Sirach 36:18 and 37:28-30.

1 Cor. 8:5-6 - Paul acknowledging many “gods” but one Lord follows Wis. 13:3.

1 Cor. 10:1 - Paul’s description of our fathers being under the cloud passing through the sea refers to Wisdom 19:7.

1 Cor. 10:20 - what pagans sacrifice they offer to demons and not to God refers to Baruch 4:7.

1 Cor. 15:29 - if no expectation of resurrection, it would be foolish to be baptized on their behalf follows 2 Macc. 12:43-45.

Eph. 1:17 - Paul’s prayer for a “spirit of wisdom” follows the prayer for the spirit of wisdom in Wisdom 7:7.

Eph. 6:14 - Paul describing the breastplate of righteousness is the same as Wis. 5:18. See also Isaiah 59:17 and 1 Thess. 5:8.

Eph. 6:13-17 - in fact, the whole discussion of armor, helmet, breastplate, sword, shield follows Wis. 5:17-20.

1 Tim. 6:15 - Paul’s description of God as Sovereign and King of kings is from 2 Macc. 12:15; 13:4.

2 Tim. 4:8 - Paul’s description of a crown of righteousness is similar to Wisdom 5:16.

Heb. 4:12 - Paul’s description of God’s word as a sword is similar to Wisdom 18:15.

Heb. 11:5 - Enoch being taken up is also referenced in Wis 4:10 and Sir 44:16. See also 2 Kings 2:1-13 & Sir 48:9 regarding Elijah.

Heb 11:35 - Paul teaches about the martyrdom of the mother and her sons described in 2 Macc. 7:1-42.

Heb. 12:12 - the description “drooping hands” and “weak knees” comes from Sirach 25:23.

James 1:19 - let every man be quick to hear and slow to respond follows Sirach 5:11.

James 2:23 - it was reckoned to him as righteousness follows 1 Macc. 2:52 - it was reckoned to him as righteousness.

James 3:13 - James’ instruction to perform works in meekness follows Sirach 3:17.

James 5:3 - describing silver which rusts and laying up treasure follows Sirach 29:10-11.

James 5:6 - condemning and killing the “righteous man” follows Wisdom 2:10-20.

1 Peter 1:6-7 - Peter teaches about testing faith by purgatorial fire as described in Wisdom 3:5-6 and Sirach 2:5.

1 Peter 1:17 - God judging each one according to his deeds refers to Sirach 16:12 - God judges man according to his deeds.

2 Peter 2:7 - God’s rescue of a righteous man (Lot) is also described in Wisdom 10:6.

Rev. 1:4 – the seven spirits who are before his throne is taken from Tobit 12:15 – Raphael is one of the seven holy angels who present the prayers of the saints before the Holy One.

Rev. 1:18; Matt. 16:18 - power of life over death and gates of Hades follows Wis. 16:13.

Rev. 2:12 - reference to the two-edged sword is similar to the description of God’s Word in Wisdom 18:16.

Rev. 5:7 - God is described as seated on His throne, and this is the same description used in Sirach 1:8.

Rev. 8:3-4 - prayers of the saints presented to God by the hand of an angel follows Tobit 12:12,15.

Rev. 8:7 - raining of hail and fire to the earth follows Wisdom 16:22 and Sirach 39:29.

Rev. 9:3 - raining of locusts on the earth follows Wisdom 16:9.

Rev. 11:19 - the vision of the ark of the covenant (Mary) in a cloud of glory was prophesied in 2 Macc. 2:7.

Rev. 17:14 - description of God as King of kings follows 2 Macc. 13:4.

Rev. 19:1 - the cry “Hallelujah” at the coming of the new Jerusalem follows Tobit 13:18.

Rev. 19:11 - the description of the Lord on a white horse in the heavens follows 2 Macc. 3:25; 11:8.

Rev. 19:16 - description of our Lord as King of kings is taken from 2 Macc. 13:4.

Rev. 21:19 - the description of the new Jerusalem with precious stones is prophesied in Tobit 13:17.

Exodus 23:7 - do not slay the innocent and righteous - Dan. 13:53 - do not put to death an innocent and righteous person.

1 Sam. 28:7-20 – the intercessory mediation of deceased Samuel for Saul follows Sirach 46:20.

2 Kings 2:1-13 – Elijah being taken up into heaven follows Sirach 48:9.

2 Tim. 3:16 - the inspired Scripture that Paul was referring to included the deuterocanonical texts that the Protestants removed. The books Baruch, Tobit, Maccabees, Judith, Sirach, Wisdom and parts of Daniel and Esther were all included in the Septuagint that JESUS and the apostles used.

Sirach and 2 Maccabees – some Protestants argue these books are not inspired because the writers express uncertainty about their abilities. But sacred writers are often humble about their divinely inspired writings. See, for example, 1 Cor. 7:40 – Paul says he “thinks” that he has the Spirit of God.

The Protestants attempt to defend their rejection of the deuterocanonicals on the ground that the early Jews rejected them. However, the Jewish councils that rejected them (e.g., School of Javneh (also called “Jamnia” in 90 - 100 A.D.) were the same councils that rejected the entire New Testatment canon. Thus, Protestants who reject the Catholic Bible are following a Jewish council that rejected CHRIST and the Revelation of the New Testament.

Bukti Deuterokanonika:

Sejarah Kekristenan & Alkitab
Tahun 1 AD adalah tahun pertama dalam kalender Kristen (tidak ada tahun nol), yaitu kalender yang saat ini dipergunakan (berbarengan dengan kalender Gregorian) di hampir setiap tempat di dunia, karena saat ini didominasi oleh dunia Barat. Secara tradisional, ini dianggap tahun kelahiran Yesus, namun sebagian besar sarjana modern berpendapat bahwa kelahiran-Nya adalah lebih awal, dan yang paling disetujui adalah antara 6 SM dan 4 sebelum Masehi.
6 Herodes Arkhelaus digulingkan oleh Augustus; Samaria, Yudea, dan Idumea dianeksasi sebagai Provinsi Yudea di bawah pemerintahan Romawi langsung, ibukota di Kaisarea, Quirinius menjadi Wakil (Gubernur) dari Suriah, dilakukan Sensus Quirinius, ditentang oleh Zelot(Lukas 2:1-3, Kisah Para Rasul 5:37)
7-26 Periode perdamaian singkat, relatif bebas dari pemberontakan dan pertumpahan darah di Yudea & Galilea
9 Farisi pemimpin Hillel the Elder mati, sementara Samai bangkit
14-37 Tiberius, Kaisar Romawi
18-36 Imam Kayafas, diangkat oleh Prefek Valerius Gratus, digulingkan oleh Wakil Suriah Lucius Vitellius
19 orang-orang Yahudi, penganut agama Yahudi, Astrolog, diusir dari Roma
26-36 Pontius Pilatus, Residen (gubernur) Yudea, dipanggil kembali ke Roma oleh Wakil Suriah Vitellius perihal pengaduan kekerasan yang berlebihan
28 atau 29 Yohanes Pembaptis memulai pelayanannya pada tahun “15 Tiberius” (Lukas 3:1-2), berkata: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat” (Matius 3:1-2), seorang sanak dari Yesus (Lukas 1:36), seorang nazir (Lukas 1:15), membaptis Yesus (Markus 1:4-11), kemudian ditangkap dan dipenggal oleh Herodes Antipas (Lukas 3:19-20), mungkin saja, menurut kronologi Josephus, Yohanes tidak dibunuh sampai tahun 36.

Zaman Rasul-Rasul (±30-100)

Tak lama setelah kematian (14 atau 15 Nisan), kebangkitan, Amanat Agung dan kenaikan Yesus, gereja Yerusalem didirikan sebagai gereja Kristen pertama dengan sekitar 120 orang Yahudi dan penganut agama Yahudi (Kisah Para Rasul 1:15), diikuti oleh Pentakosta (6 Sivan), peristiwa Ananias dan Safira, pembelaan Gamaliel (5:34-39), perajaman Stefanus dan penyebaran selanjutnya dari gereja (7:54-8:8) yang mengakibatkan pertobatan dukun Simon di Samaria (8:9-24), dan juga seorang sida-sida Etiopia (8:26-40). Pertobatan Paulus di jalan menujuDamsyik yang mengubah ia menjadi “Rasul bagi bangsa-bangsa” adalah yang pertama dicatat dalam 9:13-16 dan Galatia 1:11-24. Petrus membaptis Perwira Romawi Kornelius, yang secara tradisional dipercaya sebagai kafir pertama yang masuk Kristen (10). Gereja Antiokhia didirikan, di sanalah istilah Kristen pertama kali digunakan (11:26).
37-41: Krisis di bawah Caligula, diyakini sebagai perpecahan terbuka pertama antara Roma dan orang Yahudi[1]
< 44: penulisan Surat Yakobus jika oleh Rasul Yakobus.
44 (15 Nisan): Yakobus dipenggal oleh Raja Herodes Agripa I (Kisah Para Rasul :12-1-3).
44: Kematian Herodes Agripa I[2], (Kisah Para Rasul 12:20-23)
44-46?: Teudas dipenggal oleh Prokurator Cuspius Fadus [3] (Kisah Para Rasul 5:36-37)
45-49?: Perjalanan Misi Barnabas dan Paulus (Kisah Para Rasul 13:1-14:28), menuju Siprus, Antiokhia (Pisidia), Ikonium, Listra danDerbe, lalu kembali ke Antiokhia, Suriah (saat ini Turki). Lihat peta
47: Gereja Nestorian didirikan oleh Rasul Tomas
48-100: Herodes Agripa II diangkat menjadi Raja orang Yahudi ke-7 dan terakhir dari Herodian oleh Kaisar Claudius
49: Pengusiran para pengikut Kristus dari Roma oleh Claudius dengan tuduhan membuat kerusuhan di Roma (Kisah Para Rasul 18:2)[4]
50: Kerusuhan Paskah Yahudi di Yerusalem, 20.000-30.000 tewas[5]
50 atau 51?: Konsili Apostolik (Kisah Para Rasul 15:1-35; Galatia 2:1-10), yang diikuti dengan Insiden Antiokhia[6] dimana Paulus di depan publik menuduh Petrus melakukanYahudinisasi (Galatia 2:11-21).
50-53?: Misi kedua Paulus, (Kisah Para Rasul 15:36-18:22), berpisah dengan Barnabas, menuju Frigia, Galatia, Makedonia, Filipi, Tesalonika, Berea, Atena, Korintus, lalu kembali keAntiokhia; 1 Tesalonika, Surat Galatia ditulis? (lihat peta)
21 November 52: Rasul Tomas mendarat di Muziris (Kodungalloor), India[7]. Mendirikan gereja di Kodungalloor, Palayoor, Paraur, Kottakkav, Kokkamangalam, Nilakkal, Niranam danKollam.
53-57?: Misi ketiga Paulus, (Kisah Para Rasul 18:23-22:30), menuju Galatia, Frigia, Korintus, Efesus, Makedonia, Yunani, dan Yerusalem di mana Yakobus Yang Adil menentang dia mengenai rumor pengajaran tentang antinomianisme (21:21), ia berpidato di depan orang banyak dalam bahasa mereka (kemungkinan besar bahasa Aram); Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, Filipi ditulis? (lihat peta).
55?: “Nabi Mesir” (kiasan untuk Musa), dan 30.000 orang Yahudi bersenjata melakukan pemeragaan Eksodus dibantai oleh prokurator Antonius Felix[8]
58? Paulus ditangkap atas tuduhan melakukan revolusi, menjadi “pemimpin kelompok dari sekte Nasrani”, mengajarkan kebangkitan orang mati, dan dipenjara di Kaisarea (Kisah Para Rasul 23-26)
59? Paulus terdampar di Malta, di sana dia dikira dewa (Kisah Para Rasul 28:6)
60? Paulus di Roma: disambut oleh banyak saudara seiman, tiga hari kemudian mengumpulkan para pemimpin Yahudi, yang tidak menerima kabar apapun dari Yudea tentang dirinya, tetapi ingin tahu tentang “sekte ini”, yang di mana-mana mendapat perlawanan; ia berusaha meyakinkan mereka berdasarkan “Hukum Musa dan kitab para nabi”, dan sebagian berhasil diyakinkan; ia menghabiskan dua tahun memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar tentang Yesus Kristus dengan “terus terang” (Kisah Para Rasul 28:15-31);Surat kepada Filemon ditulis?
60-64?: Penulisan Surat 1 Petrus oleh Petrus
< 62: penulisan Surat Yakobus jika oleh Yakobus Yang Adil
62: Yakobus Yang Adil dilempari batu sampai mati atas pelanggaran hukum oleh Imam Besar Ananus Ben Ananus[9]
18 Juli 64: Pembakaran Roma oleh Nero dilanjutkan penganiayaan terhadap orang Kristen di Roma
64-68: Paulus dipenggal (2 Timotius 4:6-8,1 Clem 5:5-7), Petrus disalib terbalik (Yohanes 21:18, 1 Petrus 5:13)[10][11]
64/67(?)-76/79(?): Paus Linus sebagai Paus Kedua (Uskup pertama Roma) menggantikan Petrus
64: Surat Ibrani ditulis
65?: Dokumen Q, sebuah teks Yunani hipotetis diperkirakan oleh para sarjana kritis telah digunakan dalam penulisan Injil Matius dan Lukas
66-73: Perang Yahudi-Romawi Pertama: Penghancuran Bait Suci Herodes, berakhirnya Yudaisme menurut Supersesionisme, komunitas Qumran dihancurkan, situs Gulungan Laut Mati ditemukan tahun 1947
70(+/-10)?: Injil Markus, ditulis di Roma, oleh penerjemah Petrus (1 Petrus 5:13)
70-100?: Penambahan Surat-surat Paulus
70-200?: Injil Thomas, Injil Kristen Yahudi: Injil Ebionit, Injil Ibrani, Injil orang Nasrani
3 Juli 72: St. Thomas mati syahid di Chinnamala, Mylapore, Chennai (Tamil Nadu)
75: Yudea, Galilea dan Samaria digantinama menjadi Palaestina oleh Roma
76/79(?)-88: Paus Yunani pertama, Anakletus, menggantikan Linus sebagai Episcopus Romanus (Uskup Roma)
80(+/-20): Penulisan Didache
80(+/-20)?: Penulisan Injil Matius, berdasarkan Markus dan Sumber Q, paling populer pada Kristen mula-mula
80(+/-20)?: Penulisan Injil Lukas, berdasarkan Markus dan Sumber Q, juga Kisah Para Rasul oleh penulis yang sama
80(+/-20)?: Penulisan Surat Penggembalaan (Surat Pastoral) (mungkin ditulis pasca-Paulus)
88-101?: Klemens, Uskup keempat Roma, menulis Surat dari Roma kepada Korintus
90?: Konsili Jamnia dari Yudaisme, menandai pemisahan final dan perbedaan antara komunitas Yahudi dan Kristen. Kaisar Domitian menerapkan pajak Fiscus Judaicus bahkan bagi mereka yang hanya “hidup seperti orang Yahudi”[12]
90-96: Penganiayaan terhadap orang Kristen di bawah Domitian
90(+/-10)?: Akhir penulisan 1 Petrus (asosiasi Petrus sebagai penulis)
95(+/-30)?: Injil Yohanes dan Surat-surat Yohanes
95(+/-10)?: Kitab Wahyu ditulis, oleh Yohanes (anak Zebedeus) dan/atau oleh seorang muridnya
±98: Ignatius dari Antiokhia menjadi Uskup ketiga; ia diumpankan kepada singa di Colosseum Roma pada ±108
100 (+/-30)?: Surat Barnabas (Bapa-bapa Rasuli)
100 (+/-25)?: Surat Yakobus jika ditulis oleh penulis lain dari Yakobus yang Adil atau Yakobus Besar
100 (+/-10)?: Surat Yudas ditulis, diragukan penulisnya adalah sepupu Yesus, ditolak oleh beberapa orang Kristen awal karena mengacu pada Kitab apokrif Henokh

Periode Ante-Nicene (100-325)

100-150?: Kitab Rahasia Yakobus, Injil Maria Magdalena, Injil Yakobus, Injil Infansi Thomas, Injil Rahasia Markus (Injil Lengkap, diterbitkan oleh Seminar Yesus)
108-124: Penganiayaan terhadap orang Kristen di bawah Trajan
110-130?: Papias, uskup Hierapolis, yang menulis “Eksposisi ungkapan Tuhan” (Bapa-bapa Rasuli)
110-160?: Polikarpus, uskup dari Smirna, Surat kepada Jemaat Filipi
120?: Rabi Tarfon menyerukan pembakaran terhadap Injil
125(+/-5)?: 2 Petrus ditulis, diterima secara luas sebagai kanonik pada awal 300-an
130-250?: “Apologis Kristen” menulis melawan Agama Roma: Yustinus Martir, Athenagoras, Apologi dari Aristides, Teofilus dari Antiokhia, Tatian, Quadratus, Melito dari Sardis,Apollinaris Claudius, Marcus Minucius Felix, Arnobius, Surat kepada Diognetus
132-135: Perang Bar Kokhba: revolusi terakhir Yahudi, Yudea dan Yerusalem dihapus dari peta, digantinama menjadi Syria Palæstina dan Aelia Capitolina
1 42-144?: Marsion dari Sinope, uskup menurut Ensiklopedia Katolik, pergi ke Roma, kemungkinan untuk membeli jabatannya, atas penolakan membentuk gereja sendiri di Roma, yang kemudian disebut Marsionisme, menolak Perjanjian Lama, mendeklarasi kanon dari satu Injil, satu Apostolikon (10 surat Paulus) dan satu Antitesis[13] yang bertentangan dengan Perjanjian Lama beserta Perjanjian Baru
150?: Valentinius, Gnostik kristen terkenal, menurut Tertulianus kalah tipis dalam pemilihan Uskup Roma
150(+/-10)?: Gembala dari Hermas, ditulis di Roma (Bapa-bapa Rasuli)
155?: Montanus, mengklaim sebagai Parakletos (dari Yohanes 14:16)
160?: Kematian syahid dari Polikarpus (Bapa-bapa Rasuli)
170?: Tatian menghasilkan “Diatessaron”
170?: Simmakhus sang Ebionite, menerjemahkan Alkitab Ibrani ke Yunani baru
177: Penganiayaan di Lyon
185-350?: fragmen Muratori, ditulis di Roma oleh Hippolytus
312: Penglihatan dari Konstantinus
313: Edik Milano, Konstantinus dan Licinius menghentikan penganiayaan dan menyatakan toleransi terhadap kekristenan
321: Konstantinus mendeklarasikan Minggu sebagai “hari istirahat” (CJ3.12.2)

Selengkapnya:

:slight_smile:

Wkwkwkwk… ini threadnya dul roderick ato bro yopi ya? ;D
Anyway, nice inpoh, gan! Cendol buat agan b2. :afro:

yup, ditunggu pandangan alkitab menurut berbagai denom, dan juga sejarah kitabsuci menurut berbagai denom…

ada ungkapan :

====> tak kenal maka tak sayang <===
====> tak kenal maka tak paham <====