...

Yang namanya gereja pasti melakukan indoktrinasi ;D

Saya rasa TS nya juga korban indoktrinasi

Shalom :afro:

Wah udah pada ngaku.

Pantess…! (bidat!)

setuju :slight_smile:

tapi rasanya saya bisa mengerti kenapa di buku itu gak ada cerita pembunuhan, karena itu buku anak-anak

saya juga tahu kok Calvin pernah scr gak langsung (konspirasi), membunuh penyeleweng2. .

Apakah orang dari denom Calvin ngga tau bahwa si Yohanes Calvin pernah berkompirasi membunuh Michel Severtus? Bagaimana dengan Zwingli? Bukankah dia seorang panglima tentara yg pernah perang sama Katolik, apakah tangannya tidak penuh dengan darah?

Sejarah gereja penuh dengan darah orang yang tak bersalah! Itu kenyataan yang tak terbantahkan. Hanya GK saja yang mengaku itu dan saya pernah membaca pemohonan maaf dari Sri Paus Yohanes Paulus tentang perlakuan2 Katolik yang menurutnya bertentangan dengan kasih KRISTUS. Bagaimana dengan denom2 Protestan? Apakah ada pemohonan maaf seperti itu? Adakah upaya untuk menyalahkan GK sebagai menutupi salah laku tokoh2 atau Gereja2 mereka? Sangking takutnya mereka kepada sejarah gereja sehingga sebagian dari denom Protestan dan para bidat malu mengaku adanya mata rantai rasuliah bahkan mengklaim kebenaran atau Gereja Sejati berhenti beroperasi sejak kematian para rasul dan dihidupkan kembali oleh para tokoh gereja mereka! Wah, suatu permalsuan atas fakta2 sejarah!!!

Saya coba enlarge kutipan bro ternyata ngga bisa jadi saya mau nanya, apakah artikel2 itu secara sadar bertujuan menjelekkan Katolik dengan menutupin kesalahan2 Calvinisme antara lain keterlibatan Yohanes Calvin dalam pembakaran Micheal Severtus yg sengaja tidak dicantumkan?

kalau pengin tahu sejarahnya sekelumit, nanti saya postingkan ttg pembakaran si servetus oleh …

dan bagaimana puasnya calvin terhadap aksi pembunuhan itu.

saya sudah tahu dan saya mengakui kalau itu adalah kesalahan. Manusia tidak ada yang sempurna. John Calvin pun bukan Tuhan Yesus :slight_smile:

tapi ajaran beliau yang fundamental (berdasar yaitu Alkitab, dan mendasar dalam keselamatan), sangat berpengaruh utk menjaga jemaat agar tidak goyah, itu yg buat saya percaya pada ajaran beliau.

Setuju.

Mungkin Calvin korban keadaan.

Bunuh membunuh hal yang lazim.

Bukan maksud saya menyetujui tindakan Calvin tetapi begitulah kondisinya pada jaman Calvin.

jangan menjadi sama seperti dunia. . (ROM 12:2)
dan Calvin cs membuat kesalahan karena memilih untuk melakukan hal yang sama dengan GKR dalam hal menyikapi ajaran sesat.

Saya bukan reform, dan menurut saya itu bukan indoktrinasi. Memberi pencerahan akan bahaya mencampur politik dan agama sedari kecil adalah tindakan waspada yang diperintahkan Yesus. Selama pengajarannya tidak bertentangan dengan Alkitab dan sesuai perintah Yesus, tentu baik bagi anak-anak ketika dewasa nanti, yaitu tidak mencampur politik dan agama.

Bukan sampai titik terendah, namun sampai tidak ada sama sekali. Kesalahan Calvin bisa dijadikan contoh bagus agar jangan sampai mencampur kepercayaan pribadi dengan politik yang melibatkan banyak jiwa.

Sikap intoleran dan prejudis itu bisa luas sekali bentuk dan penyebabnya. Kenapa agama dan politik tidak bisa dihilangkan 100%?

Yang harus lebih dikuatirkan adalah jika anak-anak sedari dini tidak tahu bahayanya mencampur praktek politik dan agama.

Bisa diberi penjelasan lanjut yang bro maksud hasilnya sudah dapat dilihat sekarang?

Saya salut sama servetus

Itu si calvin punya hak apa ya maen bunuh orang aje ?
Meskipun tidak sependapat apa haknya dia menghilangkan nyawanya?

Meskipun saya tidak sependapat dengan servetus yang mengatakan bahwa ROH KUDUS adalah tenaga aktif , tapi tidak terbesit sedikitpun keinginan saya untuk membunuhnya

Yang aneh orang-orang pada abad itu yang ngakunya beragama , padahal kelakuan seperti binatang
Seenak perutnya mencap orang sesat , dan menghakimi nyawanya

Salut sama almarhum , yang berani mencari "kebenaran " tanpa harus melalui otoritas

Mereka ngakunya saja beragama , tapi tampaknya servertus lebih mencerminkan perbuatan 'KRISTUS ’
Ketimbang yang membakarnya

Shalom :afro:

Kalau saya diajari Guru saya tentang Matematika, saya mempelajari Guru Saya atau mempelajari Matematikanya?

guru saya di sini adalah John Calvin dan pelajarannya adalah Alkitab. .

saya TIDAK MENGKULTUSKAN John Calvin, berkali-kali saya bicara dosa-dosa dan kesalahan beliau di forum ini juga. . Karena guru bukanlah manusia yang sempurna juga.

Koreksi saja bapa gereja masing-masing :slight_smile:

sayangnya saya tidak hanya belajar pada satu guru, saya juga belajar pada Guru Besarnya. .
saya sudah mempergumulkan seluruh Alkitab awal s.d. akhir, dan menyimpulkan kalau memang teologi Reformed itu sudah benar. .
mungkin pemahaman saya pada TULIP tidak sama persis dengan orang-orang Calvin lain, karena saya juga mempelajari free will dari guru agama di sekolah saya… dan ternyata memang keduanya bisa padu. .

SORY YA BOSS

Seseorang tidak dibenarkan menghilangkan nyawa seseorang meskipun kepercayaannya ngawur

Lihat yang saya underline

NGAPAIN SAYA BELAIN KRISTEN YANG MENGANIAYA TUH MUSLIM , SAYA AKAN MENCACI TUH KRISTEN DAN MEMBELA MUSLIM MALAHAN ! (saya bukan orang fanatik ga jelas )

SEJAK KAPAN KRISTUS MENGAJARI HAL SEPERTI ITU ?

Sudha jelas itu kristennya yang ngawur

Saya tidak seperti anda , jika bapa gereja anda ngaco belo , maka anda akan membelanya mati-matian

Shalom

Ya, saya akan berpegang pada iman Kristus yang diajarkan pada saya melalui guru saya kalangan Reformed dan Kharismatik. .

saya memilih Ref pun juga dengan tahap, gak asal telan, karena sejak SD, SMP saya ke gereja sebulan sekali. Bahkan di SD saya terhitung murid Katholik.

jadi indoktrinasi itu ada atau tidak, tidak pernah melekat di kepala saya. . Setelah SMA pun saya disuguhi dahulu pengajaran kharismatik sebelum Reformed. . .

saya tidak asal pilih bung, Alkitab sudah saya pergumulkan, KEJ - WAH yang saya imani 100% + beberapa Apokrif yang saya jadikan referensi sejarah dan tradisi (Makabe, Henokh, dll)

Ga tuh
Memang dari dlu bapa gereja terkenal tak berhikmat

Saya punya tafsiran daniel yang oke untuk anda

Daniel 7: 8

i Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.[/i]

Saya kasih tau

Tanduk kecil itu vatikan

Cari sendiri say kenapa saya bisa tafsirin itu sebagai vatikan !

Shalom

indoktrinasi kan artinya pemberian ajaran secara mendalam (tanpa kritik) atau penggemblengan mengenai suatu paham atau doktrin tertentu dng melihat suatu kebenaran dr arah tertentu saja Definisi: indoktrinasi, Arti Kata: indoktrinasi

saya dengan kritik dan dari berbagai arah, jadi bukan indoktrinasi kan? hwehehe

doktrinnya bisa dipertanggungjawabkan lah, selama ada dasar Alkitabnya.

Haha mereka mengira dirinya umat Tuhan

Padahal merekalah yang selalu membunuh manusia atas nama “Tuhan”

Cari sendiri ya say arti kitab daniel dan kitab wahyu

Jangan sampai anda didapati berada di pihak menentang 'YANG MAHATINGGI "

Shalom :afro: