...

OO mungkin maksudnya adalah Teologi yang berubah makin sesuai dengan kehendak Allah adalah seperti Contoh dibawah ini
DULU zaman PL (yakub) yang disebut Rumah Allah adalah Batu Tugu, kemudian di masih zaman PL berikutnya yang disebut rumah Allah adalah Bait Allah yang didirikan oleh solaiman tetapi sekarang makin sesuai dengan kehendak Allah
karena Pl sudah Tua dan usang juga telah habis masa berlakunya
KAMULAH BAIT ALLAH (Karena ROH ALLAH tinggal Didalam KAmu maka menjadi rumah tuhan)

Tuhan YESUS Memberkati
Han

Numpang tanya, sudah berapa kali berubah theologi si tong itu? :ashamed0002:

yang sangat jelas dan fenomenal adalah ketika berubah dari teologi Katolik menjadi Teologi Reformed, disana anda bisa melihat Mariologi hilang, kekuasaan Paus lenyap, hilangnya Kitab Deuterokanonika, patung2 lenyap, jabatan sesuai Alkitabi ada lagi, dll.

itu yang terhebat perubahannya.

sedangkan perubahan setelahnya, mungkin ada tapi minor.

karena katekismus hidelberg, pengakuan iman westminster tahun 1647, pengakuan iman Belgia, kanon dort masih saja dipakai sebagai formulasi ajaran Reformed.

jadi adalah sebuah keajaiban, sebuah penggambaran yang sangat indah, bahwa setelah ribuan tahun di bawah pengaruh dan arahan Gereja Katolik, ajaran reformed berkembang demikian cepat saat itu, meski di bawah tekanan berbahaya, tetapi mengkristal dalam waktu singkat, dan tetap bertahan formulasinya sampai saat ini.

memang ada penajaman disana-sini dalam perkembangan zaman, tetapi pokok-pokoknya tidak berubah.

Selama belum kiamat mungkin belum final ,tunggu ada rasul baru ,yang mungkin merubah lagi rumah tuhan ketempat yang lebih suci dan nyaman :wink:

Tuhan Yesus memberkati
Han

Mungkin bukan demikian maksudnya tetapi telah berubahnya kehendak Allah sehingga perlu adanya juga perubahan Theologia supaya kembali menyesuaikan diri dan bukan kehendak allah yang berubah menuruti zaman.

Tuhan yesus memberkati
Han

Bro Petra anda orang GRII yah?

bukan bro, saya dari gereja Reformed/Calvinist, sebuah gereja suku yang kecil :smiley:

Dengan kata lain, "kehendak Allah" bukanlah Mariologi, kekuasaan Paus, kitab Deuterokanon dll bukan? Bukankah semua perubahan tersebut diukur melalui Alkitab? Dan bukankah hal-hal tersebut diatas juga memiliki dasar Alkitab? Berarti teologi ini mengajarkan bahwa tidak semua hal yang memiliki dasar dalam Alkitab adalah kehendak Allah bukan? Kemudian dengan tolak ukur apa teologi ini mengajarkan demikian?

Dasar Alkitab iya, dan seharusnya dasar Alkitab sendiri, jangan ada pengembangan2 manusiawi. Mariologi yang sekarang sudah sangat jauh berkembang sehingga jika disandingkan dengan sosok Maria Bunda Yesus Kristus, maka kita seperti melihat seorang Ratu Inggris dengan bunda saya yang sederhana.

Alkitab memotret Bunda Maria sebagai manusia biasa yang istimewa mendapat Kasih Karunia TUHAN menjadi Ibu Tuhan kita Yesus Kristus. Tetapi gereja telah mengubah gambar itu menjadi sosok yang bahkan orang awam mengira ia sesosok dewa.

Jadi ini tidak sesuai dengan penjelasan sang Pendeta Dr dong? Katanya teologi tersebut adalah "theologi yang terus berubah untuk makin sesuai dengan kehendak Allah."? Mungkin bro bisa jelaskan perbedaan antara "theologi" dan "pokok-pokok theologi"?

kalo bicara teologia, maka saya hanya seorang “teolog” awam, berbicara teologia berdasarkan iman pribadi, ilmu TUHAN atas dasar iman Kristen paling sederhana.
Tetapi di dalam kesederhanaan Kristen, saya bisa mengenal dan meyakini apa yang Alkitab ajarkan, dan apa yang manusia ajarkan.
Jika ajaran manusia berdasar sederhana di ALkitab, maka itu baik, tetapi jika sudah mengembang, maka terus terang saya tidak dapat mengikutinya lagi bro.

jadi apa beda antara teologi dan pokok2 teologia, saya serahkan kepada mereka yg ahlinya aja bro :slight_smile:

Supaya jelas saya berikan contoh (sory kalautidak sependapat dengan yang dimaksud dengan Ts ataupun sdr TONG

KEHENDAK ALLAH Yang berubah kemudian Theologi ikut menyesuaikan
Contohnya : zaman PL kehendak Allah HUKUM TAURAT BERLAKU maka theologinya mengikuti (DENDAM) gigi ganti gigi

Kehendak Allah : TAURAT BATAL maka teologinya berubah (mengampuni)
Kalau ditampar pipi kiri (sekalipun sampai rontok gigi) berikanlah pipi kanan (biar rontok sekalian )
bahasa sundanya KAGOK ASONG

Maaf saya berikan contoh yang extreem supaya jadi jelas bukan bermaksud melecehkan suatu ajaran

Tuhan yesus memberkati
Han

Ya , betul
Karena itulah maka saya katakan kepada FK’er dalam topic yang lainnya :
bahwa kita yang hidup dibawah kasih karunia tak perlu lagi membuka kitab undang undang Hukum Taurat yang sudah dibatalkan Yesus melalui kematiannya ,cukuplah berpedoman pada kedua hukum kasih karunia

Salah jika dasar orang tersebut adalah Hukum Taurat yang sudah batal tetapi menjadi benar juka sudah sesuai hukum kasih

Tuhan Yesus memberkati
Han

Salam Damai.

Kog pake disensor Bro Roderick ?? Ya udah saya ikutan :ashamed0004:
Ini dikutip dari sumber :

Untuk mengerti secara ringkas tentang theologi Reformed (yang seharusnya Injili), mari kita simak perkataan Pdt. Dr. Stephen Tong di dalam Prakata pada setiap buku Teologi Sistematika (yang ditulis oleh Prof. Dr. Louis Berkhof), “Sejarah membuktikan teologi yang berkompromi dengan pikiran jaman, secara lahiriah sepertinya lebih sesuai dengan jaman itu, namun sebenarnya segera akan digugurkan oleh jaman selanjutnya.
Sedangkan Teologi Reformed seolah-olah kurang sesuai dengan arus jaman, namun telah menjadi penghakim pikiran jaman, yang sendirinya tidak berpangkalan pada kekekalan.”1
Theologi Reformed bukan theologi yang ikut arus zaman, tetapi theologi Reformed adalah theologi yang terus berubah untuk makin sesuai dengan kehendak Allah.
Pdt. Dr. Stephen Tong pernah mengatakan bahwa orang yang terus ikut arus zaman adalah orang mati seperti ikan mati yang dibawa oleh arus air. Mengapa? Karena orang itu seperti ikan tidak memiliki standar iman dan hidup yang beres sesuai dengan Kebenaran.
Tidak heran, theologi Reformed makin dibenci oleh orang-orang “Kristen” (bahkan para “pemimpin gereja”) yang terus ikut arus zaman dan tidak mau taat dan rela dibentuk oleh Allah dan firman-Nya.
Hanya orang Kristen yang beres yang rela dibentuk oleh firman-Nya melalui theologi Reformed.

[b]Setelah menelaah data-data dari kutipan diatas, maka saya memberanikan diri untuk menjawab ya Bro Roderick (versi sauvignon lho…bukan versi Rxxxxxxxx) :smiley:

  1. Apakah 10, 20, 30 tahun yang lalu, theologi ini BELUM SESUAI dengan kehendak Allah? Dan apakah sekarang SUDAH SESUAI dengan kehendak Allah?

Jawab : OOO, sudah pasti 10, 20, 30 tahun yang lalu Theologi Rxxxxxxx sesuai dengan kehendak Allah…hanya saja 10, 20, 30 tahun mendatang Theologi ini akan SEMAKIN SESUAI dengan kehendak Allah. :smiley: :smiley: :smiley:

  1. Apakah kalo saya tidak dibentuk melalui theologi itu, maka saya orang Kristen yang tidak beres?

Jawab : OOO, sudah pasti anda bukan orang Kristen beres,…karena anda orang Kristen yang terus ikut arus zaman dan tidak mau taat dan rela dibentuk oleh Allah dan firmanNya melalui Theologi Reformed. :smiley: :smiley: :D[/b]

Hayoouu…mau tanya apa lagi :ashamed0004: :ashamed0004: :ashamed0004:

GBU
:slight_smile:

Cat : Bro Roderick…wong pertanyaan anda sudah ada jawabannya di kutipan diatas…kog masih nanya2 lagi sih :tongue: :tongue: :tongue:

IMHO : Dari penjelasan Pak Guru Petra bahwa gereja yang berdasarkan Teologi Reformed tidak hanya GRII tapi banyak denominasi lain. Gimana yahh…mudah2an makalah diatas bukanlah mencerminkan sikap gereja Reformed secara keseluruhan. Karena kalo iya, maka semua yang non Reformed berarti tidak beres…termasuk saya ;D ;D ;D

Tanggapan atas thread "GEREJA REFORMED ada PATUNG3 CEWEK BUGIL TELANJANG PORNO" - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com,

Pengkhotbah 3:14 Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia. 3:15 Yang sekarang ada dulu sudah ada, dan yang akan ada sudah lama ada; dan Allah mencari yang sudah lalu.

Mending balik lagi ke kebenaran yang seperti pada gereja Jaman Para Rasul. – Back to Bible.

Salam.

apa benar patung2 nya hilang ???

bukannya malah tambah seksi ??? bajunya dibuka semua, supaya kelihatan anunya ???

gw pernah bilang sama si apples, kalau Tuhan menutup ANUnya adam dan hawa dengan kulit binatang, tapi … ada pihak … yang membuang pakaian manusia spy ANUnya bisa dikagumi orang lain… => eh si apple tetep tidak puas. ck ck ck ck … kasihaaannnnn … maunya apa toh ???