....

Jawaban yang bagus atas perdebatan saya dengan @limited :tongue:

@Roderick

Bro, apakah ada tulisan Lazarus yang disimpan Gereja mengenai ‘pengalaman’ nya meninggal 4 hari itu? Karena sungguh merupakan kesaksian nyata bagi kita umat Kristen, dalam hal mengetahui life after death. Krena kalau dari ‘dongeng’ penginjil2 yang mengatakan telah melihat surga dan neraka, saya terus terang menganggapna hanya trick dan tipuan saja, tak lebih dari tulisan berdasarkan fantasy saja. Akan lain kalau tulisan Lazaus yang nyta nyata tertulis di Alkitab mengenai wafatnya selama 4 hari itu.

Syalom

@bruce

Saya barusan baca link yang menyebutkan bahwa Lazarus tidak pernah senyum selama 30 tahun masa hidupnya setelah ia dibangkitkan. Ini berkaitan dengan pengalamannya selama di Hades dalam tempo 4 hari itu.

According to tradition, Lazarus never smiled during the thirty years after his resurrection, worried by the sight of unredeemed souls he had seen during his four-day stay in Hades. The only exception was, when he saw someone stealing a pot, he smilingly said: “the clay steals the clay.”

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Lazarus_of_Bethany

Apakah pengalamannya selama 4 hari itu begitu traumatis sehigga tidak sedikitpun ingin dikisahkannya kepada kita?

Membayangkannya sungguh ngeri bro, karena kita tahu hubungan Lazarus dan Jesus begitu akrab, dan toh tetap Lazarus harus merasakan hades selama kematiannya. Bayangkan apa yang kita telah lakukan selama hidup? Padahal, banyak dari kita yang percaya ‘cukup’ percaya Jesus, maka dijamin selamat sampai di surga. Sungguh mengerikan.

:ashamed0004:

Kasihan sekali kalo Lazarus, sahabat Yesus, yang dimana Yesus sendiri sering berkunjung ke rumahnya, tapi dia harus ke Hades dulu…
sedangkan penjahat yang baru kenal Yesus aja diajak ke Firdaus (Reff: Lukas 23:43)

:slight_smile:

Mustahil orang tidak mengenal Lazarus…

Orang yang telah mati kemudian dibangkitkan kembali.
Terlalu besar untuk ditutupi… terlalu besar untuk terlewat dan tidak diliput detail storynya.

Kejadian itu sengaja ditulis untuk memuliakan Allah, masa nama yang dibangkitkan dilewatkan.

Anak janda di Nain boleh tidak ditulis, tapi tidak dengan Lazarus.

Tulisan ini meneguhkan apa yang saya katakan:
Yohanes 12:9-11 Sejumlah besar orang Yahudi mendengar, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Lazarus, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati. Lalu imam-imam kepala bermupakat untuk membunuh Lazarus juga, sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yesus.

Salam.

Lantas maksud anda gimana bro, sehubungan dengan judul thread di atas itu?

Syalom