...

ada2 saja istilah suam suam kuku atau golput hahahahaha…

intinya gambar atau patung yang menggambarkan TUHAN YESUS, atau malaikat, atau orang2 suci, dan lain2… itu hanya benda yang kita gunakan untuk mengingat akan karakter2 tersebut serta untuk keindahan… selanjutnya mau dihancurkan, mau dicium, mau dibersihkan… asal itu milik sendiri sih tidak masalah tapi jangan milik orang lain yahh…^^ dan jangan disembah ntar kualat… heheheh…

saya tidak begitu mengerti dan tidak perduli akan istilah2 yang ada… tapi itulah yang saya pahami… ^^

manusia itu pintar dalam mendefinisikan dan kadang suka berbelit2 brooo…^^ itulah mengapa saya lebih suka yang sederhana saja… namun mau pakai alasan atau cara apapaun… hati atau jiwa diri ini tidak bisa dibohongi… dan TUHAN itu pemilik jiwa… mengenai penyembah “tafsiran alkitab” itu dikarenakan… segala sesuatu berpusat pada tafsiran… bukan hati pada TUHAN… itulah salah satu alasan saya menulis di FK ini… agar bisa saling menguatkan iman dan tumbuh bersama… sehingga dasar yang paling kuat itu terbangun yaitu KASIH…

Menjadi seorang Kristen berarti menjadi Ikonoklas… ataukah Ikonofil?

ini sih namanya bukan orang kristen ahh…!! mosok urusan yang fisik aktualisasi bikinan /ciptaan manusia mau diperlakukan seperti itu…?? Sama saja secara sengaja mau mendukakan Hati-NYA Tuhan Yesus Kristus namanya.
Yesus Kristus mengajarkan dan menuntut kita harus hidup secara Roh…bukan secara kedagingan kita. Tapi memng belum banyak yang memahami nya seperti sudah di ajari semua dalam Kitab Ibrani…

Tapi ga jelas juga apakah [email protected] bisa mengerti dan paham masalah seperti itu…?? saya ga yakin juga disini…
hehehehhe…
Karena makna post yang di tampilkan ini menurut saya…ya [email protected] ga paham soal hidup secara roh itu bagaimana bukan…?? ( maaf hanya asumsi saja loh )…Syukur-syukur paham…Amen disitu.

Salam

[email protected]

Masalah ikonklas dan ikonofil…adalah suatu realaita yang bena-benarr terjadi dalam sejarah dunia Kekristenan sejak dari zaman dahulu hingga kini. Artinya disatu fihak mampu memproduksi gambar-gambar yang bersifat religius ( ilusi kreatif para seniman lukis ) dan satu pihak lagi sebagai penentang gambar-gambar yang bersifat religius tsb.

Kemudian jika di tinjau apakah ada signifikannya terhadap iman kekeristenan seseorang…?? Maka semuanya harus
mau ,serta mampu menyadarinya terlebih dahulu dan setelah itu melihatnya dari sisi kultur dan budaya nya…dari manakah sebetulnya akar keimanan kristen yang mereka anut tsb…Apakah dari Gereja tertentu yang masih mendayagunakan ikon-ikon / gambar -gambar yng dianggap gambar religius dalam setap ritual serta litugri pereibadahhannya dalam lingkup gereja tsb…?? atau tidak sama sekali.

Jika sudah mampu mengidentifikasi jenis anutan iman kekristenannya dari mana…?? Maka barulah dng jujur mau melihat / mempelajari apakah yang di anutnya sudah benar dan pantas sesuai dng Ajaran Alkitab…?? Jika pantas maka katakan " ya" dan jika tidak pantas maka katakan "tidak "…Itu saja poinnya dulu.

Sewaktu masih zaman umat PERJANJIAN LAMA, maka jelas ditegaskan dalam 10 Hukum Allah ( Kitab Ulangan ), bahwa dilarang oleh Allah UNTUK membuat bentuk patung atau apapun untuk disembah ( diyakini ) sbg pengganti Allah ( intinya seperti itu ).
Nahh…jika kita merujuk petunjuk di kitab Ulangan tsb, maka jika ada manusia yang berbuat seperti itu untuk maksud tertentu dan demi kepentingan sesuai dng keingian simanusia nya dalam acara-acara ritual keagamaan appapun…??
Sudah pasti itu sudah melanggar "PERINTAH ALLAH " yng essensial sekali. Dan peraturan Allah itu berlaku sampai dng zaman Tuhan Yesus Kristus ADA ( Zaman ANUGERAH ) …DAN sampai zaman sekarang kita hidup ini.
Itu namanya mengikuti ajaran KEBENARAN ALKITAB… TANPA KOMPROMI DAN TOLERANSI SAMA SEKALI.

Jika anda katakan Rasul Paulus menganut “IKONOFIL”…anda salah menurut saya loh…!! Karena tidak terbukti sama sekali bahwa semua tulisan pastoral dari Rasul Paulus sama sekali tidak ada yang diwakili oleh gambar-gambar atau ikon-ikon religius . semuanya berbentuk surat / tulisan penggembalaan bagi umat/ jemaatnya.

Kemudian jika saya harus menjelaskan " hidup secara roh "…Maka hendaknya [email protected] dapat mambacanya terlebih dahulu di Alkitab Injil Matius 5 : 17 - 48…Bentuk pengajaran-NYA ( Tuhan Yesus Kristus ) ada disitu untuk dapat dng mudah anda pahami. Karena disitu memperkenalkan CONTOHNYA HUKUM-HULUM YANG BERSIFAT BATINIAH ( HIDUP SECARA ROH DALAM PIKIRAN DAN PERASAAN )

Salam GBU

hahahah… justru yang terjadi itu yang sederhana dibuat rumit brooo… ^^ dasar dari segala sesuatu tindakan manusia harus memiliki fondasi KASIH…
nah mengapa terasa rumit dan berat…??? karena manusia masih mementingkan egonya sendiri dibanding mengutamakan KASIH/TUHAN… biasalah manusia semenjak adam demi menggoalkan keegoannya… berbagai alasan dibuat agar kehendak diri itu terpenuhi… namun dengan keterbatasannya manusia lupa bahwa TUHAN adalah pemilik jiwa jadi TUHAN tahu apa yang terjadi di dalam jiwanya…

Ikonoklas adalah seseorang yang terlibat dalam ikonoklasme penghancuran simbol-simbol agama atau, dengan perluasan, didirikan dogma atau konvensi.

Ikonoklasme adalah penghancuran sengaja ikon dan simbol agama lain atau monumen, biasanya dengan motif agama atau politik. Ini adalah komponen yang sering perubahan politik atau agama besar. Istilah ini mencakup penghancuran lebih spesifik gambar dari penguasa setelah kematiannya atau penggulingan (damnatio memoriae),
misalnya, setelah kematian Akhenaten di mesir kuno…

iconodule (Yunani eikono-doulos “Salah satu yang menjabat gambar”, juga iconodulist atau iconophile) adalah seseorang yang mengemban iconodulism, yaitu yang mendukung atau mendukung gambar agama atau ikon dan penghormatan mereka, dan bertentangan dengan ikonoklas, seseorang terhadap penggunaan gambar keagamaan. Istilah ini biasanya digunakan dalam kaitannya dengan kontroversi iconoclastic di Kekaisaran Bizantium, yang iconodules paling terkenal saat itu menjadi kudus Theodore yang Studite dan Yohanes dari Damaskus.

saya rasa dari penjelasan diatas tidak ada yang meludahi…

kadang motivasi orang meludahi… karena merasa jijik… dan pengen melakukan sesuatu yang jahat kepada suatu karena kebencian dari diri sendiri…

kecuali iler yang ada kegambar tersebut, gak sengaja…

ikonolas menghancurkan gambar… (bukan meludahi) dengan alasan politik dan motif agama…
yang artinya sebuah patung bisa dihancurkan kalau tidak mendukung dalam agama, atau menghujat agama…

iconodule yang mendukung gambar dalam penghormatan mereka…

bukan meludahi…

kearah manakah meludahi yang dikatakan oleh Frederick??

sbab yang satu mendukung gambar dengan alasan menghormati dan yang satu lagi menghancurkan patung dengan alasan politik atau tidak sesuai dengan agama…??

harusnya ada istilah ICONOILER… yang dicetuskan oleh frederick : yang artinya: melarang orang lain untuk menyuruhnya MELUDAHI gambar (yang objeknya dihormati)…

jadi saya pilih ICONOILER itu…

TUHAN sudah mengajarkan untuk mengasihi TUHAN dan yang sama dengan itu yaitu mengasihi sesama…
cukup jelas bukan KASIH yang dimaksud… dimana segala yang kita lakukan bukan mengutamakan ego atau mementingkan diri sendiri… tapi untuk TUHAN dan sesama…

ada satu Qoute yang saya suka…

"selagi yang kau tulis dan engkau lakukan itu semata-mata untuk kebenaran, kemanusiaan dan kepentingan orang banyak, itulah Kehendak TUHAN. Ego tak mungkin memikirkan yang demikian, hati-hati dengan bisikan ego, kerap kali ia menipu dan melumpuhkan "

agar tidak salah persepsi lagi, perhatikan pada bagian yang saya bold… ^^

baru aja di tulis agar jangan salah persepsi dah lupa lagi… ya itulah manusia… heheheh…
bila ujungnya capitalisme akan berlawanan dengan kebenaran… sebab point penting capitalisme adalah uang bukan menolong orangnya… ^^

he he… masa saya harus berpikir menyakiti orang lain dan melakukan kekerasan baru becus…

atau dengan kata lain moso saya mau disuruh ikut pemikiran situ… yang mana pola pikirnya menghalalkan kekerasan untuk di disebut suci…

menghalalkan penghapusan dosa degan dibeli duit… agar pemimpinnya melimpah ruah dengan kemegahan semu…

gak lah…

saya gak akan ikut pemikiran itu…

saya ikut pemikiran yang baik… yang tidak menghalalkan kekerasan dengan membungkusnya suci…
yang lebih baik jadi orang duniawi bila mau picik, dan penuh tipu daya…

[email protected] Roderick…

Saya ketawa dolo ya …hahahahahahahahhahaha…soalanya koment anda itu malah jebakan yang anda buat sendiri.
Padahal motivasi dan niat saya tidaklah demikian loh…broo…??
Dan padahalnya lagi…jika koment anda bla…blaa…?? dan anda tidak lag mau koment disitu…?? maka ada dua saja asumsi saya…" anda sudah membacanya dan anda memahaminya " atau anda tidak membacanya sama sekali / sambil lewat dan tidak memahaminya "

Nahh…dari dua asumsi itu maka asumsi saya adalah jika anda sudah membacanya maka sebetulnya anda tidak akan bertanya mengenai pengertian " apa itu gambar Allah ".
Tapi jika sampai pertanyan anda seperti itu maka anda tidak membacanya…hayohh…jujur lah brooo…??

Jadi jelas disini, yang anda kejar tsb diluar konteks yang sebetulnya tidak berhubungan dng judul di trit ini…
Artinya anda sudah menerima apa yang saya sampaikan bukan …?? mengenai hidup secara roh…??
Tapi anda masih memancing dng komen anda apakah saya sudah mencungkil dan memotong tangan saya…?? jika sudah hidup secara roh…??? Ya belon lah…?? wong saya saja hidup dng takut dan gentar akan Tuhan broo…!!!
Jadi saya menjaga kemurnian cara berpikir dan berperasaan seperti pikiran dan perasaannya Tuhan YESUS Kristus kok Broo…!!! Mau berniat filem bf saja saya enggan…mau ambil haknya orang lain saja saya takut…tapi perasaan itu bukan karena kemanusiaann saya…tapi saya sudah berpikir,secara roh saya bahwa…wahh…saya ini sudah menjadi orang kriten loh…!! berrati saya ini sudah menyadari bahwa saya ini sudah menjadi warga keraaan sorga loh…dan namanya saya sudah tercatat dalam kitab kehidupan di sorga sono loh…!! Hehehehe… Rohani sekali ya …???
Tapi apakah [email protected] roderick sendiri berani secara jujur punya pola pikiran dan perasaan seperti itu…?? Saya rasa …??
Mudah-mudahan saja ada…atau masih berproses…???

Wahh…jika andA belum PERNAH membaca Alkitab dari KITAB KEJADIAN SAMPAI KITAB wAHYU…???
Maka pastinya anda melewatkan momen cerita saat Abraham didatangi Malaikat yang berwujud MANUSIA sbg tamu dan dijamu oleh Abraham…saat di gurun dan momen saat Allah datang untuk membuat janji AKAN HAMILNYA ISTRI ABRAHAM , yaitu Sarah…Malah dicerita itu Sarah meresponinya dng tertawa saat dijelaskan bahwa nanti Dia akan hamil dan dikaruniai anak perjanjian ( ISHAK )…diluar Ismael.

Satu lagi saat cerita Yakub bergumul dng manusia yang merupakan Allah itu sendiri…dan Yakub dikalahkan tapi Yakub tidak Melepaskan manusia tsb jika Yakub tidak dikasih Berkat oleh Allah. Akhirnya Yakub dapat berkat dan namanya diberi oleh ALLAH menjadi "ISRAEL "

Gambar Allah yang tidak kelihatan artinya perwujudan Allah yang dalam HAKIKAT ROH tsb tidak dapat dilihat oleh kasat matanya keterbatasan si manusianya. dan Siapapun manusia yang memandang serta berhadapan muka dng Allah pasti manusia tsb akan mati dan mati saat itu juga. Makanya Saat Musa bertemu dng Allah diatas Gunung maka
Kemulyaan ALLAH DATANG DIHADAPAN MUSA BERUPA NYALA API…DISEMAK BELUKAR…Dan Musa anda harus tau juga
dia diperintahkan tUHAN UTUK MENANGGALKAN KASUDNYA SAAT MASIH ADA DI BAWAH GUNUNG SEBELUM BELIAU NAIK.
Apaka disitu anda juga punya pengetahan apa alasannya brooo…??? hehehe…

Nahh…begitupun logika kerohanian kita …kenapa alasannya Allah harus turun kedunia dari sorga sono untuk pelaksannan Rancangan-Nya YANG BESAR MENGENAI KESELAMATAN UMAT MANUSIA DAN ISI DUNIA ini .dari keterpurukannya manusia akan dosa…??..dimanadng menggunakan wujud manusia juga…?? ya disitu poinnya yang harus anda sudi /iklas pahami, bahwa manusia akan kontan /otomatis mati jika berhadapan muka secara langsung dng wajahnya Allah.

Makanya jangan heran maha karya Allah yang nyata dalam rancangan keselamatan itu…Alah mengirimkan utusan-NYA
YAITU TUHAN YESUS KRISTUS…bagi umat manusia bukan…?? PROSESNYA SEPERTI APA PASTI ANDA HARUS MMBACA CERITANYA DI ALKITAB BUKAN…??

segitu dolo ahh…

Salam GBU

nah yang dalamnya yang gimana brooo…^^
sebab bagi saya mau dibuat apapun penjelasannya pasti ujung2nya tetap keegoisan dan tetap dinilainya dengan uang… aksi bersilat lidah untuk menutupi kehendak yang sebenarnya tetaplah diluar kebenaran… akhirnya tetap sama kan… diluar kebenaran…??? ^^ syaratnya harus semua terpenuhi (kebenaran, kemanusiaan, dan kepentingan orang banyak)

wkwkwkwk… ada2 aja broo roderick ini… ^^
itu sih terbalik…
perumpamaan talenta merupakan gambaran dari potensi manusia yang diwakili oleh talenta…
beda dengan kasus2 finansial sekarang dimana tujuannya untuk mengumpulkan uang untuk pribadi ditutupi atau diwakili oleh kegiatan kemanusiaan atau kepentingan orang banyak…^^ makanya hasilnya bertolak belakang dengan kehendak TUHAN… hehehehe…

kan TUHAN tau bahwa yang digunakan sehari2 oleh manusia salah satunya adalah uang makanya dibuat perumpamaan talenta agar manusia gampang ngerti … ^^ ini cuma yang sederhana yang saya mengerti…hehehe…

waduh tentang kapital… saya tidak begitu ahli tentang itu… namun yang pasti tetap saja perhitungan berdasarkan angka yaitu uang juga heheheh… itulah manusia diperbudak oleh perhitungan dan uang…

sudah ah… BTT aja yaa… ^^

Met malam all :angel: :angel:

numpang gabung yach :happy0025: :happy0025: :happy0025: :happy0025:
kok lama" nih topic jadi membahas talenta dan ekonomi ya -_-"

@ Sdr Roderick: talenta yang dibicarakan di perumpamaan ini itu bukan sesuatu yang bersifat material melainkan sesuatu yang lebih berharga dari materi
itu adalah Talent/Kemampuan yang tuhan berikan kepada manusia yang harus diperlabakan

sorry klu ada salah" ya gan

newbie nech

mohon koreksi.a

[email protected]

YA mohon maaf juga ya [email protected]…jika apa yang saya sampaikan cara penulisannya tidak baik dan menjadi tidak anda pahami… tapi tak mengapalah…Anggap saja poin yang saya ingin sheringkan itu menjadi hilang dan tertunda untuk sementara waktu.

Tapi kemudian ada pertanyaan lagi dari anda…?? yang intinya kenapa Allah melakukan cara seperti itu…? yang menurut logika manusia kebanyakan ( maaf misalnya anda sendiri ) kenapa Allah bertele-tele kalau outputnya adalah manusia juga bukan…??? Koreksi saya jika yang saya tangkap dari pertanyaan anda salah ya…??

Jika ada yang bertanya seperti itu, jawaban saya adalah TIDAK LAIN DAN TIDAK BUKAN BAHWA disitulah Allah MAU menunjukan KEPADA KITA MANUSIA YANG SUDAH BERDOSA INI…Bagaimana Sebetul-NYA setiap Cara KERJANYA ALLAH itu selalu MEMILIKI SUATU SISTEM, PROSEDUR DAN PROSES TAHAP DEMI TAHAP…untuk mendapatkan dan menciptakan
apa yang sudah ada dalam rencana Rancangan ( sudah terpatron dlam blue printnya di pikiran Allah ).
Itulah namanya KEDAULATAN ALLAH dng ke maha sempurnaan dan tiada batasnya…
Kan kita sudah diberi informasi di Alkitab Bahwa Allah waktu menciptakan bumi dan langit serta manusia melalui proses bertahap…?? tidak ces pleng jadi…Padahal Allah sangatlah mampu untuk berbuat seperti itu…

Tapi ya,itulah…ada sisi pembelajarannya BAGI MANUSIA appapun yang diperbuat oleh Allah untuk manusia ciptaan-NYA, dan yang DIA sangat kasihi .

kIRA-KIRA SEPERTI ITU [email protected]

Salam GBU…

Sebaiknya menjadi kedua-duanya.
Kalau membaca Alkitab maka ikonofil,
kalau terhadap tahyul atau tradisi yang tidak sesuai Alkitab maka ikonoklas.

GBU

Sangat setuju bro purba. sama pertanyaannya mengapa harus jalan salib yang dipilih oleh Yesus. padalah Allah bisa saja menggunakan cara lain yang lebih mudah. Salib keji itu adalah lambang kutuk, dan dengan matinya Tuhan Yesus di salib, menandakan semua kutuk dosa kita ditanggung olehNya. Peristiwa penyelamatan Allah dalam Yesus Kristus memang sungguh luar biasa bermakna. dari awal kelahiran sampai pada matiNya.

Gbu bro

konteks pembicaraan saya adalah tentang salib bro…