Topik Ofensif: Dibiarkan atau Dihapus?

Ada masukan dari beberapa member tentang topik-topik yang menyerang aliran tertentu, baik secara terang-terangan maupun tersamar.
Saya setuju bahwa topik seperti itu akan berdampak negatif dalam jangka panjang. Karena itu, saya memerlukan saran dari member forum tentang topik-topik seperti itu.

1. Dibiarkan
Dibiarkan bukan berarti didiamkan saja. Tentu ada keterlibatan moderator dalam mengarahkan topik supaya tetap sesuai alur dan tidak ada pelanggaran (out of topic, menyerang pribadi, dll). Untuk topik yang ada di wilayah abu-abu (menyerang aliran tertentu tapi tidak terang-terangan), sekarang saya menggunakan opsi ini, karena saya ingin memberikan kesempatan pada pihak yang diserang untuk memberikan pembelaan. Tapi akibatnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Yang lebih sering terjadi adalah serangan balik, bukan jawaban logis atau meluruskan pandangan yang salah. Keadaan seperti ini tidak sehat, baik bagi member forum, maupun tamu yang sekadar mampir untuk membaca.

2. Dihapus
Topik yang menyerang aliran tertentu (secara terang-terangan atau tersamar) dihapus tanpa terkecuali. Jika perlu, member yang membuat topik itu diberi peringatan, bahkan sanksi. Untuk stabilitas dan kenyamanan forum, ini jauh lebih baik dari opsi pertama. Tapi bukan berarti tanpa kelemahan. Opsi ini berarti membatasi kebebasan member untuk mengutarakan pendapat. Dalam taraf tertentu bisa berarti tindakan sensor yang ekstrim. Bisa saja orang luar menganggap forum ini menutup-nutupi masalah. Member yang membuat topik akan mendapat peringatan. Jika sudah terlalu sering membuat topik ofensif, member akan diberi sanksi.

Polling ini berlaku selama 2 pekan (14 hari) sejak hari ini (25 Maret 2013).
Silakan berpartisipasi. Segala masukan melalui komentar-komentar akan sangat diapresiasi.

Tuhan Yesus memberkati

Saya pilih dibiarkan namun difasilitasi/dimoderatori…

Alasan: Wajar dalam setiap forum diskusi ada pro dan kontra (perdebatan) justru akan terasa hambar kalau sebuah forum diskusi saling iya mengiyakan seperti orang silaturahmi saja.

Saran untuk moderator: Moderator harus lebih tegas supaya tidak dianggap memihak, siapapun yang melanggar aturan forum ini harus ditindak tidak pandang bulu.

Salam

Ya, saya pikir juga begitu :slight_smile:
Tanpa ada topik berisi pro dan kontra, semua pihak akan sulit untuk saling memahami.

Tentang ketegasan ini seringkali dilematik. Misalnya A bertengkar dengan B. Jika A diperingatkan, maka ia akan menganggap moderator memihak B. Demikian pula sebaliknya. Sedangkan kalau dua-duanya diperingatkan, maka dua-duanya menganggap moderator memihak lawannya. Pembiaran terhadap keduanya malah lebih salah lagi.
Kenyataan ini tidak tampak oleh member, sehingga menimbulkan kesan bahwa moderatorlah yang tidak berimbang.

Salam

Biarkan saja. Asal jangan ragu menghapus postingan yang mulai adhominem. Moderator yang memoderasi sebaiknya juga moderator yang punya kapasitas, jangan moderator yang tukang ngunci, tukang hapus tanpa liat postingan lain, atau atau tukang bilang OOT tapi cuman kasi senyum aja, gak ada tindakan.

Iya mas saya dapat mengerti, jadi member yang baik saja susah apalagi menjadi moderator yang baik tentu jauh lebih sulit. Saya tetap mendukung usaha keras para moderator untuk menjadikan FK selalu kondusif terlebih mendukung 100% peranan moderator dalam memajukan (menumbuh kembangkan) forum ini menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Salam

Gimana kalau buka board satu lagi yang aturannya rada longgar. Rada panas-panasan (tapi gak ad hominem) boleh. Tapi di board lain aturannya diperketat.

Berdasarkan konteks definisi kedua opsi ini, saya cenderung ke Pilihan 1: Dibiarkan, dengan catatan HANYA untuk topik-topik ofensif yang tersamar. Sedangkan untuk topik-topik yang ofensif terang-terangan abusing, harus dihapus tanpa terkecuali.

Untuk menjalankan opsi sekarang ini, memang diperlukan ekstra energi dan wisdom dari moderator.

Sebagai usulan, saya pernah melihat di forum lain ada semacam HALL OF SHAME yang dijadikan Sticky Thread di forum, yang memuat nama-nama member bermasalah sepanjang masa. Jika perlu dipajang pula jumlah kumulatif “Yellow Card” nya, jadi kelihatan berapa parah tingkat pengacauannya. Ini bisa jadi peringatan bagi oknum-oknum tertentu untuk berpikir beberapa kali jika mau sengaja mengacau dengan cara asbun ofensif di forum, karena tercatat track recordnya.

Dibiarkan jika itu terbilang wajar, Dihapus jika itu melebih batas

Untuk board baru, yang berwenang membuatnya adalah admin. Tapi jika mempertimbangkan visi dan misi forum, sepertinya FK tidak akan membuat board baru dengan ciri-ciri seperti itu.

Dulu saya pernah mengusulkan pada admin untuk membuat topik seperti itu.
Tapi cara menghukum seperti ini tidak sesuai dengan visi-misi FK. Mempermalukan orang bukan cara kita.

Kalau topiknya subjektif, lalu bagaimana dong?
Misalnya ada topik yang menurut saya wajar, tapi menurut member lain melebihi batas. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana jika membernya yang memang berniat dan memutuskan untuk mempermalukan pihak lain? Apakah ini termasuk visi-misi FK?

emang dari dulu nya kita diserang mas bro,karna Tuhan pun begitu,jadi hadapi lah dg sukacita…karna kita percaya Tuhan Yesus akan menyertai kita hingga akhir zaman. :cheesy: :cheesy: :cheesy: :cheesy: :cheesy:

Hall of shame mempermalukan orang tanpa memberi kesempatan untuk klarifikasi.
Sedangkan topik ofensif bisa dijadikan peluang untuk memberikan penjelasan.
Jika Anda tidak setuju dengan opsi ini, silakan pilih opsi 2.

Salam

menurut gw…

1. Di biarkan

Alasan gw : salah satu bukti bahwa FK memberikan hak sebebas2nya bagi semua member utk berkreasi…
tapi tentunya ttp dalam koridor2 tertentu yg berlaku di FK ini…
seandainya ada topik yang menyerang aliran tertentu, baik secara terang-terangan maupun tersamar, mngkin sdh menjadi kewajiban dari momod setempat utk menyaringnya…gw ngerti bngt…tugas momod ntu ga mudah…berat cooyyyyy…dan momod tnpa bantuan dari member2 ga akan bisa terealisasi kinerjanya…
contohnya tombol klik report to moderator, sepertinya jarang di gunakan sma member2…padahal itu salah satu acuan untuk membantu momod lho…kan ga mngkin momod pas OL kudu ngecek smua postingan / topik2?? gkgkgkg… ;D

*di SMF gw ga tw ada ga fitur penyaringan topik, jadi misalnya [ di board tertentu ] ada member ingin buat topik, trus dia bikin deh itu topik…tp pas topiknya jadi…ga langsung tampil, tp menunggu persetujuan dari moderator…apakah topik tersebut bisa / layak / pantas di tampilkan atau tidak…klo menurut moderator setempat bisa di tampilkan [mngkin dgn pertimbangan yg matang] maka topik akan di setujui dan “klik” deh…jadi deh di tampilkan topik tsb dan bisa di baca oleh member2 yg lain…

saran utk momod : seandainya ada TS / member yg melanggar koridor yg ada di FK ini, ada baiknya di kase teguran awal via by post…klo mse ngeyel via PM…klo mse ngeyel…jewerrrrrrrrr…gtu lah kira2…
gw prcya ada konsekwensi yg kudu di terima klo kita2 smua member2 FK melanggar rule yg ada di FK ini…
wong gw aja pernah di tegor by post juga ko…wwkkwkwk ;D

Saya pelajari dulu, kan masih ada batas waktu 2 weeks :onion-head55:

Kalau menurut saya,
Jangan cepat-cepat membuang semua katong hitam, sebelum tahu isinya.
Tidak semua kantong isinya makanan busuk, mungkin ada juga yang berisi makanan sehat.
Yang mengetahui isi kantong adalah pembuat Topik, sedangkan orang lain hanya menduga-duga.

Tidak semua topik yang dapat menyinggung perasaan denom lain, adalah sampah.
Kita harus melihat motivasi dari topik itu.
Kalau perlu ditanyakan langsung kepada pembuat topik, sebelum dihapus.
Dan sambil berjalan, diuji kebenaran pernyataan mengenai motivasi dari pembuat topik itu.

Maksud saya, moderasi yang sekarang sudah berjalan sudah sangat bagus. Moderators sudah sangat bijaksana dalam menghapus/melock/ngeban topik/postingan/user.

Tapi tetap aja ada yang merasa momod terlalu longgar dan membiarkan topik/postingan yang dianggap offensif. Maka bisa kita usulkan ke admin untuk perketat board-board tertentu kalau perlu bikin board baru yang lebih ketat aturannya.

Jadi saya setuju topik offensif dihapus untuk board tertentu, tapi dibiarkan untuk board yang lain.

Yang dimaksud topik ofensif di sini berasal dari kalangan internal Kristen (antar-aliran). Untuk serangan dari luar kan sudah ada board-nya sendiri :slight_smile:

Salam

dibiarkan :slight_smile:

  1. Kristus dan Paulus juga menegur dengan keras kepada orang2 yang menentang. Bisa diargumentasikan kalau kerasnya kata-kata Kristus dan Paulus yang terang2an nyerang Yahudi itu jarang, tapi poinnya di sini adalah ketika dibutuhkan, kata2 yang nusuk itu gak ada yang larang untuk keluarin.

Kalau misalnya dilarang kan ketika lagi butuh menuduh sebuah ajaran adalah ajaran setan (yang saya belum gunakan karena belum ada yang parah2 banget) maka jadinya bisa digunakan.

  1. Kebenaran justru thrive ketika ada personal attack terhadap kebenaran, sementara ajaran salah tidak bertahan terhadap discernment yang hebat terhadap kebenaran. Dengan demikian, justru dengan adanya serangan yang ofensif, kebenaran akan bertahan, dan ajaran sesat akan runtuh, paling ngak theoritically.

  2. Lagi, posisi forum ini bukanlah posisi gereja lokal yang memang memiliki hak untuk menutup ajaran palsu dan mengekskomunikasikan orang. Kuasa itu diberikan kepada gereja, gak lebih, dan forum ini gak mungkin claim sebagai gereja.

  3. Ketika Kristus diserang dengan serangan-serangan, Dia tidak marah kepada yang menyerang dan suruh mereka tutup mulut. Meskipun Dia gak selalu jawab, tetapi kepada orang yang Dia berkehendak memberi jawab, Dia memberi jawaban. Dengan demikian, kebenaran mengatasi tuduhan2 keras dengan kebenaran, sementara ajaran palsu gak punya cara mengatasi tuduhan2 keras, kecuali dengan membungkam mulutnya.

[b]Tidak membiarkan adanya topik-topik yang menyerang berbagai pihak adalah tidak membiarkan kebenaran Alkitab untuk stand out di tengah terlalu banyak ajaran palsu.

Gampangnya gini : wes, yang namanya kebenaran Alkitab selalu menentang segala sesuatu yang salah. Tetapi siapapun yang salah gak bisa menentang kebenaran Alkitab. Mari kita fasilitasi supaya kebenaran dapat bekerja sesuai intended purposenya, yaitu membedakan mana yang salah.
[/b]

Option 2 :

Forum ini dibaca oleh slimmer dan semua orang lainnya

Dari forum ini, akan mudah untk mencari dan menghancurkan kekristenan.

Forum ini sudah bukan lagi memberkati orang percaya, tetapi telah menjadi ajang / fasilitas untuk saling menghina antar denominasi. Ini bukan forum KRISTEN yang sejati.

Jika di luar sana, ada grj yang menghina denom lain, dengan mengadakan selubung acara KKR, tetapi sebenarnya, hanyalah untuk menghina denom lain. Nah FK telah menjadi ladang/media gratis bagi kelompok tertentu untuk menghina gjr lain. Moderator harus memiliki wawasan jangka panjang.

Bukan member yang harus di proteksi (antara lain, melindungi ad - hominem)
melainkan persekutuan antar GEREJA, itu yang seharusnya di lindungi oleh FORUM KRISTEN

Buat apa , membuat Forum yang melindungi member (terhadap ad-hominem), tetapi isi dari Forum KRISTEN, tidak lebih sebagai sarana saling berperang/saling menghina … ??? apakah moderator ataukah Adi, tidak melihat hal ini ???

Lihat saja, member dari kelompok tertentu, yang tiap 2 bulan sekali, selalu membuat id baru, dengan 1 tujuan, yaitu untuk mencari gara gara / menghina denom lain ? Hebatnya, FK memfasilitasi hal ini …

1 sakit hati, akan mendatangkan sakit hati pada orang lain. Dan rantai setan ini tidak akan berhenti, sebelum forum Kristen membuat poraturan yang benar di HADAPAN TUHAN.

satu saja Kesan saya selama menjadi member FORUM KRISTEN : TIDAK PERNAH saya merasakan “TERANG TUHAN” memancar dari forum ini. Menyedihkan bukan ?

Engkau mengira, ajaran kalvin mu sebagai kebenaran.

Orang lain melihat ajaran kalvinmu sebagai KESALAHAN FATAL/ PENYIMPANGAN ALKITAB