Tri Tunggal

Syalom

Pemuridan tentang Tri-Tunggal

Berikut firman Tuhan yang menjelaskan tentang Tri Tunggal. Renungkanlah setiap firman yang saudara baca dengan seksama, tidak perlu tergesa-gesa.

  1. Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
    a. Menurut tata bahasa, kata KITA, artinya a Satu orang. B Lebih dari satu orang.

  2. Matius 12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.
    a. Apakah sama resiko menentang Yesus dan menentang Roh Kudus? A Sama. B Tidak sama

  3. Matius 24: 36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."
    a. Menurut anda, apakah Anak tahu tentang hari dan saat itu a. Tidak tahu b Tahu
    b. Kalau begitu, apakah sama kuasa Bapa dengan Anak a. Sama b Berbeda

  4. Yohanes 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku
    a. Siapakah Allah di sini……………………………………………………………………………….
    b. Siapakah Ku dalam kepada Ku……….…………………………………………………….
    c. Menurut anda, firman diatas berbicara tentang a Satu b Dua pribadi

  5. Yohanes 14:12b ………. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
    a. Firman, “ Aku pergi kepada Bapa” berarti ada 2 pribadi. Pribadi yang satu pergi ke pribadi yang lain. Kalau satu pribadi, maka pribadi itu tidak pergi ke pribadi yang lain. Bagaimana pendapat anda …………

  6. Yohanes 14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. a. Apakah kata, “ Kami” disini berarti Bapa dan Yesus itu sama? a. Ya. b Tidak

  7. Yohanes 14:28b …………, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
    a. Apakah Bapa lebih besar dari Yesus a. Ya b. Tidak
    b. Kalau Yesus dan Bapa berbeda, mengapa sebagian orang Kristen menganggap Yesus dan Bapa itu sama …

  8. Yohanes 5: 19 Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.
    a. Apakah Yesus harus mencontoh Bapa a. Ya b. Tidak
    b. Kalau demikian, apakah sama, yang mencontoh dan yang di contoh a. Ya b. Tidak

  9. Efesus 2:18 karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.
    a. Oleh karena Pengorbanan Yesus ( Dia ) di atas kayu salib, roh kita dan Roh Yesus, dalam satu Roh Kudus pergi bersama-sama menghadap Bapa. Artinya, Bapa menerima Roh Kudus, Yesus dan roh saudara. Apakah anda bisa membayangkannya proses itu ?..

  10. Ibrani 1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: “Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?” dan “Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?”
    a. Firman, Aku akan menjadi Bapa-Nya. Siapakah Nya di sini? …………………………………………
    b. Firman , “ dan Ia akan menjadi anak-Ku?”. Siapakah Ku disini………………………………………
    c. Apakah yang dimaksud dengan ,”Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?”……………………….
    d. Apakah sama, Bapa dengan Anak a. Ya b. Tidak

  11. Matius 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
    a. “, mengapa Engkau meninggalkan AKu? Artinya Yesus ditinggalkan Bapa. Jika Yesus dan Bapa adalah satu pribadi, maka Yesus tidak akan bertanya seperti itu. Contoh: anda adalah seorang anak yang ditinggalkan orang tua pergi tanpa memberitahu anda. Karena anda dan orang tua berbeda tubuh, berbeda bentuk, maka wajar bila anda bertanya, “mengapa kalian meninggalkan aku?. Tapi jika anda merasa satu tubuh/ satu bentuk dengan orang tua, masakan anda masih bertanya, “mengapa aku meninggalkan aku? Pahamkah anda…………………………………………

  12. Wahyu 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.
    a. Siapakah Anak Domba itu …………………………………………………………………………….
    b. Siapakah yang duduk diatas takhta……………………………………………………………………
    c. Tentang gulungan kitab itu, siapa memberi kepada siapa………………………………………………
    d. Siapakah yang menulis di gulungan kitab itu, Anak Domba atau Dia yang duduk di atas tahkta …
    e. Menurut anda, apakah sama orang yang memberi dan yang diberi? …………Misalkan anda punya baju, baju yang sudah milik anda itu, anda berikan kepada anda lagi, bisakah seperti itu?..

  13. I Korintus 15:27 Sebab segala sesuatu telah ditaklukkan-Nya di bawah kaki-Nya. Tetapi kalau dikatakan, bahwa “segala sesuatu telah ditaklukkan”, maka teranglah, bahwa Ia sendiri yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki Kristus itu tidak termasuk di dalamnya.
    a. Di bawah kaki siapakah segala sesuatu itu telah ditaklukkan?..
    b. Siapakah yang dimaksud Ia sendiri ?..
    c. I Korintus 15:28 Tetapi kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah Kristus, maka Ia sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diri-Nya di bawah Dia, yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah-Nya, supaya Allah menjadi semua di dalam semua. Pahamkah saudara tentang 2 ayat ini, bagaimana kedudukan Yesus dihadapan Bapa? …………………………………………………….………………….

Kita sudah belajar dari Kejadian sampai Wahyu tentang Tri Tunggal, bagaimana kesimpulan saudara tentang Tri Tunggal?
Selama ini kita belajar Tri Tunggal itu seperti lilin, ada cahaya, panas dan bahan lilin itu sendiri. Bagaimana dengan sumbu lilin, uap lilin, dst. Juga tentang 3 fungsi, misalnya di rumah Ayah/Ibu, di tempat kerja, karyawan, di lingkungan sebagai anggota masyarakat. Pertanyaannya, bagaimana kalau di tempat wisata, tempat pemakaman, tempat bencana alam. Kalau Tri Tunggal di ibaratkan fungsi anda, padahal anda punya banyak fungsi di masyarakat. Apakah seperti itu pemahaman Roh Kudus, Yesus dan Bapa?
Tetapi kita membaca bahwa Yesus dan Bapa adalah satu. Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu." Apakah firman Tuhan saling bertentangan?
Saudara, manusia cenderung mengartikan kata SATU sebagai satu TUBUH, satu BENTUK. Kata Satu dalam Yohanes 10:30 berarti satu tujuan, satu kehendak, satu visi, satu misi, satu pandangan. Ingatlah kepada sebuah rumah tangga yang terdiri dari suami, istri dan anak-anak. Meskipun mereka secara tubuh terdiri lebih dari satu, tetapi dalam hukum roh dan hukum manusia, mereka adalah satu rumah tangga, yang punya satu tujuan, satu pandangan. ( Itu sebabnya tidak ada perceraian di dalam Iman Kristiani ).
Dengan demikian, pemahaman Yohanes 10:30 dengan keseluruhan firman yang lain tidak ada pertentangan. Pernah satu kali, Tuhan Yesus HAMPIR TIDAK SATU TUJUAN dengan Bapa dalam:

  1. Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Tetapi, ternyata Tuhan Yesus lebih memilih taat dengan kembali ke tujuan semula, yaitu menyelamatkan saudara dan saya. Pertanyaannya apakah saudara selalu memilih satu tujuan dengan Tri Tunggal atau memilih tujuan anda sendiri, suatu tujuan yang asing?
Beberapa orang mudah menerima kebenaran firman, beberapa orang masih terselubung sehingga sukar menerima firman, tapi beberapa orang malu oleh karena pemahamannya berbeda. Lukas 9:26 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus.

Mintalah hikmat kepada Roh Kudus tentang pengajaran Tri Tunggal ini. Tuhan memberkati.

Satu Allah tiga pribadi

GBU