tritunggal katanya ESA w cari di topic lain gk ada tolong bgt

katanya tritunggal kan TUHAN ITU ESA TOLONG JELASIN DONG … ane mw tau aje …no hujat …

Mau taunya dimana bro adip? Tidak mengertinya dimana?

ka tolong dibantu oada nanya kan katanya bapa putra dan roh kudus eh ada yg blang katanya kan TUHAN ITU SATU kok bsa 3 tolong dohng bntu …
ty yah sbelumny

Coba ikuti dulu TRIT ini Allah Tritunggal - Dasar iman Kristen - Ajaran Kristen - ForumKristen.com
GBU

ty ane cari2 gk dapet2

Nih aye’ kasih yg RINGKAS, MUDAH dan LUGAS deh buat Pemula seperti anda !
Ayat DASAR nya adalah :
Matius 28 :
18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa (bukan HANYA Israel/Yahudi saja) murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

  1. Nah andaperhatikan SEBUTAN Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah sekedar NAMA yg bisa dikenakan kepada Sosok TUhan Allah Yang Maha Esa itu ! Karena yg disembah dalam Alkitab adalah Tuhan Yang Maha Esa bukan yg TIGA.
    Contoh di Kehidupan manusia :
    Si Ali dpanggil sebagai Ali Suami oleh Istrinya
    Si Ali yg SAMA dipanggil Ali Bapa sama anak2nya.
    Si Ali yg ITU2 juga dipanggil Ali Anak sama orangtuanya.

Terus apakah anda menganggap si Alinya ada TIGA atau SATU ?

  1. Dalam Matius 28 disana terSIRAT dari yg ter SURAT disitu, bahwa :
    Urusan Ilmu Tauhid atau Ilmu Achirat yg diminta dari manusia adalah “PERCAYA dulu baru MENGERTI” bukan terbalik ke belajar Ilmu Dunia KUDU " Mengerti dulu baru Percaya"!
    Makanya Urutan2 nya adalah :
    a. Jadikan MURID … artinya yg diminta PERCAYA dulu !
    b. Baptiskan , alias kalau sudah mau PERCAYA lalu di SYAH kan sebagai Murid melalui Pembaptisan “di Bai’at” kalau kata Muslim !
    c. Ajarkan soal Ilmu Tauhid ini.

Mengapa demikian ? Karena setelah di Baptis maka Roh Kudus, Sang Guru Agung akan tinggal bertahta didalam hatinya , menuntunnya untu lebih MUDAH mengerti dan Mencerna Ilmu ke Tuhan an/ Ilmu Tauhid ini.
Tanpa PENGAJARAN dan Roh Kudus maka seseorang akan kesulitan mengajar tntang Trinitas , Tuhan Allah yg Maha Esa yg bisa dipanggil dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus !
Setelah itu baru dia dapat memahami, KAPAN dia akan memanggil Tuhan Allah YHWH yg Maha Esa itu sebagai Bapa, Anak atau Roh Kudus
INI yg sering TIDAK DISADARI dan DIPAHAMI bagi Umat Kristen yg kebingungan CARA menjawabnya !
Saya tunggu Pertanyaan anda seanjutnya ! :coolsmiley: :happy0062:

Ulangan 6:4 (TB)
Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

Dijelaskan dengan bahasa sehari-hari dalam Alkitab BIS
Saudara-saudara, ingatlah! Hanya TUHAN, dan TUHAN saja Allah kita!

KJV menuliskan, “Hear, O Israel: The LORD our God is one LORD”
NIV menuliskan, “Hear, O Israel: The Lord our God, the Lord is one.” dengan catatan kaki sebagai berikut “Or The LORD our God is one LORD; or The LORD is our God, the LORD is one; or The LORD is our God, the LORD alone

Kata TUHAN ITU ESA tidak sama dengan pengertian ISLAM tentang JUMLAH Tuhan itu hanya ada satu buah (seakan ada yang lainnya lagi) sehingga menunjukan penolakan terhadap tuhan-tuhan yang lain. Pengakuan tentang adanya tuhan-tuhan yang lain juga tersirat dalam Islam lewat pernyataannya mereka tentang agamamu dan agamaku, yang selanjutnya masing-masing memiliki kibatnya sendiri dan tuhannya sendiri (yang ini hampir tidak pernah jadi quote)

TUHAN ITU ESA sama artinya dengan sila pertama dari Pancasila, yaitu KeTuhanan Yang Maha Esa, dimana dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia mengakui adanya 5 agama (Islam, Katholik, Kristen, Hindu dan Budha) dan satu tambahkan Konghucu sebagai agama yang memiliki Tuhan yang sama (esa) dengan cara ibadah yang berbeda. Kata Tuhan itu esa menunjukan bahwa Tuhan itu mengatasi seluruh bangsa dan kaum dan agama, dari belahan bumi manapun dengan ibdah cara bagaimanapun tetap hanya ada satu yang disembah yaitu Tuhan yang sama. Itu artinya Tuhan itu esa, yang menunjukan bahwa tidak ada tuhan lainnya lagi dari Tuhan yang dikenalkan Musa dengan sebutan YHWH dan dikenalkan Yesus dengan sebutan ABBA.

Keberadaan dewa-dewa itu bukan TUHAN sebab mereka bagai para malaikat, prajurit langit atau berbagai istilah lain untuk sebutan para dewa tersebut yang tidak seharusnya disembah atau menyembah mahluk ciptaanNya.

Didalam agama Budha mereka mengakui adanya Tuhan yang diatas dan dalam agama Hindu Bali, mereka mengakui adanya Tuhan yang menjelma menjadi trideva (Brahmana, Wisnu dan Shiva) disamping dewa-dewa lainnya seperti Agni, Indra dll, Islam mengakui Awloh sebagai yang tertinggi, Khatolik dan Kristen menyebutNya Bapa (kami di Surga) dan Yahudi memanggilnya Adonai (YHWH). Semua menerima pengajaran tentang budipekerti, kebaikan, kesetiaan, kasih sayang, kemurahan, keadilan dan saling menolong sebagai dasar nilai dan moral yang diterima manusia dari TUHAN.

Bapa, Putra yaitu Yesus Kristus dan ROH KUDUS adalah gambaran tentang Allah yang tidak dapat dipahami manusia karena hal itu diluar kapasitas pikiran dan otak manusia. Bahkan tentang keberadaan malaikat (dewa), hantu, setan dan roh belum cukup untuk dimenerti dan dipahami logika manusia apalagi tentang TUHAN yang tidak diciptakan dan ada dengan sendirinya, yang Awal dan Akhir, sesuatu yang tidak didesign (diadakan) jelas manusia tidak dapat memahami menyeluruh, saat Yesus berkata dalam Yohanes 10:30, “Aku dan Bapa adalah satu.”

Satu Allah tapi tiga pribadi

GBU