Tritunggal : Roh Apa yang Berdiam di dalam Tubuh Jasmani Yesus Kristus?

Ada berbagai kemungkinan.

  1. Roh yg berdiam di dalam tubuh Yesus adalah Allah yang disebut Sang Firman, “The Word” (Yohanes 1:1)
    “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.” → Sang Firman, Allah Bapa dan ROH KUDUS, ketiganya adalah kesatuan yg disebut tritunggal. Teori ini yg dipercaya oleh sy dan juga sebagian besar Kekristenan.

  2. Roh yg berdiam di dalam tubuh Yesus adalah Allah ROH KUDUS. → sepertinya tidak mungkin, soalnya di Alkitab ada ditulis bahwa Yesus mengatakan bahwa ROH KUDUS akan diutus setelah kepergian diriNya. Berarti ROH KUDUS itu lain lagi dan belum datang waktu itu (baca Yohanes 16:7, 16:13)

  3. Yesus adalah manusia seperti kita, jadi rohNya pun biasa2 aja, sama seperti roh manusia pada umumnya namun roh ini “bercampur” dengan ROH KUDUS. Dia dikuasai oleh ROH KUDUS. Sederhananya, ada dua roh di dalam tubuhnya, namun ROH KUDUS-lah yang menguasai. → juga sepertinya tidak mungkin, alasannya sama dengan nomor 2.

  4. Roh yg berdiam di dalam tubuh Yesus adalah Roh Allah itu sendiri. Sederhananya, Allah itu sebetulnya cuma ada satu, tidak ada istilah tritunggal, namun bisa “membelah diri”. Jadi yang di atas (Surga) adalah Allah, yang di bawah juga Allah. → kayaknya juga ga mungkin, soalnya cerita Yesus dibaptis di Matius 3:13-17, Lukas 3:21-22 mengindikasikan bahwa Sang Allah Bapa adalah berbeda, tidak sama dengan Roh di dalam diri Yesus.

  5. Roh yg berdiam di dalam tubuh Yesus adalah Makhluk Ilahi, yg sering dipanggil “PutraNya yang Tunggal” yang dikasihi Allah yang Mahakuasa, dia cuma sedikit di bawah Allah yang Mahakuasa. Biasanya “saudara” kita, SSY percaya ini. Dia diutus untuk menjadi korban untuk membayar dosa manusia. Sebagian besar kalangan SSY yg lebih ekstrim mengatakan bahwa Makhluk Ilahi ini adalah yg sering kita panggil dengan Mikael, Sang Penghulu (Jenderal) para Malaikat.

Mohon koreksi jika ada kata2 sy yg salah. Ayo yg suka topik tritunggal silakan komentar.

NB: harap refresh halaman karena dalam 5 menit pertama biasanya sy suka meng-edit kata2 sy sendiri.

soal tritunggal udah ngga ada lagi yang perlu dijelaskan bro

Bapa = Yesus = ROH KUDUS

kalau “formula” ini mau dipercaya apa adanya
kamu ngga bakalan tanya lagi Roh apa yang ada dalam Yesus

Bapa tidak sama dengan Yesus dan tidak sama dengan Roh Kudus.

Ketiganya berbeda.

ya sudah, artinya kamu ngga mempercayai tritunggal toh

as simple as that

dan seharusnya board ini tertutup untuk kamu

Pak HenHen percaya tritunggal, namun mengatakan bahwa ketiganya adalah sama? Minta tolong ketegasannya dan konfirmasinya…

Apakah menurut pak Hen ketiganya adalah SAMA saja?

baca aja thread yang ada om

tritunggal itu hal yang ngga bakalan saya jelaskan lagi
tinggal mau terima atau tidak saja

bisa dibedakan tapi ujung2nya itu sama
melihat Yesus sama dengan melihat Bapa, mereka satu, begitu juga dengan Roh Kudus

Berarti kesimpulannya, sy menilai bahwa pak Hen pada akhirnya merasa mereka itu lebih dekat ke satu kesatuan ibarat 1/3 + 1/3 + 1/3

Sementara itu sy merasa mereka itu tiga yg berbeda. Sama sekali tidak bisa dikatakan 1/3 + 1/3 + 1/3 tapi menurut sy lebih dekat ke angka 3 (tiga). Dalam hal esensi sy mengatakan mereka adalah sama, sama2 berupa Allah, namun pribadinya adalah berbeda, punya kehendak yg bisa berbeda, dan “tugas/fungsi/posisi” yg juga berbeda.

Ketiganya adalah satu kesatuan yg membentuk Allah Tritunggal namun sy lebih percaya kepada ke-berbeda-an dari mereka secara pribadi daripada ke-satuan-an (1/3 + 1/3 + 1/3) atau ke-tertempel-an mereka satu sama lain.

“Roh Tuhan ada pada-Ku oleh sebab Ia telah mengurapi Aku” Luk 4:18
setelah mengucapkan bahwa ayat itu sudah genap, Tuhan Yesus mau diserang karena menyamakan DiriNya dengan Allah Bapa.

“Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS.” Mrk 1:8
Yohanes Pembaptis menjadi saksi bahwa Yesus memiliki ROH KUDUS bahkan sebelum Yohanes Pembaptis membaptis Yesus. sampai-sampai dia bilang: “Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?”

kesimpulannya BAPA = Yesus Kristus = ROH KUDUS

Ya terserah bro
saya ngga mau ngebahas doktrin yang udah begitu apa adanya tertulis lengkap jelas

yang jelas kalau mau nurut tritunggal

melihat Yesus = melihat Bapa = melihat Roh Kudus

Yg nomor 1 saja Acid.

oklah

Sy yg percaya bahwa ketiga pribadi tritunggal itu berbeda akan menjawab dengan pemahaman sy. Menurut sy berkaitan dengan ayat di atas: ada indikasi bahwa Tuhan Yesus menyederhanakan kata2 utk supaya mudah dimengerti oleh manusia biasa. Menurut sy tidak mungkin juga Yesus mengatakan bahwa sebetulnya dirinya adalah Sang Firman, terlalu sulit untuk dipahami.

Ini bukan perkataan Yesus melainkan Yohanes. Adapun Tuhan Yesus tidak pernah (atau setidak2nya tidak ada ditulis bahwa Yesus membaptis secara langsung di Alkitab) membaptis orang. Pemahaman Yohanes adalah pemahaman manusia biasa. Ia tidak mungkin “menduga” dengan tepat Roh yg ada di dalam Yesus Kristus.

Yohanes 14
14:1
"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. → indikasi Allah tidak sama dengan Yesus Kristus.

14:2
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. → berarti Yesus tidak sama dengan Bapa, meskipun sama secara esensi ke-Allah-an.

14:3
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

… (skip)

14:16
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, → Yesus Kristus minta kepada Bapa?? → indikasi bahwa ada perbedaan

… (skip)

14:23
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan KAMI akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. → kata “KAMI” menyatakan ada perbedaan

… (skip)

14:26
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

… (skip)

14:31
Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, marilah kita pergi dari sini."

saya diberitahu “Yesus tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan” karena Yesus itu sifatnya sangat rendah hati tidak mau ngotot atas hak-Nya,
Filipus yg sering bareng Yesus aja bingung minta ditunjukan Bapa, apalagi saya dan sdr. (Yoh 14:8-9) :happy0025:

Yesus membaptis dengan ROH KUDUS (dan api), bukan dengan air. (Mrk 1:8 Mat 3:11)
Kesaksian Yohanes Pembaptis tsb diamini oleh penulis Markus dan Matius, tiga orang saksi saya kira cukup.

Secara keseluruhan, saya bisa terima pendapat sdr. yang penting Yesus adalah Tuhan. GBU

Bray, bagaimana pendapat elo dengan ayat-ayat di bawah ini :

(18) Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

(25) Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

Sebetulnya pertanyaan sy sederhana dan ga terlalu sulit. Tapi mungkin itu yg menimbulkan kerancuan. Sy yakin yg berdiam di dalam diri Yesus adalah Sang Firman, pribadi yg kedua dalam tritunggal. Yg sering disebut Allah Anak.

Bukan berarti diri Yesus sama sekali tidak dipenuhi Roh Kudus sedikitpun. Melainkan roh apa yg ada di dalamnya? Gitu aja. Tapi itu mungkin disalahtafsirkan pak Harry dan Virus Kasih.

Bray, itu yang gue bold di atas, boleh tahu ga, elo tafsirkan berdasarkan apa?

Atau barangkali justru yang di-bold itu adalah jawaban elo atas pertanyaan elo sendiri?

#acidking001 : Roh apa yang berdiam di dalam Tubuh Jasmani Yesus Kristus?
#acidking001 : Sang Firman.

Bray, gue awalnya pengen jawab simpel aja, ROH ALLAH, karena yang elo tanyakan adalah “Roh APA…”, bukan “Roh SIAPA…”. Menurut gue, “APA” akan cenderung mengarah ke substansi (hakikat) sedangkan “SIAPA” akan cenderung mengarah ke pribadi (beda-beda tipis sih).

Tapi apa iya, elo puas dengan jawaban ini? Karena gue yakin, jawaban ROH ALLAH pasti sudah ada di kunci jawaban elo. Tul kan?

Satu lagi, pas kebaca kata “Tritunggal” di judul trit, gue jadi agak mikir. Karena meski Sang Firman a.k.a Anak adalah satu hakikat dengan Bapa dan ROH KUDUS namun tidak satu pribadi.

Udah sekarang gue aja deh yang tanya ke elo :
Dengan adanya “Roh Bapa yang kudus”, “Roh Firman yang kudus” dan “ROH KUDUS yang kudus”, menurut elo sendiri, Roh siapa yang berdiam di dalam tubuh jasmani Yesus Kristus? Silahkan dipilih :

A. Roh Bapa yang kudus
B. Roh Firman yang kudus
C. ROH KUDUS yang kudus
D. Roh Bapa yang kudus X Roh Firman yang kudus
E. Roh Bapa yang kudus X ROH KUDUS yang kudus
F. Roh Firman yang kudus X ROH KUDUS yang kudus
G. Roh Bapa yang kudus X Roh Firman yang kudus X ROH KUDUS yang kudus

Roma 8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

Jadi Roh Kristus memang nyata.

Anda rancuh tentang apa yang disebut ROH KUDUS, Roh Kristus, Roh Allah, ketiganya adalah sama, disebut dengan berbeda sebutan agar jelas bagi kita tentang peranNya. ROH KUDUS ya Roh Kristus ya Roh Allah, bukan tiga Roh.

Roma 8:9, “Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.”

Roh Allah ya Roh Kristus, sama bukan ada dua Roh di dalam diri kita, satu Roh Allah dan satu Roh Kristus.

1 Petrus 1:11, “Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.

Kisah Rasul 28:25, Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan ROH KUDUS kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:

ROH KUDUS yang memberi kesaksian tentang apa yang akan menimpa Kristsus, dalam surat Petrus disebut Roh Kristus. Keduanya adalah sama, bukan satu ROH KUDUS yang menyampaikan dan dilain kesempatan Roh Kristus.

Kerancuhan kedua anda, adalah tentang Roh Kristus dan roh manusia. Anda beranggapan Yesus memiliki roh manusia yang bersatu dengan Roh Kristus dan yang menerima ROH KUDUS. Saya tegaskan bahwa Roh yang ada dalam tubuh Yesus adalah Roh Kristus yaitu Roh Allah, sedangkan roh yang ada dalam tubuh kita adalah roh manusia. Yesus tidak memiliki roh manusia seperti kita!

Ibrani 10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: “Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki — tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku — .”

Roh Allah masuk dalam sel telur Bunda Maria, sehingga terlahirlah dalam daging seorang manusia yang hidup bukan karena sel telur itu menerima roh manusia, tetapi Roh Allah yang ada dalam tubuh daging-Nya. Jadi Yesus itu adalah Roh Allah yang ada dalam tubuh daging manusia.

Mengapa masih ada Roh Kudus seakan berbeda? Sebab Allah Roh tidak dapat dibilang jumlahnya, hari ini Roh Kudus ada dalam diri saya, juga ada dalam diri banyak orang lainnya lagi. Apakah Roh Kudus hanya dalam diri saya saja saat seorang beriman lainnya saya doakan dan oleh karunia Roh Allah menjadi sembuh. Apakah Roh Allah dalam dirinya tidak ada?

Anda harus berhati-hati menulis apa yang tidak anda pahami dengan benar. Roh tidak sama seperti benda dan tidak dapat dihitung seperti benda dan dibentuk bilangan seperti benda.

Utk yg bercetak tebal, begini klarifikasi sy: sy tidak mengatakan seperti itu. Maksud sy adalah bahwa di dalam tubuh Yesus itu murni adalah Yesus itu sendiri dan roh Nya ya = roh Yesus juga. Sy tidak mengatakan roh manusia sama sekali. Semoga bisa dimengerti…
Dan selamat natal utk kita semua Tuhan memberkati :slight_smile: