Tuhan Berdoa (Minta Informasi)

Halo kawan :slight_smile:
Kenalkan nama saya Ricky saya dari Kudus (anak baru di forum ini kawan)
Agama saya Kristen Protestan

Kakak kakak yang di berkati Tuhan :slight_smile: saya mau tanya dong, aku masih belum mengerti tentang suatu pertanyaan.

Saat Tuhan Yesus berdoa di taman di bukit Getsemani, nah Dia berdoa kepada siapa kak ?
Kan Tuhan Yesus itu Tuhan kita sendiri.

Kasih jawaban yg mudah di cerna ya kawan :slight_smile:
Agar saya dapat memberitakan injil Tuhan dengan benar :slight_smile:
Terimakasih

Hal inilah yang seringkali banyak orang tanyakan tentang Yesus, dan bahkan malah mempertanyakan ke-Allahan Yesus. Pertama - tama saya ingin katakan bahwa Yesus berdoa kepada Allah Bapa. Yesus adalah Allah, Yesus dan Allah Bapa adalah satu, Yesus dan Bapa (bersama Roh Kudus tentunya) tidak pernah bisa dipisahkan dan merupakan satu kesatuan. Kesatuan ini dibahas di artikel Penjelasan Singkat Tritunggal.

Jadi, kalau begitu seharusnya Yesus tidak perlu berdoa lagi kepada Allah Bapa, karena Yesus dan Bapa adalah satu kan? Jawabannya sederhana, ingat bahwa Yesus bukan hanya 100% Allah, Yesus juga 100% manusia.

Filipi 2:5-7, Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Doa Yesus di Getsemani juga sebagai persiapan Yesus untuk menghadapi siksa salib.
Perlu dipahami perendahan diri Yesus (‘kenosis’). Artinya, dalam keadaanNya sebagai manusia, ada hal-hal yang bersifat kemanusiawian yang harus dipikul oleh Yesus. Dalam hal ini, Ia telah membuat diriNya menjadi lebih rendah dari BapaNya, dalam tubuh manusia, Yesus memiliki keterbatasan untuk sementara waktu.

MOTIVASI. Motivasi mereka adalah mempertanyakan, Tuhan kok berdoa ? Itu bukan Tuhan! Tujuannya, adalah membuatmu bingung dan meragukan Yesus adalah Tuhan. Akan sia-sia kamu berikan jawaban jika mereka tetep keukeuh dengan pikiran seperti itu. Lebih baik kamu jawab dengan, ‘Lakum dinukum waliyadin. Bagimu agamamu, bagiku agamaku’. Bukan karena kamu tidak bisa jawab, tetapi karena kesia-siaan yang akan kamu lakukan.

Tuhan Yesus waktu di taman Getsemani berdoa kepada Bapa
Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Kita tahu bahwa Tuhan Yesus adalah anak Allah (Bapa)
Matius 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”
Yesus jug adatang sbg utusan Bapa
Matius 10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

Namun sangat sulit utk mengetahui sebenarnya kebagaimanaan Tuhan Yesus dan Bapa ini,
karena Allah tidak mungkin dpt dijangkau dgn pikiran kita yg sangat terbatas.

Mengapa Tuhan Yesus berdoa kpd Bapa adalah karena posisi Tuhan Yesus saat itu adalah sbg Anak dan juga sbg utusan Bapa yg harus taat.

Saya setuju dengan pendapat pendapat diatas bahwasanya saat Yesus berdoa IA dalam karakter manusia
Tetapi ada satuhal yg ingin sy tambahkan bahwa semua doktrin : doktrin Alkitab ; doktrin Allah Tritunggal dll hanya bisa diimani tidak dapat dilogikan dan tidak dapat diperdebatkan
regards,

Jadi akhirnya akan menjadi iman yang tidak logis dan semau penafsir pribadinya ya?

Bro ,
iman memang tidak logis karena Tuhan tidak dapat dijangkau oleh akal manusia . ( tercatat bahwa kesembuhan ajaib karena imantak dapat dijelaskan oleh dokter … @ jika punya iman sebiji sesawi saja akan dapat memindah gunung … ) . Sy memang cenderung mengikuti penafsir atau tafsiran yg didasari / dilambari dengan daya kasih / daya yg mendamaikan / menentramkan hati sebagai pedoman utk mengimani sesuatu . Jadi segala sesuatu yg menimbulkan kasih dan kesejahteraan ( apalagi utk orang banyak) kemungkinan besar itu adalah arah yg lebih benar . Sedang yg dilogikan ( banyak ayat Alkitab yg digunakan oleh penyesat utk meruntuhkan iman Kristen karena mmg tidak bisa dijawab secara logis contoh yg paling mudahnya : Natal dan Paskah; tentang adam dan hawa , bahkan tulisan dlm buku " shocked by the Bible"sy anggap penyesatan) yg memancing perdebatan dan pertengkaran dan pertentangan yg akan berakhir dg permusuhan seumur hidup sy anggap bukan berasal dari Allah . ? @… Kasihilah Tuhan Allahmu dg segenap akal budimu … dan kasihilah sesamamu manusia seperti …
pada suatu titik mmg orang beriman harus punya prinsip kasih yg dibimbing Roh Kudus untuk memilah mana yg berasal dari “terang” dan mana yg berasal dari " kegelapan " kalau tidak , orang Kristen akan terombang ambing oleh ratusan tafsir dari logika yg dibuat manusia dan lama kelamaan menghsilkan kesesatan ; apatisme dan mungkin saja menjadi tidak percaya Alkitab lalu tidak percaya Firman Tuhan dan akhirnya tidak percaya kepada Tuhan . Sekedar contoh yg paling mudah menggambarkan pengaruh logika yg sesat adalah : jika anda ( sedang dlm kondisi bugar) tiba2 ditegur oleh seseorang bahwa anda sangat pucat dan divonis sakit maka apabila ada empat orang yg berulang mengatakan seperti itu maka anda yg tadinya bugar akan berlogika bahwa orang2 itu benar lalu anda akan benar2 jatuh sakit.

Begitulah bro tetapi jawaban ini bukan untk berdebat hanya sebagai wacana untuk sebuah wawasan jika diperkenan
Regards,

[quote="roderick post:6, topic:184469"] [b]Jadi akhirnya akan menjadi iman yang tidak logis[/b] dan semau penafsir pribadinya ya? [/quote] [quote="[email protected] post:7, topic:184469"] Bro , iman memang tidak logis karena Tuhan tidak dapat dijangkau oleh akal manusia . ( tercatat bahwa kesembuhan ajaib karena imantak dapat dijelaskan oleh dokter .... @ jika punya iman sebiji sesawi saja akan dapat memindah gunung ..... ) . Sy memang cenderung mengikuti penafsir atau tafsiran yg didasari / dilambari dengan daya kasih / daya yg mendamaikan / menentramkan hati sebagai pedoman utk mengimani sesuatu . Jadi segala sesuatu yg menimbulkan kasih dan kesejahteraan ( apalagi utk orang banyak) kemungkinan besar itu adalah arah yg lebih benar . Sedang yg dilogikan ( banyak ayat Alkitab yg digunakan oleh penyesat utk meruntuhkan iman Kristen karena mmg tidak bisa dijawab secara logis contoh yg paling mudahnya : Natal dan Paskah; tentang adam dan hawa , bahkan tulisan dlm buku " shocked by the Bible"sy anggap penyesatan) yg memancing perdebatan dan pertengkaran dan pertentangan yg akan berakhir dg permusuhan seumur hidup sy anggap bukan berasal dari Allah . ? @...... Kasihilah Tuhan Allahmu dg segenap akal budimu ..... dan kasihilah sesamamu manusia seperti ...... pada suatu titik mmg orang beriman harus punya prinsip kasih yg dibimbing ROH KUDUS untuk memilah mana yg berasal dari "terang" dan mana yg berasal dari " kegelapan " kalau tidak , orang Kristen akan terombang ambing oleh ratusan tafsir dari logika yg dibuat manusia dan lama kelamaan menghsilkan kesesatan ; apatisme dan mungkin saja menjadi tidak percaya Alkitab lalu tidak percaya Firman Tuhan dan akhirnya tidak percaya kepada Tuhan . Sekedar contoh yg paling mudah menggambarkan pengaruh logika yg sesat adalah : jika anda ( sedang dlm kondisi bugar) tiba2 ditegur oleh seseorang bahwa anda sangat pucat dan divonis sakit maka apabila ada empat orang yg berulang mengatakan seperti itu maka anda yg tadinya bugar akan berlogika bahwa orang2 itu benar lalu anda akan benar2 jatuh sakit.

Begitulah bro tetapi jawaban ini bukan untk berdebat hanya sebagai wacana untuk sebuah wawasan jika diperkenan
Regards,
[/quote]

Betul & setuju, :afro: [b]tidak ada salahnya yg junior kasih pelajaran utk mengingatkan yg merasa senior[/b] padahal imannya selama ini keblinger

Keblinger gimana?

Iman keblinger itu seperti apa?

spt imanmu itu:

anda percaya kepada siapa ??? TUHAN YESUS atau yang lain?

kalau YESUS berdoa kepada TUHAN, maka memang YESUS berdoa kepada BAPA. Siapa itu BAPA, siapa itu YESUS dan apa hubungannya? mungkin ini yang harus anda percayai dan pahami lebih dalam.

TERIMAKASIH atas jawaban jawaban dari Anda semua gan
Semoga bermanfaat dan Tuhan memberkati :slight_smile:

Loh? Sejauh ini saya bisa mempertanggung jawabkan iman saya koq.

Bukannya iman kamu yang babak belur pertanggung jawabannya dan juga berkali-kali disindir momod?

Atau jangan-jangan menurutmu imannya momod juga kleblinger?

;D