TUHAN berikhtiar untuk membunuh Musa.

Keluaran 4.
(24) Tetapi di tengah jalan, di suatu tempat bermalam, TUHAN bertemu dengan Musa dan berikhtiar untuk membunuhnya.
(25) Lalu Zipora mengambil pisau batu, dipotongnya kulit khatan anaknya, kemudian disentuhnya dengan kulit itu kaki Musa sambil berkata: “Sesungguhnya engkau pengantin darah bagiku.”
26) Lalu TUHAN membiarkan Musa. “Pengantin darah,” kata Zipora waktu itu, karena mengingat sunat itu.

Ada yang bisa menjelaskan bagian Alkitab ini ?
Mengapa TUHAN hendak membunuh Musa ?
Apa juga maksud dari kulit khatan yang disentuhkan pada kaki Musa dan istilah “pengantin darah” ?

Karena Musa lalai akan perjanjian yang sdh ditetapkan oleh nenek moyangnya, anaknya belum disunatkan :smiley:

Ge 17

9 Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.
14 Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku.”

musa… dekat sekali dg Allah… Allah berfirman :

Le 10:3 Berkatalah Musa kepada Harun: “Inilah yang difirmankan TUHAN: Kepada orang yang karib kepada-Ku Kunyatakan kekudusan-Ku, dan di muka seluruh bangsa itu akan Kuperlihatkan kemuliaan-Ku.” Dan Harun berdiam diri.

makin dekat dengan Tuhan… hrs makin hati2…dan waspada krn salah sedikit Tuhan menyatakan kekudusanNYA :slight_smile:

pengantin darah …perjanjian yang diikat dg darah :slight_smile:

begitu :wink:

Sekedar referensi, bisa juga baca ulasannya di
http://www.sarapanpagi.org/musa-hendak-dibunuh-tuhan-vt266.html#p560

@ bu Esther 1 & Sarapan Pagi.

Terima kasih.
Kalau demikian, sama dengan kematian Uza (2 Samuel 6 : 7), karena ketidak-taatan.
Terima-kasih banyak…

2Sa 6:6 Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Nakhon, maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir.
2Sa 6:7 Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu.

sama …Allah sdg menyatakan kekudusanNYA … termasuk anak2 Harun yang membawa api asing untuk ketika sdg mempersembahan

Le 10:
1 Kemudian anak-anak Harun, Nadab dan Abihu, masing-masing mengambil perbaraannya, membubuh api ke dalamnya serta menaruh ukupan di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN api yang asing yang tidak diperintahkan-Nya kepada mereka.
2 Maka keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan keduanya, sehingga mati di hadapan TUHAN.

Kekudusan Allah yang demikian sempurna, tidak tercela…
Sungguh, diri kita amat sangat tidak layak di hadapan-Nya.
Dan pengudusan kita oleh darah Kristus sungguh sangat mahal harganya…
Yang membuat Dia memandang kita layak…karena Anak-Nya… Yesus Kristus…

ITU mah maksudnya ingin MEMBUNUH Karakter Musa Lama menjadikannya Lahir Baru dalam Karakter Barunya Musa … kira2 kek Ayat Hari ini dari FK itu lho …Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal. - Petrus 1:23
Bukankah HAL ini juga terjadi pada Yakub yg diubah menjadi Israel ? :coolsmiley: :happy0062:

<< EFESUS 2 >>

1 Kamu dahulu sudah mati (DIBUNUH) karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.
3 Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka (masih jadi KAMBING) , ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain (para Kambing) .
4 Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,
5 telah menghidupkan kita (setelah DIBUNUH) bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita–oleh kasih karunia kamu diselamatkan–
6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,
7 supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.
8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Dlm PL ,kalau Tuhan mau bunuh ya… bunuh beneran bukan karakternya…ttp mati secara jasmani

Dlm PB contoh lain:
Ac 5:5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu.

Yang saya tahu, LAHIR BARU itu adalah merupakan karya Roh Kudus.
Jadi setelah Roh Kudus dicurahkan (hari Pentakosta), dalam PL Roh Kudus belum dicurahkan.
Saya sudah menangkap jawabannya. Ini adalah benar murni karena kekudusan Allah.
Terima kasih.

Si Mbak mah kek Pasukan Eksekutor Terpidana Mati aja sih …LUPA ya Mbak bahwa manusia selain FISIK juga ada yg namanya Spiritual dan Mental dimana didalamnya terkandung KARAKTER dan ATTITUDE yg bukan bagian dari FISIK / Jasmani !
Ambo aja yg dulunya BERANGASAN , TELENGAS, BERDARAH DINGIN pas habis DICIDUK Tuhan Yesus lalu DIBUNUH deh itu yg namanya KARAKTER dan ATTITUDE manusia lama Ambo, LAHIR BARU, jadi deh si Liliput !
Kalau Ambo kek Manusia Lama Ambo dahulu, setiap kali ketemu yg bukan Saudara Seiman main PENGGAL KEPALA nya bukan PENGGAL Attitude dan Karakternya … bukan saja Ambo gak dapat Mahkota di Kerajaan 1000 tahun di Bumi malahan Ambo gak dikasih KAPLING di Kerajaan Allah di Sorga … karena kata Tuhan Yesus :"Tak ada tempat bagi seorang Pembunuh di Sorga ! :mad0261: :cheesy: :coolsmiley: :happy0062:

Kisah diatas itu BUKAN karena ke TIDAK TAAT an tetapi karena ke TELEDOR an artinya KURANG HATI2 dalam BEKERJA … dampaknya bisa FATAL dan MEMATIKAN !
Mosok orang mau mencegah agar Tabut Perjanjian Tidak Rerjatuh karena lembu-lembu itu tergelincir dan dalam Situasi Ibadah melakukan IBADAH PERSEMBAHAN KOK DI HAKIMI TIDAK TAAT SIH ?? :mad0261: :coolsmiley: :’( :ashamed0004:

Tata cara membawa tabut perjanjian :
Keluaran 25
(10) Haruslah mereka membuat tabut dari kayu penaga, dua setengah hasta panjangnya, satu setengah hasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya.
(11) Haruslah engkau menyalutnya dengan emas murni; dari dalam dan dari luar engkau harus menyalutnya dan di atasnya harus kaubuat bingkai emas sekelilingnya.
(12) Haruslah engkau menuang empat gelang emas untuk tabut itu dan pasanglah gelang itu pada keempat penjurunya, yaitu dua gelang pada rusuknya yang satu dan dua gelang pada rusuknya yang kedua.
(13) Engkau harus membuat kayu pengusung dari kayu penaga dan menyalutnya dengan emas.
(14) Haruslah engkau memasukkan kayu pengusung itu ke dalam gelang yang ada pada rusuk tabut itu, supaya dengan itu tabut dapat diangkut.
(15) Kayu pengusung itu haruslah tetap tinggal dalam gelang itu, tidak boleh dicabut dari dalamnya.

Inilah tata-cara mengangkut tabut perjanjian.

Apa yang dilakukan Daud pada waktu mengangkut tabut perjanjian ?

2 Samuel 6
(2) Kemudian bersiaplah Daud, lalu berjalan dari Baale-Yehuda dengan seluruh rakyat yang menyertainya, untuk mengangkut dari sana tabut Allah, yang disebut dengan nama TUHAN semesta alam yang bertakhta di atas kerubim.
(3) Mereka menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru setelah mengangkatnya dari rumah Abinadab yang di atas bukit. Lalu Uza dan Ahyo, anak-anak Abinadab, mengantarkan kereta itu.

Cara pengangkutan tabut perjanjian yang seharusnya diusung telah dilanggar menjadi menggunakan kereta., sehingga Uza dibunuh TUHAN.

Setelah menyadari kesalahannya, kemudian Daud mengangkut tabut perjanjian dengan cara diusung.

2 Samuel 6
(12) Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: “TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu.” Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita.
(13) Apabila pengangkat-pengangkat tabut TUHAN itu melangkah maju enam langkah, maka ia mengorbankan seekor lembu dan seekor anak lembu gemukan.
(14) Dan Daud menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga; ia berbaju efod dari kain lenan.
(15) Daud dan seluruh orang Israel mengangkut tabut TUHAN itu dengan diiringi sorak dan bunyi sangkakala.

Yang menarik, bahwa sebelumnya bangsa Filistin mengangkut tabut ini dengan cara dinaikkan ke atas kereta, tetapi tidak terjadi sesuatu. (I Samuel 6 : 11)

WOW , cakep Bro Ulasannya …! :afro: ;D
Cuma yg di Kekompok I kek nya sih berbicara tentang CARA PEMBUARAN Tabernakel itu, deh ! Karena KATA KERJA yg dipakai semuanya tentang CARA BUAT nya deh !
Di Kelkompok / Alinea II baru berisi Tata Cara Mengusungnya !
CUMA saya lagi merenung, berapa ratus lembu dan anak lembu gemukan yg DISEMBELIH jika JARAK antara Rumah Obed-Edom itu JAUH ke Kota Daud “Yerusalem” itu karena dikatakan di Ayat diatas setiap melangkah maju enam langkah maka ada Lembu dan anaknya yg DISEMBELIH ?!
2 Samuel 6
(12) Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: “TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu.” Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita.
(13) Apabila pengangkat-pengangkat tabut TUHAN itu melangkah maju enam langkah, maka ia mengorbankan seekor lembu dan seekor anak lembu gemukan.