Tuhan Menebus Semua Umat Manusia, atau Hanya Orang yg Percaya Yesus?

Dalam satu wawancara ada pernyataan Paus yg sangat menggelitik,
Mantan kardinal asal Argentina itu bahkan dengan lantang mengatakan, “Tuhan telah menebus semua umat manusia, bukan hanya Katolik, tapi semua orang, bahkan ateis.”

Paus Fransiskus menyerang imam yang tidak mau membaptis anak yang dilahirkan di luar nikah, dan menyebut para mereka terlalu ‘ketat’ dan munafik. Sang Paus justru menawarkan diri untuk membaptis bayi dari seorang wanita yang bercerai – yang mantan suaminya ingin dia menggugurkan kandungannya.

Yang menjadi pertanyaan:

  1. Pernyataan Paus : “Tuhan telah menebus semua umat manusia, bukan hanya Katolik, tapi semua orang,
    bahkan ateis.” > itu mengacu kemana?
  2. Apa perlunya Baptisan Bayi? > acuannya apa?

Adakah yg bisa memberikan penjelasan?
Thx, GBU

tanya in ke Tuhan langsung aja mas…

Manusia kan cuma bisa nebak-nebak hasil baca-baca dan pikar-pikir…
padahal modal tebak-tebakannya cuma buku beberapa ribu halaman doang…

mana bisa Memahami Tuhan cuma modal sekian ribu halaman??
emangnya Tuhan itu Komputer yg manual booknya sekian ribu halaman?

gimana udah berani doa konsekuentif?

kayanya BELUM dan paling ngeles lagi…hehe…

Lho Paus itu melakukan itu atas dasar apa? mengacu kemana?
Gak usah kemana2 mikirnya, kalo gak bisa jawab jangan jawab
gak bisa jawab kan? padahal kamu pengikut Paus kan?

ya tanya Paus nya sendiri mas…
emang gue pikirin?

kenal Paus aja enggak…

daripada ngeributin Paus yg sampeyan engga kenal, saya juga engga urusan…
makanya mending tanya Tuhan langsng aja…
kalo Tuhan, sampeyan kenal kan?
saya kebetulan juga kenal sih…

walaupun jangan-jangan Tuhan nya beda…
soalnya Tuhan yg saya kenal ini lemah lembut dan penuh kasih…
enggak Cemburu-an, Marah-an, BT-an, suka ngata-ngatain orang lain…
itu saya kuatir jangan-jangan bukan TuHan… tapi kebalik kali mas: HanTu…
hehe…

udah berani belum berdoa konsekuentif?

UNLIMITED ATONEMENT, diyakini oleh Katolik dan Sebagian Protestan (kecuali Kalvinis), dasar Alkitab:

* Yohanes 1:29
LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
KJV, The next day John seeth Jesus coming unto him, and saith, Behold the Lamb of God, which taketh away the sin of the world.
TR, τη επαυριον βλεπει ο ιωαννης τον ιησουν ερχομενον προς αυτον και λεγει ιδε ο αμνος του θεου ο αιρων την αμαρτιαν του κοσμου
Translit interlinear, tê epaurion {pada hari yang berikut} blepei {ia melihat} iôannês {Yohanes} ton iêsoun {Yesus} erkhomenon {datang} pros {kepada} auton {dia} kai {dan} legei {berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah} ho airôn {yang menanggung/ menyingkirkan} tên hamartian {dosa} tou kosmou {dunia}

* 1 Yohanes 2:2
LAI TB, Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.
KJV, And he is the propitiation for our sins: and not for our’s only, but also for the sins of the whole world.
TR, και αυτος ιλασμος εστιν περι των αμαρτιων ημων ου περι των ημετερων δε μονον αλλα και περι ολου του κοσμου
Translit interlinear, Interlinear., kai {dan} autos {Ia} hilasmos {pendamai/ kurban pengampunan dosa} estin {adalah} peri {untuk} tôn hamartiôn {dosa-dosa} hêmôn {kita} ou {bukan} peri {untuk} tôn {(dosa-dosa)} hêmeterôn {kita} de {tetapi} monon {hanya} alla {melainkan} kai {juga} peri {untuk} holou {(dosa) seluruh} tou kosmou {dunia}

Manusia di dunia telah menerima penebusan, penebusan Yesus hanya 1 kali dai Kayu Salib. Penebusan kepada semua orang, agama apapun termasuk Atheis.
Tetapi mereka tidak semua dapat diselamatkan, karena sikap mereka sendiri. Yaitu mereka tidak percaya dan tidak mau menerima penebusan itu.

Penebusan telah dilaksanakan. Tetapi syarat keselamatan adalah PERCAYA.
Sikap dan kemauan PERCAYA inilah yang tidak dapat dilakukan semua manusia.

Baptisan Bayi juga dilakukan oleh sebagian Protestan (kelompok Lutheran/ Kalvinis).

Baptisan Bayi/ anak-anak adalah karena Tradisi, tidak perlu diperdebatkan sebab Katolik beriman selain Alkitab, juga Magisterium dan Tradisi. Dan sebenarnya Gereja mempunyai otoritas menetapkan Tradisi, Tradisi tidak haram sepanjang Tradisi ini tidak mencederai Alkitab.
Baptisan bayi/ anak-anak dapat dijadikan tanda penyerahan anak kpd Tuhan.

Reff: http://www.sarapanpagi.org/baptisan-anak-anak-vt280.html#p614

Tuhan Menebus Semua Umat Manusia, atau Hanya Orang yg Percaya Yesus?

Menebus yang percaya Tuhan Yesus,kalau semua orang ditebus artinya ngga ada yang binasa :smiley:

Gak kenal tapi manut kan?

Cuma nanya Paus yg jadi panutan kamu,
apa kamu gak setuju sama panutanmu?

Betul Tuhan nya beda kok, :afro:
Tuhan yg saya sembah memang Tuhan yg cemburuan, ini salah satu ayatnya:
Keluaran 34:14 Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.
Tuhanku gak didampingi ratu sorga, sedang Tuhanmu ada pendamping ratu sorganya > jelas Beda kan?

gak ah, doa yg kamu sebut2 itu mirip2 sumpah pocong tetanggaku :slight_smile:

Shalom,

Dari satu post TS dan enam post reply, sdh langsung terdapat post yg membuat diskusi kurang kondusif (reply #2 dan lainnya). Ini bisa mewarnai diskusi selanjutnya. Semoga diskusi ini ke depan berjalan dgn terhormat.

Tit 2:11 juga menyatakan kasih karunia disediakan bagi semua manusia.

Yoh 3:16 juga menyatakan hidup kekal disediakan bagi semua manusia, tinggal lagi mau percaya atau tidak.

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Dari situ jelas sekali keselamatan by criteria and by choice. Artinya “statement Tuhan menebus semua manusia” tdk salah. Ketika manusia pertama jatuh, Tuhan proaktif menyelamatkan/menebus manusia, terlihat dari tindakan Tuhan dlm Kej 3:9.

3:9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”

Mengagumkan kasih karunia, sblm Tuhan membacakan konsekuensinya (ay 16-19), termasuk ayat 19 bgn akhir, atas pelanggaran manusia thd ketetapan Tuhan dlm Kej 2:17 (yg berisi hak utk memilih), Tuhan lebih dulu memberitahukan solusi (ay 15). Bersamaan dgn pemberitahuan konsekuensi itu, Tuhan tlh bertindak menyelamatkan (ay 21). Oh betapa ajaib kasih karunia Tuhan. Klu manusia, yg melanggar bukannya lebih dulu disiapkan solusi dan jalan tobat, ttp dahulukan hukuman. Manusia gemar menghukum, Tuhan gemar memberi solusi, asal manusia mau menerima.

Sebetulnya, pembeberan konsekuensi itu pengulangan saja oleh Allah kpd manusia, sebab Tuhan tdk pernah bertindak tanpa membeberkan lebih dulu konsekuensinya (Amos 3:7). Persitiwa pembinasaan Sodom dan Gomora, orang fasik zaman Nuh, sudah didahului amaran (2 Ptr 2:5-7). Tuhan tdk pernah seperti pak polisi yg menunggu pelanggar lalu lintas yg bersembunyi diujung busway dibalik sesuatu/pohon. Tuhan selalu menuntun kpd yg baik dan pertobatan, sebab begitu rencana Allah sejak semula (Ef 2:10, Kej 1:26,27). Betapa ajaib kasih karunia Tuhan.

Sblm membeberkan ulang konsekuensi pelanggaran itu, Tuhan lebih dulu menyadarkan ulang manusia itu akan pelanggarannya. Pertanyaan Tuhan dlm ayat (11-13) menunjukkan hal itu dgn jelas. Sama seperti pd pertanyaan pd ayat 9 (di mana engkau?), Tuhan bukan tdk tahu apa yg telah terjadi. Tuhan maha tahu. Catatan oleh Tuhan atas perbuatan manusia, sempurna sama seperti Allah sempurna. Inilah ciri pengadilan penghakiman Tuhan. Penghakiman Tuhan bukan utk mencari tahu apa yg terjadi, ttp utk menyadarkan manusia apa yg telah diperbuatnya dan sehingga melihat kasih dan keadilan Tuhan (Maz 85:11) dlm konsekuensi yg hrs diterima oleh menggunakan karunia kuasa memilih. Berbeda dgn penghakiman manusia, yakni mencari tahu apa yg terjadi, dan krn manusia tdk tahu isi hati dan perbuatan tersembunyi, maka manusia terpaksa menggunakan pertimbangan (judgment). Inilah satu hakikat dan keajaiban penghakiman Tuhan.

Putusan selamat dan tdk selamat, bukan lagi pada Tuhan, ttp sudah by criteria dan by choice by manusia. Inilah juga keajaiban pengadilan penghakiman Tuhan.

Betapa ajaib kasih karunia. Dlm perumpamaan anak yg hilang itu pergi membelakangi ayahnya, sama seperti Adam dan Hawa membelakangi Tuhan (bersembunyi), namun ketika anak yg hilang itu menyesal dan bertekad kembali kpd bapaknya (berbalik tdk lagi membelakangi bapaknya), dari kejauhan bapaknya berlari menjemput anaknya, memeluk dan mencium, sama seperti Tuhan berlari mengejar Adam dan Hawa, asal Adam dan Hawa mau menyambut. Jadi memang Tuhan Yesus datang utk menyelamatkan orang berdosa (Mat 9:13, 1 Tim 1:15).

Jadi kita tdk perlu seperti kakak anak yg hilang itu kurang happy.

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Ah biasa deh orang osas selalu mencari sela2 untuk menutupi teolognya.

2Pet3:9 … karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan ( menginginkan ) supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Sekarang anda harus jawab jujur dihadapan Tuhan, jangan liko2, apakah anda juga termasuk salah satu umatNya yang menghendaki / menginginkan semua manusia jangan ada yang binasa melainkan merindukan semua manusia berbalik dan bertobat sesuai 2Pet3:9 ? Jawab dengan tegas ! ditunggu. Terimakasih.

GBU.

Inilah kesulitan bagi orang berteolog osas dan tulip untuk menerimanya, mereka langsung dengan alam pikiran mereka kata2 tebus bagi yang dipilihnya karena terpaku di Ef1:4. Jadi bagaimana menurut Bro untuk menjelaskan sejelasnya pada saudara2 kita berteolog Calvinist supaya mereka sadar atas kesalah pahaman akan Alkitab ? Terimakasih.

Baptisan Bayi juga dilakukan oleh sebagian Protestan (kelompok Lutheran/ Kalvinis).

Baptisan Bayi/ anak-anak adalah karena Tradisi, tidak perlu diperdebatkan sebab Katolik beriman selain Alkitab, juga Magisterium dan Tradisi. Dan sebenarnya Gereja mempunyai otoritas menetapkan Tradisi,

Tradisi tidak haram sepanjang Tradisi ini tidak mencederai Alkitab.

Baptisan bayi/ anak-anak dapat dijadikan tanda penyerahan anak kpd Tuhan.

Reff: http://www.sarapanpagi.org/baptisan-anak-anak-vt280.html#p614

:afro: :afro: :afro: saya tertarik akan pernyataan anda tentang Baptisan anak :

  • Tradisi tidak haram sepanjang Tradisi ini tidak mencederai Alkitab
    Dan
  • Baptisan bayi/ anak-anak dapat dijadikan tanda penyerahan anak kpd Tuhan.
....... sebab Katolik beriman selain Alkitab, [b]juga Magisterium[/b] dan ......

Ya biarlah umat Katholik mengimaninya, tapi bagi umat Kristiani diluar umat Katholik, ya begitu ada pernyataan konstitusi atau dekrit dari Paus dan uskup, maka perlu segera diricek ke Alkitab, jika benar ya didukung, jika ada penyelewengan ya kita wajib memberi peringatan kepada umat Katholik. Kini umat Katholik sudah banyak yang sadar akan hal ini, dan mereka mengagumi umat Kristiani diluar Katholik sangat rajin mengupas ayat2 Firman Tuhan melalui persekutu.an doa atau cell grup, hanya sayang sebagian berteolog osas dan tulip terbentur dan sangat terpukul akan Ibr6:4-6 dan Roma11:22, jadi mereka tidak mengupas dengan serius asal bodoh aja alias anggap angin berlalu, kalau sudah pada kitab Efesus1:4, wah mereka semangat lagi mengupas sampai detail sedetailnya.

GBU.

saya bukan orang teologi… ngga ngerti teori osas itu apa osis itu apa??

Sekarang anda harus jawab jujur dihadapan Tuhan, jangan liko2, apakah anda juga termasuk salah satu umatNya yang menghendaki / menginginkan [b]semua manusia[/b] jangan ada yang binasa melainkan merindukan semua manusia berbalik dan bertobat sesuai 2Pet3:9 ? [b]Jawab dengan tegas ! ditunggu[/b]. Terimakasih.

yup… krn itu saya menginjil bukan hanya kepada orang hidup… ttp juga orang mati yg dipertemukan Tuhan kepada saya :smiley:

keinginan saya semua manusia itu ngga binasa … ttp percaya dan menerima Yesus sbg Tuhan dan Raja mereka :smiley:

hidup ngga usah … ngandalkan teori osas… tulip… apalah… pokoknya ngalir aja sama Tuhan :wink:
ngga ada satupun niat dihati saya … senang dan bersuka cita ketika orang binasa tanpa kenal Kristus

Postingan om SP agak kelitu tentang Calvinis.
Calvinis meyakini bahwa Kristus sudah menebus dosa semua orang, tetapi penebusan itu hanya efeksif bagi mereka yang percaya. :slight_smile:

GBU

@bro cadang
Topik baru bro siap siap mutar muter lagi
Yang lalu blom dijawab udah muncul lagi yg laen ;D

[email protected]

Gaa…usah gumon…gumeh…dan heran…si Paus berkata begitu…!! Karena apa yng dikatakan itu oleh si PAUS itu…?? Itu sama sekali bukan mencirikan orang berprinsip alkitabiah…tapi berprinsip keduniawian…!!!
Ya itu si Paus sudah tidak punya cara / prinsip Alkitab…untuk menjaring JIWA-JIWA UNTUK DISELAMATKAN…!!! Katolik Vatikan secara jelas mengumandangkan prinsip BEMBANGUN / MENDONGKRAK " PENCITRAAN DIRI PAUS" DIMATA UMAT DUNIA…!!! BUKAN MENGABARKAN INJIL…!!!
Padahal kalau mamanya mau membabtis seorang anak itu, harus ada persyaratan khusus nya dan persyaratan umumnya juga…Karena itu adalah prosaedurnya.( di semua Denominasi Gereja Tuhan ).baik disitu persyaratan atministarasinya , Persyaratan teknisnya, maupun yang lainnya pula. Sehingga ada bukti keabsyahan dan validitasnya bagi si anak yang sudah di Babtis tsb.
Setiap babtisan ( anak maupun orang dewasa )…ada acuannya, tidak sembarang dilakukan , Namun prinsipnya demi
kian hakikinya, yaitu :
*Roma 6:3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

*Roma 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

*Kolose 2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Sekarang apakah Orang Atheis SUDAH memiliki ini…FIRMAN TUHAN seperti dibawah ini..??? NON SEN…!! DAN SI PAUS BERBOHONG BUKAN…??? Makanya beliau saya katakan hanya melakukan PENCITRAAN DIRI…saja…!! BUKAN MENGABARKAN INJIL SAMA SEKALI…!!!

*Galatia 3:27 Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.
*Efesus 4:5 satu Tuhan, satu iman, satu baptisan,
*1 Petrus 3:21 Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan–maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah–oleh kebangkitan Yesus Kristus,

Salam GBU…

:afro: :afro: :afro:, maaf saya tidak menjilat anda.

Sebelum manusia / menjelang meninggal, Allah tentu mencari manusia tersebut apakah ia percaya sampai setia mati atau gak.

Tapi setelah pada penghakiman-Nya Tuhan Yesus sudah gak pandang bulu kepada siapa-pun :

  1. Yang percaya dan setia sampai mati, ya langsung masuk kesurga ( Ibr3:14 & 1 Kor15:2 )

  2. Bagi yg gak percaya dan tidak setia / tidak taat termasuk Ibrani6:4-6 dan Roma11:22b :

2Tesa:7-9
. . . Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala,
dan
Mengadakan pembalasan terhadap mereka :
a. Yang tidak mau mengenal Allah
b. Tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.
Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya

GBU.

Apakah yang membatis anak dan anak yang dibatis akan masuk neraka???

Jika tidak mengapa banyak orang ribut disini? Apa yang diributkan? Agar tampil sebagai yang paling benar diantara yang paling mulia kah???

Wanita yang cerai dalam pandangan Katholik itu adalah salah, anaknya apakah boleh dibatis? Paus menyatakan boleh. Itu point yang disampaikan Paus Katholik Roma. Disini kita ribut seperti anjing meributkan tulang yang tidak pernah ada. Apakah bau tulang dapat membuat anjing berkelahi???

Hallo @Petra9, benarkah pernyataan @Dya tentang keselamatan yg didekritkan oleh Calvinis ?

Jika benar bagaimana pernyataan kalian bahwa manusia individu sudah dipilih sebelum dunia dijadikan ?

Kalau manusia individu sudah terpilih sebelum dunia dijadikan, maka

Maka tulisan ayat dari Bro SarapanPagi akan dirubah oleh kalian :

  1. Yohanes 1:29LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa orang pilihan secara indivisu sebelum dunia dijadikan.

  2. 1 Yohanes 2:2LAI TB, Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia yang telah dipilih secara individu sebelum dunia dijadikan.

GBU.

Tidak ada yg memperebutkan tulang, dan tdk ada tulang disini,
Bisa jawab atau coba jawab gak? gak maksa kok

Oleh karena dosa satu orang yaitu Adam, maka seluruh umat manusia jatuh ke dalam kuasa dosa.
Demikian juga oleh karena pengorbanan satu orang yaitu Kristus Yesus, maka kuasa penebusan Kristus cukup untuk menebus dosa semua manusia. Maka penebusan Yesus di kayu salib cukup untuk menebus dosa seluruh umat manusia, temasuk dosa Hitler, Yudas Iskariot, dll. :slight_smile:

Namun, kuasa penebusan ini diteima melalui iman.

Berikut ini kutipan dari tulisan John Calvin :

John Calvin affirmed that :
“Jesus makes his favor “common to all” and offered “indiscriminately to all”, though not “extended to all”; for all do not receive him.”
( referensi : John Calvin, Commentary on Romans, Romans 5:18 )

He also stated that :
“it is their unbelief which prevents anyone from receiving benefit from the death of Christ”
( referensi : John Calvin, Commentary on Hebrews, Hebrews 9:28 )

GBU