Tuhan ngajarin klenik?

Sangat bisa, itu sering sekali terjadi pada lawan diskusi saya ;D ;D ;D

BTT: Tuhan tidak ngajarin klenik

sejauh yang saya tahu, suara audible itu memang terdengar jasmani, dan punya warna suara tersendiri.
makanya namanya AUDIBLE.

kalo sis Esther1 denger suara audiblenya SUARA COWO (yang ngomong tentang Firman Tuhan) masa anda bilang hati nuraninya sis Esther1, padahal sis Esther1 = cewe… ;D ;D ;D ;D
kl ga percaya tanya aja ma sis Esther1 ;D ;D ;D ;D

bisa , bukankan di Alkitab…tokoh Alkitab juga dimampukan mendengar suara Tuhan ?

jawaban sis Rita … Yang audible itu setan :slight_smile:

Kalo Tuhan berbicara melalui lawan diskusi anda yang tidak setuju dengan anda, anda dengarkan tidak?
:smiley:

Saya se tidak butuh pengakuan sodara, lawong sodara blm nglami sendiri ,
Yesus aja dibilang kuasa betzebul sama orang2 farisi dan ahli taurat beelzebul terlevih saya , jadi wajar klo sekarang saya sbg pengikut Yesus Kristus dikatakan pembohong , lawong Giru besarnya juga dikatakan dg kuasa beelzebul , betol kaga ?

Nah, mungkin gak Tuhan berbicara melalui para farisi dan ahli Taurat?
:slight_smile:

Tuh, Nikodemus gimana dong?

jadi betul ya ?
yang namanya AUDIBEL ya AUDIBEL karena ada atribut suara yang nempel di suara itu, ada warna suara, ada kedalaman, ada pitch…itu AUDIBEL, lain kan dengan yang namanya suara hati nurani…

audible dan visible itu seringkali bersifat subyektif.
jadi jangan terburu-buru berasumsi bahwa yang tidak mendengar/melihat itu pasti tidak percaya.
Oleh karena itulah ada istilah ‘klenik’

percaya opo ;D ;D ;D

memang subjektif tapi kalau terjadi di alam nyata menjadi tidak subjektif lagi tapi memang kebenaran.

Re: Tuhan ngajarin klenik?

apa sich artinya klenik menurut kamus bahasa indonesia ??

Orthodox memamng senangnya mistis, upacara yang dulu dipasang kamu juga mistik bangat.

Masalahnya, kekristenan itu memang mistis. Apakah anda tidak menganggap Transfigurasi Kristus sebagai sesuatu yang mistis, sis?
:slight_smile:

Jika Transfirgurasi tersebut tidak mistis, lantas apa namanya?

I Korintus 4
4:20 Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.

jangankan Transfigurasi Kristus bro Rod, membangkitkan orang mati bagaimana coba ?
bisa-bisa ultra mistik dan klenik aneh ;D ;D ;D ;D

Kalau mistik itu konotasinya atau imajinasinya adlah hal yang berhubungan dng makhluk goib…( alam sakral / dunia diluar dimensi alama fana )…

Tapi ada bahasa yang lebih elegan lagi untuk lebih nyaman lagi di dengar oleh telinga kita, kalau kita membicarakan kata " transfigurasi "yaitu : peristiwa adi kodrati atau peristiwa supra natural…

Peristiwa jenis itu ( transfigurasi ) adalah peristiwa yang melampaui hukum alam.( tidak logis seukuran pikiran manusia waras = seahat jasmani dan rohani ).namun peristiwa itu mengikuti kaidah hukum rohani / kerohanian…

Salam…

“Klenik” itu bahasa Jawa bagi bahasa inggris “supranatural”. Kalo anda tanya kata “supranatural” kepada seorang bapak di Gunung Kidul atawa Brosot sana, mereka niscaya bingung. Mereka akan tanya balik kepada anda, “Supranatural meniko vitamin jenis nopo to mas? Benten kaliyan Supradin utowo Suprafit nopo pripun?”.
Tapi kalo anda bilang “klenik”, saya berani taruhan, pasti dia langsung nyambung.

Nah, masalahnya, siapa yang melabeli klenik sebagai kata berkonotasi negatif? Apakah karena dari bahasa Jawa, yang notabene dianggap bahasa dari warga negara kelas 3 di zaman Belanda, maka istilah tersebut lantas menjadi negatif?

Silakan…

BTW, memangnya kata “supranatural” itu bahasa Bataknya apa bang?

Bro, ada perbedaaan antara mistis dan supranatural , hehe :char11:

Supranatural adalah pekerjaan Tuhan, seperti : mujizat, tanda2 , lahir baru, dll yang tercatt di ALKITAB.

Mistis adalah pekerjaan setan dan penguasa2 di udara, Ef 6

6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Mat 24 : 24

24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

24:22 Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.

24:23 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.

24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

24:25 Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.

:afro: :afro: :afro: tepat Ito.

Silakan referensinya sis.

Referensi saya:

Menurut asal katanya, kata mistik berasal dari bahasa Yunani mystikos yang artinya rahasia (geheim), serba rahasia (geheimzinnig), tersembunyi (verborgen), gelap (donker) atau terselubung dalam kekelaman (in het duister gehuld).
Berdasarkan arti tersebut mistik sebagai sebuah paham yaitu paham mistik atau mistisisme merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman) sehingga hanya dikenal, diketahui atau dipahami oleh orang-orang tertentu saja, terutama sekali penganutnya.

Mat 13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”
Mat 13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia (mysterion) Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
Mat 13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

Untuk memahami misterion tersebut juga diperlukan sesuatu.
:slight_smile:

[i]Yes 45:5 Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku,
Yes 45:6 supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,
Yes 45:7 yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semuanya ini.

Ul 5:22 Firman itulah yang diucapkan TUHAN kepada seluruh jemaahmu dengan suara nyaring di gunung, dari tengah-tengah api, awan dan kegelapan, dan tidak ditambahkan-Nya apa-apa lagi. Ditulis-Nya semuanya pada dua loh batu, lalu diberikan-Nya kepadaku."
[/i]

Pertanyaannya masih tetap: sejak kapan, dan oleh siapakah kata “klenik” itu dikonotasikan negatif?

Silaken…